DAY 19: Generasi 90-an, Masih Ingat 5 Momen Ramadhan Ini? #BPNRamadan2021

Saturday, May 15, 2021





 Holla!
Di postingan kali ini gue mau ngajak teman-teman, terutama gen 90-an tentang momen Ramadhan yang ngangenin banget! Mungkin saat ini kegiatan-kegiatan di bawah ini sudah hampir tidak pernah ditemukan lagi di lingkungan sekitar kita. Saat menulis artikel ini gue jadi senyum-senyum sendiri sambil nostalgia ke masa kecil di Bulan Ramadhan yang indah. Siap flashbacki bareng-bareng?
Keep on reading!





1. Bangunin Sahur Keliling Komplek

Siapa, nih yang waktu kecil janjian sama anak komplek? Baru juga jam 2 pagi udah disamperin ke rumah. Dulu gue pernah ikutan rame-rame bareng teman-teman komplek. Bawa gerobak yang ada bedug masjid nya. Ada yang mukul bedug di kulit bedugnya, ada yang pake batu di bagian besi bedug nya, dan ada juga tim hore yang ga ikutan teriak tetapi ngeramein rombongan doang hahaha. Ternyata tradisi membangunkan orang sahur sudah ada sejak zaman Rasulullah.SAW dan bedug pun sudah ada sejak ratusan tahun lalu.



Sumber gambar: boombastis.com







2. Pesantren Kilat di Sekolah

Dulu waktu SD inget banget seharian di sekolah waktu Bulan Ramadhan. Untuk fasilitas wudu sama sekolah gue sampai disediakan keran-keran yang terbuat dari pipa paralon. Supaya bisa lebih efektif antre wudunya. Bahkan, saat kegiatan pesantren kilat juga dikasih jadwal waktu tidur siang supaya nggak kecapean. Saat jam istirahat, biasanya gue sama teman-teman yang cewek suka battle main bola bekel, nih! Serunya anak generasi 90-an sederhana banget yaa. Padahal di zaman itu sebenarnya sudah ada hp. Tetapi hanya anak-anak orang berada yang dibawain hp sama orang tuanya. Tetapi, untuk mencegah kehilangan, sekolah biasanya melarang bawa hp saat Pesantren Kilat. Segala bentuk komunikasi diserahkan ke wali kelas masing-masing sebagai penanggung jawab.



Sumber gambar: sekolahdasar.net







3. Antre Tanda Tangan Buku Kegiatan Ramadhan di Masjid

Ini, nih momen Pak Ustad jadi selebriti dadakan hahaha. Setiap selesai solat tarawih dan witir, harus siap "diserang" bocil-bocil yang minta tanda tangan sebagai bukti kegiatan ramadan. Dulu seinget gue kita disuruh ngisi rangkuman ceramah di masjid. Selain itu juga ada lembar kemajuan ibadah harian seperti solat 5 waktu dan tadarus Al-Qur'an.



Sumber gambar: anotherorion.com






4. Main Petasan dan Kembang Api Ba'da Solat Tarawih

Namanya juga bocil, pasti kepingin solat cepat kelar supaya bisa main petasan bareng teman-teman komplek. Favorit gue dulu petasan tembak yang isi 100 biji, petasan gasing yang muter-muter, dan petasan telur dinosaurus yang kalau dibanting bunyi "Pltaak!" Kalau yang masih pemula biasanya bagian main kembang api aja belum boleh level up ke petasan hahaha. Sekarang kalau dipikir-pikir, gila ngapain yaa gue dulu bakar-bakar duit buat petasan dan kembang api doang? Karuan firework festival yang gede sekalian haha. Tetapi, ya itulah kenangan masa kecil yang bakalan diinget sampai tua nanti.



Sumber gambar: takaitu.id





5. Ikut Keliling Saat Malam Takbiran

Tidak hanya bangunin sahur, saat malam takbiran keliling-keliling akan lebih heboh lagi. Apalagi di tengah kota. Biasanya suka ada truk atau mobil pick up yang niat banget bawa sound system besar buat menyuarakan takbir. Arak-arakkan keliling kota yang kadang bikin agak macet juga. Di setiap sudut masjid juga biasanya terdengar takbir dari pengeras suara masjid. Dulu, waktu kecil gue pernah duduk sama Papa berdua di teras. Papa bilang, saat menjelang perginya Bulan Suci Ramadhan, semua makhluk Allah.SWT, tak terkecuali tumbuhan sejujurnya sedang bertasbih. Sedih akan berpisah dengan bulan yang sangat mulia dalam Islam. Tetapi, kita sebagai manusia juga harus bersuka cita menyambut Hari Kemenangan esok paginya. Kata Papa, saat malam takbiran, banyak-banyak berdoa. Minta sama Allah.SWT supaya bisa dipertemukan dengan Bulan Ramadhan berikut-berikutnya.



Sumber gambar: Tribun Jateng


2 comments:

  1. Ya ampuunn.. nostalgia banget tulisan ini, hehe. Samaaaa saya juga pernah semua, kecuali bangunin sahur. Bagian main petasan, saya gak pernah bisa level up karena penakut, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Laela! Thank you sudah mampir yaa. Bangunin sahur emg perjuangan sih Kak. Ikut sekali aja yg penting besoknya bangun mepet imsal wkwk. Kalo sekarang udh ngeri juga sih sama petasan. Bagian nonton ajalah kita haha

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.