DAY 3 : Blogging Plan 101 - Tips Bikin Jadwal Blogging biar Goals Tercapai #BPNRamadan2021

Thursday, April 15, 2021


Holla!

Setelah menuntaskan Day 1 dan DAY 2 di #BPNRamadan2021, sekarang saatnya DAY 3. Sejujurnya, drafting kali ini agak bingung mau nulis apa. Karena temanya adalah "harapan terbesar untuk Blog". Selama ini blogging lempeng-lempeng aja yang penting happy pokoknya. Tetapi, rasanya punya harapan maupun goals pun nggak ada salahnya, bukan? Siapa tau bisa tercapai. Aamiin. Hanya saja, daripada cuma halu-halu belaka, di postingan kali ini sekaligus share tips Blog Planning supaya konsisten dan Blogging Goals bisa tercapai. Penasaran apa saja?

Keep on reading!




Mengapa Harus Punya Blog Planning & Goals?

Blogging bagi gue dulu memang tidak lebih dari sekadar hobi. Isi waktu luang dengan karya yang bisa dibaca orang. Berbagi isi pikiran, pengalaman, tips, dan lain sebagainya. Tetapi, setelah 3 tahun berjalan Blog juga menjadi salah satu sumber penghasilan gue atau side hustle. Kalau Blog kita belum sampai pada tahap earning pun, gue rasa tetap wajib punya goals. Soalnya, kalau nggak punya goals yaa jangan heran kalau tiba-tiba males blogging. Kalo istilah old joke nya, sampai udah banyak sarang laba-laba nya. Terbengkalai begitu saja.


Padahal, di era digital apalagi masa pandemi seperti ini, Blog sudah bukan lagi dipandang sebagai "tempat curhat" saja. Tetapi memang salah satu Content Creating Platform yang juga dapat dijadikan sebagai Internet Asset. Minimal, bisa jadi penghasilan pasif saja sudah bagus banget. Dengan punya Blogging Goals atau target, maka harapannya kita jadi punya trigger positif untuk terus menulis secara konsisten. Tetapi, punya goals saja tidak cukup. Tindakan nyata yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah merencanakan dengan Blog Planning




Blog Planning 101

Di forum Content Creator 101, gue lumayan sering dapat pertanyaan, "Bagaimana sih, Kak caranya konsisten blogging?" Nggak bisa dipungkiri, terkadang kita mangkir dari Blog karena kesibukan atau bingung aja Blog nya mau diapain. Istilah kerennya, writing block. Bingung mau nulis apa atau bahkan nggak tau juga Blog itu arahnya mau ke mana? Lalu, apa saja, sih yang bisa dilakukan dalam Blog Planning? Berikut tips nya.



1. Buat Reading Plan

Suka baca, nggak suka nulis biasa. Suka nulis, nggak suka baca gimana ceritanya? Menulis itu sejatinya adalah menuangkan hasil olah pikir dari apa yang kita lihat, rasakan, dengar, dan alami. Proses menuangkan senses ke dalam bentuk tulisan adalah hal yang harus dipelajari. Sejak kecil kita diajari untuk berbicara, membaca, baru menulis. Tiga hal itu adalah hirarki ilmu yang secara alamiah terjadi dalam kehidupan kita sebagai manusia. Ketiganya jika digabungkan akan menjadi proses belajar. Menurut gue, seorang Blogger yang baik akan senantiasa memperkaya bahan bacaannya untuk bahan menulis yang lebih bermakna. Ilmu kan nggak ada yang orisinil. 


Kita semua butuh belajar dari orang lain, diproses, dan output nya bisa menjadi sesuatu yang kita hasilkan. Termasuk tulisan dalam Blog. Membaca juga tidak terbatas pada membaca buku saja. Bisa membaca publikasi online, blogwalking untuk studi banding, atau mendengarkan podcast maupun webinar. Membaca kini tidak terbatas pada kegiatan visual, tetapi juga audio. Untuk itulah hadir istilah audiovisual. Psst! Blogwalking itu juga bagus, loh untuk menaikkan blog traffic teman-teman karena sama dengan menaruh backlink pada website orang lain secara gratis pada kolom komentar. Bukan dengan menaruh link hidup, yaa. Tetapi, biasanya sebelum menulis komentar, kita harus log in dengan Google Account atau mengisi form yang salah satu isiannya adalah nama website kita. Kecuali Blogger nya set up komentar bisa diisi oleh anonymous atau tanpa fitur comment moderation.



2. Dokumentasikan Ide, Informasi, Referensi dengan fitur Notes di Smartphone

Jaman sekarang, Blogging itu nggak terbatas hanya di PC/ Laptop saja teman-teman. Beberapa blog hosting seperti Blogger misalnya, sudah punya aplikasi di smartphone yang memungkinkan untuk drafting tanpa harus lewat mobile browser. Selain itu, fitur Notes yang ada di smartphone juga bisa dijadikan media dokumentasi ide, informasi, maupun referensi dari hasil selancar daring. Biar nggak lupa, dong!


Kebiasaan ini juga akan sangat membantu teman-teman dalam menyusun rencana tampilan dalam composing. Bagaimana, sih supaya tampilan Blog nyaman dilihat? Jawabannya adalah dengan mendesain moodboard. Apa itu moodboard? Jadi, moodboard ini adalah konsep desain yang berisi color palette, typography, pictures, shapes, dan elemen desain lainnya untuk dapat menyusun desain grafis yang memiliki unity atau kesatuan. Jadi, nggak ngawur gitu, loh. Color palette-nya kalau mager bikin sendiri dari color picker dan foto, bisa ambil aja dari collorpalette.net.



Karena background gue arsitek dan illustrator, peran moodboard termasuk bagian vital dalam desain. Meskipun sekilas bentuknya "oh gitu doang". Tetapi, yakin deh! Blog teman-teman akan beda banget kalau desainnya pakai moodboard. Contoh di atas gue bikin yang paling sederhana menurut gue, yaa. Sekalian bikin header untuk postingan ini (mager hehe). Desain itu nggak selalu harus "berisik", kok. Selera atau taste memang berperan dan harus dilatih. Makanya, kalau nggak yakin sama desainnya akan "bagus" atau nggak, pastikan saja secara visual itu tidak mengganggu penglihatan. Soal ini teman-teman bisa googling soal Color Theory, yaa. Soalnya bakal terlalu panjang kalau dijelaskan di sini hehehe.



3. Buat Target Menulis Mingguan

Well, you cannot control what you cannot measure anyway. Kita nggak akan bisa mengendalikan sesuatu yang sifatnya tidak terukur. Maksudnya bagaimana? Kalau kita cuma bikin target "harus rajin nulis di Blog", ukuran rajin itu bagaimana kita mengukurnya? 


Apakah posting 1x seminggu itu rajin? Apakah posting 2 minggu sekali itu rajin? Kemudian, panjang artikelnya harus berapa kata? Tanpa angka, maka kita akan sulit mencapai goals karena tidak ada benchmark yang jelas. Jadi, pastikan baik goals maupun plans nya dibuat secara konkretterukur, dan realistis.



4. Set Automatic Posting

Kalau di Blogger, saat compose tinggal klik aja gear icon yang ada tulisan "Setting" dan pilih tanggal dan waktu postingan akan dipublikasikan. Hal ini akan membantu teman-teman yang punya draft stock borongan dan nggak ingin ribet. Serta membantu teman-teman juga untuk disiplin posting. 




5. Share Posting ke Social Media dan Perbanyak Feedback Gaining

Ini juga bisa jadi backlink buat Blog kita. Kalau di Google Analytics, bisa kelihatan traffic source nya dari mana. Salah satunya dari social media. Posting juga bukan cuma sekadar notify aja kalau ada postingan baru. Tetapi, gaining feedback atau minta pendapat. Nggak perlu direct merujuk ke Blog. Namun, bisa kumpulkan data dengan bahas yang sesuai dengan Niche Blog teman-teman.



 

Bikin question label, misal next mau bahas soal apa atau misal mau adain Q&A seputar Blog dan kontennya juga bisa. Hal seperti ini kelihatan remeh padahal penting untuk bonding dengan audience kita. Pengaruhnya apa? Ya tentu saja, kalau content kita sesuai dengan audience preference maka jumlah PV akan naik dengan sendirinya. Ini juga cara halus untuk minta orang visit Blog kita.




Blogging Goals

Di tahun 2020, gue udah bikin target tahun 2021 ini harus bisa punya minimal 50 postingan di archive. Target minimal banget karena 2020 cuma sanggup bikin 45 postingan. Per bulan jumlah post terendah adalah 4 postingan. Jadi, kalau setiap bulan ada 4, otomatis ada bulan-bulan di mana harus mengejar ketertinggalan target. Soalnya 4x12 total hanya 48 postingan. Masih kurang 2. 


Alhamdulillah 2 bulan terakhir ini sudah mencapai 8 postingan per bulan. Artinya, ada bulan-bulan yang bisa cukup nyantai. Bulan April ini yaa, Masya Allah Tabarakallah, banyak blogging project berdatangan nggak sudah-sudah. Makanya archive nya rame. Insyaallah sebelum lebaran pengen banget Total PV bisa Hit First Half Million aja bakal seneng banget, kok. Sama bisa terus bacain heartwarming comments dari teman-teman pembaca semua. Nggak muluk-muluk.


***

Thank you for dropping by! See you on Day 4!


- Bintang Mahayana ©️ 2021-

[BPN 30 Day Ramadan "Blog Challenge" 2021] -  DAY 3 "Harapan Terbesar Untuk Blog Kamu"


2 comments:

  1. Informatif mbk. Pengen belajar deh bikin postingan begini ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Scarlet! Thank you udah mampir, yaa. Hihi terima kasih feedbacknya. Semangaat!🥰

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.