DAY 13: Masih Ragu Mulai Blogging? Ini 7 Hal yang Paling Membahagiakan tentang Blogging #BPNRamadan2021

Saturday, May 15, 2021




Holla!

Di postingan kali ini gue mau berbagi rasa syukur gue setelah menjalani kegiatan blogging setidaknya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sekaligus napak tilas perjalanan ke belakang supaya makin semangat nulis kedepannya. Bagi teman-teman yang mungkin masih maju-mundur ingin memulai blogging atau nanti dulu, semoga setelah membaca artikel ini semakin dimantapkan hatinya untuk sama-sama kita berkarya lewat Blog, yaa! :)

Keep on reading! 






1. Bikin Lebih Rajin Baca Buku dan Jurnal

Gue blogging sebenarnya sudah sejak SMP dan bukan via Blog ini. Dulu bacaan mandiri gue muter di sekitar novel aja. Tetapi, semenjak suka blogging, apalagi saat di Blog baru ini, gue jadi tertantang untuk selalu memperkaya ilmu dan wawasan dengan membaca buku maupun jurnal ilmiah. Soalnya, sebagai blogger sejujurnya kita juga terjun ke ranah media dan komunikasi yang mana tulisan kita itu harus dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi gue biasa bahas soal Beauty. Kalau nggak pernah baca jurnal, bagaimana gue bisa punya referensi yang kredibel?


Baca Juga: DAY 10: TOP 5 Rekomendasi Buku Non Fiksi untuk Self Development




Di Blog ini, gue ingin review produk gue itu lebih dari sekadar sharing pengalaman yang jelas sifatnya subjektif. Dengan didukung oleh data baik referensi dari buku, jurnal maupun pendapat ahli lainnya, gue berkesempatan untuk menjadi perpanjangan tangan dari para ahli untuk mengedukasi pembaca dengan menyampaikan informasi yang aktual serta terpercaya. Dengan membiasakan diri melalui kegiatan membaca, kita juga jadi lebih resillience terhadap kepikunan, loh!¹




2. Punya Komunitas untuk Berbagi Passion yang Sama

Dalam dunia blogging, kehadiran komunitas itu sangatlah penting. Kita bukan hanya bisa dapat teman baru. Tetapi juga bisa dapat info seputar dunia blogging yang up to date. Banyak juga kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama. Ikut kesempatan memenangkan Giveaway maupun Competition juga salah satu hal yang membahagiakan dari blogging


Setiap blogger pasti memiliki jalan cerita masing-masing perihal apa yang mendasari mereka untuk memulai blogging. Seperti judul challenge Day 2 dari Blogger Perempuan Network. Ada yang sekadar hobi. Ada yang mencari penghasilan tambahan. Berbagai macam pokoknya. Makanya, setiap Blog itu pasti unik!


Baca Juga: DAY 2 : My Blogging Journey - Menemukan Niche Blog, Memasang Top Level Domain, Google Adsense dan PIN, Tawaran Brand, dan Kompetisi






3. Stress Relief yang Ampuh dan Menghasilkan Karya

Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita merasa penat akan masalah yang menghampiri. Tak jarang, manusia melampiaskan kepenatannya dengan cara yang tidak produktif bahkan dapat membahayakan setidaknya bagi dirinya sendiri. 


Dengan blogging, gue bersyukur. Tidak peduli sesedih atau sepenat apapun, mood selalu bisa balik lagi. Sesimpel dengan bacain komen yang heartwarming, dapat feedback dari social media, dan bahkan dari Google Adsense!





4. Jadi Punya Internet Asset

Perlu diketahui, Google Adsense bukan satu-satunya jalan untuk menghasilkan lewat Blog. Sering gue dapat pertanyaan tentang cara memulai blogging. Ujung-ujungnya pasti nanya tentang Google Adsense. Pasalnya, punya portfolio tulisan untuk diajukan ke Google saja belum, sudah mikir cuan. Duh, Sis :') Awas nanti kecewa, loh!


Kok kecewa? Masalahnya, tidak semudah itu teman-teman terima gaji dari Google. Gue pernah blogwalking ke Blog orang yang cerita soal pengalamannya gajian dari Google. Bagaimana caranya mendapatkan gaji dari Google Adsense di Blog? Dia share tuh data metrik nya. Gue pikir, yah pantesan bisa gajian orang PV sebulan saja sudah di atas 50k dan terus bertambah hingga ratusan ribu. Itupun dia butuh 10 bulan. Makanya, Blogger yang sudah pasang Ads juga tidak boleh lengah soal SEO Writing.


Oleh karena itu, gue saat ini mengubah mindset bahwa Google Adsense itu tak lebih hanyalah penghasilan pasif yang juga menjadi internet asset. Soal ini sudah pernah gue bahas di artikel Day 2 Blog Challenge tadi, yaa.





5. Jadi Punya Pengetahuan Lebih soal Digital Marketing

Tidak bisa tidak. Ini adalah salah satu ilmu wajib yang harus dikuasai oleh seorang Professional Blogger. Minimal bisa membaca Data Google Analytics. Kalau sudah terpasang Ads ya harus paham juga cara kerja dan cara membaca data di laman Adsense. Ini juga didukung dengan pengetahuan soal SEO - Search Engine Optimization baik on page maupun off page.


Makanya, tuh suka ada artikel yang mejeng di halaman pertama Google. Semakin atas tentu potensi untuk mendapatkan klik juga semakin tinggi. Apalagi kita bersaing dengan major websites yang punya jumlah visitor lebih banyak dengan usia laman yang lebih tua juga. Meskipun tidak semua yang di halaman pertama itu harus Blog dengan Top Level Domain


Beberapa Blog yang masih menggunakan domain gratis pun bisa masuk halaman pertama. Selama keywords yang digunakan relevan. Apalagi jika tulisannya tidak banyak yang bahas. Misal, kita nulis soal produk baru yang belum ada review Blog nya selain dari halaman kita. Semakin banyak yang cari, Google akan mampu merekomendasikan dan lebih mudah mengenali laman kita. Sehingga, peringkatnya akan semakin tinggi pada hasil pencarian.





6. Berkesempatan Terlibat dalam Marketing Brands sebagai Copywriter

Ini adalah ranah profesi baru yang gue jalani semenjak mulai sering mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai brand. Biasanya kita akan mendapatkan brief untuk review. Tetapi, kita juga harus punya dasar ilmunya agar kita tetap menjaga integritas kita sebagai Blogger. 


Ada bahasa-bahasa tertentu yang terdengar lebih halus ketika kita "berjualan". Istilah yang sering dipakai oleh brand adalah soft selling. Dalam dunia copywriting sendiri lebih dikenal dengan istilah covert selling. Jadi, pada intinya sama saja kok pengertian keduanya. Gampangnya, "jualan tanpa terlihat jualan". Wiih, boleh nih dimasukkin ke dalam CV!





7. Berkesempatan Menebar Kebaikan dengan Cara yang Menyenangkan

Apapun tujuan kalian blogging, bagi gue seorang professional blogger itu sudah sepantasnya dihargai karena impact serta legacy yang dimilikinya. Apakah gue sudah bisa dibilang professional blogger? Belum, masih jauh hahaha. Apalagi secara teknis. Tetapi, setidaknya secara non-teknis gue sering dapat feedback untuk keep on blogging! Bahagia banget rasanya kalau hobi yang gue lakukan juga bisa sedikit banyak bermanfaat bagi orang lain. 


Rasanya, tuh kalau lagi capek nulis tinggal ingat saja kata-kata motivasi dari teman-teman semuanya. Dulu, gue juga mikir, gue nulis artikel susah-susah, memangnya ada gitu yang mau baca? Lama-kelamaan mulai sadar, oh ternyata bahkan yang nungguin pun ada hahaha. Terima kasih, yaa buat semua apresiasi dan dukungannya! :)




REFERENSI

¹Lee, Allen T.C et all. 2018. Jama Psychiatry Journal. (Dalam Sifferlin, Alexandra. 2018. Reading Books and Playing Games May Help Prevent Dementia: Study. Dalam Time.)



***

Bintang Mahayana ©️ 2021

BPN 30 Day Ramadan "Blog Challenge 2021" - DAY 13: 7 Hal yang Paling Membuat Bahagia

 

2 comments:

  1. Hai kak, postingannya seru banget. Semembahagiakan ini yaa blogging, aku baru kenalan nih dg blog :) Jadi semangat buat belajar banyak hal lagi di dunia blogging ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak! Thank you sudah mampir yaa hihi. Iya nih kalau dipikir-pikir juga baru sadar setelah nulis artikelnya. Ada banyak hal tentang Blogging yang latut disyukuri ternyata. Semangat berkarya di Blog nya yaa Kak!🙌🏻

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.