[REVIEW] IMAC Cosmetic - Lip & Cheeks and Lip Mousse & Cheek: New Versatile Local Lip Product UNDER 50K! | Bintang Mahayana

Wednesday, April 21, 2021
Holla!
Di postingan kali ini gue akan review dan swatch IMAC Cosmetic Lip & Cheek dan Lip Mousse & Cheek. Buat yang cari rekomendasi local lip products untuk kombinasi ombrè maupun bisa dipakai sendiri, harus banget baca review ini sampai habis pokoknya! Btw, ini adalah pengalaman pertama gue mencoba produknya IMAC Cosmetics. Jadi, bakal sekaligus first impression juga terhadap brand nya. Kalau penasaran sama review nya, keep on reading!




ABOUT THE BRAND

IMAC Cosmetic merupakan sebuah local brand asal Indonesia. Nama IMAC sendiri ternyata ada kepanjangannya, loh! Yaitu It's My Admirable Collection. Brand ini berada di bawah naungan PT Sekawan Cosmetic Wasantara (Sekawan Cosmetic) yang merupakan perusahaan yang memproduksi cosmetics dan toiletries sejak tahun 1986. Sekawan Cosmetic memiliki lebih dari 300 karyawan dan jejaring distribusi marketing di seluruh Indonesia. Berada di bawah naungan manufaktur swasta atau OEM Manufacturing. Pada tahun 2017, Sekawan Cosmetic menjadi bisnis unit di bawah naungan Tancorp yang juga menaungi brand lain seperti Cleo, Avian, dan 76 lainnya (Source: Imac Cosmetic PK).


IMAC Cosmetic meluncurkan produk pertamanya pada Juli 2020, yaitu Imac Cosmetic Lip & Cheeks dan Imac Cosmetic Lip Mousse & Cheeks. Dengan masing-masing memiliki 5 shades. Semua produk IMAC Cosmetic SLS free, paraben free, mercury free, cruelty free, dan BPOM registered.



IMAC Cosmetic Lip & Cheek

Source: Instagram IMAC Cosmetic


        

IMAC Cosmetic Lip Mousse & Cheek


Dari atas ke bawah: Victoria Candy, Pink Peony, Romantic Peach, My Burgundy, Flawless Coco
Source: Instagram IMAC Cosmetic



Di review kali ini gue nggak akan bahas semua shades nya tetapi hanya My Favorite Shades karena review di blog ini sifatnya adalah curated review (review pilihan).  Shades yang akan di-review ada shades IMAC Cosmetic Lip & Cheek dan shades IMAC Cosmetic Lip Mousse & Cheek dengan detail sebagai berikut:




1. IMAC Cosmetics Lip & Cheek - Rose Velvet (IMAC X Vici Sienna)
2. IMAC Cosmetics Lip & Cheek - Sweet Blush (IMAC X Diana Halim)
3. IMAC Cosmetics Lip Mousse & Cheek - Romantic Peach
4. IMAC Cosmetics Lip Mousse & Cheek - Burgundy Red





MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Lip Area                : kulit bibir terkadang mengelupas karena kering; area lip line kecoklatan.

 


PRODUCT DETAILS - IMAC Lip & Cheek





IMAC Lip & Cheek - ROSE VELVET
(IMAC X Vici Sienna)



Nama Produk : IMAC Lip & Cheek - Sweet Blush (Imac x Vici Sienna)
Nama Brand   : IMAC Cosmetic
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Lip Bullet/ Stick Blush
Ukuran             : 3.5g
BPOM              : NA18201201367
Batch No.        : 000603
PAO                  : -
Expiry Date     : MAR 23
Harga               : Rp38.500,00
Tekstur            : Solid
Hasil Akhir      Sateen Finish
Website            : Instagram @imac.cosmetic
Where to buy  : Shopee (Imac Official)/ Tokopedia (Sekawan Cosmetics)




IMAC Lip & Cheek - SWEET BLUSH
(IMAC X Diana Halim)





Nama Produk : IMAC Lip & Cheek - Sweet Blush (Imac x Diana Halim)
Nama Brand   : IMAC Cosmetic
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Lip Bullet/ Stick Blush
Ukuran             : 3.5g
BPOM              : NA18201201368
Batch No.        : 000604
PAO                  : -
Expiry Date     : MAR 23
Harga               : Rp38.500,00
Tekstur            : Solid
Hasil Akhir      Sateen Finish
Website            : Instagram @imac.cosmetic
Where to buy  : Shopee (Imac Official)/ Tokopedia (Sekawan Cosmetics)




CLAIMS - IMAC Lip & Cheek

Imac Lip & Cheek  dapat digunakan sebagai perona pipi dan bibir dengan hasil sateen-looked yang tahan lama. Diperkaya akan Jojoba Oil dan Vitamin E untuk melembabkan dan mencerahkan warna alami bibir. Diperkaya akan UV Filter untuk membantu melindungi bibir dari pengaruh buruk sinar matahari.

1. COLOR & LONGEVITY
- Pigmented
- Long-lasting
- Sateen finish

2. SKINCARE BENEFIT
- Mengandung Jojoba Oil
- Mengandung UV Filter
- Diperkaya Vitamin E





INGREDIENTS - IMAC Lip & Cheek






PACKAGING IMAC Lip & Cheek

Outer Packaging

Kemasan luar dari IMAC Lip & Cheek Sweet Blush dan Rose Velvet ini dilengkapi dengan box packaging berwarna hitam dengan aksen color splash senada dengan warna shade nya. Meskipun pasti akan ada sedikit perbedaan, yaa. Jadi, kalian bisa lihat swatches dari Beauty Blogger atau Vlogger dulu sebelum memutuskan ingin beli shades yang mana. Tulisan nama brand dibuat dengan aksen gold-like color. Untuk kelengkapan informasi ingredientsclaims, BPOM registration number, barcodeQR Code, dan expiry date pun jelas terbaca. 






Inside Packaging

Botol untuk IMAC Lip and Cheek Sweet Blush dan Rose Velvet nya sendiri cukup unik dan jarang. Bentuknya pendek seperti lip bullet kebanyakan. Namun, diameter untuk tube bagian bawahnya lebih lebar. Jadi, desainnya asimetris secara horizontal. Secara size, masih cukup pas untuk dibawa-bawa di pouch untuk touch up. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Yang terpenting adalah tutupnya itu rapat. Jadi, kalau ditaruh di tas nggak  akan mudah terbuka.





Untuk informasi nama shade, berat bersih produk, dan bahkan nomor registrasi BPOM juga masih disertakan di bagian dasar produk dengan sticker label berwarna senada dengan shades nya.






FRAGRANCE IMAC Lip & Cheek

IMAC Lip & Cheek Sweet Blush dan Rose Velvet ini wanginya mirip kue. Dia memang mengandung fragrance. Namun di urutas agak akhir. Ketika sudah diaplikasikan di bibir, wanginya akan hilang dan tidak mengganggu.





TEXTURE & STORAGE

IMAC Lip & Cheek Sweet Blush dan Rose Velvet ini teksturnya cukup creamy tetapi tidak terlalu lembek juga. Biasanya, kalau terlalu lembek akan rawan meleleh dan patah. Tetapi, hal itu tidak terjadi di IMAC Lip & Cheek, kok. Karena teksturnya creamy, sebaiknya disimpan di room temperature, yaa. Jangan terkena paparan sinar matahari langsung


Pada foto bisa terlihat bekas guratan bibir setelah pemakaian produk secara berulang-ulang meninggalkan lip prints. Untuk foto pertama (Rose Velvet) terdapat bekas garis di lip bullet karena tidak sengaja tergores bagian pinggir tutupnya. Artinya, produknya punya creamy texture.








PIGMENTATION & SWATCHES IMAC Lip & Cheek

Hand Swatches

Sewaktu di-swatch di tangan teksturnya creamyTidak dragging  sama sekali saat diaplikasikan. Cuma harus buru-buru gue hapus sebelum stainning. Kalau di bibir, sih bagus yaa ada stain nya. Jadi, claim untuk long-lasting nya itu approved. Karena ada stainning power-nya tadi. Untuk kulit tangan gue, warnanya memang lebih netral dibandingkan dengan kulit wajah. Sehingga, warnanya lebih terlihat gelap saat di-swatch di tangan dibandingkan saat di bibir. 




Lip Swatches

Ketika di-swatch di bibir pigmented. Tetapi bisa juga kalau mau hasilnya itu seperti pakai Lip Tint. Karena kan ini Lip Mousse bukan Lip Cream. Jadi bisa eksplor teknik pakai untuk hasil yang agak transparan. Sehingga hasil yang sheer dan natural. Kalau mau lebih intense bisa layering. Poin terpentingnya ini nggak patchy! Secara warna, untuk di light skin tone - neutral undertone, baik shade Sweet Blush maupun Rose Velvet adalah favorit gue. Keduanya bisa dipakai sendiri maupun bersamaan dengan Sweet Blush sebagai base dan Rose Velvet sebagai inner ombre.

- Sweet Blush  Nudish brown dengan hint pink yang lebih dominan. Sehingga kategorinya adalah neutral tone dan dapat mengikuti warna bibir asli sebagai MLBB color.

Rose Velvet    Brick red dengan hint orange yang lebih dominan. Sehingga kategorinya adalah warm tone. Warna ini akan semakin merah jika di-layer. Untuk warna yang dihasilkan saat stainning akan menjadi warna peach yang membuat wajah terlihat segar. Efeknya hampir mirip seperti palai Lip Tint.


Ombrè Style


Full Lips Style




LONGEVITY IMAC Lip & Cheek

IMAC Lip and Cheeks Sweet Blush ini kalau di bibir gue bisa meninggalkan stainning color. Terutama untuk shades yang lebih gelap seperti Rose Velvet. Jadi, meskipun dipakai makan dan minum warnanya tidak akan 100% hilang dari bibir. Beberapa menit setelah set di bibir, bakal stainned, kok. Pastikan pakainya beberapa layer supaya lebih jelas warnanya. Biasanya gue pakai sekitar 6 jam tanpa touch up masih oke. Kalau mau lebih transferproof sebenarnya bisa dikombinasikan dengan Lip Mousse & Cheek untuk bagian dalam bibir. Foto di bawah ini adalah stainning color setelah pemakaian shade Rose Velvet.






---- Next Series ----




PRODUCT DETAILS - IMAC Lip Mousse & Cheek





IMAC Lip Mousse & Cheek - ROMANTIC PEACH




Nama Produk : IMAC Lip Mousse& Cheek  - Romantic Peach
Nama Brand   : IMAC Cosmetic
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Lip Mousse/ Cream Blush
Ukuran             : 5g
BPOM              : NA18201301780
Batch No.        : 0J1601
PAO                  : -
Expiry Date     : APR 23
Harga               : Rp46.500,00
Tekstur            : Liquid
Hasil Akhir      Matte Finish
Website            : Instagram @imac.cosmetic
Where to buy  : Shopee (Imac Official)/ Tokopedia (Sekawan Cosmetics)




IMAC Lip Mousse & Cheek - MY BURGUNDY





Nama Produk : IMAC Lip Mousse & Cheek - My Burgundy
Nama Brand   : IMAC Cosmetic
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Lip Mousse/ Cream Blush
Ukuran             : 5g
BPOM              : NA18201301782
Batch No.        : 0J2000
PAO                  : -
Expiry Date     : APR 23
Harga               : Rp46.500,00
Tekstur            : Liquid
Hasil Akhir      Matte Finish
Website            : Instagram @imac.cosmetic
Where to buy  : Shopee (Imac Official)/ Tokopedia (Sekawan Cosmetics) 





CLAIMS - IMAC Lip Mousse & Cheek

IMAC Lip Mousse & Cheek memiliki tekstur yang ringan dan lembut dengan hasil matte finish. Dengan berbagai pilihan favorit yang pigmented  dan less transfer sehingga nyaman untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Diformulasikan khusus dengan Jojoba Oil untuk menjaga kelembaban bibir, serta Vitamin C & Euntuk mencerahkan warna bibir secara alami dan sebagai anti aging.


1. COLOR & LONGEVITY

- Pigmented

- Long-lasting

- Less transfer


2. SKINCARE BENEFIT

- Mengandung Jojoba Oil

- Mengandung UV Filter

- Diperkaya Vitamin E & C

- Memiliki manfaat anti-aging (dari Vitamin C)





INGREDIENTS - IMAC Lip Mousse & Cheek


Baik Imac Lip & Cheek maupun Lip Mousse & Cheek, sama-sama mengandung Jojoba Oil, UV Filter, dan Vitamin E. Namun, pada Lip Mousse juga diperkaya dengan Vitamin C yang baik untuk antioksidan bersama Vitamin E mampu mencerahkan warna alami bibir. Selain itu Vitamin C juga mampu bekerja melawan tanda-tanda penuaan (anti aging).




PACKAGING IMAC Lip Mousse & Cheek

Outer Packaging

Kemasan luar dari IMAC Lip Mousse & Cheek Romantic Peach dan My Burgundy kurang lebih sama dengan IMAC Lip & Cheek hanya ukurannya lebih panjang karena isinya lebih banyak 1.5g, yaitu 5g.





Inside Packaging

Botol untuk IMAC Lip Mousse & Cheek Romantic Peach dan My Burgundy juga mirip dengan IMAC Lip & Cheek namun lebih besar 1.5cm. Bedanya, selain bagian bawah botolnya ada gradasi buram yang menunjukka  isinya, untuk Lip Mousse ada applicator nya, yaitu brush yang fleksibel mengikuti bentuk bibir. Literally flexible karena memang saat diaplikasikan, brush nya itu bergerak seiring dengan lekukan bibir. Jadi bukan brush yang stiff. Makanya waktu awal pakai agak kaget. Kirain rusak nggak tahunya memang dia bisa gerak begitu haha.





FRAGRANCE IMAC Lip Mousse & Cheek

IMAC Lip Mousse & Cheek Romantic Peach dan My Burgundy ini wanginya mirip es krim, deh hahaha. Dia memang mengandung fragrance. Namun di urutas agak akhir. Ketika sudah diaplikasikan di bibir, wanginya akan hilang dan tidak mengganggu.




TEXTURE & STORAGE IMAC Lip Mousse & Cheek

Tekstur dari IMAC Lip Mousse & Cheek jika dibandingkan dengan IMAC Lip & Cheek memang agak lebih tebal. Teksturnya jika sekilas memang seperti mousse cream.  Tetapi kalau sheer, bakal transparan mirip lip tint. Apalagi kalau cuma ditotol-totolin gitu di bibir.






Hand Swatches

Di review ini gue swatched di tangan memang warnanya akan terlihat lebih gelap. Apalagi tangan gue itu lebih terang daripada wajah. Pigmentasinya bisa diatur. Oh ya, karena finish nya matteprep bibir dengan lip balm sangat disarankan. Foto di bawah ini sengaja pakai low light supaya terlihat kontrasnya.





Lip Swatches

Swatch di bibir menurut gue sesuai klaimnya pigmented dan nggak patchy. Apalagi ini kan teksturnya liquid. Tidak hanya warna gelap seperti My Burgundy saja. Untuk warna terang seperti Romantic Peach di bibir gue juga bisa menutup warna bibir. Asalkan waktu pakai memang langsung swatched, yaa. Bukan di-tapping saja. Kecuali memang ingin hasil yang natural. Kalau sheer memang tekstur lip mousse itu seperti in between lip cream and lip tint. 


Selain itu, yang gue notice juga dia memang less transfer jika dibandingkan dengan Lip & Cheek. Kalau sudah set dia relatif nggak geser pigmennya. Terlebih lagi karena finish-nya itu matte. Kalau mau sabar nunggu sampai warnanya set di bibir, bisa kok jadi transferproof.


- Romantic Peach : True peach color yang sangat bisa dijadikan nude lip color untuk kulit light to fair skin tone. Karena peach, jadi masih masuk kategori warm tone. Namun masih versatile untuk semua skin undertone. Di kulit medium to dark mungkin akan terlihat terang. Tetapi, kalau dikombinasikan dengan darker color yang tepat, bakal tetap cantik. 


- My Burgundy : The literal burgundy red alias merah keunguan. Meskipun kalau di bibir gue kalau dipakai satu layer masih cenderung merah. Tetapi swatch di tangannya itu beneran burgundy dengan hint purple yang dominan. Warna ini bisa jadi bold color maupun inner ombrè. Parah sih ini dikombinasikan dengan Romantic Peach jadi my favorite ombrè lips. Di kulit medium to dark, ini mungkin akan jadi red shade yang chic abis!

 


Ombrè Style


Full Lips Style




LONGEVITY IMAC Lip & Cheek 

Ketahanan dari IMAC Lip Mousse & Cheek Romantic IMAC Lip and Cheeks Sweet Blush ini kalau di bibir gue bisa meninggalkan stainning color. Terutama untuk shades yang lebih gelap seperti Rose Velvet. Jadi, meskipun dipakai makan dan minum warnanya tidak akan 100% hilang



COMPARISON




Gue pribadi suka pakai semua shades-nya karena memang bisa diakalin untuk pemakaian baik untuk daily maupun glam look. Untuk tekstur produk sejujurnya di gue nggak terlalu ada masalah selama lip prep nya benar sebelum Make Up. Tetapi, kalau harus milih secara tekstur, I will go with IMAC Lip & Cheek karena di jenis bibir gue yang gampang kering, sateen finish is my bestie!


Tetapi, kalau secara shades, menurut gue IMAC Lip Mousse & Cheek warna-warnanya lebih kekinian. Terutama My Burgundy. Susah banget nemu shade burgundy yang beneran burgundy btw! Terus untuk shade Romantic Peach juga biasanya meskipun peach masih suka coklat jatohnya di bibir gue. Tapi shade Romantic Peach memang truly peach. Kalau lagi pengen nude color yang ada efek brightening ke wajah, I am sold to shade Romantic Peach.





FINAL VERDICT

Pros (+)
Packaging nya unik dan tutupnya firm. Jadi tidak mudah terbuka.
+ Untuk isinya lumayan banyak.
+ Teksturnya creamy dan nggak dragging saat diaplikasikan.
+ Kalau sudah setstainning color nya relatif transferproof.
+ Nggak bikin bibir kering atau mengelupas.
+ Semua shades nya wearable baik dipakai single maupun dikombinasikan dengan satu sama lain bahkan dengan line yang berbeda.
Price point dengan kualitasnya menurut gue ini super affordable! Nggak sampai 50k, loh!


Cons (-)
- Mungkin bisa ditambah lagi shades nya terutama untuk kategori cool tones karena rata-rata shade range nya masih neutral to warm undertones.
- Saran untuk typography di bagian badan botol bisa diperkecil. Misal hanya single logo atau tulisannya dibuat horizontal di bagian tutupnya dengan stroke yang tidak terlalu tebal. Sehingga desainnya akan terlihat lebih modern and clean.



RECOMMENDATION

Kalau kalian sering bermasalah sama bibir kering dan gelap gue rasa bakal Holy Grail-in IMAC Lip & Cheek, sih. Soalnya tanpa lip balm pun di gue tetap lembab. Sedangkan buat kalian yang suka pakai lip tint tetapi ingin ada coverage lebih untuk bibir gelap, IMAC Lip Mousse & Cheek bisa dijadikan sebagai alternatif karena efeknya in between lip cream dan lip tint.


Kedua seri IMAC ini nyaman dipake, nggak bikin bibir berasa tebal, nggak bikin kulit bibir kering hingga mengelupas. Tetapi, karena di ingredients list gue masih menemukan fragrance, gue kurang merekomendasikan untuk bumil dan busui karena kalau tertelan khawatir berdampak terhadap janin maupun ASI. Tetapi kalau masih ingin pakai sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kalau mau pakai supaya lebih yakin.




****

Thank you all for dropping by! :)




Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dengan berbagai teknik pemakaian.

- Pencahayaan pada foto, layar gadget, dan skin tone serta skin undertone kemungkinan memengaruhi hasil warna yang tampil.

- Review ini merupakan kerja sama dengan IMAC Cosmetic dengan tetap mengedepankan "Honest Review" dan menjaga integritas penulis untuk menyampaikan informasi yang benar.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop) atau footer (Mobile) Blog ini.

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.