Ramadhan Sebentar Lagi! Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tubuh dan Kulitmu Tetap Sehat

Tuesday, April 06, 2021
Holla!
Nggak terasa, yaa sudah memasuki bulan April di tahun 2021. Artinya, sebentar lagi kita mau menyambut Bulan Suci Ramadhan. Wah, siapa nih yang udah nggak sabar berburu takjil? Eits! Jangan salah, yaa! Ramadhan bukan hanya soal ibadah berpuasa secara fisik dan hati. Tetapi juga waktunya kita reset tubuh kita yang sudah banyak mengonsumsi segala macam makanan dan minuman agar kembali bersih dan sehat. Begitupun juga dengan kulit kita. Supaya nggak gampang dehidrasi, gue akan bagikan tips nya yang bisa kalian terapkan mulai dari sekarang.
Keep on reading! :)





1. Menyambut Ramadhan dengan Penuh Suka Cita

Setelah setahun kita berpisah dengan Bulan Ramdhan, pasti kangen banget, dong? Apalagi Bulan Ramadhan merupakan Bulan yang Mulia dalam Islam. Kita sudah sepantasnya bersyukur jika masih dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan tahun ini. Sebagai seorang muslim yang mengaku beriman, tentunya kita wajib menyambut Ramadhan dengan gembira dan penuh suka cita. Bak menyambut kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Sebagaimana Firman Allah.SWT dalam QS Yunus [10] : 58, yang artinya:

"Katakanlah: 'Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan."


Tetapi apa hubungannya dengan kesehatan? Haruskah kita bergembira hanya karena iman? Eits! Jangan salah! Hal ini juga dapat mengaktifkan hormon bahagia yang mampu mengirim signal ke otak bahwa kita merasa bahagia akan sesuatu. Salah satunya adalah Endorfin¹ yang mampu kita dapatkan ketika menyantap makanan yang lezat! Jadi, nggak salah juga, kok kalau bahagia menyambut Ramadhan salah satunya karena nggak sabar makan takjil hehehe.




2. Menjaga Asupan Air Putih yang Cukup Sepanjang Hari

Kebutuhan water intake setiap orang memang berbeda. Tergantung tinggi badan, berat badan, serta aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Namun, gue pribadi selalu pastikan setidaknya 10 gelas (uk. 330ml/ gelas) sehari. Prinsip minum sebelum dan sesudah. Sebelum dan sesudah tidur, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah mandi, dan di sela-sela kegiatan. Konsumsi air putih ini kelihatannya hal yang remeh padahal besar manfaatnya. Apalagi saat bulan puasa nanti. Kita butuh cadangan air yang cukup agar tidak mudah dehidrasi. 


Selain itu, konsumsi air putih juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Pasti kerasa, deh bedanya. Kulit saat konsumsi air putih kita cukup dan kurang. Lembab dan kenyalnya berbeda. Bahkan tampilannya pun berbeda. Gue selalu merasa lebih cerah dan less problematic kalau konsumsi air putihnya cukup. Jadi, buat kalian yang ingin menyehatkan kulit sebaiknya biasakan konsumsi air putihnya dijaga dari sekarang, yaa.




3. Membatasi Kegiatan di Ruangan Ber-AC

Seharian beraktivitas di ruangan ber-AC tentunya akan membuat kulit kita jadi lebih cepat kering. Jika teman-teman sudah mulai WFO, bisa coba beri waktu beberapa menit untuk keluar ruangan yang tidak ber-AC seperti saat jam makan siang atau break saat solat. Saat gue WFO, setelah wudu dan solat gue biasanya perbanyak konsumsi buah-buahan di cafetaria. Jalan-jalan di taman sebentar sebelum kembali ke ruangan. 


Aktivitas jalan-jalan atau duduk-duduk sebentar ini juga bisa kalian lakukan saat puasa nanti. Lebih baik lagi kalau misal ada Masjid non AC di kantor, lalu bisa duduk di Majelis Taklim sampai waktu istirahat selesai. Biasanya lantai Masjid kan adem, tuh yaa biarpun tanpa AC. Lumayan sambil nambah pahala ngadem-nya hihi.




4. Menjaga Hidrasi Kulit dengan Skincare yang Tepat

Yes, I know! Cari skincare products yang tepat di kulit kita itu memang susah-susah gampang. Makanya harus dipersiapkan dari sekarang. Biasanya, saat puasa gue merasa kulit bibir lebih cepat kering. Jadi harus punya lip balm yang lembabnya tahan lama. Karena, kalau sering-sering touch up kan takut tertelan saat puasa. Meskipun kalau tidak sengaja, sih seharusnya tidak sampai membatalkan. Tetapi kalau bisa dihindari kenapa tidak?




Kemudian penggunaan hydrating toner pun menjadi krusial. Selama puasa, gue nggak pernah touch up pakai face mist karena takut menyalahi hukumnya. Cuci muka untuk menyegarkan saja bisa makruh. Apalagi jelas-jelas pakai produk yang bisa meresap ke dalam pori-pori? Untuk itu, setelah sahur bisa pakai hydrating toner. Biasanya gue pakai dengan teknik layering. Sehingga, dapat masuk ke pori-pori secara bertahap. Gue selalu usahakan skincare wajah saat sebelum subuh. Untuk menghindari puasanya menjadi makruh. Makanya, sebelum puasa usahakan kulitnya juga ikut kenyang oleh hidrasi. Penggunaan skincare yang kaya akan Hyaluronic Acid akan sangat membantu menjaga hidrasi kulit selama puasa. Selain itu, jangan lupakan sunscreen juga, yaa!






5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau
Ini juga hal sepele yang paling sering dilupakan orang. Kita sering berpikir kalau puasa enaknya sahur atau berbuka pakai yang manis-manis atau goreng-goreng. Padahal, konsumsi buah dan sayuran hijau mampu memberi kita hidrasi yang lebih lama dari air. Kalau kita minum air, sebagian besar akan menuju ginjal. Hanya sebagian lainnya yang terserap lewat usus besar. 


Tetapi, buah dan sayuran harus melewati proses yang lebih panjang. Mereka masih harus dicerna di lambung kemudian sari-sarinya diserap oleh tubuh  lewat usus halus dan masuk ke dalam aliran darah. Sehingga, akan bertahan lebih lama dalam tubuh sebelum akhirnya diekskresi. Dengan hidrasi yang lebih lama, tentunya badan kita tidak akan mudah kelelahan atau dehidrasi selama puasa. 





6. Jaga Kualitas Ibadah dengan Perbanyak Interaksi bersama Al-Qur'an
Memperbaiki hubungan vertikal dengan Sang Pencipta juga tak boleh luput dari agenda persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan. Dengan memperbanyak interaksi dengan Kitab Suci Al-Qur'an tentunya hati akan menjadi lebih tenteram. Lalu, siapa sangka kalau wajah orang yang sering membaca Al-Qur'an juga akan memancarkan cahaya dari dalam? 

Ingin kulit yang cerah dan bercahaya tidak cukup hanya dengan skincare. Kalau skincare mampu membuat wajah kita terlihat lebih bercahaya di hadapan sesama manusia. Maka, Al-Qur'an lah yang mampu membuat wajah kita nampak bercahaya di hadapan Allah.SWT. Yakin, cuma mau terlihat glowing di hadapan manusia saja? :)





7. Batasi Akses terhadap Informasi Negatif yang Dapat Memengaruhi Kesehatan Mental
Derasnya arus informasi yang kita terima setiap detik dalam setiap harinya, terkadang menciptakan kebingungan dalam diri. Bukan nggak mungkin, informasi negatif yang awalnya tidak sengaja kita temukan malah bikin makin stres. Kita pastinya ingin ibadah kita selama puasa nggak sia-sia, bukan? Terlebih lagi, ingin bisa beribadah dengan damai dan dengan jiwa yang sehat serta tentram.

Paparan hal negatif bukan tidak mungkin diserap oleh tubuh lewat proses alam bawah sadar kita. Untuk itu, kita bisa lakukan meditasi di pagi hari sebelum beraktivitas. Caranya bagaimana? Bisa dengan ibadah solat Dhuha, tadarus Qur'an, dan juga mini yoga untuk mengatur ritme napas kita. Dengan mental yang sehat, maka tubuh kita juga akan semakin sehat dan kuat. Sehingga, kita akan lebih siap dalam menjalani puasa semaksimal mungkin.



***

Sekian dulu sharing dan tips nya. Semoga kita semua bisa dipertemukan dengan Bulan Ramadhab tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Semoga ibadah puasa dan amalan-amalan kita juga diterima oleh Nya. Aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa!


- Bintang Mahayana ©️ 2021




Reference

¹Fadli, Rizal dr. 2020. Mengenal 4 Jenis Hormon untuk Mental yang Sehat. Dalam Halodoc. Diakses pada 6 April 2021

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.