[REVIEW] ISNTREE Hyaluronic Acid Toner Plus (5 types Hydrochloric Acid) | Bintang Mahayana

 Holla!

Apa kabar semuanya? Sudah lama nggak bahas Hydrating Toner lagi. Sebulan terakhir ini lagi cinta banget sama K-Beauty Brand, yaitu Isntree. Produk yang mau gue review kali ini adalah  ISNTREE Hyaluronic Acid Toner Plus. Perlu diketahui bahwa ini adalah produk Isntree pertama yang gue coba. Jadi, bakal sekaligus jadi first impression  terhadap Isntree sendiri sebagai sebuah brand yang menurut gue "nggak biasa". Wah, kenapa tuh? Keep on reading! :)





ABOUT THE BRAND

ISNTREE adalah sebuah cruelty-free brand dari Korea yang didirikan sejak Januari 2012. Dalam website Soko Glam, dijelaskan bahwa:

Isntree is a brand that focuses on preserving one’s natural beauty through the use of natural, safe and healthy ingredients in our natural skin care products. Isntree is a product of a clean and pure environment of an island and founded on the belief of their passion to bear good fruit, grow with their consumer and use natural plant based materials.

Sehingga, secara garis bisa disimpulkan kalau Isntree banyak mengandung bahan-bahan alami, vegan, dan cruelty free. 




MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination (Normal to Dry)
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores



PRODUCT DETAILS




Nama Produk  Isntree Hyaluronic Acid Toner Plus
Nama Brand   : Isntree
Negara Asal    : Korea
Jenis Produk   :  Hydrating Toner
Ukuran            : 200ml/ 6.76fl.oz
Batch Number : DK050
PAO                 : 6 Months
Expiry Date     : 2022.05.07 (yyyy/mm/dd)
Harga               : Rp250.000,00 ($23.60 on web)
Tekstur            : cair cenderung gel
Jenis Kulit       : Normal to Dry Skin Type*
Website            : en.isntree.com (english website)
Mfg Distributor : ISNTREE CO., Ltd. 2F, 8, Buheung-ro 303beon-gil, Bucheon-si, Gyeonggi-do, Korea.
Manufacturer  :EZEKIEL COSMETIC Co., Ltd. 53, Hwanggeum3-ro7beon-gil, Yangchon-eup, Gimpo-si, Gyeonggi-do, Korea.**


*Silakan lihat detail penjelasan pada bagian "Texture" dan "Recommendation"

**Manufacturer adalah perusahan yang memproduksi produk di pabrik untuk manufacturing distributor yaitu brand yang memasarkan produk tersebut. Dalam dunia beauty istilah ini dikenal dengan sub-con. Sehingga, Ezekiel Cosmetic Co., Ltd adalah sub-con bagi Isntree Co., Ltd.



INGREDIENTS

ISNTREE Hyaluronic Acid Toner Plus Full Ingredient List (urut berdasarkan konsentrasi dari tertinggi hingga terrendah):

Water • Propanediol • 1,2-Hexanediol • Sodium Hyaluronate • Trehalose • Sodium PCA • Biosaccharide Gum-1 • Glycerin • Hyaluronic AcidCamellia Sinensis Leaf Extract • Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract • Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract • Polygonum Cuspidatum Root Extract • Centella Asiatica Extract • Aloe Barbadensis Leaf Extract • Althaea Rosea Root Extract • Betula Alba Juice • Portulaca Oleracea Extract Hydrolyzed Hyaluronic Acid • Hydrolyzed Sodium Hyaluronate • Sodium Hyaluronate Crosspolymer • Beta Glucan • Betaine • Panthenol • Cellulose Gum • Pentylene Glycol • Caprylyl Glycol • Butylene Glycol • Ethylhexylglycerin • Scutellaria Baicalensis Root Extract 

- Highlighted in ___ = essential oils

- Highlighted in ___ = hyaluronic acids


Untuk penjelasan lebih lengkap per individual ingredient, bisa check di kedua website di bawah ini, yaa:

Skincarisma https://www.skincarisma.com/products/isntree/hyaluronic-acid-toner-plus

Cosdna http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_9ad8470636.html 



EWG Rate

Fyi, untuk mengetahui apakah kandungan suatu produk itu aman atau tidak, terutama untuk kulit sensitif, kalian bisa menggunakan EWG Rate (Environmental Working Group) sebagai salah satu indikatornya. Masing-masing individual ingredient punya rate nya sendiri. Semakin kecil angkanya makan dinilai semakin aman atau less irritative. Berikut EWG Rate yang ditampilkan pada official website Isntree (english version).




- Glycerin
Sejenis natural humektan yang berfungsi ungtuk menarik kadar air dari udara. EWG rate 2 masih termasuk aman (warna hijau). Termasuk jenis humektan yang cukup mild di kulit. Alergi mungkin akan terjadi namun kemungkinannya sangat kecil (hanya bila seseorang alergi terhaday glycerin).


- Aloe Barbadensis Leaf Extract
Sering disebut aloe vera, merupakan ekstrak dari tanaman lidah buaya yang baik untuk menenagnkan kulit yang iritasi atau kemerahan. Rate EWG 1-3 karena bisa jadi sangat aman digunakan namun berpotensi menimbulkan iritasi bagi pemilik kulit yang alergi terhadap kandungan lidah buaya itu sendiri.
 


Key Ingredient





PACKAGING

Size & Color

Isntree Hyaluronic Acid Toner Plus ini hadir dalam kemasan botol plastik tebal (no.3) berwarna biru tua transparan. Jadi sisa produknya bisa kelihatan dari luar. Sedangkan tutupnya berwarna putih dari plastik juga. Untuk ukuran 200ml ini botolnya termasuk ga terlalu besar. Jadi nggak makan tempat di vanity table. Desainnya simpel dan elegan menurut gue meskipun dari plastik. Tapi nggak keliatan kayak skincare murah juga hehe. 




Safety

Waktu dibuka bagian lubang mulut botolnya ada stopper dari karet supaya nggak kebanyakan pas nuang produknya. Jadi, ukuran satu tetes yang keluar itu pas banget untuk semuka. Ada seal dari alumunium foil nya juga untuk melindungi isi di dalamnya.  Tutupnya juga tipenya yang bisa rapat gitu jadi nggak usah takut bocor selama nutupnya benar.


Information & Labeling

Pros

+ Nama branda dan produk terbaca jelas dengan nuansa biru dan putih.

+ Terdapat claims dan key ingredient di bagian depan botol.

+ Terdapat Expired Date dan Batch Number di bagian bawah botolnya. 

+ Terdapat informasi alamat website resmi Isntree dan label "Made in Korea". 

+ Terdapat barcode produksi pada kemasan kardus. Sehingga dapat dicek keaslian produknya lewat aplikasi Barcode Scanner.




Cons

- Informasi full ingredient dan cara pemakaian hanya terdapat pada kardus kemasan.

- Tidak tertera simbol PAO. Sehingga informasi PAO harus didapat dari website resmi Isntree.

- Tidak ada logo vegan atau cruelty free pada kemasan seerti claim brand pada website.





FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung fragrance baik dalam bentuk parfum maupun essential oils. Sehingga, cenderung aman bagi para pemilik kulit sensitif.



TEXTURE

Secara tekstur, warnanya bening dan kental seperti tekstur hyaluronic acid pada umumnya. Tetapi dia lumayan cepat meresap tanpa membuat kulit terasa stripping atau kering yang ketarik gitu. Seminggu awal pemakaian, lumayan butuh sampe minimal 3 layers untuk ngerasa toner ini cukup menghidrasi. Tapi setelah lewat  minggu pemakaian sampai saat ini, 2 layers saja cukup. Biasa layer pertama lebih fokus di area kedua pipi ke hidung. Sedangkan layer kedua di area dahi dan dagu serta sedikit ke leher. Pernah pakai ini 7 layers  tapi sepertinya kulit jadi jenuh dengan HA. Jadi, yaudah deh balik lagi ke 2 layers cukup.









HOW TO USE 

- Pastikan kedua tangan dalam keadaan bersih setelah mencuci muka dan menggunakan exfoliating toner dan atau exfoliating serum (jika menggunakan).

- Tuang secukupnya ke telapak tangan atau kapas (personally, lebih suka langsung di telapak tangan) dan ratakan di seluruh permukaan telapak tangan agar jangkauan area wajah lebih banyak.

- Tepuk-tepuk halus ke seluruh area wajah. Oh ya jujur, selama pakai hydrating toner ini, gue berani pake di eye area karena nggak bikin pedih, nggak mengandung alcohol maupun fragrance.

- Tunggu beberapa detik sampai meresap dan lanjutkan dengan step skincare selanjutnya, seperti: essence, serum, moisturizer, sunscreen (am) / sleeping mask (pm).




LONGEVITY & STORAGE

Longevity

Soal kemampuan melembabkannya, gue pernah test untuk dijadikan skip-care dan dipakai serangkaian penuh dengan skincare dari brand lainnya. Karena formulasinya kental dan cukup sticky, gue rasa ini kurang bisa dijadikan sebagai skip-care produk. Karena ada rasa ketarik tapi bukan karena dia bikin kering. Tetapi ketarik karena lengket. Mirip kalau kalian pakai snail-based product. Tetapi kalau masuk di slot hydrating toner kemudian langsung pakai moisturizer jujur ini lembab nya tahan lama. 


Storage

Produk ini sayangnya hanya memiliki PAO (Period After Opening) nya adalah 6 bulan berdasarkan informasi yang tertera di website. Cukup aneh sih kok nggak ada symbol PAO di botol maupun di kardusnya. Selama periode pemakaian hindari menyimpan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Nah, kalau informasi soal penyimpanan ini memang tertera di kardusnya. Btw, untuk pemakaiannya gue cukup bros karena sering pakai berlayer-layer. Kadang sehabis cuci muka pun (wudhu) bakal re-apply toner ini. Jadi, sepertinya ini hanya akan bertahan selama 3-4 bulan sebelum produknya habis dipakai. 






FINAL VERDICT

Okay, setelah kurang lebih satu bulan mencoba produk Isntree Hyaluronic Acid Toner Plus ini, efek yang gue rasa adalah menghidrasi kulit normal to dry gue dengan baik, membantu mencerahkan kulit yang kusam, perlahan membantu memudarkan PIH, dan menyamarkan tampilan pori-pori (dibantu dengan penggunaan exfoliating toner dan mud mask). Toner ini bantu calming jerawat dan kemerahan (PIE) pasca inflamasi akibat hormonal acne dan over double cleansing dengan cleansing oil. Pokoknya kalau malamnya pakai toner ini, besok paginya tuh wajah terlihat glowing segar yang bikin kulit terlihat sehat deh.


Will I repurchase?

Price point dengan Rp250.000,00 untuk 200ml toner ini cenderung affordable in mid range. Tetapi, sepertinya akan stay dengan toner ini dulu karena tipenya niche skincare yang nyaris bisa dilayer dengan ingredient apapun termasuk dengan berbagai macam active ingredients. Which I totally seek for a toner! Meskipun nggak menutup kemungkinan untuk explore brand lain atau varian lain dari Isntree juga yaa. Anyway, good job Isntree! :)



HOW TO BUY

Sayangnya, Isntree ini belum secara official masuk Indonesia. Sehingga, mencarinya masih harus lewt online shop. Gue sendiri membelinya di Shopee store: Schminkhaus. My go to online store yang sudah terjamin original dan proses pengemasan serta pengirimannya juga cepat. Harganya Rp250.000,00 untuk 200ml. Harga di toko lain kemungkinan berbeda. Btw, I am not affiliated with the store, yaa. Pure my personal recommendation :)



RECOMMENDATION

Sebenarnya, toner ini lebih diperuntukkan untuk teman-teman yang punya normal to dry skin type. Tetapi, berdasarkan pengalaman, gue rasa teman-teman yang combination to oily skin type pun masih sangat bisa pake kok. Karena ini bukan tipe toner yang bikin kulit gerah gara-gara lama meresap gitu loh. Terus juga nggak bikin greasy atau becek lebay gitu.



Thank you for dropping by and may us all glow inside and out! :)




Disclaimer
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk selama 1 bulan pemakaian.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk tidak terafiliasi dengan brand maupun pihak manapun (personal purchase)
- Contact Me: https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.



No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.