[REVIEW] - NEW!! Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum - Viral Tik Tok Skincare 2020

Holla!

Apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu yaa. kali ini gue mau berbagi review produk terbaru dari Local Brand, nih. Sekarang Scarlett Whitening sudah punya rangkaian face skincare, loh. Di sini gue mau review kedua serum yang lagi viral banget di Tik Tok tahun 2020 ini, yaitu Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum. Yuk, disimak review nya, yaa.





ABOUT THE BRAND

Scarlett Whitening itu local brand bukan, sih? Yup! Betul, Scarlett Whitening adalah local brand milik artis Kak Felicya Angelista. Produk-produk Scarlett Whitening sendiri juga terbukti aman karena sudah teregistrasi di BPOM dan cruelty free serta non-animal tested. Artinya, produk-produk Scarlett Whitening nggak mengandung bahan-bahan yang berasal dari hewani dan juga tidak diuji coba pada hewan sama sekali.


MY SKIN PROFILE
Skin Type              : Combination (Normal to Dry)
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Hormonal Acne, Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores


- Scarlett Whitening Acne Serum -


PRODUCT DETAILS



Nama Produk Scarlett Whitening Acne Serum
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk   :  Face Serum/ Exfoliating Serum
Ukuran            : 15ml/ 0.5 fl.oz
No. BPOM      : NA18200104454
Batch Number : 0230720013 
PAO                 : 6 Months
Expiry Date     : Jul 22
Harga               : Rp75.000,00
Tekstur            : cair
Jenis Kulit       : Acne Prone Skin




INGREDIENTS



Active Ingredients

Tea Tree Water, Jeju Centella Asiatica, Vitamin C, Salicylic Acid (BHA), Liquorice Extract.


- Jeju Centella Asiatica (Cica)

Cica atau daun pegagan adalah salah ingredient yang paing diminati di dunia beauty saat ini karena terbukti mampu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit. Serta membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.


- Vitamin C

Jenis Vitamin C yang terkandung dalam produk adalah Ascorbyl Glucoside, yaitu salah satu jenis turunan vitamin C yang larut dalam air, cukup stabil, namun less potent dibandingkan dengan direct acid L-Ascorbic Acid yang relatif kurang stabil. Jadi relatif aman untuk newbie Vitamin C yaa. Ingredient ini terdapat pada urutan ke-8 pada produk.


- Salicylic Acid (BHA)

Salicylic Acid (SA) merupakan salah satu jenis BHA yang bakal disenangi sama temana-teman terutama dengan kulit oily acne-prone skin. SA mampu meredakan peradangan yang terjadi saat timbul jerawat di kulit  serta mengangkat kotoran yang dapa menyumbat pori-pori serta berpotensi menjadi penyebab komedo dan jerawat. 


- Liquorice Root Extract

Excited banget waktu tau ada Licorice di ingredient list nya Scarlett Whitening Acne Serum! Kenapa? Karena Liquorice ini kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kemerahan, mencegah hiperpigmentasi, dan juga mampu mengontrol sebum berlebih pada wajah


Essential Oils

- Maleleuca alternifolia (Tea Tree)

Tea Tree Leaf Water merupakan star ingredient dari produk Scarlett Whitening Acne Serum. Tea Tree adalah salah satu jenis essential oil yang terkenal bagus untuk jerawat yang bekerja dengan cara melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi beruntusan, dan mengatasi sebum (minyak alami kulit) berlebih di wajah.


- Annona cherimola Fruit (Custard Apple)

Ternyata, setelah gue baca-baca ini adalah buah mengkudu. Termasuk jarang digunakan dalam skincare ingredients karena dianggap mengeluarkan bau yag kurang sedap. Padahal, si cherimola atau mengkudu ini adalah buah yang kaya akan vitamin C yang cukup vital untuk mendapatkan healthy and glowing skin. Ingredient ini terdapat pada urutan ke-3 dari produk.

#fragrance-free #paraben-free #silicone-free



PACKAGING



Scarlett Whitening Acne Serum  hadir dalam kemasan botol akrilik bening doff  dengan pipet berwarna putih. Detail produk pada kemasan diberi sticker label doff berwarna UNGU dengan aksen tulisan yang glossy. Dilengkapi dengan plastic stopper untuk menjaga keamanan produk dalam kemasan kardus (supaya tidak mudah goyang dan pecah). Kardus sebagai packaging luarnya pun cukup simpel dan berwarna sama dengan kemasan botol di dalamnya.  


Saran: Secara estetika packagingnya memang lucu dan pasti disukai  teman-teman yang suka dengan packaging yang cute tetapi tetap simpel. Namun, akan lebih aman rasanya kalau warna botolnya gelap. Karena di dalamnya mengandung banyak active ingredients  yang cenderung reaktif terhadap sinar matahari. Meskipun jenis vitamin C nya adalah Ascorbyl glucoside  yang cenderung lebih stabil.



FRAGRANCE

Sebenarnya gue kurang bisa mendeskripsikan baunya seperti apa yang jelas gue bisa bilang kalau produk ini tidak mengandung perfume atau artificial fragrance. Poin plus nya ini akan aman untuk teman -teman yang kulitnya sensitif dengan fragrance.


Saran: Mungkin bisa ditambahkan varian yang memiliki parfum bagi teman-teman yang kulitnya tidak sensitif dengan fragrance. Sehingga ada dua varian, scented dan unscented. Sehingga, pengalaman menggunakan produknya bisa lebih pleasant



TEXTURE



Untuk tekstur dari Scarlett Whitening Acne Serum ini warnanya bening sedikit keruh dan cair agak kental. Seperti tekstur serum pada umumnya. Untuk skin feel nya sendiri dia lumayan cepat menyerap tanpa membuat kulit terasa ketarik. Setelah menyerap memang ada sedikit oil nya. Tetapi tidak sampai greasy, yaa. Jadi masih nyaman dipakai. Menurut gue wajar sih, karena mengandung Centella Asiatica Extract di dalamnya, yang mana cica itu mengandung saponin untuk membantu menghasilkan sebum alami kulit. 


Saran Penggunaan : Untuk oily skin stype, gue sarankan kalian pilih toner yang teksturnya ringan di kulit   dan oil-absorber yaa sebelum pakai ini supaya  feel nya tetap nyaman di kulit meskipun kalian layer. Jangan lupa pakai moisturizer yang ringan juga. Untuk normal to dry skin type kayak gue, rasanya serum ini nggak ada masalah. Malah membantu produksi minyak alami kulit untuk melembabkan kulit.



HOW TO USE

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke dalam kulit. Serum ini bisa dipakasi baik AM maupun PM setelah menggunakan Hydrating Toner/ Essence dan sebelum menggunakan moisturizer



BEFORE-AFTER

Scarlett Whitening Acne Serum

Before-After Pemakaian Scarlett Whitening Acne Serum dalam semalam. Oh, ya by the way ini dipakai di kulit wajah adek gue yaa dengan jenis kulit yang sama. Karena kebetulan saat pakai ini gue sedang tidak ada jerawat. Jadi lebih untuk kontrol sebum di T-zone saja. 


Before-After Pemakaian Scarlett Whitening Acne Serum dalam semalam. Jerawat langsung kempes dan hanya sisa bekas kemerahan saja.



VERDICT

Jerawat langsung kempes dan hanya sisa bekas kemerahan (PIE) saja dalam waktu semalam.

- Teksturnya kental namun ceat menyerap ke dalam kulit tanpa membuatnya terasa berminyak/ greasy

- Cukup baik mengontrol produksi sebum berlebih di wajah.

- Packagingnya kecil dan travel friendly, sangat mudah dibawa-bawa. Kokoh tapi tidak berat.

- Cukup efektif meredakan kemerahan meskipun butuh waktu.



- - - - - next product - - - - - 



- Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum -


PRODUCT DETAILS



Nama Produk  Scarlett Whitening Brightly Ever After 
Nama Brand    Scarlett Whitening
Negara Asal     : Indonesia
Jenis Produk    :  Face Serum/ Hydrating Serum
Ukuran             : 15ml/ 0.5 fl.oz
No. BPOM       : NA18201900972
Batch Number : 160720009 
PAO                  : 6 Months
Expiry Date      : Jul 22
Harga                : Rp75.000,00
Tekstur              : cair
Jenis Kulit        : All Skin Type



INGREDIENTS 



Active Ingredients

Glutathione, Phyto Whitening, Vitamin C, Niacinamide, Lavender Water


Glutathione

Glutahione (Gluta) ini adalah star ingredient nya Scarlett Whitening. Banyak digunakan juga di rangkaian body care  nya Scarlett untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Sudah pernah gue bahas di artikel sebelumnya, yang bisa klian baca di link di bawah ini yaa. 

Baca Juga[REVIEW] SCARLETT WHITENING - Body Scrub, Shower Scrub, and Body Lotion | Body Care Viral yang Bikin Kulit Putih dan Cerah Seketika?


- Phyto Whitening

Berfungsi untuk mencerahkan kulit tanpa membuatnya iritasi. Sehingga sangat aman bagi kulit.


Ascorbyl Glucoside 

Salah satu jenis turunan vitamin C yang larut dalam air, cukup stabil, namun less potent dibandingkan dengan direct acid L-Ascorbic Acid yang relatif kurang stabil. Jadi, untuk pemula yang baru mau coba Vitamin C di dalam skincare regime nya, boleh banget dicoba yaa. Ingredient ini terdapat pada urutan ke-5 pada produk.


- Niacinamide

Siapa sih, yang nggak kenal dengan Niacinamide yang akrab diapa Niacin ini? Sebenarnya, Niacinamide ini adalah salah satu jenis Vitamin B5 yang berfungsi untuk melembabkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, memberi perlindungan bagi kulit dari pengaruh radikal bebas, dan membuat kulit cerah, sehat, dan glowing


- Lavender Water

Lavender water ini adalah lavender extract yang dilarutkan dalam air sehingga terasa ringan dan lebih mudah diserap ke dalam kulit. Berfungsi untuk melawan baketri penyebab jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan tekstur permukaan kulit. 

#fragrance-free #paraben-free #silicone-free


Essential Oils

- Lavandula angustifolia (Lavender)

Lavender water merupkan lavender oil yang didilute ke dalam air sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Manfaatnya ada banyak, yaitu: mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, dan mengurangi kerutan pada kulit. (Source: www.healthline.com)



PACKAGING



Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum  hadir dalam kemasan botol akrilik bening doff  dengan pipet berwarna putih. Detail produk pada kemasan diberi sticker label doff berwarna PINK dengan aksen tulisan yang glossy. Dilengkapi dengan plastic stopper untuk menjaga keamanan produk dalam kemasan kardus (supaya tidak mudah goyang dan pecah). Kardus sebagai packaging luarnya pun cukup simpel dan berwarna sama dengan kemasan botol di dalamnya.  

Saran: Sama dengan Scarlett Whitening Acne Serum, rasanya akan lebih aman rasanya kalau warna botolnya gelap. Karena di dalamnya mengandung banyak active ingredients  yang cenderung reaktif terhadap sinar matahari. Meskipun jenis vitamin C nya adalah Ascorbyl glucoside yang cenderung lebih stabil.

 


FRAGRANCE

Seperti Scarlett Whitening Acne Serumproduk Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum tidak mengandung perfume atau artificial fragrance. Namun, sedikit lebih soft dibandingkan dengan Acne Serum nya. Poin plus nya ini akan aman untuk teman -teman yang kulitnya sensitif dengan fragrance.

Saran: Mungkin bisa ditambahkan varian yang memiliki parfum bagi teman-teman yang kulitnya tidak sensitif dengan fragrance. Sehingga ada dua varian, scented dan unscented. Sehingga, pengalaman menggunakan produknya bisa lebih pleasant



TEXTURE

Untuk tekstur dari Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum, secara garis besar mirip dengan Acne Serum. Warnanya bening sedikit keruh dan cair agak kental. Tetapi bedanya warnanya ada sedikit hint pink nya. Untuk skin feel nya sendiri dia lumayan cepat menyerap tanpa membuat kulit terasa ketarik. Setelah menyerap memang ada sedikit oil nya. Tetapi tidak sampai greasy, yaa. Jadi masih nyaman di kulit. Berikut perbandingan tekstur antara Acne Serum dan Brightly Ever After Serum.





HOW TO USE

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke dalam kulit. Serum ini bisa dipakasi baik AM maupun PM setelah menggunakan Hydrating Toner/ Essence dan sebelum menggunakan moisturizer



BEFORE-AFTER

Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum

Before-After Pemakaian Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum setelah kurang lebih 2 minggu pemakaian baik am mapun pm. Perlu diketahui bahwa gue nggak pakai serum lain selain Scarlett selama pemakaian dan tidak ada penambahan produk selain Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum dalam skincare regime gue saat ini. 





VERDICT

Cukup efektif dalam mencerahkan kulit sehingga tampak cerah dan glowing yang sehat. 

- Teksturnya kental tetapi  sedikit lebih  cair dibandingkan dengan Acne Serum nya. Namun cepat menyerap ke dalam kulit tanpa membuatnya terasa berminyak/ greasy

- Cukup baik mengontrol produksi sebum berlebih di wajah sehingga pori-pori relatif terlihat lebih samar.

- Packagingnya kecil dan travel friendly, sangat mudah dibawa-bawa. Kokoh tapi tidak berat.



FINAL VERDICT

Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan peruntukkan jenis kulitnya pun berbeda. Namun, untuk ukuran serum yang harganya terbilang affordable, gue rasa keduanya memiliki kemampuan yang cukup baik untuk memberikan efek yang sesuai dengan claimnya. Tetapi, karena gue baru pakai selama 2 minggu, tentunya untuk beberapa claim yang disebutkan gue akan butuh waktu lebih lama. 


Seperti, bahan aktif Niacinamide, umumnya baru akan terlihat hasilnya setelah 1-3 bulan pemakaian, tergantung kulit masing-masing. Karena Niacinamide memang butuh waktu yang tidak sebentar untuk bekerja pada kulit kita secara maksimal. Untuk itu, gue belum bisa mereview soal hyperpigmentation. Meskipun untuk mencerahkan kulit secara umum sudah jelas terlihat perubahannya, yaa. 



RECOMMENDATION

Scarlett Whitening Acne Serum

Seru ini cocok banget untuk teman-teman yang oily-acne prone skin. Oh ya, untuk kalian yang masih remaja, ini sudah gue coba pakaikan ke adek gue yang masih usia 14 tahun dan fine-fine aja kok. 


Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum

Nah untuk teman-teman yang lagi berjuang menuntaskan bekas jerawat baik yang kemerahan maupun kehitaman, gue saranin pakai ini. Selain bisa mencerahkan, ini juga bisa membantu mengontrol produksi sebum berlebih di kulit Tetapi, untuk teman-teman yang punya kulit kering bahkan sangat kering, nggak perlu khawatir. Serum ini cocok for all skin type kok. Karena gue udah buktikan sendiri di kulit gue yang normal to dry ini cukup menghidrasi dan nggak bikin kering. 


Bagaimana untuk Bumil dan Menyusui?

Gue sudah konfirmasi ke Scarlett Whitening langsung dan pihak Scarlett menyarankan, bagi ibu hamil sebaiknya menggunakan produk saat memasuki tri semester pertama. Dengan catatan untuk tetap mengonsultasikannya dengan dokter yaa. Untuk ibu menyusui, sejauh yang gue ketahui, sebaiknya menghindari actives ingredient terlebih dahulu. Namun, untuk lebih jelasnya bisa langsung dikonsultasikan dengan dokter terkait, yaa. 



HOW TO BUY

Kalian bisa membeli produk-prosuk yang udah gue review di atas lewat aplikasi Shopee di Scarlett_whitening atau untuk lebih jelasnya bisa check Instagram nya di @scarlett_whitening. Harga masing-masing serum adalah Rp75.000,00. Jadi, hanya dengan Rp150.000,00 kalian udah bisa dapet kedua serum di atas.




Thank you all for reading! :)


***


Disclaimer
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan produk.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk didapatkan dari PR Package dari Scarlett Whitening.

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.