[REVIEW] SCARLETT WHITENING - Body Scrub, Shower Scrub, and Body Lotion | Body Care Viral yang Bikin Kulit Putih dan Cerah Seketika?

Holla!
Di postingan kali ini, gue mau share soal body care yang udah viral banget selalu mondar-mandi di social media. Apalagi kalau bukan produknya Scarlett Whitening by Felicya Angelista. Sebenarnya, gue udah lama banget mau cobain produk-produknya Scarlett apalagi setelah diracunin sama temen kantor yang beli body lotion nya dan nyuruh gue cobain sekitar awal 2019 lalu. Gue cuma coba satu pump doang waktu itu body lotion nya. Akhirnya sekarang no wacana, bisa nyobain tiga produk  full size sekaligus dan berbagi review nya sama kalian semua di sini.




Sebelum mulai, gue mau menyampaikan bahwa di sini gue bukan lagi campaign "Cantik Itu Harus Putih". Tapi, hanya ingin berbagi bagaimana caranya supaya kalian juga bisa menjaga kulit tubuh agar tetap cerah, lembab, dan sehat apapun skin tone yang kalian miliki. Karena, gue sendiri pun juga mengalami soal hyperpigmentation dan uneven skin tone. Bukan yang memang sudah perfect dari sananya hehe.


ABOUT THE BRAND

Scarlett Whitening itu local brand bukan, sih? Yup! Betul, Scarlett Whitening adalah local brand milik artis Kak Felicya Angelista. Produk-produk Scarlett Whitening sendiri juga terbukti aman karena sudah teregistrasi di BPOM dan cruelty free serta non-animal tested. Artinya, produk-produk Scarlett Whitening nggak mengandung bahan-bahan yang berasal dari hewani dan juga tidak diuji coba pada hewan sama sekali.




PRODUCT DETAILS

Nah, jadi kali ini, gue mau review 3 produk sekaligus yang bisa kalian pakai dari sebelum, saat, hingga sesudah mandi. Yaitu, Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa), Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate), dan Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).

1. Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)



Nama Produk          : Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)
Nama Brand            : Scarlett Whitening
Negara Asal             : Indonesia
Jenis Produk            : Body Scrub
Ukuran                     : 250ml
No. BPOM              : NA18190705488
Harga                       : Rp75.000,00
Tekstur                    : scrub
Jenis Kulit               : All Skin Type


2. Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)



Nama Produk          : Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)
Nama Brand            : Scarlett Whitening
Negara Asal             : Indonesia
Jenis Produk            : Shower Scrub
Ukuran                     : 300ml
No. BPOM             : NA18180701928
Harga                       : Rp75.000,00
Tekstur                    : gel
Jenis Kulit               : All Skin Type


3. Scarlett Whitening Body Lotion (Charming)




Nama Produk          : Scarlett Whitening Body Lotion (Charming)
Nama Brand            : Scarlett Whitening
Negara Asal             : Indonesia
Jenis Produk            : Body Lotion
Ukuran                     : 300ml
No. BPOM               : NA18190123882
Harga                       : Rp75.000,00
Tekstur                    : lotion
Jenis Kulit               : All Skin Type


HOW TO BUY

Produk-produk Scarlett Whitening ini bisa kalian cek di Shopee Shopee Official Scarlett Whitening: Scarlett_Whitening. Bisa juga kalian langsung klik linktr.ee/scarlett_whitening.

Good News!
Buat kalian yang lagi on tight budget untuk beli body care, gue saranin kalian join-an sama temen kosan, temen sekelas, kakak, adek, sodara, atau siapapun buat beli produk-produk Scarlett Whitening di atas secara kolektif. Soalnya, kalau kalian beli 5 items, totalnya jadi Rp300.000,00. Berarti, masing-masing produknya bisa kalian dapatkan dengan harga Rp60.000,00 aja. Lumayan kan ya, hemat Rp15.000,00/ item, jadi kalau beli sepaket bisa hemat Rp75.000,00.

 


INGREDIENTS

Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)




Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)




Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).



Key Ingredients Explained 

- Glutathione

Dikutip dari laman honestdocs.id/glutathione, Glutathione atau gluta adalah zat yang diproduksi secara alami oleh hati, yang terdiri dari tiga macam asam amino, seperti sistein, glutamate, dan glisin. Glutathione bisa kita temukan pada buah-buahan seperti alpukat, melon, jeruk, stroberi, kemudian pada sayuran seperti brokoli, kubis, dan peterseli, dan juga pada daging tanpa lemak.

Nah, apa sih hebatnya key ingredient satu ini?


Ternyata, Si Gluta ini dilansir dari pendapat berbagai ahli di dunia merupakan antioksidan terbaik. Sehingga disebut "Mother of All Antioxidant". Wow! Banyak kegunaan si gluta ini, yaitu membantu dalam kerja reaksi kimia pada tubuh untuk mengeluarkan racun dan obat-obatan yang berada dalam tubuh. Selain itu, Glutathione dapat membangun, memperbaiki jaringan, membuat protein dan bahan kimia yang dibutuhkan, serta untuk sistem kekebalan tubuh. 


Tapi nih, walaupun Glutathione termasuk dalam "antioksidan endogen" (dibuat oleh tubuh), seiring bertambahnya usia, stres, toksin, dan berbagai penyakit mulai banyak yang hingga di tubuh kita jadi menguras kadar Glutathione dalam tubuh. Sehingga, kinerja Glutathione dalam tubuh nggak maksimal lagi, deh. Padahal, penurunan produksi Glutathione dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan, salah satunya memicu timbulnya penyakit kanker. Untuk itu, kita perlu asupan Glutathione tambahan. Salah satunya, bisa kita dapetin dari produk-produknya Scarlett Whitening.


- Vitamin E

Selain Glutathoine, produk-produk body care dari Scarlett Whitening juga diperkaya dengan Vitamin E. Vitamin E adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Dikutip dari laman halodoc.com, menurut Tatiana Kononov - seorang ahli kosmetik, menyebutkan bahwa vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit. Terutama jika dikombinasikan dengan antioksidan lain. Vitamin E ini sendiri juga dianggap dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk eksternal seperti debu, polusi, sinar ultraviolet (UV), dan lainnya. Nah, kebayang kan gimana manfaatnya bagi kulit kita kalau Vitamin E dan Glutathione dikombinasikan dalam satu produk?



PACKAGING

- First impression dari packaging nya Scarlett Whitening yang mau nunjukkin kalau produk-produknya itu cute, simple, dan value for money.
- Safety juga benar-benar diperhatikan. Karena waktu barangnya sampai, semua diberi bubble wrap. Bahkan di bagian dispenser nya. Untuk body scrub terdapat alumunium foil seal saat dibuka. Jadi nggak perlu khawatir produknya rusak di perjalanan.
- Travel Friendly. Terutama kalau pergi nya rame-rame dan cukup lama.
- Barcode  dan Hologram juga tersedia untuk menjamin originalitas produk.


Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)

[+] Pros
Produk ini bentuknya jar plastik dengan berat bersih produknya sendiri itu 250ml. Banyak banget jadi bakal awet dipakenya. Warna jar nya putih dan di bagian sampingnya ada label warna pink yang menunjukkan jenis produk, varian, key ingredients, dan logo Scarlett Whitening yang berbentuk kotak hitam dan ada tulisan "Scarlett" nya. Sedangkan di bagian atas tutupnya juga menampilkan informasi yang sama. Dipercantik dengan ilustrasi bunga dan dedaunan yang manis. Sewaktu kita buka, ada seal dari alumunium foil untuk melindungi produk di dalamnya. Sehingga aman dari kebocoran.

[-] Cons
Label kemasan non-waterproof. Sehingga rawan rusak. Selain itu label "cara pemakaian" menutupi ingredient list pada bagian badan jar. Semoga next bisa diperbaiki untuk material label nya menjadi waterproof  supaya nggak mudah rusak dan layout untuk cara pemakaian produk tidak menghalangi ingredient list nya.




Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)

[+] Pros
Jujur aja, ini produk Scarlett Whitening yang menurut gue paling cute dan artsy. Warna label nya ungu ke pink magenta gitu. Senada dengan isinya. Bentuknya botol plastik bening dengan tutup flip yang berwarna putih. Desain produk ini yang gue liat memang pengen banget nunjukkin isi produknya. Jadi, si shower scrub nya yang warna biru dan oranye itu sendiri yang jadi elemen desain dari packaging produk ini.

[-] Cons
Sebelumnya, kondisi ini terjadi karena kecerobohan gue sendiri, yaa. Waktu habis pakai tiba-tiba jatuh ke lantai dalam posisi flip yang tertutup. Begitu dilihat kok kayak nggak bisa rapat lagi kayak awalnya. Nggak tahunya gara-gara stopper dari flip nya patah jadi nyangkut di tengah gitu. Jadi, kalau mau pakai shower scrub harus gue putar tutupnya. Saran ke depannya semoga tutupnya bisa diganti model pump kayak body lotion nya aja. Bakal lebih praktis juga karena nggak perlu ngangkat botolnya tiap mau dipakai.



Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).

[+] Pros
Pertama liat, langsung "yaampun, cantik banget ungu lilac." Secara ungu tuh warna favorit gue banget. Dari warna label dan isinya memang ungu lilac semua. Isinya juga langsung kelihatan karena botol nya bening. Sedangkan pump nya berwarna putih. Botol plastiknya cukup kokoh dan tebal. Kalau kalian butuh traveling, nggak perlu takut bawa body lotion ini, karena pump nya sudah ada safety lock-unlock nya. Di bagian leher pump nya juga ada stopper ring nya. Perfecto! Jadi, nggak perlu takut produknya tumpah.

[-] Cons
Untuk packaging body lotion ini nyaris nggak ada cons, sih kecuali label nya yang non-waterproof seperti dua produk lainnya. Semoga kedepannya bisa diganti jadi waterproof yaa.



TEXTURE & FRAGRANCE

Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)

[+] Pros
Body scrub ini waktu pertama dibuka sekilas mirip whip cream. Tapi ada buliran scrub nya. Wanginya menurut gue floral scent gitu. Manis tapi masih segar. 



[-] Cons
Buat kalian yang baru coba pakai body scrub sebaiknya pakai dalam keadaan kulit setengah basah, supaya scrubnya bakal terasa lebih halus lagi dan nggak sakit di kulit waktu digosok dibandingkan dengan pemakaian dalam keadaaan kulit kering.


Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)

[+] Pros
Shower scrub ini ada buliran scrub warna-warni yang dapat memaksimalkan saat membersihkan tubuh. Kalau kalian pakai shower puff teksturnya bakal terasa lebih lembut lagi karena busanya banyak. Kalau tanpa puff teksturnya dari yang awalnya gel akan berubah jadi milky setelah diemulsikan dengan air. Wanginya paling enak menurut gue karena segar kayak wangi buah-buahan. Tipikal wangi sabun yang gue suka.



[-] Cons
Buat gue sih, nyaris nggak ada yaa. Tapi, kalau kalian suka sabun yang finish nya kesat, mungkin setelah pakai ini akan terasa sedikit licin. Saran gue, segera keringkan dan pakai body lotion nya aja.



Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).

[+] Pros
Body lotion ini teksturnya lumayan thick tapi mudah meresap dan tidak lengket di kulit. Nah, yang bikin si body lotion ini viral banget tuh karena katanya wanginya mirip sama high end perfume: Baccarat Rouge 540 Eau De Parfum. Karena gue sendiri belum pernah pake parfum itu jadilah gue googling perfume pyramids nya apa aja. Beneran sama nggak sih wanginya?




Baccarat Rouge 540 Eau De Parfum

Top notes        : jasmine and saffron
Middle notes  : amberwood and ambergis
Base notes      : fir resin and cedar

Ternyata, wanginya Scarlett Whitening Body Lotion varian Charming vs Baccarat Rouge 540 Eau De Parfum ini: MIRIP. Terutama di wangi cedar nya. Awal pemakaian wanginya cukup strong. Tapi, sekitar 10 menit kemudian akan jadi semakin soft. 

[-] Cons
Sejujurnya nyaris nggak ada masalah sama body lotion ini. Untuk ketahanan bisa sekitar 5 jam menurut gue oke aja. Tapi kalau boleh saran, pengen banget punya body lotion ini yang tube version nya dalam kemasan sekitar 100ml supaya bisa dimasukin dalam tas kecil. Karena, jujur aja kadang ini juga gue jadikan sebagai hand cream karena nggak ada residu dan hasilnya matte finish.




HOW TO USE

Urutan gue biasa pakai ketiga produk Scarlett Whitening untuk hasil yang lebih maksimal adalah sebagai berikut:

1. Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)
    - Dipakai sebelum mandi. Jadi dalam keadaan kulit kering. 
    - Ambil produk secukupnya di tangan. 
    - Oleskan pada bagian tubuh yang ingin discrub
    - Diamkan + 2-3 menit supaya produknya meresap ke kulit.
    - Gosok-gosok sedikit. Pelan-pelan aja karena bisa luntur sendiri kok dakinya.
    - Bilas dengan air dingin dan lanjutkan mandi.

2. Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)
    - Dipakai saat mandi. Setelah pakai body scrub dalam keadaan kulit setengah basah.
    - Ambil produk secukupnya di tangan. 
    - Oleskan pada bagian tubuh yang ingin discrub atau busakan pada shower puff (recommended).
    - Gosok-gosok perlahan.
    - Bilas dengan air dingin dan keringkan badan.

3. Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).
    - Dipakai setelah mandi. Setelah pakai shower scrub dalam keadaan kulit kering.
    - Ambil produk secukupnya di tangan. 
    - Oleskan pada bagian tubuh yang ingin diinginkan.
    - Gosok-gosok perlahan hingga meresap ke dalam kulit dan tidak ada white cast yang tersisa.


    

RESULT (Before-After)

Setelah menggunakan serangkaian dari ketiga produk Scarlett Whitening di atas, berikut gue tampilkan foto kondisi kulit sebelum dan sesudah pemakaian. Foto kiri (Before) dan Foto kanan (After), tanpa filter sama sekali dan menggunakan pencahayaan alami:

Day 1



Hasil Pemakaian Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion
pada Hari Ke-1

Source: Personal Doc



Day 14


Hasil Pemakaian Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion
pada Hari Ke-14
Source: Personal Doc






FINAL VERDICT

Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa)

Buliran scrub dari Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa) ini adalah tipe body scrub yang langsung kering saat diaplikasikan. Jadi nggak perlu ditunggu terlalu lama. Cukup 2-3 menit, gosok, dan bilas dengan air dingin. Untuk pemilik kulit normal gue rasa relatif nggak ada masalah yaa. Setelah gue baca reviews dari orang-orang juga mereka ngerasa fine aja dengan partikel scrub nya. Tapi, untuk kulit gue yang sensitif ini masih agak besar partikelnya kalau dipakai dalam keadaan kulit kering. Jadi harus dalam keadaan kulit setengah basah supaya nggak kasar dan sakit di kulit. Gue suka banget sama finish nya yang bikin kulit jadi cerah dan terasa halus. Jadi, produk ini hanya gue gunakan 1-2 kali seminggu aja.

Untuk hasilnya, kalian bisa lihat sendiri di foto ini. Foto kiri (before) adalah kondisi kulit gue sebelum mandi. Benar-benar belum pakai produk-produk Scarlett Whitening sama sekali. Di kamera kelihatan banget kusam dan ada beberapa dark spots akibat hiperpigmentasi (bekas luka). Sedangkan foto kanan (after) adalah foto yang diambil setelah pemakaian Body Scrub Romansa aja. Langsung terlihat perbedaannya. Skin tone jadi lebih cerah hanya dalam sekali pemakaian. Dark spots nya juga mulai sedikit pudar walaupun belum signifikan. 


Hasil Pemakaian Body Scrub pada Hari Ke-1

Source: Personal Doc


Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)

Buliran scrub dari Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate) ini adalah tipe gel  yang akan berubah jadi milky ketika diemulsikan dengan air. Finish nya tidak kesat, tapi lembab dan bikin kulit jadi halus. Padahal pakai body scrub tadi sudah halus. Ditambah shower scrub ini jadinya halus banget kayak kulit bayi hihi. Jadi cocok untuk pemilik kulit kering kayak gue. Dibilasnya juga gampang. Kalau kalian nggak suka kulitnya terasa licin, sehabis pakai ini, keringkan badan dan langsung pakai body lotion nya Scarlett aja. Nanti jadinya nggak licin lagi, kok. 

Untuk hasilnya, bisa dilihat di foto di bawah ini. Foto kiri (before) adalah kondisi kulit gue sebelum mandi dan pakai produk-produknya Scarlett Whitening. Sedangkan foto kanan (after) adalah kondisi kulit gue setelah pemakaian Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa) dan Scarlett Whitening Shower Scrub (Pomegranate)  skin tone gue jadi makin cerah dan dark spots memudar dibandingkan sebelumnya. 

Hasil Pemakaian Body Scrub dan Shower Scrub pada Hari Ke-1
Source: Personal Doc


Scarlett Whitening Body Lotion (Charming).

Scarlett Whitening Body Lotion (Charming) ini di kulit gue mudah diratakan ke seluruh tubuh dan cepat meresap ke dalam kulit. Hasilnya juga sudah bisa terlihat banget hanya dalam satu kali pemakaian aja. Tapi, gue sukanya dari body lotion ini, dia bukan yang bikin putih pucat sampai jadi abu-abu gitu. Tapi, bikin cerah aja. Body lotion ini menampilkan tone kulit kita aslinya tapi dengan tampilan yang lebih baik, cerah, dan sehat. Secara tekstur juga semakin halus. Plus, kalau setelah pakai beberapa menit  kemudian dipakai wudhu atau kena air, nggak akan jadi licin. Finish nya juga matte jadi nggak bikin kulit kita kayak berminyak gitu tapi tetap lembab.


Untuk hasilnya, bisa dilihat di foto di bawah ini. Foto kiri (before) adalah kondisi kulit gue sebelum mandi dan pakai produk-produknya Scarlett Whitening. Sedangkan foto kanan (after) adalah kondisi kulit gue setelah pemakaian Scarlett Whitening Body Scrub (Romansa), Shower Scrub (Pomegranate), dan Body Lotion (Charming) skin tone gue jadi jauh lebih terlihat cerah dan dark spots memudar dibandingkan sebelumnya. Benar-benar kontras banget bedanya.



Hasil Pemakaian Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion pada Hari Ke-1

Source: Personal Doc




RECOMMENDATION

Okay, setelah nyobaik produk-produk Scarlett Whitening selama 2 minggu, bisa disimpulkan kalau hasilnya memang sesuai dengan claim nya yang bisa mencerahkan dan membuat kulit terasa halus. Setelah pakai serangkaian mulai dari body scrub, shower scrub, dan body lotion dari Scarlett Whitening, kulit jadi lebih cerah, halus, lembab, dan terlihat sehat. Gue merekomendasikan produk-produk di atas untuk kalian coba kalau kalian ingin kulit kalian lebih cerah, halus, lembab, dan terlihat lebih sehat. 



***

Sekian dulu review Scarlett Whitening - Body Scrub, Shower Scrub, and Body Lotion nya, yaa. 
Hope it helps you and see you on my next blogposts! :)



Disclaimer
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan produk.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk didapatkan dari PR Package dari Scarlett Whitening.

1 comment:

  1. Thanks for such a pleasant post. This post loaded with lots of useful information. Keep it up. If you are looking for the best information and suggestions related to clarins sale then visit On Sale Now

    ReplyDelete

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.