[REVIEW] SKINTIFIC 10% Niacinamide Brightening Serum untuk Bekas Jerawat Kehitaman | Bintang Mahayana

Friday, February 18, 2022
Hola!
Di postingan kali ini gue mau review salah satu produk dari Canadian Brand yang lagi hype banget di Instagram, yaitu Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum. Kebetulan lagi ada bekas jerawat kehitaman (PIH) waktu awal pakai serum ini. Setelah 2 minggu pemakaian gue memutuskan buat nulis review di blog. Kalau penasaran, keep on reading!


skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-review





ABOUT THE BRAND

Kalian sudah pernah dengar soal Skintific? Brand skincare yang berasal dari Kanada ini diformulasikan oleh sekelompok ilmuwan di Kanada. Dengan TTE (Trilogy Triangle Effect) Patented Technology, produk-produk Skintific diformulasikan dengan berbagai active ingredients untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang juga secara efektif menghidrasi dan menenangkan kulit secara intensif. Serta menjaga dan meningkatkan kekuatan skin barrier agar kulit tidak mudah mengalami berbagai masalah akibat polusi, radikal bebas, maupun faktor penyebab lainnya (Sumber: Skintific ID).




MY SKIN PROFILE

My Skin Type: Combination (Normal to Dry)
My Skin Tone: Light to Fair
My Skin Undertone: Neutral
My Skin Concern: Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), Large Pores (cheek area), Acne-Prone.


Satu minggu sebelum menggunakan Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum, di area pipi bawah kiri sempat muncul 2 jerawat hormon. Makanya di hari pertama penggunaan produk ada beberapa bekas kehitaman. Kulit juga entah kenapa jadi agak kering. Mungkin karena perubahan cuaca dan emang sempat puasa skincare. Biasa berlayer-layer, kalau terlalu minimalis bisa demo juga kulitnya yaa.


Alhasil, pori-pori di area pipi dekat hidung juga lumayan agak terbuka. Yaudahlah, bismillah dulu gue coba ikhtiar pakai Skintific. Soalnya di dalamnya ada Ceramide juga, kan. Jadi bagus buat memperbaiki skin barrier. Yuk, kepoin dulu produknya sebelum gue lanjut cerita lebih jauh tentang pengalaman selama pakai serum ini.





PRODUCT DETAILS


Manfaat-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-bintangmahayana-com


Product Name: Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum
Brand Name: Skintific
Country of Origin: Canada
Product Type: Brightening Serum
Skin Type: All Skin Type
BPOM No.: NA11211900011
Batch No.: 21J0113D 
Expiry Date: 31/08/2024
PAO: 24M/ 2 Years
Size: 20ml
Price: IDR119,000
Where to Buy
Alcohol: ❌
Fragrance: ✔





INGREDIENTS & CLAIMS

Aqua, Niacinamide, Butylene Glycol, Propylene Glycol, PEG/PPG-14/7 Dimethyl Ether, Centella asiatica extract, Avena sativa (Oat) kernel extract, Yeast Extract, Crocus Sativus Flower Extract, Alpha-Arbutin, Ceramide NP, Avena Sativa (Oat) Kernel Oil, Sphingolipids, Ceramide AS, Ceramide AP, Ceramide NS/ Ceramide NG, 1,2-Hexanediol, BIS-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Allantoin, Hydrogenated Lecithin, Acrylates/ C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Pentylene Glycol, Isohexadecane, Tranexamic Acid, Fructose, Aminomethyl propanol, Propanediol, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Phosphatidylcholine, Phytosterols, Sodium Stearoyl Glutamate, Hydroxyacetophenone, Fragrance, Caprylhydroxamic Acid, Soy Amino Acids, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Ethylexylglycerin.



__ Active Ingredients
__ Antioxidant
__ Ceramide
__ Essential Oil
__ Fragrance
__ Humectant
__ Preservatives




10% Niacinamide

Niacinamide (vitamin B3) pada produk ini adalah jenis "Royal DSM Niacinamide" yang berbeda dengan versi Niacinamide pada umumnya. Royal DSM Niacinamide menurut informasi yang diperoleh dari Skintific, merupakan versi tradisional dari Niacinamide dan memiliki ukuran molekul yang lebih kecil. Brand lain yang juga menggunakan Royal DSM Niacinamide adalah SK-II. Royal DSM Niacinamide diklaim mampu menyerap ke dalam kulit hanya dalam 30 detik dan mulai bekerja mencerahkan kulit sejak 7 hari pemakaian.



3% Alpha Arbutin

Alpha Arbutin (AA) yang juga merupakan skin brightening properties pada produk ini mampu meningkatkan efektivitas Niacinamide dalam mencerahkan kulit hingga layer yang lebih dalam. Selain itu AA juga mampu menghalangi produksi melanin pada kulit yang dapat menyebabkan kulit kusam maupun noda hitam.



2% Ceramides

Ceramides dikenal sebagai salah satu ingredients yang sangat baik dalam memperkuat skin barrier. Sehingga kulit tidak mudah bermasalah dan terlindung dari berbagai zat radikal bebas. Selain itu, ceramides juga dapat mencegah kulit kering karena kelembabannya dapat dipertahankan lebih lama, yaitu dengan mencegah terjadinya Trans-Epidermal Water Loss (TEWL) atau hilangnya kadar air pada lapisan kulit atas.






PACKAGING & TEXTURE

Outer Packaging

Serum ini hadir dengan nuansa clean design berwarna soft pink and white yang senada antara box packaging dengan botol serumnya. Kardusnya sendiri diberi pengaku kardus tambahan di dalamnya dan dibalut plastik seluruhnya. Plastiknya benar-benar fit-in dengan kardusnya. Jadi, saat unboxing gue sendiri cukup kesusahan bukanya. Sewaktu dalam pengiriman, kardusnya sempat penyok di bagian ujung karena produk dikemas dalam bubble envelope hitam berlogokan Skintific. Untungnya isi produknya aman ya, teman-teman.


Packaging-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-pink-bintangmahayana-com

Kemasan-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-asli-bintangmahayana-com


Untuk informasi yang tertera pada kemasan ini cukup lengkap. Terdiri dari nama brand, nama produk, ukuran produk (dalam ml dan fl.Oz), ingredient list, ingredient knowledge, klaim produk, logo cruelty-free, logo dermatologically tested, logo intertek GMPC, logo PAO (Period After Opening), logo recycle, petunjuk penggunaan, peringatan, kode produksi, dan expiry date. Untuk keterangan produsen, No BPOM, dan importir serta distributor resmi di Indonesia terdapat pada sticker terpisah yang ditempel di plastik terluar kemasan (segel produk).


apakah-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-cruelty-free.




Inner Packaging

Untuk botolnya sendiri terbuat dari acrylic glass. Bahan akrilik ini memang sepintas mirip kaca tetapi jauh lebih murah produksinya. Menurut gue wajar sih. Soalnya target marketnya pun usia 20-30an kayak gue yang suka beli affordable skincare juga. Tetapi, botolnya sendiri cukup kokoh dan tetap terkesan mewah karena konsep clean design. Meskipun untuk labelnya bukan jenis engraved tetapi sticker biasa yang cukup kontras karena berwarna putih.


Serum-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-review-bintangmahayana-com

review-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-untuk-kulit-kering-bintangmahayana-com


Pipetnya cukup unik menurut gue. Kalau bagian luar sepintas seperti pipet karet pada umumnya yang berwarna putih. Tetapi sewaktu dibuka, ternyata bentuknya corong prisma begitu. Jadi kayak tajam bentuknya. Biasanya kan silinder aja terus ada bagian lehernya yang melengkung. Nah ini, berbeda. Coba deh, liat foto di bawah. Jarang, kan nemu kayak gini? Kalau produknya masih banyak nggak ada masalah. Cuma, kalau sudah hampir habis agak susah. Soalnya pipetnya nggak sampai dasar botol. Jadi biasanya gue balik aja botolnya dan tuang langsung ke tangan setiap mau pakai.



Texture

Tekstur Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum ini cair sedikit kental berawarna bening sedikit keruh. Berdasarkan pengalaman gue, teksturnya cepat menyerap dan tidak lengket di kulit. 





FRAGRANCE

YES, this product still contains fragrance. Tetapi, ternyata delicate di hidung. Hampir nggak tercium kecuali diendus. Untuk produk serum, sebenarnya gue ga terlalu masalah sama wangi-wangian. Soalnya lumayan bantu tone down wangi chemical dari produk. Plus, biasanya juga berperan dalam membantu menjaga viskositas (kekentalan) produk. Good news is, this is alcohol free!




pH LEVEL & SKIN ANALYZER TEST

pH Level Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum di antara pH 5.0-6.0 yang artinya mendekati pH kulit normal. Sejujurnya nggak heran pH levelnya ada pada range ini karena yang gue rasakan selama pemakaian kulit jadi lembab tetapi nggak overmoist. Terbukti dengan hasil pengukuran menggunakan Skin Analyzer.


berapa-pH-level-skintific-10%-niacinamide-brightening-serum-review-bintangmahayana-com

Skintific-10%-Niacinamide-Result-Skin-Analyzer-bintangmahayana-com




MY THOUGHTS

Seminggu pertama memakai serum ini, jujur gue nyaman dengan efek hidrasi dan melembabkan di kulit gue yang normal to dry. Tentunya di minggu pertama gue nggak akan berekspektasi terlalu tinggi soal perubahan tingkat kecerahan kulit maupun bekas kehitaman akibat jerawat karena memang biasanya butuh waktu lebih dari itu. Tetapi, meskipun awalnya sempat deg-degan karena persentase Niacinamide-nya cukup tinggi, ternyata kulit gue bisa merespon dengan cukup baik tanpa harus mengalami inflamasi.


Setelah pakai dari tanggal 4 Feb-16 Feb 2022, perubahan yang terlihat jelas adalah warna kulit yang semula cenderung kusam karena kurang tidur, kembali cerah seperti warna kulit gue biasanya. Untuk bekas kehitaman terlihat sedikit memudar walaupun belum sepenuhnya hilang. Kalau di foto terlihat lebih kontras, wajar. Soalnya warna kulit sekitarnya pun lebih cerah. Berdasarkan pengalaman, Niacinamide memang bukan jenis aktif yang resultnya super instan. Jadi harus sabar. Tetapi, gue pribadi cukup puas dengan resultnya karena kulit jadi terasa lebih kenyal, cerah, dan lembab.


before-after-Skintific-10%-Niacinamide-Brightening-Serum-bintangmahayana-com






FINAL VERDICT


Pros (+)
+ Teksturnya cepat menyerap di kulit tanpa terasa greasy.
+ Cukup efektif dalam mengatasi kekusaman dengan mencerahkan kulit sesuai dengan skin tone aslinya.
+ Cukup memudarkan beberapa bekas kehitaman dalam 2 minggu pemakaian AM-PM. Untuk hilang 100% masih butuh waktu.
+ Wangi produknya enak. Segar dan manis tetapi sangat lembut.



Cons (-)
- Size nya terlalu kecil karena 20ml ini hanya cukup untuk sekitar 2 minggu dengan pemakaian rutin setiap hari.
- Pipetnya tidak menjangkau hingga dasar botol. Sehingga agak susah ambil produknya ketika sudah mau habis.





RECOMMENDATION

Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum ini boleh digunakan untuk semua jenis kulit berdasarkan klaim brandnya. Ternyata meskipun presentase Niacinamidenya cukup tinggi di kulit gue nggak ada iritasi sama sekali. Malah bikin cerah dan bantu atasi PIH ringan. Tetapi, untuk ibu hamil terutama sebaiknya tetap konsultasi dulu yaa. Untuk ibu menyusui Niacinamide seharusnya bukan ingredients yang berbahaya jadi boleh dipakai.


Untuk remaja juga boleh dipakai. Tetapi kalau baru pertama pakai Niacinamide, sebaiknya lakukan patch test dulu sebelum digunakan di seluruh wajah. Supaya tau reaksinya di kulit bagaimana. Apalagi kulit remaja cenderung lebih sensitif dan reaktif biasanya.




Itu tadi review Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum di kulit normal to dry untuk bekas jerawat kehitaman. Tertarik cobain juga nggak, nih?☺👭☺☺☺☺☺☺


- Bintang Mahayana ©️ 2022 -






Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert. Konsultasi silakan hubungi ahli terkait.
- Untuk pertanyaan seputar review ini, bisa tinggalkan pesan di "Kolom Komentar" yang akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditayangkan.
- Hasil di masing-masing kulit kemungkinan terdapat perbedaan tergantung produk skincare pendukung lainnya, kondisi geografis tempat tinggal, serta gaya hidup.
- Harap jadikan review ini sebagai bahan referensi saja.
- Dilarang repost seluruh/ sebagian konten baik foto/ tulisan dengan tujuan apapun. Baik dengan atau tanpa izin kepada Blogger.
- Produk didapatkan dari kerja sama dengan Skintific ID dengan Blogger tetap memiliki hak sepenuhnya untuk menyampaikan review secara jujur berdasarkan pengalaman pribadi.
- Untuk keperluan kerja sama, silakan hubungi Blogger dengan email melalui "Blogger Contact Form" atau DM Instagram @bintangmhyn.



- Terima kasih -









2 comments:

  1. Kayanya boleh dicoba nih, tertarik banget soalnya ada niacinamide sama alpha arbutin, dan ada centella juga

    Sebenernya saya kurang suka fragrance, tapi mungkin bisa ditoleransi dulu kali ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak Ocha! Thanks for the visit. Seperti yg aku sebutkan di artikel wanginya super soft dan nggak mengganggu kok. Malah bagus buat tone down bau chemical. Selama gak alergi dgn fragrance, I think it is okay. Masih tolerable kok hihi. Semoga cocok juga yaa kalo jadi nyobain serumnya :)

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.