[REVIEW] Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed | Bintang Mahayana

Monday, June 07, 2021

Holla!

Kali ini gue akan review Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed untuk bekas jerawat kehitaman atau PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) dan efektivitas dalam mencerahkan serta meratakan warna kulit di kulit yang sensitif dan normal to dry. Gue sudah nggak sabar banget ingin segera review ini tayang. Akhirnya setelah sebulan pemakaian, banyak pengalaman yang bisa gue bagi di sini. Penasaran sama result dan experience pemakaiannya?

Keep on reading!



Source: Personal Doc.








ABOUT THE BRAND

AVOSKIN adalah brand lokal asal Indonesia yang sudah sangat terkenal dengan berbagai macam produk. Terutama untuk masalah jerawat dan anti-aging. Sejak tahun 2020, Avoskin mengaku berkomitmen untuk melakukan reformulasi bahan baku yang lebih ramah lingkungan dan menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang. Seperti yang diterangkan dalam website resmi Avoskin berikut ini.







MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to Dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.


 

 



PRODUCT DETAILS



Source: Personal Doc.



Nama Produk : Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 
Nama Brand   : Avoskin
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Face Serum
Ukuran             : 30ml/ 1.06oz
BPOM              : NA18202000279
Batch No.        : 10852
PAO                  : 12 Months
Expiry Date     : 03/2023
Harga               : Rp139.000 (normal price)
Tekstur            : gel
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : www.avoskinbeauty.com
Where to buy  : Shopee/ Tokopedia @msbb.id/ @nihonmart/ @avoskin_beauty
For & Dist by   : Avo Innovation Technology





 

 

INGREDIENTS

Berikut adalah ingredient Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed:


Aqua, Alpha Arbutin, Butylene Glycol, Glycerin, Hydroxyethyl Cellulose, Phenoxyethanol, Chlorophenesin, Vitis Vinifera (Grape) Seed Extract, Dissodium EDTA, Dissodium EDTA.


__   Actives

__   Essential oils

__   Humectant

__   Preservatives

 




CLAIMS

Berikut adalah klaim produk Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed:

1. Mencerahkan kulit

2. Mengurangi bercak hitam

3. Menjaga kulit Anda tetap kencang dan sehat

4. Mengurangi kemerahan

5. Mengurangi tampilan pori-pori

6. Melindungi dari dampak buruk sinar matahari

7. Mengurangi bekas jerawat






PACKAGING

OUTER PACKAGING

Produk ini dilengkapi dengan box packaging. Untuk safety nya produk ini diberi segel hologram untuk melindungi kemasan luar (box) agar tidak mudah terbuka serta menjamin keorisinilan produk. 



Source: Personal Doc.





INNER PACKAGING

Untuk botolnya, benar-benar terbuat dari kaca transparan berwarna lilac dan dilengkapi pipet karet putih dan pipet kaca yang memiliki lengkung di ujungnya. Sehingga mampu menahan produk setelah diambil.


Secara desain bisa dikatakan cukup cantik. Tetapi sayangnya, kurang baik untuk melindungi isi produk yang notabenenya photoreactive atau reaktif terhadap cahaya, yaitu kandungan Alpha arbutin. Sehingga, setelah 2 minggu, Alpha arbutin cenderung mengalami oksidasi. Warna produk menjadi sedikit lebih keruh. Tetapi, karena tidak sampai menguning atau keruh yang parah, tetap dilanjutkan pemakaiannya. Hanya saja, efektivitasnya sedikit menurun dibanding minggu pertama.



Source: Personal Doc.





FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung fragrance atau parfum sama sekali. Namun baunya memang agak sedikit acidic. Meskipun akan segera hilang jika diaplikasikan. Baunya juga tidak akan terlalu terasa kecuali diendus atau indera penciuman kalian memang cukup tajam. Gue sendiri masih bisa mencium baunya. Tetapi tidak merasa terganggu.





TEXTURE

Tekstur produk ini kental seperti gel serum. Berwarna bening dan sangat mudah diratakan ke seluruh wajah dan leher. Meskipun kental, ketika diaplikasikan di wajah tidak terasa lengket atau ketarik. Daya serap dan daya sebar produk sangat baik. Sehingga, hanya perlu sedikit amount untuk seluruh wajah dan leher. Tetapi, karena kulit gue normal to dry, jadinya selalu pakai full pipet untuk seluruh wajah dan leher.



Source: Personal Doc.


                                                

 


                                                                                   

HOW TO USE

- Setelah menggunakan hydrating toner, tuang ke telapak tangan agar mengenai suhu tubuh. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher.

- Bisa dipakai pagi maupun malam. Untuk pemakaian pagi hari wajib diikuti dengan sunscreen.

- Bisa digunakan setiap hari apabila toleransi kulit terhadap active ingredients cukup kuat. Namun, jika melihat kadarnya yang 3%, bagi pemula AA, sebaiknya lakukan test patch dan gunakan dengan frekuensi bertahap. Dari 1-3x seminggu (PM) hingga bisa setiap hari. Baik AM maupun PM.


WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.






TIPS PEMAKAIAN AVOSKIN YOUR SKIN BAE ALPHA ARBUTIN 3% + GRAPESEED DI PAGI HARI

Di forum gue sering baca keluhan teman-teman yang bilang kalau serum ini pilling setelah dipakaikan sunscreen di pagi hari. Meskipun gue sendiri tidak pernah mengalaminya. Makanya gue mau bagi tips pemakaian Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed agar tidak pilling setelah dipakaikan sunscreen di pagi hari.


1). Pastikan kalian gunakan hydrating toner yang cukup dan sesuai dengan jenis kulit, sebelum menggunakan Avoskin YSB AA 3% + Grapeseed ini. Gue biasa kombinasikan dengan SNP Prep Peptaroncic Toner sekitar 2-3 layer. Fungsinya untuk dapat memaksimalkan penyerapan skincare selanjutnya.


2).    Gunakan serum yang dituang terlebih dahulu ke telapak tangan agar mengenai suhu tubuh terlebih dahulu. Jangan langsung diteteskan di wajah.


3). Gunakan sunscreen yang dituang ke telapak tangan terlebih dahulu. Kemudian gunakan dari area tengah wajah ke arah luar secara searah. Lakukan per area wajah. Gosok-gosok telapak tangan dan tempelkan ke wajah selagi hangat.



Jika 3 steps di atas sudah dilakukan dan masih pilling, kemungkinannya hanya ada 2:

1. Step AM skincare kalian terlalu banyak.

2. Tekstur serum tidak cocok dengan tekstur sunscreen yang kalian gunakan. Gue pribadi saat ini pakai 2 sunscreen secara bergantian. Antara SKIN1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ atau Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++.





 

EFFECTIVENESS


Source: Personal Doc.




BEFORE - AFTER

25 APRIL 2021

- Pada kondisi ini sebenarnya nggak terlalu banyak masalah kulit selain hiperpigmentasi alias bekas jerawat kehitaman. Tetapi tekstur baik-baik saja.

- Area hiperpigmentasi di pipi bawah kanan dan kiri, dagu, dan beberapa di dahi yang tidak terlalu jelas.



7 JUNI 2021 (Setelah 6 Minggu)

- Seminggu pertama serum ini memang bisa dibilang cukup nampol yaa. Tapi gue sebel karena setelah 2 minggu serumnya sedikit oxidized. Kinerjanya gue rasa jadi melambat.

- Ditambah beberapa kali serum ini sempat nimbulin jerawat. Tapi nggak selalu. Seringnya baik-baik saja. Mungkin karena oksidasi dan masih gue pakai. 

- Tetapi setelah lewat 1 bulan, dia sudah tidak pernah menimbulkan jerawat lagi. Meskipun nyebelinnya jadi PR lagi karena ada bekas kehitaman baru.

- Setelah 6 Minggu atau sekitar 1,5 Bulan, lumayan signifikan pudarnya. Gue rasa akan lebih maksimal lagi hasilnya andaikan serumnya tidak oksidasi. 






CLAIMS CHECKLIST

✅ 1. Mencerahkan kulit

✅ 2. Mengurangi bercak hitam

✅3. Menjaga kulit Anda tetap kencang dan sehat

✅ 4. Mengurangi kemerahan

❌ 5. Mengurangi tampilan pori-pori

⚠️6. Melindungi dari dampak buruk sinar matahari

✅ Mengurangi bekas jerawat


KETERANGAN:

✅  : Prooved
❌  : Not Really
⚠️  : Not Sure/ Untested




FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Harganya affordable untuk ukuran serum 30ml dibandingkan dengan serum Avoskin pada seri lainnya dengan ingredients yang cukup esensial.

+ Cepat meresap tanpa bikin kulit terasa ketarik.

+ Cukup efektif dalam mengencangkan kulit.

+ Cukup efektif dalam mecerahkan kulit.

+ Cukup efektif dalam memudarkan PIH/ bekas jerawat kehitaman

 

Cons (-)

- Packaging kaca yang meskipun terkesan mewah tetapi tidak travel friendly karena berat dan rawan pecah. Serta tidak mampu melindungi isi produk dari risiko oksidasi.


 


 

RECOMMENDATION

Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed ini termasuk dalam rangkaian Avoskin Your Skin Bae Series yang boleh banget dipakai remaja. Gue sebagai pemula AA bisa menoleransi kadar 3% Alpha Arbutin dalam produk ini.


Bagi kulit normal to dry aman digunakan setiap hari. Tetapi, buat yang kulitnya kombinasi dan berminyak juga bisa. Hanya diatur saja pemakaiannya supaya tidak terlalu suffocating. Dengan catatan, didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare sebelum dan setelahnya seperti tonermoisturizer, dan sunscreen.





 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 1,5 Bulan AM-PM.

- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

2 comments:

  1. Aku jadi penasarann yg sama alpha arbutin ini mbak, secara aku lagi pake yg niacinamade. Btw, lebih bagusan mana mbak untuk mencerahkan kulit? AA atau niacinamade? Aku udah 1 bulan pake niacinamade, biasa aja tuh ga cerah2 banget di muka hehe apa butuh waktu lama yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Ami, terima kasih sudah mampir yaa :) Aku belum pernah pakai Avoskin YSB Niacinamide sebelumnya. Tetapi berdasarkan pengalaman dgn serum Niacinamide memang kerjanya agak lama bisa 1-3 bulan. Tergantung konsentrasinya. Kalau di aku paling cepat Alpha Arbutin dan Vitamin C memang Mbak. Mulai 2 minggu aja sudah kelihatan. Apalagi kalau didukung basic skincare yg melembabkan dan sunscreen yang melindungi dari sinar UV juga. Semoga terjawab yaa hihi.

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.