[REVIEW] SADA by Cathy Sharon Senja Resting Glam Face Make Up Remover | Bintang Mahayana

Thursday, June 17, 2021

Holla!

Di postingan kali ini gue mau review SADA by Cathy Sharon Senja Resting Glam Face Make Up Remover di kulit sensitif dan combination to oily. Yup! Kulit gue akhir-akhir ini mengalami perubahan kondisi yang selanjutnya akan gue jelaskan di bagian "My Skin Profile", yaa. By the way, it's been a while since I reviewed a make up remover in form of micellar water. Penasaran ingin tahu bagaimana pendapat gue tentang produknya SADA?

Keep on reading!











ABOUT THE BRAND

SADA by Cathy Sharon adalah brand asal Indonesia yang dimiliki oleh Kak Cathy Sharon yang dulu namanya dikenal karena profesinya yang seorang VJ MTV. Gen 90'an pasti sudah nggak asing, dong sama Kak Cathy. Sebagai sebuah brand, SADA mengusung konsep "Wonderful Indonesia" makanya ada logonya juga di kemasannya. Seluruh produknya juga memang diproduksi di Indonesia. Jadi, bukan hanya dimiliki oleh lokal tetapi juga diproduksi oleh lokal. 


Banyak produk SADA yang mengusung turmeric extract alias kunyit sebagai highlighted ingredient nya dengan tujuan mengenalkan kekayaan rempah Indonesia yang juga memiliki skincare benefit. Produk-produk SADA memang kebanyakan adalah make up. Meskipun Senja Resting Glam Face Make Up Remover ini namanya adalah make up remover, namun ternyata baca-baca review teman-teman bilang Senja Resting Glam Face Make Up Remover bisa digunakan sebagai first cleanser karena sifatnya yang memang bisa dikategorikan sebagai oil infused micellar water.





MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination to Oily*
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive** & Reactive*** Skin, Acne-Prone.



*Combination skin type ini sebelumnya gue miliki terakhir tahun 2019. Setelah itu kulit gue jadi normal to dry. Pernah fully normal di tahun awal 2020 kemudian menjadi cenderung dry di pertengahan tahun hingga awal tahun 2021. Tepatnya 1 minggu terakhir gue merasa T-zone gue menjadi sangat oily saat bangun tidur. Sedangkan area lainnya cenderung normal dan ada juga sebagian yang cenderung dry. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan kondisi cuaca yang sebelumnya cenderung panas dan kering menjadi lebih dingin dan lembab karena masuk musim penghujan. 


**Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool. Kondisi merupakan kondisi bawaan lahir.


***Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya. Termasuk juga reaktif dalam mengalami perubahan jenis kulit berdasarkan kadar air dan minyak akibat pengaruh cuaca.


 



PRODUCT DETAILS 


Source: Personal Doc.



Nama Produk : SADA by Cathy Sharon Senja Resting Glam Face Make Up Remover
Nama Brand   : SADA by Cathy Sharon
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Make Up Remover/ Oil-Based Micellar Water
Ukuran             : 100ml/ 3.38Oz
BPOM              : NA18191233280
Batch No.        : -
PAO                  : 18 Months
Expiry Date     : 11/2023
Harga               : Rp125.000 (normal price)
Tekstur            : cair; 2 solutions (water & oil)
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : SADA Official Website
Where to buy  : Shopee @sadabycathysharon
Mfg. by            : PT Cosmax Indonesia Jakarta - Indonesia
Dist. by            : PT Intisari Kreasi Lestari Jl. Ampera Raya No. 9-10 Jakarta-Indonesia


 



 

INGREDIENTS

Water, Dipropylene glycol, Sodium chloride, Phenoxyethanol, Caprylyl/Capryl glucoside, Ethylexylglycerin, Disodium EDTA, Dipotassium glycyrrhizate, CI 15985, Butylene glycol, Curcuma longa (Turmeric) root extract, Cyclopentasiloxane, Argania spinosa kernel oil, Vitis vinifera (Grape) seed oilCaprylyl/Capryl triglyceride, Calendulla officinalis flower extract.


CATEGORIES

__ Colorant

__ Essential Oils

__ Humectant

__ Preservative

__ Silicone




■ HIGHLIGHTED INGREDIENTS

1. Curcuma longa (Turmeric) Root Extract 

Turmeric alias kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang dikenal baik bagi kesehatan kulit. Terutama sebagai anti inflamasi. Tetapi jika dipakai secara langsung tanpa diolah menjadi refined ingredient tentunya akan menghasilkan yellow stain. Sehingga, bagus kita memakai produk hasil olahannya daripada memakai kunyit secara langsung (DIY).


2. Argania spinosa kernel Oil (Argan)

Minyak argan ini sudah tidak asing sepertinya dalam dunia skincare, yaa. Asalnya dari biji argan yang berasal dari Moroko. Diolah hingga menghasilkan minyak yang dapat digunakan di seluruh tubuh. Mampu memberikan kelembaban bagi kulit dan kaya akan antioksidan.


3. Vitis vinifera (Grape) Seed Oil

Belakangan grape seed oil mulai banyak dijadikan skincare ingredient baik dalam bentuk cleanser maupun face oil. Grape seed oil sendiri memang terkenal memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan kaya akan antioksidan yang baik untuk melindungi skin barrier.

Baca Juga: [REVIEW] NIVEA Soothing Cleansing Oil Face & Eyes with Natural Grape Seed Oil - Bagusan Mana vs Biorè?



4. Calendulla officinalis Flower Extract.

Salah satu jenis bunga yang sering dijadikan skincare ingredient adalah Calendulla. Banyak ditemukan di dalam produk yang sifatnya melembabkan. Calendulla mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas dari polusi maupun pengaruh buruk sinar UV.




CLAIMS

Source: Shopee Official SADA by Cathy Sharon



HIGHLIGHTED KEYS

1. Dilengkapi formula anti inflamasi berupa kunyit (turmeric).

2. Membersihkan semua jenis make-up, terutama waterproof make-up dalam satu usapan dengan 2 tahap formula air dan minyak.

3. Diperkaya dengan antioksidan berupa minyak argan, minya biji anggur, minyak jojoba, dan ekstrak bunga calendula yang melindungi kulit dari radikal bebas.






HOW TO USE

- Kocok sebelum digunakan. Gunakan kapas lalu aplikasikan pada wajah, mata, dan bibir untuk mengangkat sisa riasan. Perlahan bilas dengan air hangat*.


*Gue pribadi nggak pakai air hangat yaa. Cuma biasanya habis pakai ini gue tetap pakai cleansing oil atau cleansing balm untuk angkat foundation dan bedak (face make-up) karena pakai ini fokusnya untuk membersihkan eye make-up. Setelah itu lanjut pakai second cleanser.


⚠️ WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.





PACKAGING

Packaging SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover ini sebenarnya dikasih sama teman yang ngerasa kurang cocok karena kulitnya super duper oily. Baru dipakai sedikit banget jadi langsung dikasih ke gue aja gitu daripada nggak kepake. Makanya awalnya gue nggak tahu packaging luar produk ini seperti apa karena hanya ada sealing plastic.


⚠️ SAFETY POV

Jadi, gue coba check di Shopee review. Ternyata memang hanya ada sealing plastic untuk packaging luar produk ini. Bagusnya memang jadi lebih efisien karena kita nggak perlu repot harus recycle banyak kemasan dengan berbeda jenis sampah. Kalau soal kebocoran, gue lihat packaging SADA aman karena pakai box packaging untuk kebutuhan delivery service. Tutup botolnya bermodel flip berwarna hitam kontras dengan badan botolnya yang bening. 


Source: Personal Doc.



DESIGN POV

Secara desain, SADA cukup konsisten dengan color branding-nya yang cenderung didominansi oleh warna black and gold. Botolnya plastik bening dengan label hitam hanya di bagian depan dan belakang. Sehingga isi produk masih dapat tetap terlihat jelas. Untuk typography pun menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca serta clean


Source: Personal Doc.






FRAGRANCE

SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover tidak mengandung fragrance sama sekali dan tidak berbau. Meskipun terbuat dari ekstrak kunyit yang menjadi highlighted ingredient, kalian nggak perlu khawatir muka jadi bau kunyit kayak seblak, kok hehehe.

NO Fragrance

NO Alcohol





TEXTURE

Tekstur SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover adalah cair dengan 2 formula berupa air dan minyak. Sehingga, sebelum dituang ke kapas harus dikocok terlebih dahulu agar menjadi larutan yang homogen (satu jenis). Tekstur minyaknya disebabkan oleh kandungan di dalamnya berupa essential oils dan cyclopentasiloxane (jenis silikon yang lazim digunakan dalam produk skincare dan make-up).


Source: Personal Doc.


Berbeda dengan teman gue yang memberi produk ini, menurutnya produk ini agak berminyak di kulitnya yang memang sangat berminyak. Tetapi, di gue sendiri ini nggak berminyak sama sekali. Malah ketika sudah dikocok lebih dominan tekstur air daripada minyaknya. Sebelumnya gue juga punya pengalaman sengan 2 solutions make up remover seperti ini dari beberapa brand lain. Tetapi, hanya SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover yang teksturnya nyaman di kulit gue untuk kategori oil based make up remover atau micellar water

Baca Juga: [REVIEW] BIORE Make Up Remover Perfect Oil (Cleansing Oil)



NOTES

Asumsi gue tentang beberapa kemungkinan yang terjadi jika kalian merasa produk ini berminyak:

1. Produknya lupa nggak dikocok terlebih dahulu. Sehingga minyak masih terpisah dari air.

2. Pemakaian produk terlalu banyak atau tidak menggunakan kapas yang tepat. Untuk produk seperti ini, yaa jangan pakai maximizer cotton harusnya.

3. Kulit kalian benar-benar dehidrasi hingga jenuh minyak. Perlu diingat bahwa tidak semua kulit berminyak itu dehidrasi, yaa. Tetapi kalau sangat berminyak sampai kusam, kemungkinan besar kulit kalian dehidrasi. Sehingga produk skincare tidak dapat terserap sempurna di kulit kalian. Residu yang tersisa di permukaan kulit lah yang membuat oily feel tersebut.

                                                

 

                                      


EFFECTIVENESS

Setelah mencoba membersihkan eye make-up dengan 2 kapas, akhirnya didapatkan hasil seperti pada foto.

Source: Personal Doc.

 


BEFORE

- Make up yang digunakan adalah shimmer eyeshadow, waterproof mascara, waterproof & smudgeproof eyeliner, concealer, foundation, compact powder, dan setting spray

- Kondisi make up memang sudah jauh memudar karena sudah hampir 8 jam pemakaian. Karena double-eyelid, maka base eye shadow dan eye shadow sudah terlihat cukup creasing.


1st SWIPE

- Kapas pertama digunakan dengan jumlah produk diteteskan sekitar 5 tetes atau seperti pada foto. Fokus pada bagian tengah kapas agar 2 sisi kapas menjadi basah (bisa digunakan bolak-balik).

- Proses removal dengan ditempelkan beberapa detik (sekitar 5-10 detik) kemudian diusap satu arah ke arah bawah.

- Bagian belakang kapas yang juga masih basah digunakan untuk sisi mata sebelahnya.

- Semua color make-up terangkat. Hanya tersisa beberapa titik kecil eyeliner dan partikel mascara yang berjatuhan di kulit sekitar mata. Tetapi tidak smudging yang mengakibatkan tampilan panda eyes.


2nd SWIPE

- Kapas kedua yang dibasahi dengan 3 tetes saja. Hanya fokus pada sisa partikel eyeliner, mascara, dan sebagian undereyes concealer

- Khusus untuk mascara, kapas dilipat untuk dapat menjepit bulu mata. Sehingga, kedua sisi bulu mata dibersihkan dengan produk secara sempurna tanpa meninggalkan residu.

- Tidak ada lagi eye shadow yang tersisa.

- Hasil yang terjadi seperti pada foto "AFTER".





FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Harganya affordable untuk ukuran make up remover 100ml dengan ingredients yang cukup esensial.

+ Cepat meresap tanpa bikin kulit terasa berminyak.

+ Cukup efektif dalam membersihkan waterproof eye make up.

+ Tidak pedih di mata.

+ PAO nya cukup lama (18M)

+ No excessive packaging

 

Cons (-)

- Tidak ada varian size. Bagi pecinta micellar water mungkin akan butuh size besar (<200ml). Sedangkan buat gue ini kebanyakan karena hanya untuk eye make up. Soalnya untuk face make up gue prefer cleansing oil/ balm karena tidak perlu pakai kapas.


 


 

RECOMMENDATION

SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover aman digunakan setiap hari. Setelah double cleansing, baiknya didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare setelahnya seperti tonerserum, dan moisturizer.

SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover aman digunakan oleh pemilik mata senstif yang mudah merasa perih saat membersihkan mata dengan remover.

SADA Senja Resting Glam Face Make Up Remover bersifat ringan karena dominan tekstur air sehingga bisa digunakan oleh semua jenis kulit.




 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 2 kali pemakaian di hari yang berbeda dan hanya saat menggunakan make-up.

- Produk ini merupakan gift non-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.