[REVIEW] ELLIPS HAIR VITAMIN Hair Treatment (Pink): Cegah Penuaan Rambut dan Atasi Rambut Rusak

Monday, March 25, 2024
 Hola!
Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat saat membaca artikel ini, yaa. Di postingan kali ini, gue mau review hair vitamin yang sebenarnya sudah sejak lama dipakai tetapi baru ada kesempatan bercerita sekarang di blog. 
Keep on reading!


Ellips-hair-treatment-pink-header-bintangmahayana-com



ABOUT THE BRAND

Teman-teman generasi 90-an sepertinya sudah tidak asing dengan brand satu ini. Ellips sebagai pelopor produk vitamin rambut dari Indonesia yang telah eksis sejak 2005, mengajak para wanita Indonesia untuk menjaga #RambutTetapMuda melalui rangkaian produknya agar rambut tetap sehat, wangi, dan berkilau. Apalagi di tengah kondisi cuaca dan perubahan iklim yang semakin tidak menentu, membuat paparan sinar UV dan polusi udara semakin mengancam kesehatan rambut kita karena dapat menyebabkan penuaan rambut. Sekalipun berhijab, bukan berarti sinar UV tidak dapat menembus kain hijab kita, loh. Jadi, jangan pernah sepelekan perawatan rambut, yaa teman-teman. Bukan hanya kulit wajah kita saja yang dapat mengalami penuaan dan perlu dirawat agar awet muda, tetapi menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah patah, kering, dan rusak juga sama pentingnya.




MY HAIR PROFILE

Bintang's Hair Type: Wavy; Hijab

Bintang's Hair Length: Long hair

Bintang's Hair Color: No coloring

Bintang's Hair Concerns: Frizzy hair, Hair Loss.



Memangnya rambut bisa menua?

Sebagai pengguna hijab, gue jujur menyesal karena sering menomorduakan perawatan rambut. Awalnya berpikir, "ah, nggak kelihatan siapa-siapa juga." Apalagi produk-produk perawatan rambut itu harganya kebanyakan mahal. Akhirnya, setelah bertahun-tahun, gue ngalamin kerontokan yang cukup parah. Cerita sedikit, dulunya rambut gue pernah rusak parah sampai mudah patah karena pernah melakukan rebonding (meluruskan rambut secara semi permanen, tetapi dapat bertahan hingga jangka waktu 1 tahun). Sehingga, otomatis kondisi rambut gue tidak sesehat usia rambut pada umurnya. Nggak perlu nunggu nenek-nenek, kita yang di usia 20-an pun bisa mengalami penuaan rambut secara dini.


Ciri-ciri rambut yang mengalami penuaan berdasarkan artikel di Alodokter, adalah sebagai berikut:

1. Rambut Kering

Rambut kering bisa disebabkan karena rambut kita mengalami dehidrasi sehingga rambut menjadi kering dan sulit diatur, bahkan mengembang seperti rambut singa (frizzy hair). Seperti kulit wajah, kulit kepala (scalp) kita juga memproduksi minyak alami atau sebum. Namun, jika produksinya berkurang, maka akan mengakibatkan kurangnya kelembaban rambut. Bukan tidak mungkin juga kita mengalami ketombe. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh faktor radikal bebas akibat paparan sinar UV berlebih yang tidak diimbangi dengan asupan nutrisi bagi kulit kepala dan batang-batang rambut.


2. Rambut Kasar

Masalah rambut kasar biasanya juga berkaitan dengan rambut kering. Kalau rambut kita banyak kehilangan kelembabannya, otomatis akan membuat rambut kita terasa kasar saat kita pegang. Biasanya juga ada batang rambut yang menebal dan terasa lebih kaku dibanding batang rambut lainnya. Memang wajar bahwa rambut kita akan mengalami rontok secara alami sesuai dengan siklusnya. Namun, rambut yang sudah kasar ini, biasanya akan memiliki siklus yang lebih pendek. Sehingga akan lebih cepat rontok.


3. Rambut Patah/ Bercabang (Split End)

Pasti kesal banget, yaa kalau punya rambut bercabang. Mau disisir berapa kali pun tetap saja tampilan rambut kita tidak akan terlihat rapi. Diikat sedikit saja juga sudah patah. Ujung-ujung rambut yang mudah bercabang adalah salah satu tanda penuaan rambut. Faktor yang menyebabkannya adalah penggunaan panas berlebih seperti hair straightener, hair dryer, atau curling iron. Kebiasaan mewarnai rambut dan bleaching rambut tanpa diikuti perawatan rambut yang memadai juga dapat mempercepat penuaan pada rambut.


4. Rambut Kusam

Kalau rambut kita kering, kasar, dan bercabang, artinya rambut kita kekurangan vitamin dan nutrisi yang diperlukan. Otomatis akan berakibat pada hilangnya kilau alami rambut dan menyebabkan rambut tampak kusam. 



Mumpung gue nemu, nih produk perawatan rambut yang harganya terjangkau, gue mau ajak kita semua agar sama-sama konsisten untuk melawan rambut menua agar #RambutTetapMuda. Detailnya bisa kalian baca lewat review berikut ini.


PRODUCT DETAILS


Ellips-hair-treatment-pink-packaging-bintangmahayana-com

Brand Name:

Ellips

Country of Origin:

Indonesia

Product Name & Variant:

Ellips Hair Vitamin - Hair Treatment (Pink)

Product Type:

Hair Vitamin

Size:

1ml x 6 capsules

BPOM Number:

NA18211000310

Batch Number:

1013343 (NOV 2023)

Expiry Date:

NOV 2026

Where to Buy:

[Shopee] Ellips Hair Vitamin - Hair Treatment (Pink)




INGREDIENTS

Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Polysilicone-15, Soybean (Glycine Soja) Oil, Panthenyl Ethyl Ether, Retinyl Palmitate, Argania Spinosa Kernel Oil, Ascorbyl Palmitate.


__    : Antioxidant (Vitamin C)

__    : Antioxidant (Vitamin E)

__    : Essential Oil

__    : Fragrance

__    : Humectant (Vitamin B5)

__    : Retinol (Vitamin A)

__    : Silicone


Ellips-hair-treatment-pink-ingredients-bintangmahayana-com



PACKAGING

Ellips hair vitamin dikemas dalam bentuk lembaran alumunium foil yang terdiri dari 6 capsule berbahan silicone untuk setiap produknya. Jadi, kita bisa menakar langsung berapa mL yang kita perlukan untuk rambut kita. Untuk rambut pendek, pemakaian satu kapsul Ellips saja sudah cukup. Sedangkan untuk rambut panjang bisa menggunakan 2 kapsul. Kemasan ini cocok untuk teman-teman yang ingin coba terlebih dahulu sebelum membeli versi capsule in jar-nya. Kapsulnya sendiri juga tinggal ditarik saja untuk dibuka tanpa perlu menggunakan gunting. Namun, kapsul silikonnya ini tetap aman kok dibawa traveling karena tidak mudah bocor.


Ellips-hair-treatment-pink-review-rambut-rontok-bintangmahayana-com


Ellips-hair-treatment-pink-product-detail-bintangmahayana-com




FRAGRANCE

Untuk varian Hair Treatment (Pink) ini wanginya manis, tetapi masih cukup nyaman dan tidak terlalu menyengat. Lama-kelamaan wanginya akan lebih lembut setelah diaplikasikan ke batang-batang rambut. 



TEXTURE

Tekstur Ellips Hair Vitamin - Hair Treatment (Pink) ini cairan gel bening dengan sedikit minyak. Namun, tidak terasa greasy di rambut setelah diaplikasikan. Produk ini teksturnya cukup runny. Sehingga mudah untuk diratakan ke batang-batang rambut. Oh ya, jangan digunakan di kulit kepala, yaa gaes


Ellips-hair-treatment-pink-texture-bintangmahayana-com



EXPERIENCE

Pengalaman setelah menghabiskan kurang lebih 4 kapsul, rambut setidaknya jadi lebih wangi dan bertahan lama kelembabannya setelah keramas. Tidak mudah kering keesokan harinya. Memang kalau kerusakan rambut sudah cukup parah, tentunya butuh waktu agar kondisi rambut bisa kembali normal. Ekspektasi gue saat pakai produk ini sebenarnya cukup untuk setidaknya melembabkan rambut saja. Soalnya, kalau rambut kering jadi mudah patah. Sedangkan kalau lembab, rambut jadi tidak mudah patah atau rontok. 


Tentunya kebiasaan kita dalam menata rambut, keramas, dan mengeringkan rambut juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan kerja produk ini. Fungsi produk ini adalah sebagai vitamin rambut, yang artinya merupakan complementary treatment dari shampoo maupun conditioner yang kita gunakan untuk rambut kita. Jadi, tetap harus dipastikan pemilihan produk perawatan rambut yang kita gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan rambut kita.



RECOMMENDATION

Overall, gue sangat merekomendasikan produk perawatan rambut Ellips Hair Vitamin - Hair Treatment (Pink). Terutama bagi kalian yang mengalami masalah rambut rusak maupun sering styling. Soalnya, produk ini juga dapat bekerja sebagai Heat Protection bagi rambut. Kalian bisa gunakan setelah keramas dan rambut dikeringkan dengan handuk. Dalam keadaan rambut setengah kering, tuang ke telapak tangan dan usapkan secara merata ke batang-batang rambut. Setelah beberapa menit dan dirasa produk sudah meresap, kalian bisa lanjutkan hair styling seperti biasa.


Tips: setelah diaplikasikan, biasanya gue akan balut rambut dengan micro fiber towel supaya kelembaban rambut tetap terjaga dan penyerapan produk vitamin rambut lebih maksimal.


Ellips-hair-treatment-pink-capsule-bintangmahayana-com


***

Bagaimana? Tertarik coba hair vitamin satu ini? Kalau kalian suka juga sama produknya atau ada pertanyaan, please let me know in the comment section, yaa! Thank you for reading! :)

Bintang Mahayana©️2024

--

For business inquiries please email:
[contact.bintangmahayana@gmail.com]


Reference:

Alodokter. 2024 (18, Maret). Rambut Menua, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya. Ditinjau oleh: Gracia Fensynthia.

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.