[REVIEW] ELLIPS HAIR VITAMIN - Nutri Color (Purple) with Moroccan Oil: Rambut Rusak karena Diwarnai, Bisa Sehat Lagi?

Monday, March 25, 2024
Hola!
Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan happy saat membaca artikel ini, yaa. Di postingan kali ini, gue mau review hair vitamin varian lain dari review di postingan sebelumnya. Kalau penasaran sama hair care routine dan pendapat gue soal produknya, keep on reading! :)


ellips-hair-vitamin-nutri-color-purple-review-header-bintangmahayana-com





ABOUT THE BRAND

ELLIPS sebagai pioneer brand perawatan rambut di Indonesia dengan rangkaian produk untuk mengatasi rambut kering, rambut patah, rambut kusam, hingga rambut menua, hadir dengan harga yang terjangkau bahkan di kantong pelajar sekalipun. Produk-produknya juga sangat mudah dijumpai di toko-toko kosmetik, minimarket, supermarket, bahkan di e-commerce. Versatilitas dalam kegunaan maupun cara membelinya, menjadikan produk-produk Ellips Hair Vitamin tetap eksis meski sudah berdiri sejak 2005. Wow! Sudah lama juga, yaa. Tahun segitu gue masih SD, loh hahaha. Bahkan mungkin ada di antara teman-teman pembaca yang belum lahir?


Namun, usia saat ini bukanlah parameter mutlak yang dapat menjadi faktor penuaan rambut. Rambut menua bisa banyak sekali faktor penyebabnya. Salah satunya adalah lifestyle yang melahirkan tren kebiasaan untuk hair styling. Intervensi sekecil apapun pada batang rambut, bukan tidak mungkin akan membuat rambut kita menua lebih cepat daripada usia aslinya. Lebih detailnya akan kita bahas dalam artikel ini. Untuk itulah review ini hadir untuk menyampaikan pesan positif tentang pentingnya menjaga kesehatan rambut agar #RambutTetapMuda. Penasaran bagaimana caranya menjaga agar rambut tetap muda? Lanjutkan membaca, yaa :)


Baca Juga: [REVIEW] ELLIPS HAIR VITAMIN Hair Treatment (Pink): Cegah Penuaan Rambut dan Atasi Rambut Rusak


Ellips-Hair-Vitamin-Pink-review-bintangmahayana-com




Faktor-Faktor Penyebab Penuaan Rambut

Sebelum kita membahas tips seputar perawatan rambut, kita juga perlu tahu bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat menyebabkan penuaan rambut. Supaya kedepannya kita jadi lebih aware terhadap kesehatan rambut sekaligus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempercepat penuaan rambut. Dikutip dari Halodoc, terdapat 6 kebiasaan yang mungkin sering tanpa sadar kita lakukan, sehingga rambut kita mengalami penuaan.


1. Menggunakan Sisir yang Tidak Tepat untuk Rambut

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa sisir jenis plastik bukan jenis yang baik bagi kulit kepala kita, karena dapat mengganggu peredaran darah di kulit kepala. Selain itu, bahan plastik biasanya juga keras dan berpotensi melukai kulit kepala. Gunakan sisir dengan gerigi yang jarang dan berbahan lembut. Saat ini juga sedang tren bamboo hair brush yang selain baik bagi kesehatan juga aman bagi lingkungan.


Oh, ya inget juga nggak, sih? Dulu waktu SD pernah praktek menggosokkan sisir plastik atau penggaris plastik sampai bikin rambut kita jadi jegrak? Hahaha. Sebenarnya fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya. Yaitu, tubuh kita, termasuk di rambut memang dipenuhi elektron yang dapat mengalirkan listrik. Makanya, ketika akan terjadi petir di ruang terbuka, rambut kita bisa berdiri. Sama halnya ketika kita berulang kali menyisir dengan sisir plastik. Hasilnya, rambut kita jadi mencuat-cuat ke luar dan akhirnya kita jadi ingin terus menyisir rambut hingga tanpa sadar membuat rambut kita rontok.



2. Keramas Terlalu Sering (Setiap Hari)

Semakin bertambahnya usia, minyak alami rambut akan berkurang. Dengan keramas terlalu sering, justru akan memperparah penuaan rambut karena rambut kita akan mudah kehilangan kelembabannya dan menyebabkan rambut kering. Keramas lah setidaknya 2-3 hari sekali dan gunakan shampoo dan conditioner bebas sulfat seperti SLS/ SLES. Surfaktan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan minyak rambut yang harusnya dipertahankan, malah ikut dihilangkan juga.



3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sebagai pengguna hijab, tanpa sadar kita telah mengikat rambut selama berjam-jam dan tanpa sadar menggunakan karet rambut yang cukup kencang. Padahal kebiasaan ini dapat memperparah rambut rontok dan memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Cobalah untuk melepas ikatan rambut saat jeda wudu, misalnya. Agar rambut kita juga bisa bernafas dan istirahat sebelum kita mengenakan hijab lagi.


4. Terlalu Lama Berjemur di Bawah Terik Matahari

Kalian ada nggak, sih yang ngerasa kalau warna rambut kalian berubah agak kemerahan kalau terlalu sering terpapar sinar matahari? Ternyata, menurut artikel di Halodoc tadi, memang pengaruh sinar UV sesignifikan itu terhadap kondisi rambut. Selain menyebabkan rambut kering, paparan sinar UV juga berpotensi memudarkan warna rambut.


5. Meluruskan Rambut atau Menggunakan Alat Styling yang Terlalu Panas
Jujur, dulu gue pengen banget punya rambut lurus. Alhasil, beli catokan rambut dan setiap pakai setidaknya gue pakai di suhu 200℃. Sudah gitu, biasanya nggak pakai hair vitamin dulu pula. Jadi, batang-batang rambut langsung terkena panas tanpa terproteksi😭 

Memang, terkadang karena kebutuhan, hair styling menjadi tak terhindarkan. Solusinya, kalian bisa gunakan Ellips Hair Vitamin with Moroccan Oil dulu sebelum pakai alat catok. Soalnya produk ini juga mengandung formula Heat Protection yang dapat melindungi batang rambut saat di-styling.


6. Konsumsi Makanan Tidak Sehat
Ternyata konsumsi makanan juga berpengaruh, loh terhadap kesehatan rambut! Jangan keseringan konsumsi junk food, yaa teman-teman. Soalnya efek sampingnya banyak banget. Termasuk pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan kalsium dapat membantu mencegah rambut rapuh maupun rambut kusam agar rambut tetap muda. Contohnya seperti bayam, susu, dan telur.




MY HAIR PROFILE

Bintang's Hair Type: Wavy; Hijab

Bintang's Hair Length: Long Hair

Bintang's Hair Color: Previously Colored Hair

Bintang's Hair Concerns: Frizzy Hair; Hair Loss




PRODUCT DETAILS


Ellips-Hair-Vitamin-Purple-packaging-bintangmahayana-com

Brand Name:

Ellips

Country of Origin:

Indonesia

Product Name & Variant:

Ellips Hair Vitamin - Nutri Color (Purple)

Product Type:

Hair Vitamin

Size:

1ml x 6 capsules

BPOM Number:

NA18201000958

Batch Number:

1012903 (OCT 23)

Expiry Date:

OCT 2026

Where to Buy:

[Shopee] Ellips Hair Vitamin with Moroccan Oil - Nutri Color (Purple)




INGREDIENTS

Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Helianthus Annuus Seed Oil, Polysilicone-15, Soybean (Glycine Soja) Oil, Panthenyl Ethyl Ether, Retinyl Palmitate, Argania Spinosa Kernel Oil, Amodimethicone, Ascorbyl Palmitate.


__    : Antioxidant (Vitamin C)

__    : Antioxidant (Vitamin E)

__    : Essential Oil

__    : Fragrance

__    : Humectant (Vitamin B5)

__    : Retinol

__    : Silicone

 



PACKAGING

Packaging Ellips Hair Vitamin ini tersedia dalam kemasan jar untuk full size-nya sedangkan untuk kemasan trial terdiri dari 6 kapsul dalam lembaran alumunium foil seperti pada foto di bawah. Untuk penggunaan cukup mudah. Ujung kapsul bisa ditarik saja tanpa harus digunting. Cocok untuk dibawa traveling karena tidak banyak memakan tempat dalam make up pouch


Untuk sustainability material-nya sendiri gue belum sempat riset lebih lanjut. Tetapi, kemasan ini gue golongkan ke dalam kategori plastik saat setor ke tempat pendaurulangan sampah terpilah. Mungkin suatu saat Ellips bisa mengeluarkan versi pump botol supaya lebih mudah untuk proses pemilahan sampah dan daur ulangnya.


Ellips-Hair-Vitamin-Purple-packaging-bintangmahayana-com

Ellips-Hair-Vitamin-Purple-ingredients-bintangmahayana-com





FRAGRANCE

Untuk varian Nuti Color berwarna Purple ini wanginya tidak semanis varian Hair Treatment (Pink). Masih tergolong subtle di hidung. Entah ini halu atau bukan, mungkin karena lihat warnanya ungu, sekilas seperti ada wangi buah anggur haha.



TEXTURE

Tekstur Ellips Nutri Color (Purple) ini mirip dengan varian Ellips lainnya, hanya saja varian yang ungu ini agak sedikit lebih berminyak dibanding varian pink. Bukan berminyak dalam artian greasy yang bikin tidak nyaman, tetapi lebih terasa feels-nya kalau kita pakai hair vitamin. Mungkin karena varian ini diperuntukkan bagi rambut yang diwarnai (biasanya juga pasti akan melalui proses hair styling), sehingga perlu extra protection dari bahan-bahan kimia maupun panas alat-alat penata rambut. Jadi, wajar saja kalau teksturnya agak lebih dense.


Ellips-Hair-Vitamin-Purple-texture-bintangmahayana-com



EXPERIENCE

Seperti yang suda disebutkan di atas, berdasarkan pengalaman memang Ellips Hair Vitamin - Nutri Color (Purple) ini agak sedikit lebih terasa essential oil-nya dibanding varian Hair Treatment (Pink). Kerasa, loh efeknya! Apalagi untuk rambut yang diwarnai dan jadi lebih kering. Untuk kelembabannya sendiri hampir sama dengan varian pink, tetapi efek varian ungu ini membuat rambut halus sedikit lebih lama dibanding varian hair treatment.


Memang sekali lagi harus konsisten jika kondisi rambut kita sudah rusak parah. Gue pribadi menggunakan ini sebagai weekly hair maintenance product yang akan digunakan setiap habis keramas dalam frekuensi sekitar 2 hari sekali. Dikecualikan bagi hari di mana kulit kepala sangat berkeringat, maka mungkin penggunaan akan lebih sering mengikuti peningkatan frekuensi keramas mingguan.




RECOMMENDATION

Bagi teman-teman yang saat ini mungkin sudah di tahap sangat lelah menghadapi rambut rusak, gue ada beberapa rekomendasi yang mungkin bisa kalian lakukan. Kuncinya: harus konsiten dan tetap berpikiran positif. Dulu, waktu gue belum ngerti gimana caranya merawat rambut dengan baik dan benar juga rasanya pengin langsung botak aja🥲 Eitss! Cobain langkah-langkah ini dulu, yaa:


1. Keramas dengan benar

Fokuslah keramas untuk menyehatkan kulit kepala. Jangan menggosok kulit kepala (scalp) terlalu kasar karena akan melukai kulit kepala dan membuat rambut rontok makin parah. Bisa coba gunakan shampoo brush jika kuku sedang dalam kondisi panjang. Frekuensi diatur untuk keramas saat dirasa kulit kepala sudah kotor. 


2. Bilas rambut dengan air dingin

Jangan gunakan air hangat atau panas terlalu sering, yaa karena akan menyebabkan rambut rontok lebih parah. Meskipun air hangat dapat membantu meluruhkan minyak di rambut dan kulit kepala, tetapi suhu panas tidak baik bagi kutikula rambut. 


3. Keringkan rambut dengan micro fiber towel

Handuk berbahan micro fiber biasanya memiliki daya serap air yang lebih tinggi dibanding bahan lainnya. Sehingga dapat membuat rambut kering lebih cepat tanpa suhu panas. Membiarkan rambut basah tanpa dikeringkan justru dapat merusak kutikula rambut, loh.


4. Gunakan Ellips Hair Vitamin with Moroccan Oil sesuai Kebutuhan secara rutin

Untuk memastikan asupan nutrisi bagi rambut, kita perlu leave-on product yang bertahan lebih lama di rambut, karena produk wash-off akan segera dibilas saat mandi. Rekomendasi gue adalah Ellips Hair Vitamin - Nutri Color (Purple) buat kalian yang suka mewarnai rambut dan styling. Harganya affordable, mudah didapatkan di mana saja, dan lembabnya juga dapet banget!


***

Gimana? Tertarik buat cobain Ellips Hair Vitamin juga setelah baca artikel ini? 
Please feel free to discuss this with me if you have any further questions, yaa! 
See you in my next article!

Bintang Mahayana©️2024

--

For business inquiries, please email:
[contact.bintangmahayana@gmail.com]




Reference:
Halodoc. (2019, 30 Nov). 7 Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Alami Penuaan Dini. Ditinjau oleh dr. Rizal Fadli. Retrieved from https://www.halodoc.com/artikel/7-kebiasaan-yang-menyebabkan-rambut-alami-penuaan-dini on March 24th 2024.

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.