[REVIEW] BLP Makeup Fixer Hydrating, Soothing, Dewy Finish Setting Spray | Bintang Mahayana

Tuesday, June 22, 2021

Holla!

Di postingan kali ini gue mau review BLP Makeup Fixer Hydrating, Soothing, Dewy Finish Setting Spray untuk hasil dewy make-up yang flawless. Belakangan ini lagi suka eksplor local brand setting spray. Akhirnya setelah tahu kalau BLP ngeluarin produk setting spray, langsung aja checkout setelah setting spray lama habis. Penasaran ingin tahu bagaimana pendapat gue tentang produknya BLP Beauty?

Keep on reading!



Source: Personal Doc.





ABOUT THE BRAND

BLP yang merupakan singkatan dari By Lizzie Parra adalah brand asal Indonesia yang dimiliki oleh Kak Lizzi Parra atau yang akrab disapa Kak Icil. Brand ini berada di bawah naungan PT Lizzie Parra Kreasi sebagai marketer dan distributor produk-produk BLP. Namun, seperti kebanyakan local brand lainnya, BLP juga menunjuk perusahan produksi untuk menjadi subcon yang memproduksi produk-produknya secara masal, yaitu PT Cosmax Indonesia yang cukup terkenal sebagai produsen produk skincare dan make up. Brand lain yang juga menggunakan PT Cosmax Indonesia salah satunya adalah SADA by Cathy Sharon.


By Lizzie Parra memang terkenal sebagai make up brand di awal kemunculannya karena memang hanya memproduksi make up products seperti BLP Lip Coat, BLP Lip Glaze, BLP Face Base, dan sebagainya. Namun, kini BLP juga memproduksi BLP Make Up Fixer yang sejujurnya merupakan produk hybrid skincare and make up karena bisa dijadikan sebagai make up setting spray maupun face mist sebagai daily skincare. Baru-baru ini By Lizzie Parra juga berkolaborasi dengan Avoskin dengan meluncurkan produk tinted suncsreen pertama di Indonesia.








MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination to Oily*
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive** & Reactive*** Skin, Acne-Prone.



*Combination skin type ini sebelumnya gue miliki terakhir tahun 2019. Setelah itu kulit gue jadi normal to dry. Pernah fully normal di tahun awal 2020 kemudian menjadi cenderung dry di pertengahan tahun hingga awal tahun 2021. Tepatnya 1 minggu terakhir gue merasa T-zone gue menjadi sangat oily saat bangun tidur. Sedangkan area lainnya cenderung normal dan ada juga sebagian yang cenderung dry. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan kondisi cuaca yang sebelumnya cenderung panas dan kering menjadi lebih dingin dan lembab karena masuk musim penghujan. 


**Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool. Kondisi merupakan kondisi bawaan lahir.


***Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya. Termasuk juga reaktif dalam mengalami perubahan jenis kulit berdasarkan kadar air dan minyak akibat pengaruh cuaca.


 



PRODUCT DETAILS 

Source: Personal Doc.



Nama Produk : BLP Make Up Fixer
Nama Brand   : By Lizzie Parra (BLP)
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Make Up Setting Spray/Face Mist
Ukuran             : 100ml/ 3.38Oz
BPOM              : NA18201205636
Halal MUI        : 00150070831114
PAO                  : -
Expiry Date     : 11/2023
Harga               : Rp89.000*
Tekstur            : cair
Finish               : Dewy to Sateen Finish
Jenis Kulit       : All Skin Types**
Website            : BLP Official Website
Where to buy  : Shopee @blpbeauty
Mfg. by            : PT Cosmax Indonesia Jakarta - Indonesia
Dist. by            : PT Intisari Kreasi Lestari Jl. Ampera Raya No. 9-10 Jakarta-Indonesia


*Promo Shopee Official. Normal price available at IDR109,000.00.

NOTE: 

**Meskipun finish produk adalah dewy to sateen, tetapi tidak terlalu basah hingga membuat berminyak.


Baca Juga: [REVIEW] NIVEA Soothing Cleansing Oil Face & Eyes with Natural Grape Seed Oil - Bagusan Mana vs Biorè?






 

INGREDIENTS

WaterGlycerin, PVP, Chondrus crispus extract, Polyester-5, PhenoxyethanolPEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Saccaharum  officinarum (Sugarcane) extractCapryl glycol, Octyldodeceth-16, AllantoinEthylexylglycerin, Sodium Citrate, Citric Acid, Fragrance (Parfum)Tocopherol.


CATEGORIES

__ Antioxidant

__ Essential Oils 

__ Fragrance/ Parfum

__ Humectant

__ Preservatives




■ HIGHLIGHTED INGREDIENTS

Saccaharum officinarum (Sugarcane) Extract 

Source: femaleradio.co.id 


Sugarcane extract alias sari air tebu merupakan tanaman yang kaya akan glukosa. Ternyata, di dalam Sugarcane Extract ini juga terkandung AHA berupa glycolic acid yang berperan sebagai anti inflamasi yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.


Source: hellosehat.com


AHA dengan kadar rendah juga berfungsi sebagai humectant yang dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, Sugarcane Extract juga kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat skin barrier dalam menangkal zat-zat radikal bebas.






CLAIMS

Source: Shopee @blpbeauty



■ HIGHLIGHTED KEYS

1. Beraroma bunga (floral-scent) yang mampu mengunci complexion make up tahan lama dan seamless dewy finish.

2. Mengandung hydrating dan soothing ingredients seperti glycerin, sugarcane extract, red algae, dan allantoin.

3. Mampu mengunci make up dan sekaligus memberi skincare benefit bagi kulit. Tahan keringat dan mask-proof.

4. Dilengkapi micro spray yang membuat produk tersebar sempurna.

5. Berbahan dasar air (water-based), bebas minyak, alkohol, dan paraben.





HOW TO USE

Ada 3 tahapan dalam menggunakan BLP Make Up Fixer ini sebagai make up setting spray:

STEP 1

Setelah menggunakan suncreen dan sebelum menggunakan make up. Gunakan BLP Make Up Fixer sekitar 3 spray dengan jarak 1 lengan. Tunggu hingga meresap dan kulit terasa lembab.


STEP 2

Setelah menggunakan complexion products seperti: concealer, foundation, dan powder. Termasuk juga cream blush. Tunggu produknya sudah set lalu gunakan BLP Make Up Fixer Pada step ini, biasanya gue semprotkan BLP Make Up Fixer ke beauty sponge lalu tap perlahan ke seluruh area wajah dengan light pressure.


STEP 3

Setelah seluruh make up selesai. Semprotkan BLP Make Up Fixer dengan jarak 1 lengan dan pastikan kedua sisi wajah dan tengah wajah terkena produk. Spritzer-nya cukup halus jadi memang agak nggak terasa. Step ini krusial untuk mengunci hasil akhir make up. Jadi, pakainya jangan pelit-pelit, yaa. Gue pribadi pakai Jamsu Technique tetapi bukan mencelupak seluruh wajah ke air. Melainkan pakai BLP Make Up Fixer sebanyak 30 kali untuk hasil yang lebih tahan lama.


⚠️ WARNINGHentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.





PACKAGING

Packaging BLP Make Up Fixer aman karena pakai box packaging baik produk maupun untuk kebutuhan delivery service. Tutup botolnya plastik berwarna putih dengan badan botolnya yang bening. Sehingga bagian isi tetap terlihat. BLP jiga cukup konsisten dengan color branding-nya yang cenderung didominansi oleh warna white, nude and transparent. Untuk typography pun modern serta mudah dibaca.


Source: Personal Doc.


Source: Personal Doc.


Source: Personal Doc.






FRAGRANCE

BLP Make Up Fixer mengandung fragrance (parfum) di urutan ke-2 dari terakhir. Wanginya floral-scent yang sangat soft. Hingga hampir tidak berbau.

❌ NO Fragrance

✅ NO Alcohol





TEXTURE

Tekstur BLP Make Up Fixer  adalah cair seperti air saja. Untuk minyak hanya ada essential oil berupa Sugarcane Extract. Tidak ada silikon maupun oil jenis lainnya. Sehingga bagi kulit kombinasi dan berminyak pun masih nyaman. Teksturnya sangat ringan di kulit. Makanya, make up pun akan lebih mudah dibersihkan nantinya.


Source: Personal Doc.


Baca Juga: [REVIEW] SADA by Cathy Sharon Senja Resting Glam Face Make Up Remover


  


                                                                                


EFFECTIVENESS

Source: Personal Doc.

 


BEFORE - 12:30

- Make up yang digunakan adalah single color shimmer eyeshadowwaterproof mascarawaterproof dan  smudgeproof eyelinerconcealerfoundation, liquid and  compact blush, compact highlighter, compact powder, dan setting spray.


AFTER 5.5 HOURS - 17:10

- Make Up sudah dibawa wudu sekali untuk solat Ashar. Tidak lepas masker kecuali makan dan minum, serta solat.

- Blush sudah hampir hilang sehingga tidak terlihat jelas lagi di kamera. Lipstick juga hilang karena dipakai makan dan minum sehingga butuh light touch up.

- Tetapi make up area mata masih sangat bagus dan stay in place. Tidak creasing di bagian eyelid. Hanya creasing sedikit sekali di bagian undereyes karena dipakai wudu.


AFTER 8.5 HOURS - 20:07

- Kondisi make up memang sudah jauh memudar karena sudah lebih dari 8 jam pemakaian. Karena double-eyelid, maka base eye shadow dan eye shadow sudah terlihat mulai creasing sedikit. Yang paling hilang concealer dan blush.





CLAIMS CHECK

✅ 1. Beraroma bunga (floral-scent) yang mampu mengunci complexion make up tahan lama dan seamless dewy finish.


✅ 2. Mengandung hydrating dan soothing ingredients seperti glycerin, sugarcane extract, red algae, dan allantoin. Mampu mengunci make up dan sekaligus memberi skincare benefit bagi kulit. 


❌ 3. Tahan keringat dan mask-proof.

Result : Warning! Maaf kalo agak menjijikkan yaa. Ini aku pake masker kain 2ply warna putih. Ada yg basah itu bukan keringat tetapi mau aku cuci masker nya eh lupa belum foto result pemakaian :') 


Untuk klaim tahan keringatnya, sih so-so, yaa. Tetapi tidak mask-proof meskipun aku pakai ini evenly 30x spray (Jamsu Technique). Tetapi kebanyakan memang di area hidung saja yang stainning.



✅ 4. Dilengkapi micro spray yang membuat produk tersebar sempurna.


✅ 5. Berbahan dasar air (water-based), bebas minyak, alkohol, dan paraben.





FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Harganya affordable untuk ukuran make up setting spray 100ml dengan ingredients yang baik untuk memberikan skincare benefit. Sehingga cukup versatile, bisa jadi daily face mist juga.

+ Cepat meresap tanpa bikin kulit terasa berminyak.

+ Cukup efektif dalam menahan waterproof eye make up tidak mudah luntur atau creasing.

+ Tidak pedih di mata.

Simple and modern packaging. Tetap ringan dibawa-bawa. 



Cons (-)

- Tidak ada varian size yang lebih kecil. Sehingga kalau mau coba hanya tersedia full size 100ml saja.

- Tidak terlalu mask proof. Meskipun transfer nya lebih fokus di area hidung. 


 


 

RECOMMENDATION

- BLP Make Up Fixer aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena tidak mengandung alcohol, paraben, maupun bahan-bahan aktif.

BLP Make Up Fixer aman digunakan oleh pemilik mata sensitif yang mudah merasa perih.

BLP Make Up Fixerbersifat ringan karena dominan tekstur air sehingga bisa digunakan oleh semua jenis kulit yang ingin menghasilkan dewy makeup look yang wearable untuk sehari-hari.




 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 1 bulan pemakaian di hari yang berbeda dan hanya saat menggunakan make-up.

- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

2 comments:

  1. Bagus ya mba buat ketahanan makeup. Jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Ami! Dibanding setting spray lokal yg aku coba so far BLP emg yg paling nahan make up sih. Padahal kalo pake complexion tipis2 aja. Hayuk cobain! Hihi

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.