[REVIEW] NIVEA Soothing Cleansing Oil Face & Eyes with Natural Grape Seed Oil - Bagusan Mana vs Biorè? | Bintang Mahayana

Thursday, April 01, 2021

Holla!

Di postingan kali ini gue mau review Cleansing Oil Nivea Grape Seed Oil di kulit sensitif dan acne-prone. Ini adalah cleansing oil ke-2 setelah Biore. Mana yang lebih bagus kira-kira? Tenang aja, akan ada sedikit battle review Nivea vs Biore di akhir, yaa hehe. Semoga teman-teman yang kebetulan lagi galau mau pilih yang mana bisa tercerahkan setelah baca artikel ini.

So, keep on reading! :)






ABOUT THE BRAND

Nivea adalah brand asal Jerman yang diproduksi oleh Beiersdof yang berlokasi di kota Hamburg. Di Indonesia sendiri, Beiersdorf memiliki representative dengan nama PT Beiersdorf Indonesia. Sehingga brand ini memang sudah masuk dan beredar secara resmi di Indonesia dalam waktu yang cukup lama.




MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to Dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.

*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical  exfoliating motion seperti scrubbing. Bahkan, terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan sabun walaupun tanpa cleansing tool. Kulit gue juga sensitif dengan Tea Tree. Tetapi tidak sensitif terhadap alcohol maupun fragrance.

**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila gue sedang mencoba produk baru, nggak butuh waktu lama untuk tahu reaksinya.






PRODUCT DETAILS 




Nama Produk : Nivea Soothing Cleansing Oil Face & Eyes with Natural Grape Seed Oil
Nama Brand   : Nivea
Negara Asal    : Jerman
Jenis Produk Cleansing Oil
Waktu Pakai  : Malam (PM)
Ukuran             : 150ml
BPOM              : NC16191205230
Batch No.        : 02822639
PAO                  : 12M (1 year)
Expiry Date     : 12/2022
Harga               : Rp65.000*
Tekstur            : oil
Jenis Kulit       : Sensitive Skin
Where to buy  : Sociolla
Produced by   : Beiersdorf Manufacturing Waldheim GmbH, Germany
Imported by : PT Beiersdorf Indonesia atas lisensi Beiersdorf AG, D-20245 Hamburg

*Flash sale Sociolla. Normal price available at IDR74.000.




INGREDIENTS


Nivea Soothing Cleansing Oil Face & Eyes with Natural Grape Seed Oil Ingredients



Parraffinum liquidum*, Caprylic/ Capric Triglyceride, Isododecane, Isopropyl palmitate, Ethylexyl stearate, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Tocopherol

*Also known as Mineral Oil.






PACKAGING

Packaging luar dari Nivea Cleansing Oil varian Grapeseed Oil ini adalah botol plastik yang terbuat dari 25% bahan yang bisa didaur ulang kecuali pump (25% rPET). Dengan kode PET 1 artinya kemasan ini tidak boleh diisi ulang (sekali pakai). Warnanya bening. Namun ada nuansa ungu sedikit di bagian desain typography nya untuk membedakan dengan varian satunya, yaitu Coconut Oil. Kebetulan yang gue punya ini new packaging jadi ada gambar grape nya di sticker belakang botol yang menghadap ke depan.


Terdapat informasi logo brand, nama brand, nama produk, ingredients, manfaat produk, petunjuk pemakaian, No. BPOM, ingredient list, dan berat bersih produk 150ml. Terdapat Batch Number dan Expiry Date di bagian dasar botol. Tetapi tidak ada logo PAO.


Saran: Bisa ditambahkan logo PAO dan bagian leher botol bisa diberi stopper karena jika dibawa bepergia tetap rawan bergeser lock nya.






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung fragrance (perfume-free). Karena memang diperuntukkan untuk kulit sensitif. Di mana biasanya kulit sensitif juga sensitif terhadap fragrance. Tetapi gue agak kurang suka, sih. Karena wanginya hampir mirip minyak jelantah haha. Cuma ya karena hanya produk first cleanser jadi masih tahan-tahan aja. Nggak seganggu itu tapi kurang pleasant aja.





TEXTURE

Tekstur dari produk ini adalah oil yang cair. Konsistensinya cukup runny. Jika diemulsifikasikan dengan air akan berubah menjadi milky. Sesuai keterangan di kemasannya, "Transforming OIL-TO-MILK Formula". Untuk melihat transformasi teksturnya bisa ke bagian "EFFECTIVENESS", yaa. Kalau ingin lihat viscosity produk dengan PLAY VIDEO di bawah ini.







HOW TO USE

1. Tuang 1-2 pumps atau sesuai dengan kebutuhan ke telapak tangan yang kering.
2. Aplikasikan ke wajah dan leher alam keadaan kering. Pijat lembut dengan gerakkan memutar hingga seluruh area wajah dan leher ter-cover.
3. Emulsifikasikan dengan air hingga teksturnya berubah menjadi warna putih (milky).
4. Bilas dengan air hingga bersih.
5. Lanjutkan dengan second cleanser (facial wash).






EFFECTIVENESS

Untuk sekadar mengangkat sunscreen, menurut gue ini sudah cukup banget. Bisa mengemulsifikasikan oil-based product dengan sangat baik. After effect nya nggak terlalu licin. Selain itu buat yang area matanya sensitif, nggak perlu khawatir karena ini tidak pedih di mata. Kalau dipakai juga nggak bikin penglihatan kita jadi buram. Untuk efektivitas dalam membersihkan Make Up bisa dilihat dari foto Before-After di bawah ini, yaa.


BEFORE

Untuk Make Up ini gue swatched beberapa
Tapi maaf banget untuk liquid eyeliner punya gue ilang entah di mana wkwk. Jadi cuma ada ini aja. Gue diemin kurang lebih 30 menit supaya nge-set ke kulit. Supaya terlihat efektivitas daya bersihnya seberapa.



AFTER

Foto di bawah ini, adalah kondisi "Just Applied", yaitu produk Make Up baru diratakan dengan Nivea Cleansing Oil saja dan belum diemulsifikasikan dengan air. Yang masih cukup jelas ada lip cream, waterproof mascara, dan eyeliner pencil. Untuk crayon lipstick masih ada sedikit.



Setelah diemulsifikasikan dengan air, teksturnya menjadi milky. Make Up lain sudah emulsified sempurna. Tetapi untuk lip cream dan terutama waterproof mascara masih meninggalkan stains.



Setelah dibilas dengan agak digosok, tinggal tersisa lip cream. Kebetulan gue pake Dear Me Beauty Perfect Lasting Lip Tint yang memang stainning. Untuk waterproof mascara, sejujurnya gue tambahkan 1 extra pump baru hilang. Untuk after effect nya di kulit gue nggak terlalu licin. Meskipun belum dilanjutkan ke second cleanser.














FINAL VERDICT

Untuk sekadar mengangkat sunscreen saja menurut gue ini cukup efektif yaa. Walaupun untuk make up berdasarkan diskusi dengan teman-teman di Beauty Forum memang butuh agak berkali-kali. Ini juga yang gue rasakan. Terutama untuk waterproof mascara dan lip cream yang stainning.

Tetapi bagusnya, gue juga notice kalau produk ini dapat membantu meredakan rasa gatal di kulit sensitized. Gue sempet coba produk baru dan kurang cocok. Sewaktu gue bersihkan dengan Nivea ini lumayan reda gatalnya. So, this is absolutely a plus!


Kalau untuk komedo bagaimana?
Untuk komedo karena gue hanya ada whiteheads jadi kurang bisa cerita untuk blackheads, yaa. Tetapi berdasarkan pengalaman, sewaktu double cleansing lumayan bisa mengangkat whiteheads terutama di area hidung. Hal terpenting adalah produk ini non-comedogenic. Soalnya nggak bikin whiteheads bertambah.








NIVEA vs BIORE

1. PACKAGING
Untuk packaging Nivea memang terkesan lebih slim  dibanding Biorè yang lebih terkesan makan tempat. Tetapi, bagusnya Biorè punya pelindung untuk pump nya. Sehingga tidak ada udara yang masuk dan tidak mudah bergeser. Sedangkan Nivea hanya pump dengan lock-unlock.


2. VALUE FOR MONEY
Dengan ukuran yang sama, sejujurnya dengan harga normal jelas Nivea lebih value for money. Karena harganya yang lebih murah dari Biore dengan selisih sekitar 30k.


3. FRAGRANCE
Bagi yang kulitnya sensitif dengan fragrance, tentu akan lebih diuntungkan oleh Nivea yang perfume-free. Tetapi, bagi yang kulitnya tidak sensitif terhadap fragrance rasanya akan jauh lebih suka Biorè karena wanginya memang segar dan lebih pleasant di hidung.


4. EFFECTIVENESS
Menurut gue, jauh lebih baik Biorè dalam gal daya bersih terutama produk Make Up. Tetapi, karena akhir-akhir ini gue lagi jarang pakai foundation dan hanya pakai Two Way Cake dengan brush, Nivea ini sudah cukup. Apalagi kalau hanya untuk angkat sunscreen


5. INGREDIENTS
Secara ingredients memang Biorè jauh lebih banyak yaitu 18, sedangkan Nivea hanya 8. Makanya, nggak heran kalau secara efektivitas Biorè menang atas Nivea. Tetapi sayangnya Biorè masih mengandung alcohol dan fragrance. Jadi sepertinya selain kurang sensitive skin friendly*, juga kurang bumil-busui friendly. Karena setahu gue, sebaiknya menghindari skincare dengan kandungan alcohol.

*Sensitive to alcohol and fragrance.





RECOMMENDATION

Jenis kulit yang cocok untuk Nivea Cleansing Oil Varian Grapeseed Oil ini apa sih? Siapa saja yang boleh pakai? Terus siapa saja yang gue kurang rekomendasikan? Simak rekomendasinya di bawah ini, yaa.

✅ Sensitive Skin
✅ Acne-Prone Skin
✅ Dry Skin
✅ Normal Skin
✅ Combination Skin
✅ Oily Skin
✅ Teen Friendly
✅ Bumil-Busui Friendly
✅ Light Make Up User

❌ Sensitive to Mineral Oil
❌ Fragrance/ Scent Seeker
❌ Heavy Make Up User


Jadi, kesimpulannya bagus mana Nivea vs Biorè? Menurut gue tergantung kebutuhan, jenis kulit, dan kondisi masing-masing, yaa. Apalagi namanya skincare product itu cocok-cocokan. Tetapi, gue pribadi masih prefer Biorè untuk dijadikan sebagai Make Up Remover. Tetapi Nivea sebagai Make Up Remover untuk sehari-hari juga bagus, kok. Cuma memang untuk area mata biasanya gue ulang supaya lebih yakin aja. Mungkin repurchase Nivea kalau lagi diskon agak lumayan. Biar gimanapun skincare budget itu kan juga penting, yaa Sis! Hehehe...



Thank you all for dropping by!
Leave your thoughts below and see you on my next blogpost! :)

- Bintang Mahayana ©️ 2021-



Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu less than a week (PM only).

- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini


 

 


No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.