[REVIEW] BIORE Make Up Remover Perfect Oil (Cleansing Oil) - Viral di Tik Tok karena Ampuh Membasmi Komedo? | Bintang Mahayana

November 23, 2020

Holla!

Di postingan kali ini, gue mau berbagi review tentang salah satu penemuan terbaik gue di tahun 2020 untuk kategori cleanser, yaitu BIORE Make Up Remover Perfect Oil (Cleansing Oil). Meskipun namanya adalah Make Up Remover, produk ini juga tetap bisa digunakan meskipun kalian sedang tidak menggunakan Make Up. Teman-teman yang cocok pun bisa pakai. Karena, selain sebagai Make Up Remover, produk ini dapat digunakan sebagai first cleanser dalam rutinitas Double Cleansing harian. Beneran seampuh itu nggak, sih dalam membasmi komedo? Keep on reading!



ABOUT THE BRAND


"We are a passionate tribe of pore obsessed risk takers and trailblazers. We proudly create products that uniquely care for pores with proof you can see & feel."
Source: 
https://www.biore.com/en-us/about-us/

Dari tagline Biorè di atas, memang jelas terlihat sejak awal kemunculan Biorè sebagai sebuah brand, fokusnya adalah produk yang dapat membersihkan pori-pori. Biorè sendiri dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Kao Corporation yang berbasis di Tokyo, Jepang. Biorè sebagai sebuah brand memulai debutnya merambah pasar Eropa pada tahun 1998 dengan meluncurkan pore strips. (Source: biore.com)



MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal (sometimes dry)
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores


PRODUCT DETAILS


Empties vs New

Nama Produk BIORE Make Up Remover Perfect Oil
Nama Brand   : Biore
Negara Asal    : Japan
Jenis Produk   : Cleansing oil
Ukuran            : 150ml
MFG Date       : 10.2018/ 039
PAO                 : -
BPOM             : NA22181206355
Expiry Date     : 2023
Harga               : Rp87.000 (Shopee Nihonmart)
Tekstur            : oil
Jenis Kulit       : All Skin Type
Produced by   : Kao Corporation Toyohashi Plant, Japan
Imported by   :  PT Rodamas Jl. S. Parman Kav 32-34, Jakarta, Indonesia
Distributed by : PT Kao Indonesia Jl. Jababeka VI/N-2, Cikarang, Indonesia
Merk Daftar R No : IDM000357800 




INGREDIENTS
Mineral Oil, PEG-12, Laurate Isododecane, Isopropyl Palmitate*, Water, Polyglyceryl-2 Isostearate, Decyl Glucoside, Polysorbate 85,  Glyceryl Oleate, Isostearic Acid, Isostearyl Glyceryl Ether, Myristyl Alcohol, Isostearyl Glyceryl Pentaerythrityl Ether, Alcohol, BHT**, Fragrance, Citric Acid, Tocopherol.

___ : alcohol
___ : fragrance

___ : antioxidant


*Potentially comedogenic ingredients

**Butylated hydroxytoluene (BHT)





PACKAGING
Jujur ini packagingya imut banget warna ungu bening dan gepeng gitu botolnya. Gue personally suka sama packaging yang gepeng gini karena paling enak kalau nyelipin di koper waktu dibawa traveling. Soalnya kadang suka males mindah ke botol lain. Bentuk pumpi nya juga memudahkan pengambilan produk. Karena selain letaknya agak tinggi, pipa nya juga lebih panjang. Sehingga, produk bisa kita ambil tanpa perlu mengangkat badan botolnya. 

Plus, ada plastik pelindung pump nya. Biasanya pump stopper pada produk lain hanya di bagian leher pump saja. Nah, berbeda dengan Biore Make Up Remover Perfect Oil yang meng-cover seluruh bagian head pump sampai ke leher pump nya. Jadi, bisa dipastikan isi produk akan selalu aman dari kontaminasi bakteri.




FRAGRANCE
Produk ini mengandung fragrance pada urutan ke-3 dari terakhir. Jadi nggak heran kalau wanginya cukup soft dan menyegarkan. Bukan yang nyegrak sampai bikin pusing. Wanginya kalau dideskripsikan fruity yang sweet and fresh, mirip wanginya buah berry. Untuk teman-teman yang kulitnya sensitif terhadap fragrance, sebaiknya Biore Make Up Remover Perfect Oil ini dihindari, yaa.




TEXTURE
Oil bening yang lightweight sedikit licin. Tetapi jika sudah diemulsifikasikan dengan air akan berubah menjadi milky texture yang berwarna putih seperti susu. Setelah dibilas, memang masih ada residunya. Tetapi, bukan jenis residu yang membuat kulit terasa lengket tidak nyaman. Kalau dideskripsikan lebih ke arah licin, mungkin yaa? Namun, residu ini nantinya akan segera hilang sesaat setelah dilanjuutkan dengan second cleanser


 


HOW TO USE
Baik sebagai Make Up Remover maupun First Cleanser pada step Double Cleansing, berikut step-step yang bisa teman-teman lakukan. 

1.Dalam keadaan tangan kering, tuang 2-3 pump ke telapak tangan (gue biasa pakai 3-4 pumps kalau lagi heavy makeup). 
2. Gosok-gosok di telapak tangan agar terkena panas tubuh. Sehingga ketika diaplikasikan di wajah, produk akan lebih cepat meleleh. 
3. Dalam keadaan wajah kering, baurkan produk ke seluruh area wajah selama kurang lebih 15-30 detik (sesuai kebutuhan).
4. Setelah rata, emulsifikasikan dengan sedikit air dan pijat lembut ke arah atas dan luar wajah serta sesekali diikuti gerakkan melingkar.
5. Bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan second cleanser (facial wash).



EFFECTIVENESS
Make Up - Sebagai Make Up Remover
Sempat baca di beberapa reviews Blogger lain, katanya di mereka ini agak perih. Tetapi, di gue itu sama sekali ga terjadi. Sampai sempat takut apa punya gue palsu wkwkwk. Setelah gue konfirmasi ulang, punya gue ini ori dan memang di review beberapa orang yang gue baca juga ada yang nggak terasa perih. Untuk area mata, kalau pakai agak banyak memang sedikit bikin hazey. Tetapi nggak sampai bikin kita nggak bisa lihat sama sekali, kok. Jadi nggak perlu khawatir. Padahal area mata gue lumayan sensitif, yaa. Kalau pake mint mask aja kadang gampang ngerasa perih haha.

Secara efektifitas untuk menghapus make up menurut gue ini juara sih. Cuma, karena bulu mata gue memang lebat, agak effort ngehapus mascara waterproof. Jadi harus 2x supaya benar-benar bersih tanpa meninggalkan residu sama sekali. Nggak bikin bulu mata rontok juga. Untuk complexion make up, ini langsung melted di kulit dan kalau sudah diemulsifikasikan langsung swoooshhh!! Biasanya juga gue nggak nunggu lama untuk lanjut ke step second cleanser dan memang bersih aja gitu. Walaupun, kalau complexion nya agak tebal, misal pakai foundie sampai 6 pumps, gue pasti akan mengulang step first cleansing ini setidaknya 2x sebelum ke step selanjutnya.



Skincare - Sebagai First Cleanser
Efek ini mungkin akan lebih terlihat di kamera bagi teman-teman yang memiliki blackheads. Sedangkan yang gue miliki adalah whiteheads, jadi nggak akan terlalu terlihat ekstraksinya. Sejujurnya, gue nggak selalu ekstraksi whiteheads secara manual saat double cleansing. Tetapi, gue merasa pori-pori gue lebih bersih dan terlihat lebih samar. Tentunya, untuk whiteheads karena tipenya adalah closed comedo, harus dibantu dengan AHA seperti glycolic acid dan lactic acid yang mana keduanya rutin juga gue gunakan sebanyak 3x seminggu. Proses double cleansing dengan Biore Make Up Remover Perfect Oil ini hanya bantu memaksimalkan saja. Tentunya, kalau pori-pori kita bersih, kinerja skincare akan lebih maksimal di kulit kita, bukan?

Sekilas whiteheads gue terlihat seperti blackheads, yaa? Padahal kalau diekstrak warnanya putih dsn susah banget dikeluarin secara manual. Ini di area hidung dan memang soal komedo gue hanya bermasalah di area ini. Bisa kelihatan sudah jauh lebih bersih walaupun belum sempurna. Tentunya gue pun tetap membutuhkan bantuan AHA untuk menumpas whiteheads



VERDICT
Gue suka sama produk ini mulai dari packaging, fragrance, texture, hingga effectiveness dari Biore Make Up Remover Perfect Oil ini baik sebagai make up remover maupun sebagai first cleanser pada step skincare. Memang di awal pemakaian agak licin rasanya. Karena texture nya cukup runny. Sehingga, kalau pakai sedikit bakal terasa kurang bersih. Akibatnya, kalau nggak sadar bisa-bisa boros banget pemakaiannya. Kalau gue lagi banyak keluar rumah, otomatis gue pakai make up dan sunscreen. Nah, tentunya gue akan double cleanse setiap malam. Sehingga satu botol 150ml bisa habis dalam 1,5-2 bulan aja.

Tetapi kalau lagi jarang keluar, apalagi kalau mendung dan no make up, gue biasanya nggak double cleanse. Terkecuali saat wajah benar-benar terasa lengket karena keringat atau minyak alami kulit. Yup! Sebagai pemilik kulit normal, gue tetap memiliki area wajah yang berminyak walaupun tidak sebanyak teman-teman yang combination maupun oily. Saat kondisi seperti ini, biasanya 1 pump aja udah cukup jadi bisa lebih hemat.



RECOMMENDATION
Bagi teman-teman yang kulitnya tidak sensitif dengan mineral oil, alcohol, maupun fragrance, baik cewek maupun cowok. Baik make up user maupun tidak, produk ini layak banget untuk kalian coba. Produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit kecuali kulit yang sensitif.


***
Thank you all for droping by!
May us all glow inside and out.
- Bintang Mahayana -




Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk setelah menghabiskan satu botol produk selama kurang lebih 2 bulan.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.
- Contact Me: https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.

2 comments:

  1. Aaahh terima kasih banyak reviewnya! Lagi bingung mau coba ini atau cleansing oil Nivea, but after reading your review I think I will go with Biore!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Kak Dyn! Yeaay go for Biore. Saking cintanya sampe males pindah ke brand lain. Sering diskon btw di Si Oren hihi. You are very welcome! :)

      Delete

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.