[REVIEW] I'M FROM Rice Toner - Vegan Toner dengan 77,78% Ekstrak Beras dari Yeoju untuk Mencerahkan Kulit Kusam

Wednesday, May 08, 2024

Hola!

Apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu, yaa! Di postingan kali ini gue mau cerita pengalaman gue setelah mencoba toner beras yang mengingatkan gue sama salah satu toner kecintaan dari Korean Brand yang terkenal juga. Toner ini sepertinya menjadi kecintaan banyak teman-teman dry skin karena teksturnya yang bisa dimanfaatkan untuk skip care routine. Dari reviews para skincare enthusiasts yang sudah gue baca, katanya toner ini bagus untuk menenangkan kulit yang berjerawat dan mampu mencerahkan kulit kusam. Hmm...apakah efek serupa bisa dirasakan juga di kulit gue? 

Well, keep on reading! :)





ABOUT MY SKIN

Bintang's Skin Type:

Normal to Dry

Bintang's Skin Tone:

Light to Fair

Bintang's Skin Undertone:

Neutral to Cool

Bintang's Skin Concerns:

Dryness (chin and nose areas); Acne-prone; Large pores (cheeks area)




PRODUCT DETAILS

Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-packaging-bintangmahayana-com


Brand Name:

I'm from

Product Name:

I'm from Rice Toner

Country of Origin:

South Korea

Product Type:

Hydrating Toner

Size:

150mL/ 5.07fl.oz (also available in 30mL)

BPOM No.:

NA26201200352

Batch No.:

CJ053

Expiry Date:

16 OKT 2026

Period After Opening (PAO):

12 M (1 year)

Purchase Point:

Sociolla Offline Store




INGREDIENTS

Oryza Sativa (Rice) Extract (77,78%), Methylpropanediol, Triethylhexanoin, Hydrogenated Poly (C6-14 Olefin), Niacinamide, Pentylene Glycol, Portulaxa Oleracea Extract, Oryza Sativa (Rice) Bran Extract (0,1%), Ulmus Davidiana Root Extract, Amaranthus Caudatus Seed Extract, Hydrogenated Lecithin, Water, Polyglyceryl-10-Myristate, Butylene Glycol, Adenosine, Cellulose Gum, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol.


__    : Actives

__    : Antioxidant

__    : Emollient (Plant-Based Extract)

__    : Emollient/ Emulsifier/ Skin-Conditioning

__    : Humectant

__    : Preservatives


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-full-ingredients-bintangmahayana-com




MAIN INGREDIENT DETAILS

I'm From Rice Toner merupakan vegan toner yang terbuat dari bahan utama 77,78% ekstrak beras dari Yeoju, Korea Selatan. Yeoju-shi atau Kota Yeoju merupakan suatu kota kecil di Provinsi Gyeonggi dengan luas area 608 kilometer persegi. Kota ini dibelah oleh Sungai Han (Han-Gang) menjadi 2 bagian. Sisi selatan Kota Yeoju banyak diberdayakan sebagai area pertanian, di antaranya padi, ubi jalar, kacang-kacangan, dan buah persik serta pir. 


Secara historis, kota ini mengklaim sebagai kota penghasil beras pertama di Korea Selatan dan menyumbang produksi sebesar 59% dari total output beras yang ada. Kota Yeoju mengklaim kualitas beras mereka yang terbaik di Korea Selatan dan menamainya sebagai "King's Best." Akibat Sungai Han dulunya pernah tercemar polusi air, pemerintah Korea Selatan menetapkan kawasan kota ini sebagai salah satu zona perlindungan air dengan melarang pembangunan serta praktek pertanian yang dapat mencemari air (Sumber: koreabybike.com).



PRODUCT CLAIMS

Ekstrak beras yang digunakan dinamakan Goami Rice dengan presentase 77,78% dari total produk toner ini. Dengan campuran 4 (empat) ekstrak sayuran lainnya, toner ini dapat mengatasi masalah kulit kering dengan memberi lapisan proteksi bagi kelembapan kulit yang menenangkan. Kandungan beras berupa Sirtuin, meniru salah satu jenis protein dalam tubuh kita dalam melindungi kulit dari potensi kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih serta menenangkan kulit dari stres (Sumber: amazon.com).


Main Keywords:

💛 Moisture protective layers

💛 Soothe Skin

💛 Sun-damage Protection

💛 Relieve from Stress



PACKAGING

Outer Packaging

Kemasan I'm From Rice Toner bagian luarnya terbuat dari box packaging yang menggunakan Soy Ink untuk tinta print-nya. Cuma sayangnya karena gue beli dari Sociolla Indonesia, kemasannya ditempel sticker yang pastinya terbuat dari laminated paperi dan tinta konvensional (berbeda dari tinta kemasan aslinya). Walaupun hanya tempelan tambahan dan ukurannya tidak terlalu besar, tetapi jadi sedikit mengurangi nilai tambah kemasan asli yang sudah ramah lingkungan.


Untuk desain cukup simpel dengan monochromic tone Ochre Brown dan Light Cream yang terkesan vintage. Kelengkapan informasi cukup baik mulai dari kejelasan nama produk, komposisi, tanggal kedaluwarsa, kode produksi, nomor BPOM, informasi PAO, klaim produk, cara pemakaian, hingga informasi produsen serta layanan konsumen.


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-bintangmahayana-com

Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-product-details-bintangmahayana-com



Inner Packaging

Botol bening dengan ukuran 150mL memudahkan dalam melihat isi produk. Sayangnya, untuk harga toner yang menurut gue cukup pricey, kemasannya kurang mencerminkan produk mahal karena ukuran tutup yang lebih kecil dibanding botolnya. Biasanya, produk dengan range harga >300rb akan menggunakan botol akrilik buram yang agak berat. Kalau alasannya agar ringan saat dibawa traveling, ada opsi ukuran yang lebih kecil, yaitu 30mL yang sangat wajar jika dikemas dalam botol plastik biasa. 


Kodenya agak membingungkan karena ditulis PET (Polyethylene terephtalate), tetapi ditulis nomor 3 di luar kode segitiga. Padahal, lazimnya PET diberi kode 1. Selain itu tidak ada informasi tambahan soal botol kemasannya seperti klaim pada kemasan kardus yang ramah lingkungan berdasarkan bahan kertas yang dilabeli "mix packaging" dan menggunakan "Soy Ink'.


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-bottle-bintangmahayana-com

Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-texture-bintangmahayana-com



SCENT & TEXTURE

Untuk wanginya hampir nggak ada. Awalnya sempat takut kalau wanginya bakal kayak air cucian beras haha. Soalnya presentasenya nggak main-main untuk ekstrak berasnya itu 77,78%. Buat kalian yang nggak terlalu suka skincare wangi, I bet you're gonna love this one! Teksturnya runny berwarna putih susu yang akan berubah bening setelah diratakan. Setelah diratakan, memang sedikit ada rasa minyaknya, bukan hanya air. Namun, tidak sampai terasa tacky atau lengket yang bikin kulit gerah maupun tidak nyaman. Penggunaan sekitar 2-3 menit setelah mencuci muka adalah rentang waktu yang paling nyaman untuk menggunakan produk ini.


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-texture-bintangmahayana-com




pH Level  & Skin Analysis Test

pH Level Test Using Universal Testing Paper

Untuk hasil uji coba pH Level produk, I'm From Rice Toner memiliki tingkat keasaman pH 5-6 yang artinya mendekati rentah pH kulit normal. Tidak heran jika produk ini dapat digunakan sendirian. Kalau lagi mager pakai skincare dengan banyak layers, biasanya cukup pakai toner ini saja kulit sudah terasa terhidrasi dan terlembapkan sekaligus. 


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-pH-level-test-bintangmahayana-com



Skin Analysis Test Using Analyzer

Hasil uji analisis kelembaban, kadar minyak, dan permukaan kulit dengan Skin Analyzer (angka maksimum 60%) dilakukan dengan 3 tahap:


1. Before Application: pengukuran dilakukan sesaat setelah wajah dibersihkan dan sudah dikeringkan. Indikator menunjukkan angka 33% yang artinya kulit cenderung kering. Kelembapan (1 bar), kadar minyak (1 bar), dan kelembutan (1 bar).


2. After 1 Minute: pengukuran dilakukan 1 menit setelah I'm From Rice Toner diaplikasikan pada kulit sebanyak 2 layer. Angka indikator menunjukkan total 48% (naik 15%). Seluruh bar indikator terisi penuh 5 bars (maksimum).


3. After 3 Minutes: pengukuran dilakukan setelah 3 menit pengaplikasian I'm From Rice Toner. Terjadi penurunan total presentase indikator menjadi 43% (-5%). Kadar minyak tetap 5 bars, sedangkan kadar kelembapan dan kehalusan permukaan kulit turun 1 bar menjadi masing-masing 4 bars.


Im-from-rice-toner-review-bahasa-indonesia-skin-analysis-bintangmahayana-com




USAGE EXPERIENCE

First 1 Week

Jujur, awalnya ragu mau review produk ini. Soalnya, produk-produk yang gue review di blog ini selalu curated product yang pasti gue rekomendasikan untuk dicoba (meskipun kebijakan masing-masing pembaca tetap sangat disarankan). Soalnya, di awal-awal pemakaian terkadang timbul jerawat kecil berwarna kuning di area yang biasa timbul jerawat, seperti dagu, hidung, dan dahi atau lebih dikenal dengan T-Zone. Cuma, karena gue orangnya rada ngotot, terlebih ini produk mahal bingo ya shay, gimana caranya ini kudu cocok hahaha.


Akhirnya gue akalin pertama-tama dengan tidak terlalu banyak menggunakan produk. Di awal pemakaian, gue suka pakai 3-5 layers. Setelah timbul efek tersebut, gue kurangi menjadi 2 layers saja. Hasilnya, jerawat lebih terkendali. Dengan syarat, tidak perlu menggunakan produk skincare lain yang terlalu banyak juga. Waktu itu gue coba double toning juga tetap timbul jerawat. Alhasil, gue rombak rangkaian skincare routine menjadi beberapa step berikut:


🔅 AM Skincare Routine

1. Cleansing (Facial Wash).

2. Toning dengan I'm From Rice Toner (2 layer dengan masing-masing 1-2 tetes).

3. Treatment dengan Vitamin C Serum Cream (on-off).

4. Moisture dengan gel-based moisturizer yang ringan (bisa skip kalau tanpa make up).

5. Protect dengan sunscreen.


🌘 PM Skincare Routine

1. Double Cleansing (Cleansing Balm + Facial Wash; secara berurutan).

2. Exfoliation (Wash-Off Mask): weekly treatment only.

3. Toning dengan I'm From Rice Toner (2 layer dengan masing-masing 1-2 tetes).

4. Treatment dengan Retinol Cream (Eye cream & Face Cream): weekly treatment only.

5. Moisture dengan gel-based moisturizer yang ringan.



The 2nd Week

Setelah masuk minggu ke-2 pemakaian, efek prominent di kulit adalah kulit nggak mudah kusam. Sedikit lebih cerah dibanding minggu-minggu sebelumnya, tetapi bukan jadi berubah skin tone karena memang bukan itu tujuan pemakaiannya. Area dagu dan hidung yang biasanya mudah mengelupas tidak mudah kering lagi. 


Saat bangun tidur setiap pagi, kulit rasanya lebih kenyal dan halus sehat. Efek ekstrak beras ini memang bukan main. Mungkin didukung dengan kebiasaan akhir-akhir ini juga lagi diet gula dan lebih banyak minum minuman tawar atau air putih saja. Ternyata efeknya dikombinasikan dengan produk skincare yang tepat bisa berpengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan kulit.




RECOMMENDATION

Buat teman-teman yang ingin mencoba I'm From Rice Toner, ada beberapa rekomendasi pemakaian yang bisa kalian terapkan agar hasilnya lebih maksimal dan pengalaman menggunakannya jadi less problem:

1. Jangan menggunakan terlalu banyak layering baik hanya dengan I'm From Rice Toner atau dikombinasikan dengan skincare lainnya. Gunakan seminimalis mungkin untuk mencegah kulit over-hydrated dan malah menimbulkan jerawat.

2. Bagi pecinta metode CSM (Chizu Saeki Method), toner ini sangat mungkin digunakan sebagai masker dengan menggunakan kapas khusus sebagai pengganti sheet mask.

3. Cobalah menggunakan mini size-nya dulu untuk melihat apakah produk ini memang cocok untuk kulit kalian, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah untuk sebuah hydrating toner.



Setelah membaca review ini, apa di antara kalian yang tertarik untuk mencobanya juga?
Feel free to ask me should you have any question, yaa!

***
Copyrights Bintang Mahayana ©️ 2024
Please do not repost my content either fully or partially without permission.
For business inquiries kindly contact me through [contact.bintangmahayana@gmail.com]



REFERENCE

Yeoju City. Retrieved from https://www.koreabybike.com/tips/cities-counties-provinces/gyeonggi-province/yeoju-city/. Accessed on May 6th, 2024.


Amazon. 2024. I'm From Rice Toner "About This Item". Retrieved from https://www.amazon.com/Im-Extract-Niacinamide-Hydrating-Fragrance/dp/B07K23HV61Accessed on May 6th, 2024.



No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.