[REVIEW] LAVOJOY Hold Me Tight Pro Scalp Essence Spring Wonder

Friday, May 31, 2024

Hola!

Apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu. Semoga yang sedang berjuang melawan rambut rontok juga bisa segera teratasi. Akhir-akhir ini, kayaknya semakin sering dengar keluhan teman-teman sekitar soal rambut rontok. Apalagi mendekati usia 30-an, teman-teman juga ada yang sudah mulai mengandung dan menyusui. Banyak yang cerita kalau dalam masa itu, mereka mengalami kerontokan rambut. Terlepas dari mitos kalau anaknya suka menyembur air liur, ibunya akan mengalami kerontokan rambut, perubahan hormon juga pasti berperan besar dalam menjaga kesehatan rambut kita.


Buktinya, gue yang belum menjadi ibu saja sudah mengalami kerontokan yang tidak bisa dikatakan sepele. But, beauties! I got you and we are in this together! Gue akan cerita perjalanan perawatan rambut gue. Sehingga perlahan-lahan rambut rontok jadi berkurang. Sebelum cerita lebih lanjut, berikut adalah rangkuman mini research yang gue lakukan untuk lebih dalam mengenali rambut kita sendiri.





Rambut Kita Punya Usia-nya Sendiri

Dari artikel yang gue temukan, rambjut kita tersusun dari protein yang memiliki masa hidup 2 hingga 7 tahun lamanya. Setelah usianya habis, maka rambut tersebut akan tanggal atau rontok secara alami. Sehingga akan digantikan dengan rambut baru. Banyak sedikitnya rambut yang tumbuh di badan kita, juga erat kaitannya dengan faktor genetik [1]. Jika di keluarga kita banyak yang memiliki rambut tebal, besar kemungkinan bahwa kita juga akan mewarisinya. Begitupun dengan masalah rambut tipis hingga kebotakan. Jika di keluarga kita ada yang mengalaminya, maka faktor risiko kita akan mengalaminya juga semakin besar. 


Layaknya kulit wajah yang mengalami perlambatan regenerasi sel kulit baru, rambut kita juga mengalami penurunan kecepatan pertumbuhan seiring bertambahnya usia. Menurut studi, beberapa pria mulai mengalami indikasi kebotakan sejak usia 30-an dan bisa meningkat saat usia 60-an. Begitupun dengan wanita yang dapat mengalami penurunan kepadatan rambut hingga kulit kepala menjadi terlihat jelas. Ada istilah "Female Pattern Baldness"[2], yang disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Usia
  • Peningkatan hormon androgen
  • Faktor keluarga yang mengalami male maupun female pattern baldness
  • Banyaknya kehilangan darah saat menstruasi
  • Penggunaan obat tertentu (konstrasepsi oral bersifat estrogenik)


Kendati demikian, kita tidak perlu berkecil hati selama kita senantiasa konsisten melakukan perawatan-perawatan rambut yang diperlukan. Termasuk menjaga kesehatana rambut dengan gaya hidup yang sehat. Terkadang, fluktuasi hormon yang menyebabkan kerontokan rambut juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya stres. Aneh, yaa kalau ada manusia di zaman serba hustling seperti sekarang "tidak boleh" stres. Namun, kompensasinya kita harus berkorban lebih baik waktu maupun biaya untuk menjaga kesehatan rambut kita. Apalagi bagi wanita, berhijab ataupun tidak, rambut tetaplah mahkota yang harus kita jaga.




PRODUCT DETAILS

lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-product-details-bintangmahayana-com
Source: Personal Doc.
(tap to zoom in)

Brand Name:
Lavojoy
Product Name:
Lavojoy Hold Me Tight Pro Scalp Essence Spring Wonder
Country of Origin:
Australia🇦🇺
Product Type:
Hair Scalp Essence
Product Size:
60mL/ 2.0 fl.oz
BPOM No:
NA11231000029
Batch No:
L 3N19YA
Expiry Date:
19/10/2026
Price:
IDR88k+ (original price: IDR109k)
Purchased Point:
Watsons Offline Store




INGREDIENTS

Lavojoy Hold Me Tight Pro Scalp Essence Spring Wonder Full Ingredients: 

Water, Glycerin, Propylene Glycol, Butylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Hydroxyacetophenone, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Anemarrhena Asphodeloides Root Extract, Panax Ginseng Root Extract, Disodium EDTA, Fragrance, Ethylexylglycerin, Niacinamide, Caffeine, Angelica Polymorpha Sinensis Root Extract, Biota Orientalis Leaf Extract, Polygonum Multiflorum Root Extract, Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Seed Extract, Cyclodextrin, Arginine, Ammonium Glycyrrhizate, Chlorphenesin, Panthenol, Zinc Gluconate, Sodium Citrate, Citric Acid, Biotin, Chrysin, Oleanolic Acid, Palmitoyl Tripeptide-1, Oxothiazolidinecarboxylic Acid, Diaminopyrimidine Oxide.


__    : Actives
__    : Antioxidant
__    : Anti-Inflammatory/ Anti-Bacteria
__    : Humectant
__    : Emulsion/ Emollient
__    : Emollient (Plant-Based)
__    : Fragrance
__    : Peptide
__    : Preservatives
__    : Stabilizer/ pH control
__    : Vitamin


lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-ingredients-bintangmahayana-com
Full Ingredients as on packaging./ Source: Personal Doc.
(tap to zoom in)



PACKAGING

Outer Packaging

Hair Scalp Essence Lavojoy ini dikemas dalam box berwarna hijau senada dengan botol kemasannya. Desainnya cukup simpel tetapi informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Biasanya produk yang bukan berasal dari dalam negeri jarang yang dilengkapi dengan informasi berbahasa Indonesia yang langsung di-print di kemasan. Mungkin produk ini sudah mengalami pengemasan ulang sebelum dijual di pasar Indonesia. Soalnya banyak produk brand dari negara lain yang hanya diberi tempelan sebagai tambahan informasi produk dalam Bahasa Indonesia oleh distributor lokal.


lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-packaging-bintangmahayana-com



Kualitas kemasannya cukup baik. Walaupun kardus luarnya tidak terlalu tebal, tetapi bagian dalamnya dilengkapi dengan kardus putih pengaku. Sehingga tidak mudah penyok dalam perjalanan dan menjaga kemasan dalamnya agar tidak mudah bocor. Sebenarnya saat menerima produk pertama kali, kardus ini dilapisi oleh plastik di seluruh permukaannya. Hal ini masih cukup disayangkan mengingat kemasan produk ini belum dapat dikatakan ramah lingkungan seutuhnya.


lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-box-bintangmahayana-com




Inner Packaging

Botol kemasan Lavojoy Scalp Essence ini lumayan unik karena kemasannya menonjol. Awalnya agak bingung dengan cara pakainya waktu lihat foto kemasannya. Ternyata nozzle spray scalp essence ini dilengkapi pelindung dengan warna serupa untuk mencegah produk keluar saat tertekan di wadah penyimpanan serta melindungi isi produk dari kemungkinan kontaminasi debu. Personally, suka banget sama produk perawatan rambut yang tinggal semprot begini karena lebih cepat dan praktis digunakan. Spray-nya juga cukup lancar, tidak macet-macet saat dipakai dan sebaran produknya dapat menjangkau area kulit kepala dengan baik.

lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-spray-bottle-bintangmahayana-com

lavojoy-hold-me-tight-pro-scalp-essence-60ml-review-nozzle-spray-bintangmahayana-com





SCENT & TEXTURE

Wangi essence ini agak kayak herbal tapi segar banget. Nggak kayak bau jamu atau rempah yang terlalu menyengat. Teksturnya cair dan ketika disemprotkan ke kulit kepala nggak bikin kaget karena mist-nya cukup halus. Setelah digunakan ada sedikit sensasi dingin di kulit kepala yang membuat kulit kepala jadi segar dan terasa bersih.



MY EXPERIENCE

Kondisi Awal (20 Mei 2024)

Awalnya nggak terlalu punya ekspektasi sama produk ini. Soalnya, masalah kerontokan rambut gue bisa dikatakan sudah cukup parah sebagai efek jangka panjang hair styling sewaktu remaja. Faktor usia juga menyebabkan batang-batang rambut jadi lebih tipis yang menyebabkannya mudah rontok. Gue cuma berharap setidaknya produk ini bisa menyehatkan kulit kepala yang mudah gatal dan bisa berketombe sewaktu-waktu. Kulit kepala gue kadang bisa sangat kering dan berketombe kering juga. Di lain waktu bisa sangat berminyak dan menimbulkan ketombe basah. Kondisi keduanya sama-sama tidak membuat nyaman bagi pengguna hijab kayak gue. Terlebih saat kondisi cuaca panas dan berada di area yang punya kelembaban tinggi. Saat berkeringat, kulit kepala bisa terasa sangat gatal dan gerah.


Setelah 1 Minggu (27 Mei 2024)

Seminggu pertama pemakaian, tidak ada perubahan yang berarti di kondisi kulit kepala maupun masalah kerontokan rambut. Di 2x pemakaian awal malah awalnya sempat merasa kok agak kering yaa di rambut. Padahal pakai ini hanya setiap habis keramas setiap 2 hari sekali. Ketika sudah tiba jadwal keramas (kondisi kulit kepala sudah terasa berminyak), saat disisir jari, terlihat kotoran di kulit kepala ikut terbawa dengan minyak alami kulit kepala. 

Biasanya, dalam kondisi seperti itu, kulit kepala akan terasa sangat gatal dan lebih parahnya lagi terasa panas karena tanpa sadar digaruk berkali-kali. Apalagi kalau seharian berhijab dan tidak sempat dilepas. Namun, setelah pakai Lavojoy Hold Me Tight Pro Scalp Essence Spring Wonder, kulit kepala lebih jarang gatal dan saat keramas pun terasa jadi lebih bersih.


Setelah 2 Minggu (3 Juni 2024)

Dua minggu pemakaian, efek prominen yang gue rasakan adalah kulit kepala jadi lebih jarang terasa gatal. Biasanya kalau hari ini keramas, besoknya sudah terasa gatal karena tumpukan minyak bercampur debu dan keringat. Anehnya, kok sejak pakai Lavojoy Hold Me Tight Pro Scalp Essence Spring Wonder (panjang ye shay namanya) jadi nggak mudah terasa gatal. Mungkin karena di dalam komposisinya ada anti-bacterial ingredient yang bisa mencegah rasa gatal. 

Setidaknya 80% masalah kerontokan gue biasanya berawal dari masalah kulit kepala yang terasa gatal. Sehingga timbul keinginan untuk menggaruk kulit kepala dan menyisir rambut dengan jari. Terkadang agak harsh juga sih🙃 Such a guilty pleasure! Gue akui ini adalah kebiasaan buruk yang sebelumnya sangat sulit dihilangkan. Sejak rutin pakai Lavojoy, kebiasaan itu bisa berkurang drastis dengan sendirinya yang berdampak positif terhadap berkurangnya rambut rontok.




REKOMENDASI

Produk ini bisa digunakan bagi kulit kepala dari yang sangat berminyak hingga sangat kering sekalipun. Soalnya selain mampu mengontrol sebum di kulit kepala, produk ini juga menjaga kelembaban kulit kepala agar tidak mudah timbul ketombe kering. Saran, sebelum pakai produk ini ada baiknya keramas dengan shampoo dan gunakan conditioner setelahnya. Ada waktunya rambut agak terasa kering di hari-H pemakaian jika tidak dilakukan perawatan rambut yang benar.

Gunakan setelah selesai keramas dalam keadaan rambut kering. Setelah dikocok, semprotkan secara merata pada kulit kepala dengan membagi area rambut dengan bantuan sisir. Sehingga jalur kulit kepala terlihat dan mampu menerima manfaat produk. Pijat-pijat lembut dengan jari-jari tangan untuk merangsang peredaran darah di kulit kepala agar rambut-rambut baru yang lebih sehat bisa tumbuh. Lalu akhiri dengan menyisir rambut agar essence lebih merata sempurna.




Setelah baca review ini apa ada yang tertarik untuk mencobanya juga? Semoga review ini bisa jadi teman yang menyertai perjalanan kalian menemukan produk yang terbaik bagi rambut, yaa!
Feel free to contact me should you have further questions!

***
For business inquiries kindly contact me through email:
[contact.bintangmahayana@gmail.com]

Bintang Mahayana©️ 2024



REFERENCES

[1] MedlinePlus [Internet]. Brodkey, Frank D (MD): National Library of Medicine (US); Aging changes in hair and nails; [updated 2022 Jul 21; reviewed 2022 Jul 21; cited 2024 May 26]. Available from: https://medlineplus.gov/ency/article/004005.htm#:~:text=Hair%20is%20made%20of%20many,also%20determined%20by%20your%20genes.


[2] MedlinePlus [Internet]. Hoss, Elika (MD): National Library of Medicine (US); Female Pattern Baldness; [updated 2024 Feb 15; reviewed 2024 Feb 15; cited 2024 May 26]. Available from: https://medlineplus.gov/ency/article/001173.htm


No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.