NOVEMBER 2020 EMPTIES: Skincare and Make Up | Bintang Mahayana

December 08, 2020
Holla!
Di postingan kali ini, sepertinya baru pertama kali gue membahas soal monthly empties di Blog. Setelah declutter beberapa beauty producte, ternyata ada lumayan banyak empties di bulan November 2020 kemarin. Sehingga, gue memutuskan untuk membuat postingan ini sekaligus sharing mini review produk-produk tersebut. Beberapa produk sudah sempat gue tayangkan full review-nya di Blog. Jadi, nanti gue akan taruh link nya juga buat kalian yang ingin tahu review lengkapnya. Penasaran gimana pendapat gue soal November Empties kali ini?
Keep on reading!
Di #NovemberEmpties kali ini akan ada Skincare Empties dan Make Up Empties. Sejujurnya gue agak kaget juga karena biasanya gue cukup struggling dalam menghabiskan make up. Soalnya, sering merasa sudah dipakai secara bar-bar. Tetapi masih ada aja. So, I consider this as an achievement! Lol. Makanya, jangan heran, yaa kalau di postingan kali ini akan lebih banyak Skincare Empties.



APA ITU EMPTIES?
Empties adalah istilah yang digunakan untuk beauty product yang berhasil digunakan sampai habis sebelum masa kadaluarsa maupun PAO (Period After Opening) mencapai batas tanggal yang telah ditentukan. Istilah empties ini menjadi lumrah digunakan di dunia beauty yang notabene nya termasuk fast moving industry karena hadirnya kesadaran dari konsumen perihal sustainable living. Sehingga, tren soal empties menjadi in karena dianggap bahwa menghabiskan produk sampai habis merupakan upaya dalam sustainable beauty.



SKINCARE EMPTIES
Okay, kali ini bakal cukup lengkap nih soal basic skincare. Soalnya mulai dari cleansers sampai sunscreen. Satu-satunya basic skincare product yang masih belum masuk di list hanya hydrating toner saja.

1. CLEANSING OIL - Biorè Make Up Remover Perfect Oil


Cleansing oil Biorè ini sempat memberi gue pengalaman menarik. Awalnya, karena kesotoyan gue, pertama pakai langsung setiap hari baik pagi maupun malam hari. Ternyata, jadinya gue mengalami breakout akibat over-cleansed. Setelah cari-cari info lebih lanjut dengan diskusi di forum dan baca-baca trusted articles, ternyata memang cleansing oil sebaiknya hanya digunakan saat malam hari. Jadi, nggak perlu double cleansing pagi dan malam setiap hari. Apalagi kulit gue saat itu normal to dry. Terlalu sering double cleansing malah membuat cleansing oil tidak mampu membedakan mana minyak di kulit wajah yang perlu diangkat dan mana yang perlu dibiarkan.

Setelah ubah pattern menjadi sekali dalam sehari, bahkan terkadang skip kalau off make up maupun sunscreen, ternyata cocok banget! Meskipun masih mengandung alcohol dan fragrance, tetapi di kulit gue ini nggak mengiritasi. Malah bantu juga ke whiteheads

Repurchase?
Officially did! Saat ini gue sedang dalam perjalanan 50% on my second bottle.






2. SECOND CLEANSER - Good Virtues Co Glowing & Goodness Brightening Facial Cleanser


Sebenarnya, ini salah satu impulsive buying terbaik yang pernah gue lakukan. Gue beli ini simply karena di Shopee lagi Flash Sale jadi 34k aja. Padahal harga normalnya 70k. Kebetulan facial cleanser gue juga sudah mau habis. Tetapi, karena produk yang gue pakai sebelumnya agak lumayan harganya, pusing juga mau re-purchase. Apalagi karena gue cukup hemat dalam pemakaian skincare products, sering terjadi skincare gue habis dalam waktu bersamaan.

Gue bilang ini salah satu keputusan terbaik karena ternyata cocok dan efeknya pun gue suka banget. Walaupun awalnya sempat underestimate karena merasa label brightening nya kayaknya cuma gimmick, deh. Ternyata, produk ini bisa mencerahkan secara kontinu. 

Repurchase?
Maybe, kalau diskon lagi dan under 50k. Sekarang, gue sedang dalam program skincare budgeting efficiency. Khusus untuk second cleanser wajib di bawah 50k karena harus dibagi dengan first cleanser budget.





3. EXFOLIATING TONER - Avoskin Miraculous Refining Toner

Sebelumnya gue sempat pakai baik toner dan serumnya dari rangkaian Avoskin Miraculous Refining Toner. Tetapi setelah serumnya habis, gue nggak tertarik re-purchase. Gue ngerasa toner nya sudah bisa memberikan banyak manfaat asal rutin dan konsisten pakainya. Soal price point juga jadi pertimbangan gue karena tentu saja serumnya lebih mahal ketimbang toner nya. 

Saat ini, Avoskin MRT Toner lagi hyped. Otomatis harganya melambung tinggi. Alasan gue nggak re-purchase produk ini pada akhirnya. Produk ini di gue cukup irit yaa. Untuk 100ml bisa bertahan selama 7 bulan. Gue pakai 3x seminggu am-pm kemudian jadi 3x seminggu pm aja karena bertujuan untuk simplify my morning skincare routine. Sempat gue gilir dengan retinol karena nggak berani layering. Ternyata, setelah memberanikan diri untuk eksperimen, toner ini malah bagus banget gue combine dengan retinol. Besok paginya pasti auto glowing. Terus, yang lebih canggih lagi, setiap pakai ini, hormonal acne gue lebih cepat kering dan swooshhh hilang begitu saja. 

Repurchase?
Maybe, soalnya lagi pakai alternatif produk lain yang lebih affordable.






4. MOISTURIZER - Nivea Creme Tin

Gue nggak pernah bosen, yaa ngeracun ini produk Nivea yang murah meriah tapi ajib! Terutama buat normal to dry skin. Awalnya tertarik coba karena ini produk sudah legendaris. Terus nemu battle video nya Susan Yara di YouTube. Agak nggak masuk akal, sih dibandingin sama Cremè da La Mer haha. Tetapi, ingredient wise sebenarnya bisa dibilang super identical. Kecuali ada satu ingredient yang secara marketing diklaim oleh La Mer sebagai Miracle Broth. 

Tetapi, gue nggak nyesel keracunan Susan. Moisturizer ini basic tapi melembabkannya nggak bercanda. Bahkan bikin glowing dan cocok juga jadi primer sebelum Make Up. Bikin foundation lebih nyatu dan melted di kulit. Dengan harga kisaran 25k aja untuk ukuran 60gram, manfaatnya banyak banget! Plus, bisa dipakai di badan juga. 

Repurchase?
For sure! Gue sedang dalam pemakaian jar ke-3 gue saat ini.




5. FACE & BODY OIL - Bio Oil


Produk ini, tuh antara mengecewakan dan hidden gems! Loh, kok gitu? Jadi gini, awalnya gue beli Bio Oil ini untuk dipakai sebagai body oil. Gue berniat menghilangkan atau setidaknya menyamarkan tampilan stretch marks karena dulu gue pernah gendut. Nyatanya, nggak mempan sama sekali!

Ogah rugi, gue pakai di wajah. Hasilnya malah memudarkan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) atau bekas jerawat kehitaman. Biasanya butuh minimal 2 minggu kalau pakai serum aja. Semenjak masukin slot Bio Oil, malah dalam seminggu sudah pudar. Kalau di badan ada luka baru bekas gigitan nyamuk, lebih cepat juga sembuhnya.

Repurchase?
Gue akan tetap beli ini. Masih penasaran buat stretch marks dalam pemakaian jangka panjang. 




6. SUNSCREEN - Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 + PA+++

               Source: guardianindonesia.co.id


Skin Aqua SPF 50 ini udah masuk botol ke-3 tapi jarang banget gue bahas. Soalnya mikirnya ini everyone's favorite yang gue rasa udah banyak yang suka dan tahu tentang produk ini. Sunscreen yang bikin kulit terasa halus, nggak pedih kalau dibawa wudhu, dan affordable banget! Nggak sampai 50k sudah dapat sunscreen SPF 50 dan ada PA+++ nya. Hadir dengan ukuran 50ml, menurut gue ini cukup banget untuk kira-kira pemakaian 1-2 bulan. Tergantung aktivitas masing-masing. 

Repurchase?
Absolutely! Sebagai skincare yang cukup boros pemakaiannya, dengan ukuran serta harga yang ditawarkan, totally worth the money!




MAKE UP EMPTIES
1. FOUNDATION - Lancôme Teint Miracle 


Kalau ditanya soal foundation yang punya historical value dalam hidup gue, pasti gue mantab menjawab Lancôme Teint Miracle. 
Si Lancôme ini punya nilai sejarah karena dia yang gue pakai untuk self make-up saat Wisuda Sarjana. Selain itu, foundation ini juga high end foundation pertama gue yang secara nggak sengaja menjadikan gue freelance MUA. Gue pakai 8 jam pun dia nggak oxidized

Shade P-02 ini cocok untuk light skin tone dengan pink undertone (neutral to cool). Saking cocoknya dan menyatu banget di tone asli kulit gue, sampai pernah mikir "Is this foundation customized for me?" Halu gitu ceritanya. Of course not! This is Lancôme everyone! Lol. Oh ya, di foto gue pernah bikin battle review sama foundation nya Focallure yang Skin Evolution di Female Daily. Soalnya, entah kenapa finish nya mirip di kulit gue. Padahal Lancôme lebih runny secara tekstur.




2. BRONZER - Benefit Mini Hoola Matte Bronzer
                Source: benefitcosmetic.com


Salah satu dari 2 produk Benefit yang bikin gue penasaran selain Benefit Galifornia adalah Benefit Hoola Matte Bronzer. Bronzer ini sering gue jadiin single eyeshadow kalau lagi males make up tapi ingin kelihatan wide awake. Meskipun tergolong agak mahal untuk sebuah bronzer, pemakaiannya cukup irit. Padahal gue pakainya hampir setiap hari. Tetapi, ini bisa bertahan setidaknya 2 tahun. Warnanya juga gue rasa masih masuk banget di segala skin tone maupun skin undertone. Dia nggak terlalu warm maupun ashy. Ada sedikit hint orange nya. Bisa banget untuk natural make up look maupun full glam.

Repurchase?
Mau banget beli lagi barengan sama Galifornia nya! Tapi nabung dulu, deh. Saat ini gue lagi eksplor di local face palette karena penasaran. 




3. LIP CREAM - Rollover Reaction Lip and Cheek in shade Maxwell (Limited Edition)

                 Source: rollover-reaction.com


Asli, ini shade lip product paling favorite sepanjang masa untuk kategori warm tones. Kalau cool tones masih dipegang oleh MAC Cosmetics Matte Lipstick shade Mehr. Produk ini multifungsi bisa buat mata, pipi, dan bibir. Warnanya itu, loh cantik banget. Brownish Red yang nggak terlalu coklat tapi nggak terlalu merah. Nyaman dipakai meskipun nggak terlalu tahan lama karena teksturnya yang creamy. By the way, ini wanginya benar-benar kayak mentega! Haha.

Repurchase?
Mau bangeeeet! Tapi sayangnya karena ini Limited Edition collab nya RR X Putri Caya, jadinya susah banget dapetinnya sekarang. Kira-kira apa sudah discontinued, yaa dari RR nya?



Okay, sekian mini review untuk #NovemberEmpties Bintang kali ini. Ada nggak produk favorit kalian di list atau mungkin produk yang bikin kalian tertarik buat cobain? Let me know, yaa! 


Thanks for dropping by and the endless support towards my Blog! :)

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.