[BOOK REVIEW] Are You Smart Enough to Work at Google? - William Poundstone (English Version Reviewed in Bahasa Indonesia) | Bintang Mahayana

Holla!

Di postingan kali ini, gue mau review buku lagi. Buku satu ini lagi lumayan jadi buah bibir di komunitas baca buku. Sempat jadi rekomendasi dari @bacajakarta juga. Setelah kepo lebih lanjut, akhirnya gue memutuskan untuk beli buku fisiknya secara daring. Okay, jadi secara garis besar sebenarnya ini buku tentang apa, sih dan siapa yang harus baca? Jadi, buku ini bukan untuk menyuruh kita kerja di Google. Tapi berisi beberapa pertanyaan psikologis dan basic interview questions yang bakal dibutuhkan oleh teman-teman yang ingin bisa survive di dunia persaingan menuju modern workforce battle saat ini. Menarik, bukan kedengarannya? Kalau kalian penasaran, silakan lanjutkan membaca, yaa.





BOOK DETAILS




Judul : Are You Smart Enough to Work at Google?
Penulis : William Poundstone 
Bahasa Asli :  English
Penerbit : Back Bay Books/ Little, Brown, and Company
Tahun Terbit : 2012
Jumlah Halaman : 290 halaman
Cetakan ke- : -
ISBN : 978-0-316-33629-1
Harga : USD 8.00 
Pembelian : Shopee Mall Books & Beyond
Harga Retail B&B : (Rp139.000,00 per Okt 2020)
Resensator : Bintang Mahayana
Tahun resensi : 2020





HOW TO READ THIS BOOK
Sebenarnya, secara garis besar inti dari buku ini dibagi menjadi 2 bagian. yaitu: "Chapter" dan "Answer"  Pada bagian halaman muka buku ini disebutkan:

Trick Questions, Zen-Like Riddles, Insanely Difficult Puzzles, and Other Devious Interviewing Techniques You Need to Know to Get a Job Anywhere in the New Economy.

Sehingga, terdapat bagian "Chapter" yang merupakan Topik pada Bab dan bagian "Answers" yang merupakan pembahasan dari topik pada masing-masing Bab pada buku yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan. Jika dianalogikan dengan Buku Bank Soal, mungkin semacam Bagian Soal dan Kunci Jawaban beserta Pembahasan. Untuk bagaian 'Chapter" sendiri sebenarnya hanya sampai pada halaman ke-136.


Kalau teman-teman hanya fokus membaca bagian "Chapter" tanpa melirik bagian "Answers", sejujurnya buku ini cukup cepat untuk dihabiskan. Karena, memang bagian mikirnya itu ada di bagian "Answers". Di bagian tersebut, teman-teman akan dibuat overthinking tentang bagaimana bisa terjadi pemecahan masalah yang demikian. Jadi, terdapat 2 cara untuk membaca buku ini:

1. Membaca bagian "Chapter" sampai habis baru kemudian membaca bagian "Answers" dan sesekali kembali ke bagian "Chapter.

2. Membaca bagian "Chapter", dan bila sampai pada bagian "Question" atau pertanyaan-pertanyaan (diberikan clue untuk menemukan jawaban di halaman berapa), langsung menuju pada bagian "Answers" yang dituju.




BOOK ANATOMY
Oh ya, pada bagian ini gue hanya akan kasih liat daftar isinya aja, yaa. Book review ini akan sedikit berbeda dari book review gue sebelumnya. Di sini gue ga akan bedah per chapter. Tetapi lebih ke pembahasan keseluruhan serta gue highlight beberapa bagian yang penting supaya teman-teman yang bacanya juga nggak pusing. Soalnya bukunya cukup bikin mikir gaes.





Prologue

Chapters
1. Outnumbered at the Googleplex  | 3
What It Takes to Get Hired at a Hyperselective Company 

 2. The Cult of Creativity  | 21
A History of Human Resources, or Why Interviewers Go Rogue

3. Punked and Outweirded  | 42
 How the Great Recession Mainstreamed Bizzare Interview Questions

4. Google's Hiring Machine  | 51
How They Pick the One out of the 130 Who Apply

5. Engineers and How Not to Think Like Them  | 68
The Value of Keeping Things Simple

6. A Field Guide to Devious Interview Questions  | 80
Decoding the Interviewer's Hidden Agendas

7. Whiteboarding  | 97
The Art of the Visual Solution

8. Dr. Fermi and The Extraterrestrials  | 106
How to Estimate Just About Anything in Sixty Seconds or Less

9. The Unbreakable Egg  | 114
Questions That Ask "How Would You...?"

10. Weighing Your Head  | 125
What to Do When You Draw a Blank


Answers

Acknowledgements

Websites & Videos

Notes

Bibliography

Index

About the Author




REVIEW
Kalau mau baca buku ini harus siap mikir. Tetapi, kalau kalian benar-benar tertarik dengan topiknya. Menurut gue, cara Poundstone menyelipkan humor di dalam tulisannya jenius. Di chapters bagian awal, penulis banyak menggunakan narasi untuk menggiring pembaca memahami Google sebagai sebuah company. Tentang ekspektasi Google terhadap calon karyawannya. Bahkan rumor soal kriteria karyawan yang sudah pasti diterima oleh Google (p.56). Buku ini banyak membeberkan recruiting system di Google dalam beberapa studi kasus nyata. Setiap kasus akan diarahkan ke berbagai pertanyaan yang kemudian jawaban atau pembahasannya bisa dibaca melalui chapter Answers. Sehingga, proses membaca buku ini bisa back and forth. Gue pun bisa jamin, kalian nggak akan tahan baca buku ini tanpa pensil. Karena setiap ada puzzle questions, rasanya pasti ingin coret-coret bukunya. Semacam lagi ngerjain soal-soal TPA gitu.

Hal yang paling gue suka dari buku ini adalah objektivitasnya. Poundstone tidak hanya menghadirkan dari satu sudut pandang saja. Mungkin, beberapa dari kalian punya ekspektasi bahwa buku ini berpihak pada kalian dan bersedia menempatkan pada posisi kalian yang ingin bekerja di Google serta ingin tahu caranya, bukan? Tidak. Buku ini juga bisa sedikit menjatuhkan mental, jika narasinya sudah berubah haluan menjadi sudut pandang recruiter, dalam hal ini adalah Human Resource Department atau di Google sendiri disebut People Operations (People Ops). Di dalam Chapter 4 - Google' Hiring Machine disebutkan, "Google is still very keen on smart people who are natural collaborators. (p.55)" Sebenarnya ini adalah bahasa halus dari "Google sebenarnya hanya ingin karyawan extrovert." 

Di dalam buku juga dijelaskan beberapa detail office culture seperti konsep open office dengan low level walls. Sehingga, di Google privacy is nothing dalam konteks working space.   

Google Hammocks
Source: seroundtable.com


Google Office in Dublin
Source: pinterest.ie


Google Office in Dublin
Source: home-designing.com




RECOMMENDATION
Gue sangat merekomendasikan buku ini terutama buat kalian yang penasaran ingin mengenal Google lebih jauh sebagai sebuah company. Baik kalian ada rencana maupun tidak untuk bekerja di Google, buku ini mampu memberikan banyak ilmu pengetahuan baru bahkan tentang cara berpikir yang akan sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Price point, untuk versi Bahasa Inggris-nya pun gue rasa masih sangat affordable untuk sebuah buku non-fiction. Totally worth the investment.




Thank you all for dropping by! 
Kalau ada rekomendasi buku, terutama non fiksi yang bagus dan perlu gue review juga di Blog, feel free to drop the recommendation di kolom komentar, yaa!

Gee Thanks!
Bintang

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.