DAY 6: TOP 5 Rekomendasi TV Series Amerika Genre Drama Medis Terbaik Sepanjang Masa #BPNRamadan2021

Sunday, April 18, 2021



Holla!
Di postingan kali ini gue mau bikin review tapi bukan skincare atau make up kayak biasanya. Yaitu 5 Serial TV Amerika dengan genre drama medis yang banyak memberi ilmu pengetahuan, plot twisting, dan bikin penasaran terus. Penasaran apa saja rekomendasinya?
Keep on reading!





1. The Good Doctor


Sumber gambar: IMDb



Jumlah musim : 4
Tahun : 2017 - ongoing
Jaringan : ABC
Jumlah Episode : 69




[REVIEW]

Serial TV satu ini layak menempati urutan pertama dalam peringkat serial tv favorit gue karena bukan hanya seru secara plot, tetapi setiap nonton selalu dapat ilmu baru. The Good Doctor adalah serial tv drama medis Amerika yang diperankan oleh Freddie Highmore (Shaun Murphy) sebagai lead actor, Antonia Thomas (Claire Browne), Richard Schiff (Aaron Glassman), Hill Harper (Dr. Marcus Andrews), Christina Chang (Dr. Audrey Lim) dan masih banyak lagi.


Freddie yang merupakan aktor berkebangsaan Inggris, berakting sebagai Shaun Murphy yang merupakan seorang dokter ahli bedah yang mengidap autisme. Dalam ceritanya, Dr Murphy pernah mengusulkan metode bedah baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya untuk menyelamatkan seorang pria yang hampir mengalami kebutaan akibat berusaha menolong seorang wanita tak dikenal yang hampir menjadi korban pelecehan seksual di subway. Dr Murphy tidak dipercayai siapapun. Namun, ia melakukan segala cara hingga berusaha menemui Dr. Marcus Andrews di kediamannya.


Dr. Marcus awalnya tidak percaya karena gagasan Dr. Murphy dianggap terlalu berisiko. Apabila gagal, pasien bukan hanya dapat mengalami kebutaan permanen. Namun juga kematian. Hingga akhirnya Dr. Marcus bersedia menjamin Dr. Shaun Murphy dan mengajukan proposal operasi tersebut ke Dr. Audrey Chang - Head of Hospital Doctor yang notabene nya juga berperan sebagai kekasih Dr. Marcus. Kenyataannya, operasi tersebut berhasil dan nyawa pasien pria tadi dapat terselamatkan begitupun dengan penglihatannya.





2. Grey's Anatomy


Sumber gambar: The Daily Californian



Jumlah musim : 17
Tahun : 2005 - ongoing
Jaringan : ABC
Jumlah Episode : 356




[REVIEW]

Buat yang suka mantengin Serial TV Amerika rasanya sudah nggak asing lagi, yaa dengan serial satu ini. Grey's Anatomy selalu identik dengan surgical room scene dan kalau operasinya susah, dokternya suka lepas masker dengan muka pasrah. Ini sempat viral dan jadi jokes di Twitter awal-awal pandemi. 


"Taking off my mask just like after a very bad surgery in Grey's Anatomy" (Melepas masker seperti pasca operasi sulit di Grey's Anatomy).


Grey's Anatomy mungkin adalah salah satu serial TV terpanjang yang pernah gue tonton. Serial ini pertama tayang tahun 2005 di ABC dan masih lanjut sampai sekarang. Wow! Total sudah ada 17 musim dengan 356 episode. Serial ini bercerita tentang keseharian Dr Meredith Grey - seorang kepala dokter ahli bedah di Grey Sloan Memorial Hospital bersama teman-temannya. Meredith harus menghadapi perceraian kedua orang tuanya saat ia masih berusia 5 tahun. Ibu Meredith, Ellis terlibat love affair dengan seorang pria yang sudah menikah, Richard Webber. Kemudian di saat bersamaan ayah Meredith, Thatcher meninggalkan rumah. 


Selang waktu berjalan, ia berusaha menemui putrinya Meredith namun tak pernah berhasil. Hingga ia menyerah dan melanjutkan hidup bersama keluarga barunya. Ironisnya, saat Ellis mengandung anak Webber, ia malah ditinggalkan karena Webber ingin memperbaiki hubungan rumah tangganya dengan Adele, istrinya. Ellis putus asa dan bahkan tidak ingin melihat bayinya. Kemudian ia terdiagnosis mengidap Alzheimer


Diagnosis Ellis tersebut mendorong Meredith untuk menempuh pendidikan di Medical School.  Akibat perpisahan kedua orang tuanya, Meredith didiagnosa mengidap "Severe Abandonment  Issue" saat hubungannya dengan Derek Shepherd mengalami masalah. Akar dari semuanya adalah trauma masa kecilnya yang ditinggalkan oleh ayahnya Thatcher saat ia masih berusia 5 tahun pun tidak mendapatkan cukup kasih sayang dari ibunya, Ellis yang hampir tidak pernah hadir dalam sebagian besar masa kecilnya karena affair issue-nya dengan Richard Webber.





3. New Amsterdam


Sumber gambar: Netflix


Trailer New Amsterdam
Jumlah musim : 3
Tahun : 2018
Jaringan : NBC (Netflix Available)
Jumlah Episode : 41




[REVIEW]

Serial ini mungkin akan sangat digemari bagi kalian yang suka dengan cerita bertema "Parent and Child". Dr Max Goodwin yang diperankan oleh Ryan Eggold adalah seorang dokter di New Amsterdam Hospital yang juga merupakan seorang duda. Istrinya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di ambulan menuju Rumah Sakit saat hendak melahirkan putri semata wayang mereka. 


Pada suatu scene, Dr Goodwin harus menyelamatkan seorang bayi dalam kandungan. Sayangnya, bayi tersebut harus meninggal dalam kandungan ibunya. Hal yang membuat scene ini begitu emosional adalah meskipun dalam keadaan janin sudah tak bernyawa, sang ibu tadi tetap harus melahirkan bayinya secara normal. Saat lahir, ibu dari janin tersebut berkata, "It's so quite" (sunyi sekali) sembari menangis. Karena sang ibu sebatang kara, janin tersebut disimpan di inkubator khusus semalaman di ruangan yang sama dengan ibunya. Kejadian ini membawa ingatan Dr. Goodwin ke masa lalunya saat beliau harus kehilangan istri dan anaknya yang masih dalam kandungan.


Sang Ibu belum berani melihat atau menggendong bayinya. Namun, keesokkan harinya Dr. Goodwin mengunjungi pasien ibu tadi dan berkata bahwa janin tersebut tetaplah putrinya dan menyarankan Sang Ibu untuk menggendongnya sekali saja karena ia tak bisa selamanya di sini. Kemudian, Dr. Goodwin bertanya apakah janin tersebut memiliki nama. Kemudian Sang Ibu berkata, "Sophia". Lalu kemudian digendongnya bayi tersebut dalam dekapan Sang Ibu sesaat sebelum mereka harus berpisah untuk selama-lamanya.





4. House

Sumber gambar: Business Insider


Trailer : House Season 1
Jumlah musim : 8
Tahun : 2004
Jaringan : ABC
Jumlah Episode : 177



Serial satu ini memiliki impact yang cukup besar dalam dunia kedokteran karena dokter Gregory House yang diperankan oleh Hugh Laurie memerankan karakter seperti Sherlock Holmes dalam dunia medis yang sering memecahkan masalah misterius dalam dunia medis. Tapi santai aja. Ini nggak seserius Sherlock, kok. Vibe-nya lebih ke "Tony Stark" malah. Genius tapi lawak haha. Karakter ini begitu kuat hingga seorang dokter di Jerman mampu mendeteksi penyakit yang tidak umum di tubuh pasiennya karena di salah satu episode House, seorang pasien yang diperankan oleh Candice Bergen diracuni cobalt saat hendak menjalani penggantian gips


Pasien dokter di Jerman adalah seseorang yang telah diamputasi kedua kakinya lalu mengalami keracunan cobalt. Sebelum menggunakan metal gips, pasien tersebut telah menggunakan gips dari keramik. Namun, dokter yang memasang gips telah meninggalkan sedikit keramik yang menyebabkan gesekkan pada sendi metal yang baru. Pasien tersebut mengalami demam yang tidak terdeteksi titiknya dan juga permasalahan di saluran esofagus. 


Lebih parahnya lagi, pasien tersebut juga mengalami masalah penglihatan dan pendengarannya cukup parah hingga hampir buta dan tuli. Setelah lubang metal diangkat dan pasien mendapat ceramics gips yang baru, masalah demam dan esofagusnya teratasi namun tidak dengan penglihatan dan pendengarannya. 





5. Code Black

 
Sumber gambar: Deadline



Trailer Code Black
Jumlah musim : 3
Tahun : 2015-2018
Jaringan : CBS
Jumlah Episode : 47



Code Black adalah serial drama medis yang ditulis oleh Michael Seitzman. Serial ini pertama kali tayang pada 30 September 2015 di CBS. Cerita dari serial ini mengisahkan tentang keadaan Rumah Sakit fiksi bernama Angels Memorial Hospital di mana kondisi emergency room nya sangat padat, sibuk, dan kekurangan staff dokter, perawat, maupun peralatan medis. Sepertinya ini menjadi sangat relate dengan kondisi sekarang, yaa.


Karakter utama dalam serial ini diperankan oleh Maria Gay Harden yang memerankan Dr. Leanne Rorish. Dalam ceritanya, Leanne harus kehilangan anak dan suaminya karena ditabrak oleh pengemudi yang sedang mabuk. Pengalaman tersebut terkadang memengaruhi pertimbangan medisnya. Kemudian Leanne mendapatkan promosi sebagai Director of Emergency Medicine sebelum digantikan oleh Dr. Campbell di "Second Year". 



***
Thank you for dropping by! See you on DAY 7
Bintang Mahayana ©️ 2021

BPN 30 Day Ramadan "Blog Challenge 2021" - Day 6 "Top 5 Serial TV Favorit"

2 comments:

  1. Paling favorit House. Jenius tapi unik dan nyentrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Inneke! Thanks for the visit yaa. Haha iya buat yang pengen nonton series drama medis tapi nggak biasa bakal suka banget sih sama House. Entah kenapa vibe nya agak2 kayak Tony Stark gt. Makanya di review bilang kalo Sherlock-like character tp isinya ada lawak juga haha.

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.