DAY 8: TOP 5 Rekomendasi Tempat Wisata Pantai "Hidden Gems" di Sumatera dan Jawa #BPNRamadan2021

Tuesday, April 20, 2021



Holla!
Di postingan kali ini, gue mau share tempat liburan favorit bertema pantai yang mungkin beberapa termasuk jarang diomongin. Padahal bagus! Indonesia itu kaya akan pantai yang indah-indah dan kayaknya nggak habis-habis kalau mau semua dikunjungi. Tetapi, gue merangkum TOP 5 Wisata Pantai di Sumatera dan Jawa secara berurutan dari peringkat pertama hingga ke-5 berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah pernah ke sana. Beberapa gue kunjungi sebelum pandemi sedangkan lainnya saat pandemi karena kondisinya memungkinkan untuk wisata. Beberapa lokasi ada yang masih pristine alias belum banyak terjamah oleh manusia. 
Kalaupun ada pengunjung, jumlahnya sangat sedikit.
Kalau penasaran apa saja rekomendasinya, keep on reading!







1. 
Gili Labak, Sumenep Madura






Gili Labak ini sebenarnya adalah pulau terpencil. Areanya masih masuk Sumenep, Madura. Dulu gue ke sini waktu tahun 2017 saat libur kuliah. Sebenarnya wisata ke Gili Labak itu enak ikut Open Trip dari Surabaya, Jawa Timur. Dulu, meeting point gue di Stasiun Gubeng Baru sekitar jam 11 malam. Kok, malam? Iya, soalnya dari Surabaya ke Sumenep kurang lebih 5 jam. Jadi, jam 11 itu harus sudah berangkat agar saat naik boat ke Gili Labak, kita bisa lihat sunrise di tengah laut


Kondisi pantainya menurut gue masih cukup pristine. Meskipun sekarang sudah mulai dibangun penginapan semacam lodging house untuk turis. Tetapi, sewaktu gue datang, kondisinya masih sangat sepi. Hanya rombongan Open Trip gue sekitar 15 orang dan beberapa warga setempat yang menjaga penginapan. Bisa dilihat foto di bawah ini semacam oasis. Saking beningnya, pasir di bawahnya juga masih terlihat. Berendam santuy juga enak banget pokoknya. Asal jangan lupa pakai sunscreen dan reapply setiap 2 jam sekali, yaa! Supaya nggak gosong. Karena, area pantai ini tidak terlalu banyak teduhan pohon yang rindang.





Oh, ya! ini juga yang membuat gue menempatkan pantai ini di urutan pertama. Kita bisa snorkeling! Waktu itu karena ikut Open Trip jadinya semua peralatan snorkeling sudah disediakan termasuk kacamata dan life vesti. Ada instrukturnya juga. Nggak usah takut hanyut, hehe. Kita dikasih pegangan tali tambang kok dari perahu dan memang ada batas-batas area aman untuk snorkeling nya juga. Jadi, buat yang nggak jago berenang pun nggak perlu khawatir. Kalau tanya biayanya berapa. Dulu 2017 ikut Open Trip itu biayanya hanya Rp250.000,00/ orang. Sudah termasuk transportasi dengan mobil Elf (PP Surabaya-Sumenep), Kapal (PP - termasuk ke Gili Genting), sarapan pagi sebelum menyebrang, makan siang, dan tour guide. Makanya, Gili Labak adalah destinasi wisata yang cocok banget untuk mahasiswa.








2. Pantai Marina, Kab. Lampung, Lampung






Jadi, ceritanya gue habis ada trip ke Jakarta. Sehabis dari Pelabuhan Bakauheni, gue sekeluarga naik mobil bermodalkan Google Maps untuk mengarahkan ke Pantai Marina. Kira-kira 45 menit mungkin sama break solat sebentar. Oh, ya! Waktu itu dari Bakauheni nya masih pagi sekitar jam 6-6.30 WIB. Makanya waktu sampai ke Pantai Marina masih sangat sepi. Untuk aksesnya memang sepanjang jalan ke Pantai Marina banyak pantai-pantai atau resort. Jangan tertipu, yaa soalnya masuknya mahal padahal di Pantai Marina tidak semahal itu. Ada resort yang HTM orangnya saja 75k belum sama kendaraan! Padahal HTM Pantai Marina sendiri hanya Rp15.000/ orang dewasa dan ditambah 1 mobil Rp25.000,00. Jadi total biaya untuk 5 anggota keluarga dan 1 mobil itu pas Rp100.000,00 saja kita sudah bisa menikmati wisata pantai sepuasnya. Waktu yang direkomendasikan untuk datang adalah sekitar jam 9-10 pagi. Masih sepi soalnya dan belum terlalu panas. 


Di pantai ini banyak batu-batu karang yang cantik banget buat tempat foto-foto. Meskipun ombaknya cukup besar karena langsung menghadap Samudera Hindia, tetapi keberadaan batu karang itu membuat kita merasa lebih aman di tepi pantai. Poin plusnya lagi di pantai ini banyak pohon rindang dan ada ayunannya. Kalau mau piknik memang bawa makanan dan minuman sendiri, yaa. Soalnya tidak ada warung. Tetapi pastikan jangan meninggalkan sampah supaya alam kita tetap lestari :)






3. Pantai Sembilan, Gili Genting, Sumenep, Madura





Bagi kalian penggemar canoeing, gue rasa wajib ke Pantai Sembilan di Gili Genting Madura. Rute terbaik untuk wisata ke sini adalah ikut Open Trip dari Surabaya dan ambil paket untuk Trip Gili Labak-Gili Genting. Jadi, biaya kapalnya sekalian. Oh, ya! Jangan dikira kedua pantai itu dekat, yaa. Dengan speed boat jaraknya + 1 jam! Padahal dari Sumenep ke Gili Labak juga 1 jam. Tetapi, perjalanannya sangat worth it karena pemandangan di tengah lautnya luar biasa indah. Rasanya pengen mandi terus lihat lautnya biru segar.


Jika ingin berwisata dengan anak-anak juga, Pantai Sembilan ini nyaman karena banyak mainannya. Gue aja nggak  mau berhenti main ayunan di sana hahaha. Enak banget soalnya hawanya breezy. Buat piknik-piknik cantik juga enak karena banyak disediakan meja dan kursi juga bagi yang nggak  ingin lesehan di pasir dengan tikar. Bagi kalian penggemar staycation di lodging house dari kayu juga ada. Tetapi, baik di Gili Labak maupun Gili Genting gue nggak menginap soalnya budget trip hehehe.








4. Pantai Pasir Putih Peh Pulo, Trenggalek, Jawa Timur



Gue lupa tepatnya kapan ke sini, sepertinya 2016. Yang gue suka dari Pantai Peh Pulo ini karena pantainya unik. Kita dihadapkan bukan dengan laut lepas tetapi dengan teluk dan pulau-pulau. Makanya, cara terbaik untuk menikmati pantai ini adalah dengan menyewa kapal untuk satu rombongan. Ada beberapa paket yang dibedakan menurut rute, durasi, serta jumlah orang. Seinget gue waktu itu nggak lebih dari Rp300.000 untuk kurang lebih 10 orang termasuk orang dewasa dan anak kecil dengan durasi kurang lebih 1 jam PP. Sudah disediakan life vest juga. Selain itu bagi kalian yang hobi makan ikan bakar atau ikan asap, di pantai ini banyak banget yang jual. Tinggal bawa nasi putih dan tambahan lauk lain saja dari rumah. Gelar tikar dan piknik, deh bareng keluarga atau teman-teman!






5. Pantai Pangi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur



Trip ke Pantai Pangi ini sudah lama sekali. Jadi maaf, yaa kalau fotonya hanya 1 dan agak kurang proper. Tetapi, yang gue ingat pantai ini cukup panjang dengan ombak yang bagus buat kalian yang ingin belajar berselancar. Ada beberapa tebing di sisi pantai tetapi sisanya adalah laut lepas. Jika bepergian dengan anak-anak sebaiknya jangan lengah karena ombaknya cukup besar. Pun  airnya hijau kebiruan. Pastikan pakai pakaian yang berwarna mencolok. Jangan pakai pakaian berwarna hijau atau biru. Soalnya, akan menyulitkan proses evakuasi jika terjadi kondisi emergency. Sebenarnya, sesimpel itu, sih logika dresscode untuk wisata ke pantai selatan Jawa. 




***
Jadi, pantai mana yang akan jadi next destination kalian? :)
Thank you for dropping by!
Bintang Mahayana (c) 2021


BPN 30 Day Ramadan [ Blog Challenge 2021] - DAY 8 : TOP 5 Tempat Wisata Favorit

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.