REVIEW Avoskin Miraculous Retinol Toner + Tips Skincare Layering | Bintang Mahayana

Saturday, July 31, 2021
Holla!
Kali ini gue akan review Avoskin Miraculous Retinol Toner setelah 1 bulan untuk kulit bertekstur yang memiliki bekas jerawat kehitaman dan kemerahan serta whiteheads. Gue juga akan review efektivitas produk ini dalam mencerahkan serta meratakan warna kulit di kulit kombinasiGue sudah nggak sabar banget ingin segera review ini tayang. Penasaran sama result pemakaiannya?
Keep on reading!


Source: Personal Doc.







ABOUT THE BRAND

AVOSKIN adalah brand lokal asal Indonesia yang sudah sangat terkenal dengan berbagai macam produk. Terutama untuk masalah jerawat dan anti-aging. Sejak tahun 2020, Avoskin mengaku berkomitmen untuk melakukan reformulasi bahan baku yang lebih ramah lingkungan dan menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang. Seperti yang diterangkan dalam website resmi Avoskin berikut ini.


review Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Source: www.avoskinbeauty.com






MY SKIN PROFILE

Skin Type            : Combination to oily
Skin Tone            : Light
Skin Undertone  : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.


 

 



PRODUCT DETAILS


Source: Personal Doc.



Nama Produk : Avoskin Miraculous Retinol Toner
Nama Brand   : Avoskin
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Anti Aging
Ukuran             : 100ml/ 3.33oz
BPOM              : NA18202000279
Batch No.        : 03344
PAO                  : 12 Months
Expiry Date     : 11/2022
Harga               : Rp199.000 (normal price)*
Tekstur            : watery gel
Jenis Kulit       : Normal Skin (claim Avoskin)
Website            : www.avoskinbeauty.com
Where to buy  : Shopee/ Tokopedia @msbb.id/ @nihonmart/ @avoskin_beauty
For & Dist by   : Avo Innovation Technology


*Gue dapet harga diskon terbatas di MSBB cuma 157k-an gitu. Sabar aja yaa, Avoskin memang jarang diskon. Kalaupun diskon jarang banget di atas 20%. Jadi kalau diskon buruan angkut!




 

 

INGREDIENTS

Berikut adalah ingredient Avoskin Miraculous Retinol Toner:


Water, Propylene Glycol, NiacinamideGlycerin, Phenoxyethanol, Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12.


__    Alcohol (Fatty Alcohol)

__    Antioxidant

__    Brightening Agent

__    Essential Oils

__    Humectant

__    Preservatives

__    Retinol*


*Produk ini mengandung 1% Actosome Retinol yang artinya mengandung 0.03% Active Retinol dan 0.1% Hexapeptide.




KEY INGREDIENTS:


3% Niacinamide + Retinol +


Peptide + Pomegranate




1. NIACINAMIDE

Ingredient satu ini nyaris selalu ada dalam produk Avoskin Refining Series. Seperti pada Avoskin Miraculous Refining Toner . Namun, di retinol toner ini kadarnya cukup tinggi, yaitu 3%. 


Niacinamide pada kadar 5% ke bawah terbilang cukup efektif dalam mencerahkan tanpa memperbesar risiko terjadinya iritasi pada kulit. Niacinamide tidak hanya terkenal sebagai brightening agent, tetapi juga sebagai anti inflamasi yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengontrol sebum berlebih. Selain itu, niacinamide bekerja sangat baik dengan retinol.



2. RETINOL

Sebagai ingredient yang menjadi sorotan pada produk ini, jenis retinol dalam Avoskin Miraculous Retinol Toner adalah 1% Actosome Retinol yang artinya mengandung sekitar 0.03% Active Retinol dan 0.1% Hexapeptide yang cocok bagi pemilik kulit sensitif*.

*Kecuali sensitif terhadap fatty alcohol, retinol, maupun ingredients lain yang terkandung dalam produk ini.


Baca Juga: [REVIEW] The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane - Safe for Retinol Beginner? 




3. PEPTIDE

Peptide atau peptida merupakan lipid yang sebenarnya sudah ada secara alami diproduksi oleh kulit kita. Tetapi, seiring bertambahnya usia, jumlahnya akan semakin berkurang. Padahal peptida sangat baik untuk membantu merangsang produksi kolagen secara alami. Kandungan peptida pada retinol toner ini berfungsi untuk "mengingatkan" kulit kita akan kemampuannya dalam menghasilkan kolagen sebaik sedia kala.



4. POMEGRANATE

Bahan yang juga digunakan sebagai natural anti aging properties adalah Pomegranate yang berasal dari Buah Pome. Ekstrak buah pomegranate dipercaya mampu menyamarkan garis halus, menjaga kekencangan kulit, dan mencerahkan.




CLAIMS

Manfaat Avoskin Miraculous Retinol Toner sesuai klaim dari brand:

"Toner dengan kandungan Niacinamide, Retinol, Peptide, dan diperkaya dengan ekstrak buah pomegranate untuk memudarkan garis halus, menjaga kekencangan kulit, dan mencerahkan. Bekerja efektif memicu regenerasi sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen secara alami."



KEY POINTS:

1. Memudarkan garis halus

2. Menjaga kekencangan kulit

4. Mencerahkan kulit

5. Memicu regenerasi sel kulit baru

6. Meningkatkan produksi kolagen secara alami







PACKAGING

OUTER PACKAGING

Produk ini dilengkapi dengan box packaging. Untuk safety nya produk ini diberi segel hologram untuk melindungi kemasan luar (box) agar tidak mudah terbuka serta menjamin keorisinilan produk. Ketersediaan informasi produk juga lengkap dan mudah dibaca.



avoskin-miraculous-retinol-toner-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.





INNER PACKAGING

Untuk botol kemasannya, sama persis dengan Avoskin Miraculous Refining Series. Berwarna coklat gelap agak maroon. Desain botol yang gelap ini sangat baik untuk melindungi isi produk yang notabenenya photoreactive atau reaktif terhadap cahaya, yaitu kandungan Active Retinol. Sehingga, produk tidak mudah teroksidasi atau berubah warna. 


avoskin-miraculous-retinol-toner-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.


Botolnya terbuat dari plastik yang dilengkapi rubber stopper untuk mengontrol jumlah produk yang keluar saat dituang. Namun, tidak disediakan sumbatan pada lubang stopper-nya. Sehingga tetap ada kemungkinan kebocoran dalam perjalanan. Namun, selama ini produk Avoskin Miraculous Series selalu aman sampai di tangan. 


avoskin-miraculous-retinol-toner-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.


Tetapi karena desain Avoskin Miraculous Series terlalu identik, sering tertukar antara Refining dan Retinol. Kedepannya ini bisa jadi masukkan perbaikan bagi Avoskin. Supaya tetap ada pembeda antar keduanya. Buat teman-teman, bisa lebih teliti sebelum membeli, yaa.


Baca Juga: [REVIEW] Avoskin Miraculous Refining Toner  | Beneran Hempaskan Komedo dan Pori-pori Besar?






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung fragrance atau parfum sama sekali. Kalau nggak diendus di hidung gue nggak ada bau yang menganggu, yaa. Agak asam sedikit, khas unscented skincare. Tetapi masih sangat bisa ditoleransi. Tergantung sensitivitas indera penciuman kalian masing-masing.




TEXTURE

Tekstur Avoskin Miraculous Retinol Toner adalah kental seperti gel toner. Berbeda dengan Refining Toner yang sangat cair seperti air. Berwarna transparan agak keruh. Daya serap dan daya sebar produk sangat baik. Ada terasa sedikit lengket di kulit setelah diratakan. Namun, setelah dilanjut dengan hydrating toner tidak terlalu terasa lengket lagi. 



                                                

 


                                                                                   

HOW TO USE

- Setelah double cleansing, tuang ke telapak tangan agar mengenai suhu tubuh. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher.

- Sebaiknya hanya dipakai di malam hari. Keesokkan paginya wajib menggunakan sunscreen.

- Bisa digunakan setiap hari apabila toleransi kulit terhadap retinol cukup kuat. Dengan diberi jeda 1 hari off dalam seminggu. Misal, 3 hari pakai, 1 hari off, lalu 3 hari pakai. 

- Disarankan melakukan patch test  terlebih dahulu di area leher dan belakang telinga. Diamkan semalaman. Jika keesokan harinya tidak terjadi iritasi, lanjutkan pemakaian sewajah di malam hari. Atur frekuensi pemakaian jika belum terbiasa menggunakan retinol.


WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.






TIPS LAYERING AVOSKIN MIRACULOUS RETINOL TONER

Di forum gue sering baca cerita teman-teman yang bilang kalau mereka sebenarnya penasaran ingin coba retinol tapi masih parno dan ngerasa bingung atau ribet layering nya. Apalagi menurut pendapat teman-teman banyak active ingredient yang tidak bisa dipakai bersamaan dengan retinol. Padahal, skincare layering is a personal matter. Tetapi, saran gue kalau mau layering retinol dengan bahan aktif, lebih baik gunakan bahan aktif kadar rendah (5% atau kurang).


Contoh:

✔ Berdasarkan pengalaman, di kulit gue pribadi berikut adalah beberapa ingredients yang BISA di-layer dengan Retinol:



1. Retinol dengan Hyaluronic Acid

Retinol dan Hyaluronic Acid sudah semacam soulmate yang tidak terpisahkan. Hyaluronic Acid bantu menjaga kelembaban kulit dengan menyeimbangkan kadar air dan minyak. Retinol sendiri dipercaya bisa mennimbulkan drying effect yang apabila sudah parah, bisa menimbulkan iritasi. Namun, dengan HA sebagai penunjang hidrasi kulit, kemungkinan ini dapat ditekan. Sehingga, penggunaan HA sebagai buffer bagi retinol adalah keputusan yang bijak.


Baca Juga: [REVIEW] MIZZU M Lab Serum Vita H untuk Kulit Kering Dehidrasi dan Mengelupas 




2. Retinol dengan Peptides

Peptides berfungsi merangsang produksi kolagen sedangkan retinol membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati agar tergantikan dengan sel kulit yang baru. Kinerja keduanya saling sinambung dan apabila dilakukan dalam waktu yang bersamaan, tentunya kulit akan tampak jauh lebih sehat, bebas kusam, tidak kehilangan kekencangan serta kekenyalannya. Keduanya merupakan anti aging yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.


Baca Juga: [REVIEW] SNP Prep Peptaroncic Toner - Affordable Toner dengan 5 Types of HA dan 6 Types of Peptides




3. Retinol dengan AHA BHA PHA

Perlu diperhatikan bahwa layering ini merupakan advanced level dan tidak semua jenis kulit mampu menoleransinya. Bagi kalian yang masih pemula dalam dunia "per-retinol-an", I strongly not suggested this combo


Sedangkan bagi kalian yang sudah terbiasa dengan retinol dan ingin advancing skincare layering kalian, cara ini boleh banget dicoba. Tetapi, gue sarankan tidak digunakan untuk setiap malam. Dalam 1 minggu, gue target 1 kali saja atau maksimal 2 kali. Kalau kalian cocok, efeknya bakal glowing paripurna! 


CARANYA:

1. Gunakan exfoliating toner aha, bha, pha. Diamkan selama 10, 15, atau 20 menit.

Baca Juga: [REVIEW] SOMETHINC Glow Maker - Aman untuk Kulit Sensitif, Remaja, Bumil dan Busui? 


2. Lanjutkan dengan hydrating toner. Lebih disarankan yang basic tanpa bahan aktif. Paling bagus jika kaya akan Hyaluronic Acid.

Baca Juga: [REVIEW] SOMETHINC Glow Maker - Aman untuk Kulit Sensitif, Remaja, Bumil dan Busui? 


3. Gunakan retinol jenis apapun. Gue sudah pernah coba pakai baik toner maupun oil serum/ squalane.

Baca Juga: [REVIEW] SOMETHINC Glow Maker - Aman untuk Kulit Sensitif, Remaja, Bumil dan Busui? 




4. Retinol dengan Niacinamide

Kalau yang satu ini biasanya tidak layering dari niacinamide yang potent seperti serum. Jenis produk dengan niacinamide yang biasa gue layer dengan retinol adalah toner, yaitu Avoskin Miraculous Refining Toner. Tetapi, di dalam produk ini sudah mengandung Niacinamide. Jadi, tidak perlu repot layering dengan produk berbeda.




5. Retinol dengan Sunscreen

Khusus untuk poin ini, bukan dalam waktu bersamaan. Gue biasa tidak menggunakan retinol di pagi hari karena retinol cenderung photosensitive. 


Namun, meskipun retinol digunakan pada malam hari sebelumnya, besok paginya kita tetap WAJIB menggunakan sunscreen karena sensitivitas kulit kita terhadap sinar matahari ada kemungkinan terjadi peningkatan.


Baca Juga: [REVIEW] SKIN1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ 




✖ Sedangkan, di kulit gue pribadi berikut adalah beberapa ingredients yang TIDAK BISA di-layer dengan Avoskin Miraculous Retinol Toner:



1. Retinol dengan Vitamin C

Dari sekian bahan aktif yang gue coba gabung dengan retinol, satu-satunya yang tidak bisa ditoleransi sejauh ini adalah Vitamin C. Efeknya malah timbul jerawat di pipi jenis papule atau biasa teman-teman bilangnya "jerawat mendem".



2. Retinol dengan Benzoyl Peroxide

Kandungan Benzoyl peroxide biasanya terdapat pada salep jerawat dengan presentase yang berbeda-beda. Sebenarnya, Benzoyl peroxide merupakan jenis prescripted ingredients yang hanya dapat digunakan atas resep dan pengawasan dokter. Namun, kini sudah banyak dijual bebas. Bahkan di e-commerce.


Alasan kedua bahan ini tidak boleh digabung adalah keduanya sama-sama memiliki potensi untuk membuat kulit menjadi kering yang pada akhirnya malah berpotensi menimbulkan iritasi. Selain itu Benzoyl peroxide juga dapat mengganggu kinerja retinol.





KESIMPULAN


DOs

✔ Retinol + Hyaluronic Acid

✔ Retinol + Peptides

✔ Retinol + Niacinamide

✔ Retinol + AHA BHA PHA

✔ Retinol + Sunscreen (Physical/ Chemical)



DON'Ts

✖  Retinol + Vitamin C

✖  Retinol + Benzoyl Peroxide





 

EFFECTIVENESS

■ GOALS: 

1. Memperbaiki tekstur kulit area dahi yang banyak terdapat beruntusan "whiteheads" serta bekas jerawat kehitaman dan sedikit kemerahan. 

2. Meratakan warna kulit agar nampak skin tone aslinya atau setidaknya setingkat lebih cerah.

3. Mengatasi whiteheads dan pori-pori besar di area sekitar hidung.



RESULTS:

WEEK 1 : Tekstur dan skin tone berubah membaik cukup drastis. Meskipun saat minggu pertama ada beberapa area hidung yang agak memerah. Mungkin karena sudah lama tidak pakai retinol. Jadi di pagi hari lumayan ada redness. Apalagi kulit gue sensitif terhadap matahari. Tetapi tidak ada rasa perih sama sekali, yaa.


Source: Personal Doc.


Untuk area hidung lumayan sudah berkurang whiteheads-nya meskipun belum signifikan. Pori-pori sedikit samar dibanding sebelumnya. Tetapi redness masih ada.


Source: Personal Doc.



WEEK 4 
: Kombinasi double cleasingbha toner, dan retinol toner membuat hasilnya lebih baik dari Week 1. Skin tone terlihat beberapa tingkat lebih cerah dan tetap mempertahankan neutral undertone seperti aslinya.


Source: Personal Doc.



Tidak hanya berkurang whiteheads-nya, tetapi pori-pori juga menjadi lebih samar di area hidung. Gue memang bisa pake exfo + retinol. Baik aha, bha, maupun pha. Hasilnya jauh lebih baik ketimbang hanya single retinol


Source: Personal Doc.

Gue selalu percaya kalau hasil memuaskan dari perubahan kulit itu memang kombinasi tepat dari skincare routine dan lifestyle yang sehat juga. 




CLAIMS CHECKLIST

❌ 1. Memudarkan garis halus.

✅ 2. Menjaga kekencangan kulit.

✅ 4. Mencerahkan kulit.

✅ 5. Memicu regenerasi sel kulit baru.

✅6. Meningkatkan produksi kolagen secara alami.


KETERANGAN:

✅  : Proved
❌  : More time required
⚠️  : Untested




FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Isinya banyak jadi awet. Ukuran 100ml dengan PAO 12M. Asal rutin pakainya, pas kok pasti bisa habis sebelum masa PAO nya habis.

+ Cepat meresap meskipun agak lengket sedikit. Tetapi masih bisa ditoleransi. Setelah lanjut step selanjutnya tidak lengket lagi.

+ Cukup efektif dalam mengencangkan kulit karena terlihat lebih sehat kenyal dan fresh.

+ Cukup efektif dalam mencerahkan kulit.

+ Cukup efektif dalam memudarkan PIH/ bekas jerawat kehitaman

 

Cons (-)

Packaging nya terlalu identik dengan Refining Series, jadi rawan tertukar.

- Harga travel size nya terlalu mahal. Sehingga secara psikologis orang akan cenderung beli full size saja.

- Belum terlihat ada perubahan sama sekali terhadap garis halus. Mungkin butuh waktu (jangka panjang) atau kadarnya terlalu rendah.

 


 

RECOMMENDATION

✅ Avoskin Miraculous Retinol Toner ini termasuk dalam rangkaian Avoskin Miraculous Retinol Series yang diperuntukkan untuk level advanced. Bagi pemula retinol relatif bisa menoleransi kadar 1% Actosome Retinol (0.03% Active Retinol + 0.1% Hexapeptide). 


❌ Namun, tidak disarankan bagi remaja dan ibu hamil. Retinol sebaiknya digunakan mulai usia 20 tahun keatas. Kalau ibu menyusui sebaiknya tanyakan langsung ke dokter, yaa


Intensitas penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner ini aman digunakan setiap malam. Dengan jeda 1 hari di setiap minggunya agar kukit bisa "istirahat". Ini retinol ke-2 gue, yaa. Makanya gue sudah terbiasa dengan retinol. 


Tetapi, buat yang baru coba retinol sebaiknya bertahap dari 1-3x seminggu dulu. Dengan catatan, didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare setelahnya seperti tonermoisturizer, dan keesokan paginya, wajib menggunakan sunscreen.




 Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 1 bulan, PM only.
- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing.
- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

2 comments:

  1. perbandingan hasilnya keliatan sekali ya perbedaannya, bener bener work it ini produk
    saat ini aku pake avoskin serum yang botol kecil mungil mbak, masih awet juga sejauh ini,apa aku yang makenya dikit dikit ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Avoskin Serum berarti yang Refining Series ya Kak Ainun? Aku sempat pakai juga tetapi lebih suka Refining Toner nya. Kalau menurut aku yg penting bukan banyak sedikit tetapi rutin. Hasil yang aku tampilkan di review ini juga besar pengaruhnya sama basic skincare aku yang lain kayak double cleanser, hydratinhg toner, moisturizer, dan sunscreen :)

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.