[REVIEW] SOMETHINC Glow Maker - Aman untuk Kulit Sensitif, Remaja, Bumil dan Busui?

Tuesday, May 18, 2021

Holla!

Apa kabar semuanya? Terima kasih sudah mampir ke blog ini, yaa. Oh ya, kali ini gue mau review exfoliating toner local brand  yang lagi hype banget tahun 2021 ini - review Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Daily Clarifying Treatment Toner 30 Days Result di kulit sensitif dan normal to dry. Panjang, yaa Bund namanya haha. Review ini sudah cukup lama mengendap di draft sebenarnya tetapi baru sempat posting bulan ini hehe. Penasaran sama result dan experience pemakaiannya?

Keep on reading!



ABOUT THE BRAND

SOMETHIC adalah brand asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 2019. Pada awal kemunculannya fokus mengeluarkan serum. Salah satu produk best seller-nya adalah Somethinc Niacinamide 10% and Moisture Beet. Di tahun 2021 ini, Soemthinc mengeluarkan rangkaian basic skincare baru. Setelah sukses dengan Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisture Gel, Somethinc mengeluarkan duo toner, yaitu Somethinc Glow Maker (exfoliating toner) dan Somethinc Supple Power Hyaluronic 9+ Onsen Essence Toner (Source: Somethinc Official Website).





MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to Dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.

**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.

 

 

PRODUCT DETAILS 



Nama Produk : Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Daily Clarifying Treatment Toner
Nama Brand   : Somethinc
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Moderate-strength Exfoliating Toner
Ukuran             : 100ml
BPOM              : NA18201204357
Batch No.        : 20S001-S0T
PAO                  : 12 Months
Expiry Date     : 19.02.24
Harga               : Rp119.000 (normal price)
Tekstur            : watery
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : Somethinc Official Website
Where to buy  : Lazada Promo Diskon 
For & Dist by   : PT Royal Pesona Indonesia Greenlake City Ruko Crown blok B07 Cipondoh - Tangerang


 

 

INGREDIENTS

Water, Butylene Glycol, Glycolic Acid, Arginine, 1,2-hexanediol, Betaine, Allantoin, Lactobionic Acid, Anthemis Nobilis Flower Extract, Salicylic Acid, Caffeine.




CLAIMS

"A mild Daily Exfoliating Toner with a low % of AHA, BHA, PHA that is suitable for beginners or sensitive skin. Exfoliate from the skin's deepest layer to the outermost layer. Clinically proven to get rid of dead skin cells, unclogged pores, soften your ski texture, even out skin tone, removes the remaining dirt so that the skin can absorb serum + moisturizer efficiently, fight acne, blackheads & whiteheads in 30 days." - Somethinc.com

❤ Non-Comedogenic Certified

❤ Dermatologist Tested

❤ Suitable for Acne Prone + Sensitive Skin

❤ Alcohol Free



PACKAGING

Produk ini tidak dilengkapi dengan box packaging. Untuk botolnya sendiri, untuk produk dengan berat bersih 100ml bisa dikatakan pas. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu tinggi. Untuk bahan botolnya terbuat dari plastik berwarna navy gelap. Baik untuk melindungi isi produk yang notabenenya photoreactive atau reaktif terhadap cahaya.


Untuk safety nya produk ini diberi segel hologram untuk melindungi tutup botol agar tidak mudah terbuka serta menjamin keorisinilan produk. Saat dibuka, terdapat pump untuk menaruh kapas. Tujuannya, agar saat ditekan, cairan produk langsung membasahi kapas tanpa kita perlu menuang produk dengan mengangkat botolnya. 






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung fragrance sama sekali dan tidak berbau.




TEXTURE

Tekstur produk ini cair seperti air. Rata-rata tekstur exfoliating toner memang berwarna bening dan sangat runny. Tetapi ketika diaplikasikan di wajah akan terasa sedikit sekali rasa lengket seperti efek umum setelah menggunakan toner. Daya serap dan daya sebar produk sangat baik. Sehingga, hanya perlu sedikit amount untuk seluruh wajah dan leher. Kira-kira 2-3 tetes dengan tangan atau maximizer cotton.

 

                                                

 


                                                                                   

HOW TO USE

- Setelah double cleansing, tuangkan ke kapas atau langsung ke telapak tangan dan tepuk-tepuk di wajah dan leher.

- Bisa dipakai pagi maupun malam. Untuk pemakaian pagi hari wajib diikuti dengan sunscreen.

- Bisa digunakan setiap hari apabila toleransi kulit terhadap acids cukup kuat. Namun, jika melihat kadar acids, produk ini memiliki kekuatan moderate (sedang).

 

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.*


*selengkapnya akan dijelaskan pada bagian "effectiveness".




 

EFFECTIVENESS

Kalau lihat foto di bawah ini, sebenarnya hal yang cukup signifikan terlihat adalah penaikkan skin tone menjadi lebih cerah dari tanggal 28 Maret. Bahkan mulai terlihat minor changes dalam beberapa hari. Sayangnya, di awal pemakaian memang ada sedikit trouble  yang nyaris membuat gue harus merelakan produk ini. But I made it! 



28 MAR 2021

- Kondisi ini diambil pada pagi hari saat bangun tidur. 
- Kulit sedang kusam karena pergeseran undertone  dari neutral  menjadi cenderung lebih war. Hal ini biasa terjadi karena pengaruh aktivitas hormon.

31 MAR 2021

- Sadly, perjalanan gue sama Somethinc Glow Maker ini nggak bisa dibilang mulus. Gue harus ngadepin kulit gatel dan ada beberapa bumps di sekitar rahang. Ada beberapa jerawat kecil juga di dahi, dekat hidung, dan pipi. Tapi anehnya hanya terjadi di pemakaian genap.

- Seminggu gue anggurin dulu produk ini. Ketika kondisi membaik, gue coba nggak pakai kapas. Ternyata berkurang! Nggak muncul bumps lagi. Kayaknya kulit gue memang tidak bisa menoleransi double exfo - physical (kapas) + chemical (toner).



26 APR 2021

- Di hari ini, wajah sudah lumayan cerah hampir mendekati skin tone dan undertone aslinya. 

- Beberapa PIH di dagu sudah mulai pudar.





FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Harganya affordable untuk ukuran toner 100ml dengan ingredients yang cukup esensial.

Packaging botolnya aman karena lubang botol diberi pump agar kemasan tidak mudah bocor sebelum dibuka.

+ Cepat meresap tanpa bikin kulit terasa ketarik.

+ Cukup efektif dalam menyembuhkan jerawat baik pustule maupun papule.

+ Cukup efektif dalam mecerahkan kulit.

 

Cons (-)

Print untuk kode produksi dan expiry date seharusnya bisa ditaruh di bagian bawah botol saja daripada di bagian belakang dan tidak pakai tinta hitam karena susah terbaca.

- Sayangnya, meskipun packagingnya aman gue agak kurang suka dengan bentuk pump seperti ini. Area pump surface nya rawan berdebu. Jadi, kalau nggak pakai kapas potensi terkontaminasinya tinggi. Sedangkan untuk kulit sensitif seperti gue sendiri nggak bisa "double exfo" dengan kapas dan chemical exfoliator.

- Efektivitas untuk whiteheads kurang. Belum ada perubahan berarti setelah pemakaian sebulan dengan intensitas setiap hari (AM-PM) dan hanya jeda 1 hari per minggu.


 


 

RECOMMENDATION

Somethinc Glow Maker contok untuk mild exfoliating baik bagi remaja, ibu hamil, ibu menyusui, exfoliating beginner, dan sensitive skin. Somethinc Glow Maker aman bagi bumil dan busui karena kadar BHA nya masih di bawah 2% (batas maksimum toleransi), yaitu hanya 0,01%.

Bagi kulit normal to dry pun bisa tetap dipakai bahkan aman digunakan setiap hari. Dengan catatan, didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare setelahnya seperti toner, serum, dan moisturizer.





 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 30 hari AM-PM.

- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.