7 Rekomendasi Produk Anti-Aging untuk Usia Minimal 15 Tahun | Bintang Mahayana

January 10, 2021

Holla!

Di postingan kali ini gue akan membahas rekomendasi produk-produk anti-aging mulai dari toner hingga serum yang bisa kalian coba untuk mencegah maupun mengatasi tanda-tanda penuaan ringan. Kalau penasaran apa saja rekomendasinya, keep on reading!

Produk Anti Aging


ANTI-AGING MULAI USIA BERAPA?

Seiring dengan bertambahnya usia, laju regenerasi sel kulit mati di kulit kita akan melambat. Sehingga, walaupun secara alami sel-sel kulit kita mampu meregenerasi dirinya sendiri dalam siklus 28 hari, tentunya tidak akan semaksimal saat muda. Bahkan pada usia lanjut, kulit palpebra (lapisan kulit paling tipis) mengalami atrofi (penurunan massa otot) dan kehilangan elastisitasnya sehingga menimbulkan kerutan dan lipatan kulit yang berlebihan (Tamtomo: 2018). Jika kalian ingin kulit selalu tampak sesuai dengan usia kalian saat ini, maka ini saat yang tepat untuk mulai menggunakan produk anti-aging.

Eitss! Tapi jangan salah, yaa. Kebutuhan akan anti-aging product setiap orang itu berbeda-beda. Banyak teman-teman yang meskipun masih usia belasan tetapi sudah muncul kerutan halus. Terutama di area kulit yang lebih tipis, seperti: area bawah mata. Pengaruh gaya hidup yang tidak sehat seperti begadang, screen time yang tinggi, membaca sambil tiduran, konsumsi makanan yang tidak sehat, jarang olahraga, dan lain sebagainya kerap kali jadi pemicu timbulnya early aging signs (tanda-tanda penuaan dini). Nah, makanya judul artikel ini gue buat mulai usia remaja karena memang dari produk rekomendasi gue berikutnya pun di-claim bisa digunakan mulai usia remaja setara usia 15 tahun ke atas. 

 

1. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner

Dalam produk ini terkadung Alpha Hydroxy Acid (AHA) berupa Glycolic Acid dan Lactic Acid, Beta Hydroxy Acid (BHA), berupa Salicylic Acid, dan Polyhydroxy Acid (PHA) berupa Gluconalactone. Kandungan Glycolid Acid contohnya, selain berfungsi sebagai exfoliant, juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit dan juga sebagai anti-aging. Menurut klaim dari Avoskin, produk ini sudah boleh digunakan oleh mereka yang berusia minimal 15 tahun, loh! Oh ya, produk ini sudah pernah gue bahas secara lengkap di artikel sebelumnya. Bisa klik link di bawah ini yaa untuk full review nya!

Baca Juga: [REVIEW] AVOSKIN Miraculous Refining Toner


2. SNP Prep Peptaronic Toner

SNP Prep Peptaronic Toner

Penggunaan Hydrating Toner dengan Kandungan Peptida juga dapat dijadikan sebagai produk anti-aging. Toner ini mengandung 5 jenis Hyaluronic Acid dan 6 jenis Peptides. Kandungan asam hyaluronate dan peptida dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga membuatnya tampak lebih muda.

Oh ya, karena ini bentuknya toner tentunya less potent dibanding serum. Boleh banget dicoba bagi teman-teman yang masih remaja sekalipun. Dengan catatan, kulit kalian tidak sensitif terhadap fragrance. Produk ini belum gue buat review lengkapnya secara terpisah. Tetapi, kalau kalian pengen gue buatin review nya, silakan komen di bawah, yaa! :)


3. Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum

Sama halnya dengan Avoskin Miraculous Refining Toner, serum ini juga dilengkapi dengan AHA-BHA dan Niacinamide. Serum ini diperkaya dengan ceramide yang dapat menguatkan skin barrier. Sehingga kulit tidak mudah bermasalah. Kandungan AHA-BHA pada serum ini lebin potent dibandingkan tonernya, yaitu AHA 10% dan BHA 3%.


 4. The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane


Retinol sering dijuluki “The Mother of Anti-Aging”. Retinol merupakan turunan dari Vitamin A yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan. Bahkan, mampu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya. Namun, penggunaan retinol lebih disarankan untuk usia 20 tahun ke atas. Retinol juga lebih disarankan digunakan hanya pada malam hari saja. Produk ini juga sudah gue bahas di artikel sebelumnya. Silakan klik link di bawah ini untuk full review nya, yaa.

Baca Juga: [REVIEW] The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

  

5. Safi Age Defy Youth Elixir Serum

Safi Age Dey Youth Elixir Youth Serum

Serum satu ini sebenarnya dapat digunakan baik pada pagi hari maupun malam hari. Namun, untuk pemilik kulit cenderung berminyak, lebih disarankan pada malam hari. Produk ini diperkaya dengan propolis, bee venom, Vitamin C, colloidal gold, dan lain sebagainya yang mampu mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan juga menyamarkan pori-pori besar.

Jujur, ini salah satu serum Vitamin C terbaik yang pernah gue coba karena dalam 2 minggu mampu menyamarkan PIH secara signifikan. Punya gue sudah tinggal 2-3x pemakaian dan berencana untuk repurchase juga. Pada pengen gue buatin artikel lengkapnya nggak, yaa? Komen di bawah ya, sisturs! :)

 

6. Natur Miracle Face Oil Serum Revive Skin Rosehip Oil & Sesame Seed Oil

Natur Miracle Face Oil Serum

Bagi para remaja, produk ini tergolong aman digunakan. Karena kandungan Rosehip Oil dan Sesame Seed Oil relatif tidak berbahaya dan sangat kaya akan Vitamin C dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Ini produk kedua yang mengandung Rosehip Oil yang pernah gue coba. Tetapi, produk sebelumnya berbentuk moisturizer. Sedangkan produk ini bentuknya adalah face oil serum. Jadi, bisa masuk di slot oil-based serum maupun face oil. Soalnya, meskipun namanya face oil serum, konsistensinya lumayan runny

Dengar-dengar dari teman-teman yang sudah pernah pakai pure rosehip oil, katanya biasanya baunya rada amis gitu. Tetapi, rosehip oil ini enggak, kok. Nggak ada fragrance nya juga dan lebih tercium herbal samar-samar. Bahkan nyaris nggak berbau. Review lengkapnya juga sudah pernah tayang di blog dan bisa dibaca di sini, yaa:

Baca Juga: [REVIEW] NATUR Miracle Face Oil Serum Revive Skin Rosehip Oil & Sesame Seed Oil


7. L’Oreal Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

L'Oreal Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Serum ini sempat hitz di US karena terjual sebanyak 1 buah setiap 60 detik. Hyaluronic Acid sangat baik untuk menghidrasi kulit agar pori-pori juga terlihat lebih samar dan kulit nampak lebih bercahaya. Serum ini akan lebih baik apabila digunakan bersama retinol. Oh ya, kalau kalian mau nonton IG TV Review gue di Instagram bisa klik di sini yaa.


Jadi, produk anti-aging mana yang ingin kalian coba?

 


***

Referensi

Tamtomo, Didik Gunawan. 2018. Perubahan Anatomik Organ Tubuh pada Penuaan. Diakses pada 14 November 2020 dalam https://library.uns.ac.id/perubahan-anatomik-organ-tubuh-pada-penuaan/ 



Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu yang berbeda-beda.
- Artikel ini tidak terafiliasi dengan pihak manapun.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Contact Me: 
https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.



No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.