[REVIEW] WESTCARE Bounce and Glow Serum & Hydrating Cleanser Remover | Bintang Mahayana

Holla!
Di postingan kali ini, gue mau review Westcare products yang lagi hype banget di social media. Westcare Bounce and Glow Serum dan Westcare Hydrating Cleanser Remover.
Kalau kalian penasaran sama review Westcare nya dan mau tahu pengalaman gue setelah menggunakan kedua produk Westcare tersebut, keep on reading!


ABOUT THE BRAND
Westcare adalah brand lokal baru yang baru mulai memasarkan pada bulan Mei 2020. Total Ada 7 Varian yang dikeluarkan Westcare. Air merupakan kandungan paling besar dalam produk skincare (sekitar 80%). Oleh karena itu Westcare menggunakan air terbaik. Produk Westcare menggunakan air pharma grade yang kualitasnya lebih tinggi dibanding cosmetic grade. Tidak menggunakan parfum sehingga aman untuk kulit sensitif. (Source: https://www.westcare.id/ ). Untuk info lebih lengkapnya, kalian bisa akses laman Official IG Westcare dan Official FB Westcare.



MY SKIN PROFILE
Skin Type              : Normal to Dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone

*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Bahkan, terkadang kulit gue mudah memerah saat cuci muka dengan sabun walaupun tanpa cleansing tool.

**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila gue sedang mencoba produk baru, nggak butuh waktu lama untuk tahu reaksinya. Terutama untuk produk yang tidak mengandung bahan aktif yang seharusnya tidak berpotensi purging. Berarti, bisa dipastikan cocok atau tidaknya.



Westcare Bounce and Glow Serum 


Westcare Bounce and Glow Serum ini diperkaya denganHyaluronic Acid dan Vitamin B5 sebagai moisturizer. Selain itu juga terdapat Golden C yang merupakan kandungan vitamin C yang dilapisi emas sehingga bisa mempenetrasi kulit ke lapisan yang lebih dalam. 


PRODUCT DETAILS
Nama Produk         : Westcare Bounce & Glow Serum
Nama Brand           : Westcare
Negara Asal           : Indonesia
Jenis Produk         : Serum
Ukuran                    : 30ml
Batch No.               : F00901
BPOM                      : NA18190125159
Halal Certification : 00150101430120
PAO                          : 12 M/ 1 year
Expiry Date             : JUN 22
Harga                      : Rp250.000
Tekstur                   : liquid gel
Jenis Kulit              : All Skin Type*
Website                   : www.westcare.id
Where to buy          : Shopee Westcare**
Manufactured by   : PT Sendang Mitra Pesona Jl Manis Raya No.14 Kawasan Industri Manis Tangerang, Tangerang-Indonesia

*Website Claim berkaitan dengan jenis kulit yang untuk. Silakan baca sampai akhir untuk informasi dan rekomendasi lebih lanjut.
** Untuk pembelian tersedia di Website, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

INGREDIENTS
Water, PropanediolAlcohol, Niacinamide, Pentylene Glycol, Glycerin, Butylene Glycol, Coco-Caprylate / Caprate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Panthenol, Saccharide Isomerate, Phenoxyethanol, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Triethanolamine, Xanthan Gum, Madecassoside,  Polyacrylate Crosspolymer-6, Chlorophenesin, SorbitolDisodium Edta, Hydrolyzed Royal Jelly Protein, Citric acid, Sodium citrate, Caprylyl glycol, Sodium Carrageenan, Jania Rubens Extract,  1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin, Glyceryl Caprylate, Chlorella Vulgaris Extract, Phenylpropanol, Lactic Acid/ Glycolic Acid CopolymerPolyvinyl Alcohol, Ascorbic Acid, Gold, Heptapeptide-15 Palmitate, Gluthatione.

__   Actives
__   Alcohol
__   Antioxidant
__   Essential oils
__   Humectant
__   Non-Vegan
__   Preservative




CLAIMS


Berdasarkan informasi yang tertera di website Westcare jelas banget ada banyak manfaat Westcare yaa. Tetapi apakah sesuai dengan claim nya? Benarkah jenis kulit yang cocok untuk Westcare adalah all skin types. Bahkan kulit acne prone dan sensitive sekalipun? Lanjutkan membaca, yaa :)


PACKAGING

Untuk product packaging dari Westcare Bounce and Glow Serum ini cukup simple and sleek. Bagian luar terbuat dari kardus berwarna dominan putih sedangkan bagian dalam berupa botol pipet berbahan dasar acrylic dengan label berwarna cream peach khas Westcare.

Box packaging nya pun lengkap banget informasinya. Sehingga nggak usah ragu buat kita sebagai customer kalau produk ini aman. Sudah teregistrasi BPOM dan juga mendapatkan sertifikasi Halal. Bahkan ada logo PAO nya juga.




FRAGRANCE
Westcare Bounce and Glow Serum ini memang tidak mengandung fragrance. Tetapi, karena alcohol nya ada di urutan ke-3 dalam ingredient list, aromanya agak sedikit chemical

Saran
- Tidak direkomendasikan bagi bagi kulit yang sensitif terhadap alcohol.



TEXTURE
Tekstur dari Westcare Bounce and Glow Serum ini agak kental berwarna putih keruh. Namun, mudah dibaurkan dan cepat meresap. Setelah diaplikasikan juga tidak meniggalkan residu maupun kesan lengket sama sekali. Meskipun kelihatannya sekilas serum ini memiliki tekstur yang thick, nyatanya yang gue rasakan ketika di-layer dengan skincare lain serum ini mampu bekerja sama dengan baik dan mudah penetrasi ke dalam kulit.



HOW TO USE
Setelah double cleansing, hydrating toner, dan essence (jika menggunakan), tuang 2-3 drops Westcare Bounce and Glow Serum ke telapak tangan. Bisa juga langsung teteskan pada 3 titik wajah (dahi dan kedua sisi pipi). Pijat ke arah luar wajah dan beri gerakan memutar ke atas. Tunggu beberapa saat (kira-kira minimal 20 detik), lalu lanjutkan dengan moisturizer beserta step skincare selanjutnya (jika ada).


BEFORE - AFTER
Beberapa waktu lalu, gue sempat mengalami hormonal acne di area pipi bawah dekat dagu. Bahkan sampe timbul jerawat merah-merah. Fotonya sengaja agak gue blur demi kenyamanan berasama yaa teman-teman. Tetapi blurry pun masih jelas terlihat PIE nya yang gue tandai masing-masing dengan red circle. Kelihatan banget yaa bedanya. Untuk PIH ringan atau sangat ringan memang lumayan pudar. Tetapi untuk PIH yang cukup gelap belum ada tanda-tanda perubahan yang signifikan.



Sedangkan untuk daerah dahi, efek prominent dari manfaat Westcare Bounce and Glow Serum yang gue rasakan memang kulit terlihat lebih cerah glowing. Perlahan tekstur kulit akibat whiteheads juga membaik. Kemerahan yang ditandai dengan yellow circle juga hilang.


FINAL VERDICT
Pros (+)
+ Packaging nya lucu banget dan ukurannya pas buat pemakaian 1-3 bulan.
+ Pipet nya juga memudahkan untuk ambil produknya.
+ Teksturnya cepat meresap tanpa meninggalkan residu.
+ Cepat banget meredakan PIE atau bekas kemerahan akibat jerawat.
+ Mampu calming jerawat yang belum ada matanya jadi nggak terlalu sakit.
+ Mampu memperbaiki tekstur kulit akibat whiteheads secara perlahan.
+ Meskipun mengandung acids, wanginya tidak terlalu menyengat dan masih bisa ditoleransi hidung.
+ Mencerahkan kulit dan membuatnya tidak mudah kusam.
+ Membuat kulit terlihat glowing dan bouncy seperti namanya.

Cons (-)
- Sayangnya, meskipun mengandung Niacinamide, Vit C, dan AHA, serum itu tidak secepat itu memudarkan PIH atau bekas kehitaman. Mungkin karena yang ada di urutan atas adalah Niacinamide yang memang butuh waktu lama di kulit gue (1-3 bulan) dibanding Vitamin C.
- Price point jujur ini agak mahal untuk sebuah serum lokal. Meskipun ingredients yang terkandung di dalamnya worth to try.



RECOMMENDATION
Jenis kulit yang cocok untuk Westcare Bounce and Glow Serum ini adalah all skin type kecuali bagi kulit yang sangat sensitif terutama terhadap alcohol. Kulit gue normal to dry (mostly normal), acne-prone, sensitive-reactive tetapi tidak sensitif terhadap alcohol jenis apapun. Memang sempat purging sekali di awal pemakaian tetapi hanya sebentar dan hanya timbul 1 jerawat yang langsung hilang. 

Bagi teman-teman yang sedang struggling dengan PIE atau kemerahan di wajah, I highly recommend this one karena efek Marula Oil nya memang bisa dijadikan sebagai healing agent dan calming juga. Jangan lupa ditaruu di kulkas supaya kandungan aktif di dalamnya, terutama Vitamin C nya tidak mudah oksidasi atau rusak.



Westcare Hydrating Cleanser Remover 

Westcare Hydrating Cleanser Remover memiliki fungsi yang sama seperti Micellar Water. Dapat mengangkat makeup yang susah dihapus dan tidak perlu dibilas. 



PRODUCT DETAILS
Nama Produk         : Westcare Hydrating Cleanser Remover 
Nama Brand           : Westcare
Negara Asal           : Indonesia
Jenis Produk         : First Cleanser/ Make Up Remover
Ukuran                    : 100ml
Batch No.               : C0010
BPOM                      : NA18191235596
Halal Certification : 00150101430120
PAO                          : 12 M/ 1 year
Expiry Date             : MAR 22
Harga                      : Rp120.000
Tekstur                   : liquid/ oil
Jenis Kulit              : All Skin Type*
Website                   : www.westcare.id
Where to buy          : Shopee Westcare*
Manufactured by   : PT Sendang Mitra Pesona Jl Manis Raya No.14 Kawasan Industri Manis Tangerang, Tangerang-Indonesia

*** Untuk pembelian tersedia di Website, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.


INGREDIENTS
Water, C15-19 Alkane, Cetyl Ethylhexanoate*, Propanediol, Isohexadecane, Sclerocarya Birrea Seed (Marula Oil), Phenoxyethanol, Panthenol, Sodium Chloride, Hydrolized Royal Jelly Protein, Disodium Edta, CI 16255 

__   Alcohol
__   Antioxidant
__   Colorant
__   Essential oils
__   Humectant
__   Non-Vegan
__   Preservative


*Cetyl Ethylhexanoate : merupakan sintetik ester dari cetyl alcohol dan 2-ethylhexanoic acid (Source: go.drugbank.com)


CLAIMS



PACKAGING
Gue nge-fans banget sama packaging Westcare Hydrating Cleanser Remover ini karena simple dengan aksen silver di bagian tengah yang menunjukkan nama brand. Meskipun yang gue ga terlalu sukanya, tulisan nama produk yang berwarana cream font nya terlalu kecil. Jadi kalau pengguna kacamata apalagi yang silinder kayak gue, kalo mau baca jelas harus dari jarak dekat banget. Oh ya, box packaging nya juga gue suka karena typical clean design. Terlebih lagi yang paling penting adalah informasi yang disajikan mengenai produknya itu lengkap.




FRAGRANCE
Di ingredient list gue nggak melihat ada fragrance. Ketika digunakan juga nggak akan terlalu terasa ada wangi kecuali kalau diendus. Wanginya seperti peanut dan white chocolate di hidung gue haha. Manis-manis gimana gitu. Mungkin itu wangi dari si Marula Oil alias Sclerocarya Birrea Seed nya kali yaa?


TEXTURE
Tekstur Westcare Hydrating Cleanser Remover ini cair dengan sedikit oil. Memang di awal aplikasi agak terasa licin. Awalnya gue kira ini semacam cleansing oil yang bisa dipakai tanpa kapas. Tetapi, setelah diberi air tidak terlalu emulsify kecuali digunakan sebagai Make Up Remover baru terlihat emulsifying. (Lihat foto Before-After).


HOW TO USE
Sebelum membersihkan wajah, kocok terlebih dahulu. Kemudian tuang 2-3 pump ke telapak tangan atau kapas. Pijat memutar bila menggunakan tangan atau sapukan ke arah luar wajah jika menggunakan kapas.

Note: menurut instruksi tidak perlu dibilas. Tetapi, bagi gue pribadi cleanser ini agak kurang nyaman kalau tidak dibilas. Jadi, sehabis menggunakan Westcare Hydrating Cleanser Remover gue lanjutkan dengan penggunaan second cleanser.


BEFORE - AFTER

Manfaat Westcare Hydrating Cleanser Remover ini selain sebagai first cleanser saat tidak menggunakan make up, juga bisa digunakan sebagai Make Up Remover. Pada foto ke-1 (paling atas), gue menggunakan matte lipstick sebagai media untuk menunjukkan efektivitas Westcare Hydrating Cleanser Remover. Terlihat di foto ke-2 (tengah), langsung melted tanpa dicampur dengan air terlebih dahulu. Di foto ke-3 (paling bawah), adalah kondisi setelah dibilas dengan air dan dikeringkan. Kelihatan jelas ya bedanya.





FINAL VERDICT

Pros (+)
+ Packaging botol maupun box nya simple and sleek.
+ Make Up Remover produk ini efektif banget.
+ Tidak terasa lengket meskipun agak licin.
+ Mampu melembabkan kulit.
+ Untuk ukuran 100ml dengan harga 120k ini termasuk affordable.

Cons (-)
+ Font nama produk agak terlalu kecil.
+ Terasa licin jika tidak menggunakan kapas.



RECOMMENDATION
Jenis kulit yang cocok untuk Westcare Hydrating Cleanser Remover ini sepertinya untuk dry skin maupun super dry skin type, yaa. Produk ini lebih gue rekomendasikan untuk teman-teman yang memang pengguna make up dan atau punya kulit yang kering maupun sangat kering. 

Sepertinya untuk teman-teman yang kulitnya sangat oily ini akan terlalu licin. Karena sehabis cuci muka ini nggak terasa kesat. Kecuali memang dilanjutkan langsung dengan second cleanser yang foamy gue rasanya akan lebih terasa nyaman di kulit.


***


Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk selama 1 minggu dengan pemakaian AM-PM untuk Westcare Bounce and Glow Serum & PM saja untuk Westcare Hydrating Cleanser Remover.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Contact Me: 
https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.