[REVIEW] Daisy Organic Face Mask - Masker Organik Super Affordable for All Skin Types | Bintang Mahayana

Holla!
Di postingan kali ini gue akan review masker organik. Masker organik adalah skincare yang cocok untuk remaja. Di review ini gue benar-benar diajak nostalgia ke tahun 2015-an di mana gue lagi hobi banget explore masker organik. Tiba-tiba di penghujung tahun 2020 ini gue berkesempatan untuk mencoba masker organiknya Daisy Organic Face Mask Sebenarnya gue dikirimin seluruh varian travel size nya. Tetapi yang akan gue review secara detail ada 2 varian, yaitu Green Tea dan Chocolate karena selain peruntukkannya paling sesuai dengan jenis kulit gue, hasilnya prominent di kulit gue yang normal namun terkadang kering juga. Untuk varian lainnya, gue akan tetap berikan detail ingredients dan claim nya, yaa. Kalau penasaran, keep on reading!




ABOUT THE BRAND
Daisy Organic Face Mask merupakan local brand yang memiliki produk andalan berupa  masker organik. Daisy Organic Face Mask berbahan dasar natural oats yang dikombinasikan dengan bahan-bahan natural lainnya yang disesuaikan dengan klaim produk serta kebutuhan kulit.

Terdapat 4 varian Daisy Organic Face Mask, yaitu:
1. Milk
Milk berfungsi untuk mencerahkan kulit agar tidak mudah kusam. Recommended untuk normal skin.

2. Green Tea
Greentea berfungsi untuk mengatasi jerawat meradang karena mampu menenangkan kulit. Recommended untuk acne-prone skin dengan berbagai jenis kulit.

3. Strawberry
Strawberry berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih dan mengurangi beruntusan atau whiteheads (jenis jerawat paling ringan. Recommended untuk oily skin.

4. Chocolate
Chocolate berfungsi untuk melembabkan kulit sehingga kulit tampak glowing alami. Recommended untuk normal to dry skin.

Pada dasarnya, masing-masing varian memiliki klaim dapat mencerahkan kulit (dengan pemakaian rutin). Masing-masing berbahan dasar milk dan natural oats yang juga mampu menenangkan kulit.


MY SKIN PROFILE

Skin Type                 : Normal to Dry
Skin Tone                 : Light
Skin Undertone       : Neutral
Skin Concerns    : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Dark Under eyes Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone

*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Bahkan, terkadang kulit gue mudah memerah saat cuci muka dengan sabun walaupun tanpa cleansing tool.

**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila gue sedang mencoba produk baru, nggak butuh waktu lama untuk tahu reaksinya. Terutama untuk produk yang tidak mengandung bahan aktif yang seharusnya tidak berpotensi purging. Berarti, bisa dipastikan cocok atau tidaknya.



DAISY ORGANIC FACE MASK - GREEN TEA



PRODUCT DETAILS
Nama Produk : Daisy Organic Face Mask Green Tea
Nama Brand   : Daisy Organic Face Mask
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk   : Organic Face Mask
Ukuran            : 20gr (Travel Size)/ 60gr (Full Size)
PAO                 : 3 bulan*
Expiry Date     : NOV 2021
Harga               : Rp15.000,00 (Travel Size)/ Rp35.000,00 (Full Size)
Tekstur            : powder
Jenis Kulit       : All Skin Type/ Acne Prone
Website            : Instagram Account @thriftysoul.id
Where to buy  : Shopee @daisyorganicsurabaya

*PAO 3 Bulan merupakan info dari pihak distributor Daisy Organic Face Mask yaitu @thriftysoul.id


INGREDIENTS
Pure premium green tea powder, pure green tea leaf, natural rolled oat, milk, vitamin e, our secret recipe
*Daisy Organic Face Mask Secret Recipe

Saran : Sejujurnya gue prefer kalau ingredients di-list apa adanya saja. Karena, kita sebagai konsumen memang berhak tau soal apa saja yang terkandung dalam produk yang kita pakai. Jadi, saran untuk Daisy Organic mungkin bisa lebih transparan soal ini. Meskipun gue percaya, sih di dalamnya tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Apalagi untuk produk yang notabenenya organic skincare.


CLAIMS

 Source: instagram.com/thriftysoul.id


PACKAGING
Packagingnya dari ziploc plastic yang lucu. 
Untuk varian Green Tea, warna plastiknya hijau matcha dan ada ilustrasi tea pot  dan tea cup nya seperti matcha drink. Tetapi, ini tidak untuk diminum yaa teman-teman hihi.

Ada bagian plastik yang transparan. Sehingga kita bisa lihat isi produk di dalamnya. Sayangnya untuk yang travel size belum memilili ziplock. Jadi, kalau mau dibawa bepergian lebih disarankan dipindah ke mini jar atau bawa ziplock plastic maupun paper clip.


FRAGRANCE
Produk ini tidak mengandung artificial fragrance sama sekali. Jadi, bisa dipastikan aman untuk teman-teman dengan kulit yang sensitif terhadap fragrance. Produk ini juga bebas dari alcohol. Sehingga, tidak ada bau menyengat. 


TEXTURE
Tekstur produk ini cukup soft untuk mask powder nya. Tetapi nggak bikin adonannya mudah terbang gitu, loh (paham, kan?). Biasanya produk masker bubuk gini kalau dicampur air entah mudah terbang atau menggumpal. Jadi susah diaduk. Tetapi, Daisy Organic Face Mask ini nggak sama sekali. Mudah menyatu dengan air dan pengaplikasiannya juga mudah.

Teksturnya tetap padat meskipun lembut. Jadi, nggak gampang keenceran juga kalau air nya agak kebanyakan. Tetapi nggak mudah menggumpal juga kalau airnya agak kurang. Biasanya gue pakai masker dan air nya dengan perbandingan 1:1. Tapi, gue personally lebih suka kalau agak encer. Soalnya lebih mudah bilasnya dan lebih nggak bikin ketarik.




HOW TO USE
1. Buka kemasan bagian atas (agar mudah dilipat saat disimpan kembali). Ambil kira-kira 2 sdt atau sesuai kebutuhan.
2. Campurkan dengan sedikit air. Perbandingan masker dan air kira-kira 2:1. Boleh juga jika air diganti dengan rose water (jika ada).
3. Aduk rata sampai menjadi adonan masker yang tidak menggumpal. Oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah yang sudah bersih. Hindari area mata dan bibir. Khusus untuk varian Green Tea gue pakai sampai undereye untuk mengurangi puffy eyes.


4. Diamkan selama 10-15 menit. Untuk kulit yang sangat kering tidak perlu menunggu sampai masker benar-benar kering. Kira-kira 7-10 menit cukup.
5. Bilas dengan air hingga bersih. Tidak perlu menggunakan facial wash lagi. Langsung lanjutkan dengan hydrating toner dan skincare steps selanjutnya.






DAISY ORGANIC FACE MASK - CHOCOLATE



PRODUCT DETAILS
Nama Produk : Daisy Organic Face Mask Chocolate
Nama Brand   : Daisy Organic Face Mask
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk   : Organic Face Mask
Ukuran            : 20gr (Travel Size)/ 60gr (Full Size)
PAO                 : 3 Bulan*
Expiry Date     : NOV 2021
Harga               : Rp15.000,00 (Travel Size)/ Rp35.000,00 (Full Size)
Tekstur            : powder
Jenis Kulit       : Normal to Dry 
Website            : Instagram Account @thriftysoul.id
Where to buy  : Shopee @daisyorganicsurabaya

*PAO 3 Bulan merupakan info dari pihak distributor Daisy Organic Face Mask yaitu @thriftysoul.id



INGREDIENTS
Pure premium chocolate powder, natural rolled oat, milk, vitamin e, our secret recipe*.

Saran : Sama halnya dengan varian Green Tea. Sejujurnya gue prefer kalau ingredients di-list apa adanya saja. Karena, kita sebagai konsumen memang berhak tau soal apa saja yang terkandung dalam produk yang kita pakai.



CLAIMS

Source: instagram.com/thriftysoul.id


PACKAGING
Sama dengan varian Green Tea, varian cgocolate ini packagingnya dari ziploc plastic yang lucu. Hanya bedanya, warnanya coklat dan ada ilustrasi coklat sesuai dengan ingredient-nya.

Ada bagian plastik yang transparan. Sehingga kita bisa lihat isi produk di dalamnya. Sayangnya untuk yang travel size belum memilili ziplock. Jadi, kalau mau dibawa bepergian lebih disarankan dipindah ke mini jar atau bawa ziplock plastic maupun paper clip


FRAGRANCE
Produk ini tidak mengandung artificial fragrance sama sekali. Jadi, bisa dipastikan aman untuk teman-teman dengan kulit yang sensitif terhadap fragrance. Produk ini juga bebas dari alcohol. Sehingga, tidak ada bau menyengat. 


TEXTURE
Tekstur produk ini cukup soft untuk mask powder nya. Secara keseluruhan hampir nggak ada bedanya dengan varian Green Tea kecuali warna nya saja. Kalau green tea muted matcha kalau Chocolate warnanya milk chocolate


Teksturnya tetap padat meskipun lembut. Jadi, nggak gampang keenceran juga kalau air nya agak kebanyakan. Tetapi nggak mudah menggumpal juga kalau airnya agak kurang. Biasanya gue pakai masker dan air nya dengan takaran masing-masing 1sdm dan 1sdt.



HOW TO USE
1. Buka kemasan bagian atas (agar mudah dilipat saat disimpan kembali). Ambil kira-kira 2 sdt atau sesuai kebutuhan.
2. Campurkan dengan sedikit air. Perbandingan masker dan air kira-kira 2:1. Boleh juga jika air diganti dengan rose water (jika ada).


3. Aduk rata sampai menjadi adonan masker yang tidak menggumpal. Oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah yang sudah bersih. Hindari area mata dan bibir.
4. Diamkan selama 10-15 menit. Untuk kulit yang sangat kering tidak perlu menunggu sampai masker benar-benar kering. Kira-kira 7-10 menit cukup.
5. Bilas dengan air hingga bersih. Tidak perlu menggunakan facial wash lagi. Langsung lanjutkan dengan toner dan skincare steps selanjutnya.


Berikut gue coba pakai bersamaan dengan varian Green Tea di area wajah yang berbeda. Green Tea fokus di T-Zone dan undereyes sedangkan Chocolate fokus di area pipi yang terdapat beberapa bekas kehitaman (PIH).



BEFORE-AFTER



FINAL VERDICT

Pros (+)
+ Desain packaging yang lucu. (Both)
+ Harga yang super affordable dengan isi yang banyak. (Both)
+ Mencerahkan dan menjaga kulit agar tidak mudah kusam. (Both)
+ Mengurangi dark undereyes. (Green Tea)
+ Membuat kulit terasa halus (Chocolate)
+ Membantu penyembuhan hormonal acne. (Both, but Chocolate is slightly faster)
+ Aromanya calming dan enak banget. (Both)
+ Melembabkan kulit. (Chocolate)
NO Purging. (Chocolate, Green Tea sempat purging sekali di T-Zone area.)


Cons (-)
- Untuk varian Green Tea residu oat nya agak lumayan. Harus hati-hati waktu bersihin wajah supaya nggak clogging pores. (Green Tea)
- Varian Green Tea sehabis pakai agak drying dibanding Chocolate. Jadi harus segera pakai hydrating toner. (Green Tea)
Ingredient lists tidak disertakan secara lengkap. (Both)
- Untuk PIH/ bekas kehitaman belum ada perubahan yang cukup berarti. Mungkin harus lebih lama dan dibantu skincare lain juga yaa.
- Tidak ada PAO label. Sedangkan emboss expiry date pada kemasan kurang jelas karena sama dengan warna kemasan. (Both)


Notes : Teman-teman, aku paham yaa banyak yang concern soal produk ber-BPOM. Memang produk organik itu pada dasarnya nggak pakai bahan preservatives atau pengawet (mostly). Jadi, nggak semudah itu lolos uji BPOM. Tetapi bukan berarti serta merta bisa disimpulkan produknya nggak aman. Buktinya gue pakai sendiri dan so far so good

Gue pun sudah klarifikasi ke pihak Daisy kalau bahan baku yang mereka gunakan sudah lulus uji BPOM. Meskipun untuk individual produknya sendiri masih dalam proses. Semoga kedepannya bisa segera direalisasikan dan jadi bahan pertimbangan buat Daisy soal transparansi ingredient list nya juga yaa. 



RECOMMENDATION
For Normal to Dry Skin Type
Jujur, kalau disuruh milih dari 2 varian yang gue coba antara Green Tea dan Chocolate gue prefer Chocolate. Gue ngerasa after effect nya lebih nyaman di kulit. Mungkin karena gue normal skin cenderung dry, Green Tea agak drying

For Combination to Oily Skin Type
Selama ini yang gue tau juga produk-produk berbahan dasar Green Tea lebih direkomendasikan untuk combination to oily. Bisa juga coba yang varian Strawberry. Meskipun gue nggak bisa review lebih jauh karena varian ini bukan untuk skin type gue. 

For Acne Prone Skin
Untuk jerawat sendiri gue ngerasa healing nya slightly faster untuk varian Chocolate. Meskipun yang Green Tea juga tetap bisa kok untuk jerawat. Gue pakai keduanya secara bersamaan maupun bergantian. Lumayan menekan pertumbuhan hormonal acne. Biasanya gue bisa tumbuh sampai 4 dan agak lama. Sewaktu pakai keduanya cuma 1-2 dan hanya dalam waktu singkat 1-2 hari aja.

For Dark Undereyes
Varian Green Tea buat dark circle works like magic! Bisa dilihat si foto Before-After, area inner corner yang gelap agak fading. Meskipun nggak signifikan tetapi kelihatan, kan bedanya?





***
Thank you all for droping by!
May us all glow inside and out.
- Bintang Mahayana -




Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk selama 2 minggu pemakaian.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk didapatkan dari PR Package kerja sama dengan @thriftysoul.id authorized distributor of Daisy Organic Face Mask
- Contact Me: https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.


No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.