[REVIEW] HAPLE 100% Pure Rose Water & 100% Pure Shea Butter | Local Products untuk Mengatasi Ketombe

Holla!
Di postingan kali ini, gue mau berbagi review setelah pakai produk lokal HAPLE 100% Pure Rose Water dan HAPLE 100% Pure Shea Butter terutama dalam membantu gue mengatasi masalah ketombe. Yeay! Support local products! Selain harganya terjangkau, mudah didapat, dan manfaatnya juga nggak kalah, loh! Produk lokal yang akan gue review kali ini adalah dari brand lokal Haple. Kalau penasaran gimana pendapat gue tentang produk Haple yang udah gue coba, keep on reading!



My Hair and Scalp Condition

Sehari-hari gue pakai hijab, kadang kalau habis keramas dan buru-buru, nggak sempat ngeringin rambut sampai benar-benar kering. Otomatis, bikin ketombe-an, deh :( Tapi, jenis ketombe gue ini kombinasi. Kalau lagi keringetan banget atau telat keramas beberapa hari, biasanya yang muncul adalah ketombe basah. Tapi, kalau keseringan keramas atau kondisi kulit kepala lagi kering, biasanya yang muncul adalah ketombe kering putih gitu. Sebenarnya ketombe kering gue nggak separah psoriasis, tapi cukup mengganggu karena gatal. 

Untuk masalah batang rambutnya sendiri, dulu sempat bercabang (split-end) yang jenis baby split, tapi sekarang udah enggak alhamdulillah semenjak pakai Shampoo yang cocok. Gue pakai Yves Rocher Nutrition Shampoo. Sudah pernah gue review, jadi bisa kalian baca di link di bawah yaa. Selain itu sebenarnya rambut gue bukan tipe yang lepek tapi cenderung mengembang. Cukup sering rontok juga. Obviously, karena ketombe jadinya kekuatan akar rambut kita akan berkurang. Kalau telat keramas juga langsung gampang bau gitu rambutnya :(


So, bagaiamana caranya gue mengatasi permasalahan 
rambut dan kulit kepala tersebut?


HAPLE - 100% Pure Rose Water

Produk ini memang bisa multifungsi, bisa digunakan sebagai facial spray, hair spray, dan body spray. Tapi, gue paling suka jadiin ini sebagai hair spray. Memang sedari awal niatnya pakai untuk rambut biar nggak bau. Karena, setelah baca-baca juga, katanya kandungan rose water itu bisa menyeimbangkan pH kulit dan bisa mengatasi ketombe juga. Mana harganya terjangkau, kan yaudah deh beli di Official Shopee nya Haple. Gue coba beli yang kemasan 100ml dulu karena first purchase. Tapi, mereka ada juga kok yang kemasan lebih besar 250ml.

Product Details



Nama Produk          : Haple 100% Pure Rose Water
Nama Brand            : Haple
Negara Asal             : Indonesia
Jenis Produk            : Facial Spray, Body Spray, and Hair Tonic
Ukuran                     : 100ml 
PAO                           : 2 minggu (suhu ruang)/ 6 Bulan (dalam kulkas)
Harga                        : Rp39.000,00
Purchasing Point   : Haple 
Official Shopee 
Tekstur                     : Cair 
Jenis Kulit                : All Skin Type


Ingredients

100% Pure Rose Water - Chemical Free


Packaging

Gue suka packagingnya lucu dan simple kecuali pemilihan font di label nya aja sih. But that's just my personal preference. Yang penting, spritzer nya halus ketika dipakai. Jadi, sekali semprot bisa nyebar  dan nggak bikin banjir karena partikel air yang keluar lumayan halus dan nggak terlalu berasa. Botolnya plastik jadi nggak berat dan travel friendly. Sayangnya, yang punya gue tutupnya agak susah dilepas dan kalau nggak bener-bener clicked bisa miring. Tapi, bagusnya jadi aman karena nggak gampang kebuka atau lepas. 

Fragrance

Pelu diketahui, ini pertama kalinya gue coba pakai pure rose water. Menurut gue wanginya lumayan strong. Tapi ya hanya bau mawar aja. Jadi inget wanginya hair spray  di salon jaman jadul haha. Nggak mengganggu, sih.

How to Use

- Sebagai facial spray, cukup semprotkan ke wajah dengan jarak + 15 cm sehabis cuci muka. Biasanya gue pakai ini setelah hydrating toner. Bisa juga saat cuaca panas, sebagai facial mist supaya wajah terasa segar. Sebenarnya, mereka rekomen dipakai sebelum face oil. Tapi, karena gue nggak pakai face oil sama sekali, ya pakai ini pokoknya di step pertama sehabis cuci muka pakai facial wash yang biasanya.

- Sebagai body spray, bisa langsung disemprotkan ke bagian-bagian tubuh yang diinginkan sehabis mandi. Terutama di area-area lipatan yang sering kering dan menghitam.

- Sebagai hair tonic, bisa digunakan setelah keramas dan pakai Haple 100% Pure Shea Butter sebagai conditioner/ hair mask. Tunggu rambut setengah kering atau benar-benar kering dan semprotkan ke kulit kepala, batang rambut, hingga ujung rambut. Kemudian pijat-pijat ringan untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Thoughts on This Product

Pros
- Spritzer nya halus kalau produknya masih banyak dan disemprotkan dari jarak
minimal 30cm dari wajah, jadi nggak bikin banjir.
- Kalau ditaruh di kulkas dan disemprot ke wajah bikin segar banget.
- Sebagai body spray ini enak karena bikin dingin.

- Sebagai hair tonic juga lumayan bikin rambut jadi sedikit lebih halus dan kulit kepala 
terasa dingin. Bantu menyegarkan banget apalagi habis keramas. 
- Kadang pakai di siang hari. Bantu juga ngangkat kotoran di kulit kepala. 
Jadi luntur kayak daki gitu alias ketombe keringnya jadi mirip ketombe basah. 
Tinggal keramas dan voila! Kulit kepala nggak terasa gatal lagi.

Cons
- Produk ini cocoknya kalau dikombinasikan dengan face oil nya. Kalau dipakai sendiri, efek melembabkannya nggak bertahan lama. Hanya segar aja. 
- Berharap mereka memperbaiki desain packaging aja sih supaya lebih simpel terutama
pemilihan font nya. Again, this is just my personal preference, yaa.

Final Verdict

Gue termasuk boros banget pakai ini karena dalam seminggu masa udah habis setengah botol yang 100ml wkwk :( Soalnya memang waktu nyemprot ke wajah nggak lembab-lembab. Tapi setelah baca-baca lagi memang produk ini direkomendasikan sebagai booster untuk produk oil based, misalnya face oil. Mungkin kulit gue juga nggak cocok sama skincare dengan kandungan rose water yang terlalu tinggi apalagi pure rose water


Recommendation

Gue akan rekomen produk ini bagi kalian yang kulitnya oily atau bahkan super oily dan juga buat kalian para pecinta oil based skincare products. Untuk repurchase sepertinya tergantung kalau suatu saat tertarik coba face oil hehe.


-------------------------------------------------------------------------<3------------------------------------------------------------------------------



HAPLE - 100% Pure Shea Butter

Produk ini juga bisa multifungsi seperti Haple 100% Pure Rose Water. Dengan bentuk cream in jar yang diekstraksi dari Shea plant yang diimpor langsung dari negara asalnya Morocco.

Product Details


Nama Produk          : Haple 100% Pure Shea Butter
Nama Brand            : Haple
Negara Asal             : Indonesia
Jenis Produk            : Facial Moisturizer, Lip Balm, Body Butter, Hair Mask/ Conditioner
Ukuran                     : 150gr 
PAO                           : 1 tahun
Harga                        : Rp89.000,00
Purchasing Point   : Haple 
Official Shopee 
Tekstur                     : Cream 
Jenis Kulit                : All Skin Type


Ingredients

100% Pure Shea Butter - Chemical Free


Packaging


Packagingnya simpel dan imut-imut untuk ukuran 150gram. Ada stopper-nya juga. Tapi sayangnya dengan kemasan jar seperti ini, kita nggak dapat free spatula. Jadi terpaksa harus pakai spatula yang ada atau kalau produknya masih banyak, bisa pakai stopper nya kalau isinya masih banyak. Tapi, gue saranin kalian pakai sendok stainless  yang kecil karena kalau baru dikeluarin dari kulkas, produk ini bakal jadi dense. Plus, sendok juga lebih panjang, jadi bisa dip deeper ke dalam jar nya. Kemasannya plastik biasa dan nggak ada kardus tersendiri. Sempat takut penyok walaupun untungnya bubble wrap nya cukup aman. Mudah-mudahan ke depannya akan ada box plus free spatula untuk memudahkan ambil produknya.


Fragrance

First time coba 100% Pure Shea Butter! Wanginya nggak ada bau kimia sama sekali, sih. Malah, "oh, jadi begini wangi alaminya kacang shea?" Nyaris nggak berbau, sih. 

How to Use

-  Sebagai facial moisturizer, lebih direkomendasikan untuk PM skincare sekaligus menjadi sleeping mask di step terakhir pm skincare kalian. Pakainya pun cukup secuil aja karena sudah lembab banget. Tapi, kalau masih terlalu hinyai alias berminyak banget, biasanya gue semprotin Haple 100% Pure Rose Water sebelum dan sesudah pakai Shea Butter ini, untuk membantu penyerapan ke dalam kulit.

- Sebagai lip balm menurut gue ini terlalu hinyai sih haha. Tapi kalau jadi lip sleeping mask lebih okay karena super melembabkan.

- Sebagai body butter dioleskan ke seluruh tubuh. Terutamai di area-area lipatan yang cenderung kering dan gampang menghitam misalnya: siku, lutut, tumit, mata kaki, dan sebagainya. Supaya nggak terlalu greasy, biasanya pakai sekitar 1 jam sebelum mandi. Baru mandi dan pakai sabun seperti biasa. Tapi sebelum pakai sabun jangan langsung dibilas yaa. Diemulsifikasi dulu pakai sabun cair dan shower puff, baru dibilas dengan air.

- Sebagai hair mask, biasanya pakai setelah keramas yang pertama pakai shampoo yang biasanya. Terus, diolesin ke kulit kepala, batang rambut, hingga ujung rambut. Sambil dipijat-pijat ringan untuk melancarkan peredaran darah. Diamkan kurang lebih 15-20 menit, bilas dengan air dingin dan keramas yang ke-2 dengan shampoo.  


Thoughts on This Product

Pros
- Harganya bersahabat banget dengan kuantitas produk sebanyak ini.
- Kemasan jar nya bening jadi terlihat jelas sisa produk di dalamnya.
- Lumayan melembabkan rambut, menghaluskan rambut, dan
 membuat kulit kepala terasa bersih.

Cons
- Kemasan jar tidak dilengkapi dengan spatula untuk memudahkan
pengambilan produk dan menjaga kehigienisan produk.
- Sehabis pakai ini harus nyikat lantai kamar mandi sih soalnya bakal bikin
lantai agak berminyak jadi agak licin.
- Kalau habis pakai ini rambut bakal jadi lepek dulu sampai harus keramas lagi.
Tapi, setelah keramas yang ke-2, rambut jadi bagus dan halus. Jadi kalau besoknya ada
acara, ga gue saranin pakai ini sebagai hair mask. Maksimal pakai h-2 sebelum acara dan
di hari H kalau bisa keramas supaya nggak lepek.



Final Verdict

Berbanding terbalik sama Rose Water nya, produk ini mau gue dipped sebanyak apapun kayak nggak habis-habis. Gue suka karena dia bikin lembab tapi jujur aja, Shea Butter termasuk ingredients yang sifatnya cenderung comedogenic. Sebagai make up remover juga efektif banget. Bahkan gue cek di kapas tuh nggak ada residunya lagi, dong! Jadi, nggak akan pakai di muka lagi sepertinya. Kalau di rambut, ada rasa sedikit greasy nya jujur aja waktu jadiin ini hair mask. Walaupun sempat bikin lepek 2 hari, setelah keramas lagi akan balik ke kondisi rambut semula gue yang gak terlalu lepek dan nggak terlalu ngembang. Untuk bantu detox kotoran di kulit kepala lumayan, sih. Setelah seminggu, jadi nggak terlalu sering gatal lagi di kulit kepala.


Recommendation

Gue akan rekomen produk ini bagi kalian yang kulitnya dry atau bahkan super dry. Karena ini adalah 100% Shea Butter, kurang rekomen untuk oily skin type. Kulit gue sendiri combination normal to dry saat ini. Multi-fungsi pula jadi bisa dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Masih belum tau bakal repurchase atau enggak, karena belum tau juga bakal bisa habisin ini kapan haha. Kalau habis, sepertinya akan repurchase.



***
Segitu dulu review nya ya semuanya. Makasih yang udah baca review nya yaa! :)
See you on my next blog post!



 Disclaimer
- Hasil produk pada jenis kulit tiap orang tentunya berbeda.
- Review ini adalah self-sponsored atau non-endorsement.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan produk.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Produk digunakan dengan teknik aplikasi yang berbeda dan pada waktu yang berbeda dalam rangkaian skincare routine baik AM maupun PM.

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.