[REVIEW] FRUITLAB Fruit Infused Serum Lemon & Fruit Toner Green Apple | Bintang Mahayana

Friday, August 06, 2021
Holla!
Kali ini gue akan review Fruitlab Infused Serum Lemon dan Fruitlab Toner Green Apple. Fruit Lab adalah skincare brand lokal baru, loh! Uniknya, semua produknya itu berbahan dasar buah-buahan. Penasaran sama result dan experience pemakaian produk-produk Fruitlab?
Keep on reading!



review-fruitlab-fruit-infused-serum-lemon-and-green-apple-toner-bintang-mahayana

Source: Personal Doc.




ABOUT THE BRAND

fruitlab-brand-logo

Source: Fruitlab's PK


FRUITLAB adalah brand lokal asal Indonesia yang baru launching pertengahan 2021 ini. Secara historis, brand ini hadir akibat banyaknya pemberitaan mengenai "korban" masker DIY yang meracik sendiri dari berbagai buah-buahan di rumah. Namun, malah membuat kulit mereka iritasi karena pH buah asli belum diformulasikan secara sesuai untuk kebutuhan kulit. Untuk itulah Fruitlab hadir untuk fokus menghadirkan skincare dari ekstrak buah-buahan. Dalam formulasinya, Fruitlab juga menambahkan beberapa bahan aktif agar hasil akhirnya bisa lebih maksimal.




MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination to Oily
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.

  



Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon


PRODUCT DETAILS

Fruitlab Fruit Infused Serum terdiri dari 4 varian yang masing-masing terdiri dari ekstrak buah yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, yaitu:


1. Fruitlab Fruit Infused Serum POMEGRANATE (Firming & Anti Aging)

2. Fruitlab Fruit Infused Serum AVOCADO (Soothing & Acne-Prone Skin)

3. Fruitlab Fruit Infused Serum LEMON (Brightening)

4. Fruitlab Fruit Infused Serum MANGO (Nourishing & Moisturizing)


Nah, karena permasalahan kulit gue yang prominent saat ini adalah bekas jerawat kehitaman alias hiperpigmentasi, makanya gue pilih untuk pakai varian Lemon.



Source: Fruitlab's PK



Product Claim

Mengandung bahan aktif berupa Vitamin C jenis 3-O-Ethyl Ascorbic Acid dan Niacinamide. Niacinamide berfungsi sebagai barrier pada kulit wajah yang mampu menangkal polusi dari luar sekaligus menjaga kelembaban alami dari dalam. Kandungan ini juga dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah


Terinspirasi dari buah Lemon yang akan Vitamin C, Fruitlab menghadirkan Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon. Serum yang terbuat dari ekstrak buah Lemon dan diperkaya dengan Niacinamide dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit wajah akibat sinar UV dan radikal bebas.  



Product Information


fruitlab-fruit-infused-serum-lemon

Source: Personal Doc.




Nama Produk : Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon
Nama Brand   : Fruitlab 
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk  Face Serum
Ukuran            : 20ml/ 0.6 fl.Oz
BPOM              : NA18210102990
Batch No.        : LS210416B1
PAO                  : -
Expiry Date     : 10/2023
Harga               : Rp275.000*
Tekstur            : watery/ cair
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : www.fruitlab.id
Where to buy  : Instagram @fruitlab.beauty
Produced by   : CV Dizza Karya Utama

*Normal Price, discount availale at www.fruitlab.id for Rp223.000 while promo lasts.




INGREDIENTS

Fruitlab Infused Serum Lemon Ingredients beserta analisisnya adalah sebagai berikut.

Aqua, Xanthan Gum, Glycerin, Methylpropanediol, Sodium Lactate, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Lactic Acid, Lactobacillus/ Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Polyglutamic Acid, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Butylene Glycol, Ethylexylglycerin, Crystoseira Tamariscifolia Extract, T ranexamoyl Dipeptide 23.1.2-hexanediol, Niacinamide, Phenoxyethanol, PEG-4O Hydrogenated Castor Oil, Tetrasodium EDTA, Parfum, CI 1914O, Citrus Medica Limonum Extract.



__    :  Active Ingredient

__    :  Antioxidant

__    :  Collagen

__    :  Colorant

__    :  Essential Oils

__    :  Exfoliant (AHA)

__    :  Humectant

__    :  Parfum

__    :  Preservatives





PACKAGING


OUTER PACKAGING

Packaging luar terbuat dari paper box yang cukup unik karena cara membukanya dengan slide ke atas. Meskipun unik, namun sayangnya tidak diberi stopper atau molding di dalamnya untuk menahan produk agar tidak mudah bergeser. 


fruitlab-fruit-infused-serum-lemon-review-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc. 


Untungnya, jarak celah dari produk ke dinding kemasan tidak terlalu jauh. Namun, dampak dari desain kemasan seperti ini menghasilkan excessive plastic packaging untuk melindungi produk selama dalam perjalanan. 

Saran: Sealing plastic ini sebenarnya tidak perlu kalau saja kemasan produknya bisa diberi round sealing sticker dengan pola desain kardus kemasan seperti tonernya saja. 


fruitlab-fruit-infused-serum-lemon-review-bintangmahayana-com-2021

Source: Personal Doc.


Untuk warnanya kuning keorenan dengan tulisan berwarna putih untuk nama brand dan warna oren yang lebih gelap dari warna kemasan untuk penjelasan lainnya.

Berikut checklist kelengkapan informasi produk pada kemasan terluar:

✔ 1. Nama Brand
✔ 2. Nama Produk
✔ 3. Nama Varian Produk
✔ 4. Berat Bersih Produk
✔ 5. Nomor Registrasi BPOM
❌ 6. Nomor Registrasi Halal MUI 
✔ 7. Daftar Komposisi (Ingredients)
✔ 8. Tanggal Kadaluwarsa
❌ 9. Period After Opening (PAO)
✔ 10. Nomor Batch Produksi
✔ 11. Petunjuk Cara Penggunaan Produk
✔ 12. Klaim dan Fungsi Produk
✔ 13. Informasi Brand (Website, Akun Sosial Media, dll)





INNER PACKAGING

Packaging produk Fruitlab Infused Serum Lemon terbuat dari botol akrilik doff tebal dengan pipet karet berwarna putih. Pipet tube nya juga terbuat dari akrilik namun berwarna bening. Untuk daya ambil produknya cukup baik karena bisa full dan ada lekukan penahan cairannya agar tidak mudah tumpah lagi. Namun, panjang tube nya tidak terlalu panjang hingga ke dasar. Masih ada jarak +0.5cm dari ujung tube ke dasar botol. 

Saran: Kedepannya, jarak ini bisa diperkecil. Agar memudahkan pengambilan saat produk sudah tinggal sedikit (3-5ml terakhir). 


tekstur-fruitlab-fruit-infused-serum-lemon-bintang-mahayana-com

Source: Personal Doc








TEXTURE

Tekstur produk ini cukup runny tetapi masih agak lebih kental dibanding tonernya. Di kulit gue yang kombinasi cenderung berminyak di area T zone, tekstur Fruitlab Infused Serum Lemon terasa sangat ringan. Begitupun di area kulit yang lebih kering, tetap terasa melembabkanFinish-nya lumayan bisa memberi efek healthy glow tanpa terasa berminyak. Selain itu, cepat meresap di kulit. Sehingga tidak perlu waktu lama untuk layering ke step skincare selanjutnya.


tekstur-fruitlab-fruit-infused-serum-lemon-bintang-mahayana-com









HOW TO USE

Cara menggunakan Fruitlab Infused Serum Lemon ini berdasarkan waktu pemakaiannya, bisa digunakan pada AM Routine maupun PM Routine. Tetapi, karena mengandung Vitamin C sebaiknya digunakan pada AM Routine (pagi hari) agar manfaat antioksidannya lebih terasa.


Bagi pemakai retinol, sebaiknya hindari layering dalam waktu yang bersamaan. Makanya, gue sendiri jarang pakai ini saat PM Routine. Kalau lagi off retinol saja gue pake Fruitlab Infused Serum Lemon.


AM Routine (Pagi Hari):
Cleanser - Fruitlab Fruit Toner Green Apple - Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon - Pelembab - Sunscreen.


PM Routine (Malam Hari):
Double Cleanser - Exfoliating Toner - Fruitlab Fruit Toner Green Apple - Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon - Pelembab/ Sleeping Mask.









EFFECTIVENESS

Tujuan gue menggunakan Fruitlab Infused Serum Lemon ini adalah untuk mengatasi bekas jerawat kehitaman (PIH) yang ada di pipi. Berikut hasilnya:


fruitlab-fruit-infused serum-lemon

Source: Personal Doc.


Bekas kehitaman di area pipi mulai memudar dan terlihat beberapa spot yang tidak terlalu hitam bahkan sudah menghilang hanya dalam waktu 2 minggu. Dengan pemakaian bersama tonernya yang mengandung Salicylic Acid. Ternyata tonernya mampu bekerja sama dengan baik bareng serumnya. Jujur, selama ini kalau ada masalah PIH gue memang paling mengandalkan Vitamin C








Fruitlab Fruit Toner Green Apple 


PRODUCT DETAILS

Product Claim

Fruitlab Fruit Toner Green Apple terinspirasi dari buah Green Apple, berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit wajah, mengurangi produksi sebum wajah, mencegah timbulnya komedo, mengeksoliasi secara lembut kulit mati pada wajah. Sehingga membuat kulit wajah bersih dan terhidrasi.


Product Information


fruitlab-fruit-green-apple-toner

Source: Personal Doc.



Nama Produk : Fruitlab Fruit Toner Green Apple
Nama Brand   : Fruitlab 
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk  Hydrating Toner
Ukuran            : 100ml/ 3.3 fl.Oz
BPOM              : NA18211202066
Batch No.        : FT21026F1
PAO                  : -
Expiry Date     : 10/2023
Harga               : Rp250.000*
Tekstur            : watery/ cair
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : www.fruitlab.id
Where to buy  : Instagram @fruitlab.beauty
Produced by   : CV Dizza Karya Utama


*Normal Price, discount availale at www.fruitlab.id for Rp199.000 while promo lasts.




INGREDIENTS

Ingredients Fruitlab Fruit Toner Green Apple beserta analisisnya adalah sebagai berikut.

Aqua, Methyl Propanediol, Salix Alba Bark Extract, Sodium Lactate, Panthenol, Salicylic Acid, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Propylene Glycol, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius Seed Oil, Papain, Bromelain, Cocamidopropyl Betaine,  Lactobacillus/ CollagenMesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Polyglutamic Acid, Sodium HyaluronateHydrolyzed Hyaluronic AcidSodium Acetylated HyaluronateHydroxypropyltrimonium HyaluronateButylene Glycol,  GlycerinEthylexylglycerin, 1.2-hexanediol,  CI 1914O,  CI 2O9OPEG-4O Hydrogenated Castor Oil, Apple (Pyrus Malus) ExtractTetrasodium EDTAParfumPhenoxyethanol.



__    :  Active Ingredient (BHA)

__    :  Antioxidant

__    :  Collagen

__    :  Colorant

__    :  Essential Oils

__    :  Humectant

__    :  Parfum

__    :  Preservatives





PACKAGING


OUTER PACKAGING

Packaging Fruitlab Fruit Toner Green Apple terbuat dari paper box berwarna hijau dengan dimensi menyesuaikan ukuran botol tonernya. Namun, seperti serumnya, kemasan toner ini masih menggunakan excessive plastic packaging untuk melindungi produk selama dalam perjalanan. 


review-fruitlab-green apple-toner-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.


Selain itu, soal layout penamaan produknya tidak konsisten. Di botolnya ditulis "Fruitlab Green Apple Fruit Toner Clarifying" sedangkan di box packaging ditulis "Fruitlab Fruit Toner Green Apple Clarifying."  

SaranSealing plastic ini sebenarnya tidak perlu dan bisa diganti round sealing sticker atau hologram sticker yang juga dapat menjadi penanda keaslian produk. Selain itu layout tulisan bisa disamakan letaknya agar penamaan produknya konsisten.


review-fruitlab-green-apple-fruit-toner

Source: Personal Doc.


Berikut checklist kelengkapan informasi produk pada kemasan terluar:

✔ 1. Nama Brand
✔ 2. Nama Produk
✔ 3. Nama Varian Produk
✔ 4. Berat Bersih Produk
✔ 5. Nomor Registrasi BPOM
❌ 6. Nomor Registrasi Halal MUI 
✔ 7. Daftar Komposisi (Ingredients)
✔ 8. Tanggal Kadaluwarsa
❌ 9. Period After Opening (PAO)
✔ 10. Nomor Batch Produksi
✔ 11. Petunjuk Cara Penggunaan Produk
✔ 12. Klaim dan Fungsi Produk
✔ 13. Informasi Brand (Website, Akun Sosial Media, dll)





INNER PACKAGING

Packaging produk Fruitlab Fruit Toner Green Apple terbuat dari botol plastik bening dengan stopper karet bening untuk mengatur jumlah produk saat dituangkan. Untuk ukuran toner 100ml, size-nya cukup efisien secara dimensi. Cukup travel-friendly karena relatif tidak rawan pecah.

Saran: Bisa ditambahan sumbatan pada stopper hole untuk lebih menjamin bahwa produk tidak bocor dan lebih aman dibawa dalam perjalanan.








TEXTURE

Tekstur Fruitlab Fruit Toner Green Apple ini sangat runny dan cenderung mirip air tetapi masih terasa lembabnya. Di kulit gue yang kombinasi cenderung berminyak di area T zone, tekstur ini terasa sangat ringan. Begitupun di area kulit yang lebih kering, tetap terasa melembabkan. 


tekstur-fruitlab-fruit-infused-green-apple-toner-bintang-mahayana-com

Source: Personal Doc.


Finish-nya lumayan bisa memberi efek healthy glow tanpa terasa berminyak. Selain itu, cepat meresap di kulit. Sehingga tidak perlu waktu lama untuk layering ke step skincare selanjutnya. Oh ya, meskipun mengandung Salicylic Acid tetapi terasa cekit-cekit atau perih sama sekali, kok.








HOW TO USE

Cara menggunakan Fruitlab Fruit Toner Green Apple ada 2 cara berdasarkan slot layering dan cara pengaplikasian ke wajah:

1. Slot penggunaan: dapat digunakan pada slot exfoliating toner maupun hydrating toner. Sudah pernah pakai di kedua slot. Namun, jika digunakan sebagai exfoliating toner sendiri tanpa lanut step hydrating toner pun bisa, karena sudah menghidrasi dan tidak cekit-cekit juga. Jika digunakan di pagi hari, jangan lupa ikuti dengan pemakaian sunscreenyaa.


2. Cara aplikasi: dapat digunakan dengan kapas atau langsung dituang di telapak tangan dan tepuk-tepuk ke wajah. Gue pribadi lebih suka cara yang kedua tanpa kapas, karena lebih cepat dan lebih nyaman di kulit sensitif. Akan lebih nyaman jika digunakan dalam keadaan kulit wajah masih setengah basah.






EFFECTIVENESS

Manfaat Fruitlab Fruit Toner Green Apple yang didapatkan setelah 2 minggu pemakaian adalah mengatasi jerawat hormon di pipi serta sebagai mild BHA exfoliating toner yang juga hydrating. Betikut hasilnya:



before-after-fruitlab-fruit-green-apple-toner


Source: Personal Doc.

Jerawat hormon di pipi bisa langsung matang dalam semalam dan kemudian kempes hingga kulit cenderung rata kembali pada hari ke-3 dan tidak ada bekas kemerahan lagi. Memang ada bekas kehitaman. Namun, relatif tidak terlalu hitam dibanding biasanya, karena selalu dibarengi dengan Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon di pagi hari dan tidak pernah skip apply dan reapply sunscreen.







FINAL VERDICT

PROs (+)

+ Tekstur kedua produk sangat ringan dan mudah menyerap ke kulit tanpa rasa lengket.

+ Kedua produk memiliki kemasan yang travel-friendly.

+ Kedua produk mampu mengatasi masalah jerawat hormon dalam waktu yang relatif singkat (3 hari).

+ Kedua produk, terutama Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon mampu mengatasi masalah bekas jerawat kehitaman (PIH) dengan sangat baik dan mulai terlihat sejak 1 ming gu pertama


CONs (-)

- Layout tylisan untuk penamaan produk tonernya tidak konsisten

- Tidak terdapat lohgo Halal MUI dan PAO

- Harga produk normal sedikit overpriced  karena di atas IDR200K untuk produk lokal dengan ingredient list yang relatif tidak baru. Meskipun didukung dengan kinerja produk yang baik dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit.




RECOMMENDATION

Fruitlab Fruit Infused Serum Lemon dan Fruit Toner Green Apple ini lebih direkomendasikan untuk kulit kombinasi cenderung berminyak dan acne-prone. Untuk remaja gue pikir ini boleh banget dicoba untuk membantu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya. Tetapi untuk ibu hamil sebaiknya dihindari dulu terutama tonernya karena mengandung BHA yang berada di urutan ke-5 dari total ingredient list





***

Thank you all for dropping by! See you on my next blog post :)

- Bintang Mahayana ©️ 2021 -






 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan. 

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 2 minggu.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Silakan beri komentar jika memiliki pertanyaan atau tambahan informasi perilah review produk. Komentar spam maupun berisi link hidup akan dihapus.

- Mohon tidak menggunakan seluruh atau sebagian konten pada artikel ini, baik tulisan maupun foto/gambar. Copy paste dengan atau tidak menyebutkan sumber tidak diperkenankan. Blog ini dilindungi oleh Copyscape

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Fruitlab Beauty. Dengan tetap mengedepankan "Honest Review" tanpa mengurangi integritas penulis artikel untuk menyampaikan informasi yang benar.

- Untuk keperluan kerja sama, silakan klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau gunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (desktop)/ footer (mobile) pada Blog ini.

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.