[REVIEW] AVOSKIN Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root untuk Acne Scars dan Pori-pori Besar | Bintang Mahayana

Monday, August 23, 2021
Holla!
Kali ini gue akan review Avoskin Your Skin Marine Collagen 10% + Ginseng serum untuk bekas jerawat bopeng jenis box scar yang halus, garis halus di bawah mata, dan pori-pori besar di kulit yang sensitif dan reaktif. Nggak sabar banget ingin segera review ini tayang. Akhirnya setelah kurang lebih sebulan pemakaian, banyak pengalaman yang bisa gue bagi di sini. Penasaran?
Keep on reading!


review-avoskin-ysb-marine-collagen-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.








ABOUT THE BRAND

Avoskin adalah brand lokal asal Indonesia yang mengusung konsep sustainable beauty tidak hanya pada produknya namun uga dalam prakter CSR-nya. Produk-produknya pun sudah sangat terkenal di segala segmentasi usia. Terutama untuk masalah jerawat dan anti-aging. Sejak tahun 2020, Avoskin mengaku berkomitmen dengan cara reformulasi bahan baku produk agar lebih ramah lingkungan dan menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang. Pernyataan ini dijelaskan dalam website resmi Avoskin berikut ini.


review Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed
Source: www.avoskinbeauty.com






MEMILIH SKINCARE YANG TEPAT #FindYourSkinMate

Selama ini sadar nggak sih, kalau banyak di antara kita yang tanpa sadar melakukan belanja impulsif (impulsive  buying)? Kita nggak benar-benar sadar apa yang kita beli itu memang kebutuhan atau sekadar keinginan. Ada kalanya juga, di antara sekian banyaknya produk baru yang bermunculan, seringkali kita kebingungan memilih mana yang harus kita beli. 


Padahal, hal ini tidak perlu terjadi kalau saja kita benar-benar paham kebutuhan kulit kita dan cara kerja ingredients yang sebaiknya kita pilih. Inilah pentingnya mengetahui kondisi dan kebutuhan kulit sebelum menentukan produk skincare yang akan kita gunakan.


Baca juga: Lagi Mau Coba Skincare Baru? Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Agar Kulit Tetap Aman





MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination to Oily
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.


 

 



PRODUCT DETAILS


Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen  10%+ Ginseng Root


review-avoskin-ysb-marine-collagen-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.




Nama Produk : Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root
Nama Brand   : Avoskin
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk Face Serum
Ukuran             : 30ml/ 1.06oz
BPOM              : NA18202000281
Batch No.        : 11531
PAO                  : 12 Months
Expiry Date     : 05/2023
Harga               : Rp139.000 (normal price)
Tekstur            : gel
Jenis Kulit       : All Skin Types
Website            : www.avoskinbeauty.com
Where to buy  : Shopee/ Tokopedia @avoskin_beauty
Mfg by             : PT LF Beauty Manifacturing Indonesia, Jakarta-Indonesia
For                   : PT Avo Innovation Technology, DI Yogyakarta - Indonesia
Business          : The AVO Life Arena Office 8 Level 18-A SCBD, Jakarta - Indonesia





 

 

INGREDIENTS

Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen  10%+ Ginseng Root Ingredients adalah sebagai berikut:


Water, Hydrolyzed Collagen ExtractGlycerin Butylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Hydroxyethyl Cellulose, Phenoxyethanol, Lactobacillus/ Ginseng Root Ferment Filtrate1,2- Hexanediol Chlorophenesin, Dissodium EDTA, Sodium Bisulfate.


__   Collagen

__   Essential oils

__   Humectant

__   Preservatives

 




CLAIMS

Berikut adalah klaim produk Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root:


Manfaat Utama

1. Meningkatkan tekstur kulit.

2. Mengurangi bekas jerawat.

3. Mengurangi inflamasi.

4. Mengurangi garis halus dan meningkatkan kekencangan kulit.

5. Meningkatkan kekencangan kulit.

6. Antioksidan.



Marine Collagen

1. Mengandung Marine Collagen yang berasal dari ikan laut Centroberyx affinis yang telah dihidrolisis. Sehingga, penyerapan ke kulit dapat lebih mudah dan maksimal. 


2. Marine Collagen juga berfungsi sebagai anti-aging, menjaga kelembaban kulit, dan menenangkan kulit yang iritasi.



Ginseng Root

1. Ginseng berfungsi untuk membantu membersihkan kulit dari bahaya radikal bebas karena kaya akan antioksidan dan vitamin.


2. Ginseng dapat membantu mengurangi puffy eyes dan dark circles pada mata.





PACKAGING

OUTER PACKAGING

Produk ini dilengkapi dengan box packaging. Untuk safety nya produk ini diberi segel hologram untuk melindungi kemasan luar (box) agar tidak mudah terbuka serta menjamin keorisinilan produk. Untuk Marine Collagen  10%+ Ginseng Root khas dengan warna brick  atau merah bata.


avoskin-ysb-marine-collagen-serum-packaging

Source: Personal Doc.


avoskin-marine-collagen-serum-packaging

Source: Personal Doc.




INNER PACKAGING

Untuk botolnya, benar-benar terbuat dari kaca transparan berwarna brick seperti box packaging-nya dan dilengkapi pipet karet putih dan pipet kaca yang memiliki lengkung di ujungnya. Sehingga mampu menahan produk setelah diambil.


review-avoskin-ysb-marine-collagen-bintangmahayana-com-2021

Source: Personal Doc.





FRAGRANCE

Serum Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root ini tidak mengandung fragrance atau parfum sama sekali. Kalau digambarkan seperti apa, kurang lebih seperti unscented serum Hyaluronic acid pada umumnya. Sama sekali tidak menggangu user experience produknya.





TEXTURE

Tekstur produk ini kental seperti gel serum. Berwarna bening dan sangat mudah diratakan ke seluruh wajah dan leher. Asalkan sebelum diaplikasikan, jangan tunggu step skincare sebelumnya seperti toner benar-benar kering (meresap). Jadi, langsung timpa saja, yaa.


Meskipun kental, ketika diaplikasikan di wajah tidak terasa lengket atau ketarik. Daya serap dan daya sebar produk sangat baik. Sehingga, hanya perlu sedikit amount untuk seluruh wajah dan leher. Tetapi, meskipun kulit gue saat ini combination to oily, tetap suka pakai full pipet untuk seluruh wajah dan leher. Soalnya untuk skincare layering-nya juga nggak terlalu banyak.


tekstur-avoskin-ysb-marine-collagen-serum-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.


tekstur-avoskin-ysb-marine-collagen-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.



                                                

 


                                                                                   

HOW TO USE

- Setelah menggunakan hydrating toner, tuang ke telapak tangan agar mengenai suhu tubuh. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher.


- Bisa dipakai pagi maupun malam. Untuk pemakaian pagi hari wajib diikuti dengan sunscreen.


WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.





HOW TO STORE

Penting bagi kita sebagai pengguna untuk mengetahui cara penyimpanan produk skincare yang benar agar kandungan di dalamnya tidak mudah rusak dan hasil yang didapat lebih optimal. Dalam sebuah jurnal penelitian, disebutkan bahwa kolagen ikan bersifat sensitif terhadap panas (heat-sensitive) dibandingkan dengan kolagen yang berasal dari mamalia karena labilitas dari cross link* (Berilis: 2015).


*Cross link = proses ikatan 2 atau lebih molekul kimia yang terdiri dari ikatan kovalen www.thermofisher.com).


Sehingga, cara penyimpanan produk yang disarankan agar kandungan serum tetap terjaga adalah salah satu dari poin berikut.

1. Disimpan di dalam kardus kemasan di ruangan suhu kamar.

2. Disimpan di suhu kamar tanpa terekspos cahaya langsung.

3. Disimpan di dalam kulkas.


Namun, jika disimpan di dalam kulkas minusnya tekstur serum akan menjadi sedikit lebih kental. Sehingga, jika isinya sudah tinggal sedikit, tidak disarankan untuk menyimpan di kulkas karena akan lebih sulit diambil produknya. 






 

EFFECTIVENESS


BEFORE



before-after-avoskin-ysb-marine-collagen-untuk-acne-scars-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.



SKIN CONCERNS - 28 JUL 2021

1. Fine lines: area bawah mata terdapat dua garis halus yang terbentuk karena dorongan otot pipi saat senyum. Kalau sedang senyum, apple of cheek  akan mendorong area bawah mata sehingga membentuk cekungan yang lama-kelamaan membentuk garis halus. Faktor lain diakibatkan oleh penggunaan kapas yang tidak benar saat membersihkan area mata dari make up.


2. Large pores: pori-pori besar di area pipi dekat hidung ini memang genetik, yaa. Jadi, memang hanya bisa disamarkan dengan cara menghidrasi kulit. Kalau tidak diberi hidrasi otomatis akan terlihat seperti apa adanya.


3. Box scars: terlihat pada foto di sisi pipi terluar terdapat box scars halus bekas jerawat hormon saat remaja dulu.


4. Papule acne: jerawat hormon yang didapat sebelum menggunakan produk. Ciri-ciri tidak terdapat isi yang terlihat di permukaan, merah, tidak sakit, dan tidak gatal.






AFTER



hasil-pemakaian-avoskin-ysb-marine-collagen-serum

Source: Personal Doc.


RESULT - 19 AUG 2021 (3 Weeks)

- Seminggu pertama pemakaian serum ini efek prominent yang terasa adalah kulit menjadi lembab tanpa minyak berlebih. Sedikit ada kesan firming yang terasa. Apalagi kalau setelah menggunakan serum tidak langsung dilanut dengan moisturizer


- Setelah 3 minggu, berikut adalah hasil perubahan dari masing-masing skin concerns:


1. Fine lines:  garis halus sepertinya memang tidak bisa instan yaa. Terutama di area bawah mata yang rawan creasing. Tetapi, biasanya di area dahi suka ada guratan fine lines. Namun sejak pakai Avoskin YSB Marine Collagen ini sudah relati tidak pernah terlihat.


2. Large pores: pori-pori besar di area pipi yang gue punya sepertinya memang genetik. Jadi, secara tampilan mungkin hampir tidak terlalu ada perubahan. Namun, bisa dibuktikan dari segi kelembaban bahwa serum ini mampu memberikan hidrasi yang tentunya dapat menyamarkan tampilan pori-pori. Seperti hasil pada skin analyzer di bawah ini yang menunjukkan efektivitas peningkatan kelembaban sebesar 21%.


skin-analyzer-check-avoskin-ysb-marine-collagen-bintangmahayana-com
Source: Personal Doc.


3. Box scars: entah ini terlihat di foto atau tidak. Tetapi, di aslinya box scars  lumayan tersamarkan. Kandungan Marine Collagen 10% mampu membuat permukaan kulit yang bopeng menjadi lebih naik dari sebelumnya. Tentunya butuh pemakaian lebih lama untuk hasil lebih maksimal.


4. Papule acne: jerawat jenis papule acne sejujurnya tidak butuh waktu lama untuk kempes dan hilang. Meskipun kulit gue memang PIH-prone atau mudah timbul bekas jerawat kehitaman. Untuk PIH, gue lebih sarankan untuk pakai varian lain yaitu Avoskin YSB Alpha Arbutin, yaa.


Baca Juga: [REVIEW] Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed Serum untuk Bekas Jerawat Kehitaman






CLAIMS CHECKLIST

Klaim Utama

✅ 1. Meningkatkan tekstur kulit.

✅ 2. Mengurangi bekas jerawat (acne scars).

✅ 3. Mengurangi inflamasi.

 4. Mengurangi garis halus.

✅ 5. Meningkatkan kekencangan kulit.

✅ 6. Antioksidan (meningkatkan skin barrier).



Klaim Lainnya

1. Mengandung Marine Collagen (Centroberyx affinis) yang telah dihidrolisis. Sehingga, penyerapan ke kulit dapat lebih mudah dan maksimal.

Notes: Ya, karena meskipun kental tetapi dalam kondisi kulit setengah basah, daya sebar produk baik. Selain itu daya serapnya juga cepat.


✅  2. Mengurangi puffy eyes dan dark circle.

Notes: Ya, meskipun tidak terlalu signifikan. Tetapi, sejak pemakaian pertama mulai terlihat bahwa area bawah mata lebih segar dan tidak segelap biasanya.


KETERANGAN:

✅  : Terbukti
❌  : Perlu Waktu Lebih
⚠️  : Belum Diuji (akibat keterbatasan alat uji)




FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Harganya affordable untuk ukuran serum 30ml dengan ingredients yang cukup esensial.

+ Cepat meresap tanpa bikin kulit terasa ketarik.

+ Cukup efektif dalam mengencangkan kulit.

+ Sedikit mengurangi tampilan acne scars tipe box scars halus.

+ Meningkatkan skin barrier karena selama pemakaian kulit relatif tidak pernah berjerawat.


 

Cons (-)

Packaging kaca yang meskipun terkesan mewah tetapi tidak travel friendly karena berat dan rawan pecah. Meskipun jika dibandingkan dengan kemasan plastik jatuhnya lebih ramah lingkungan. Saran, mungkin bisa ditambah ukuran trial sekitar 10ml agar lebih mudah dibawa bepergian bisa masuk di dalam pouch).


 


 

RECOMMENDATION

Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen + Gingseng Root ini termasuk dalam rangkaian Avoskin Your Skin Bae Series. Bagi kulit  aman digunakan setiap hari. Tetapi, buat yang kulitnya kombinasi dan berminyak juga bisa. Hanya diatur saja pemakaiannya supaya tidak terlalu suffocating. Dengan catatan, didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare sebelum dan setelahnya seperti tonermoisturizer, dan sunscreen.




***

Thank you all for dropping by! See you on my next blog post :)

- Bintang Mahayana ©️ 2021 -


REFERENSI

Berilis, Panagiotis. 2015. Marine Collagen: Extraction and Application. Dalam researchgate.net. Diakses pada 30 Juli 2021.


Overview of Crosslinking and Protein ModificationThermo Fisher Scientific



 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu + 3 minggu AM-PM.

- Review ini merupakan bentuk kerja sama dengan Avoskin Beauty dengan tetap mengedepankan honest review untuk tetap menyampaikan informasi yang benar.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.