[REVIEW] SKINTIFIC 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner

Saturday, June 11, 2022
 Hola!
Di postingan kali ini gue mau review produk Skintific ke- yang gue coba, yaitu Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner di kulit normal to dry. Kira-kira toner ini sanggup menghidrasi dan melembabkan kulit yang mudah dehidrasi nggak, yaa? Kalau kalian penasaran dengan review dan pengalaman gue selama memakainya, keep on reading!





ABOUT THE BRAND

SKINTIFIC merupakan skincare brand yang produknya diformulasi oleh sejumlah ilmuwan di Kanada. Saat ini Skintific telah resmi masuk ke Indonesia dan juga terdaftar di BPOM RI. Sebelumnya, di Blog ini telah tayang review produk Skintific berikut:


1. SKINTIFIC 10%Niacinamide Brightening Serum

Baca Juga: [REVIEW] SKINTIFIC 10% Niacinamide Brightening Serum


2. SKINTIFIC 360° Crystal Massager Lifting Eye Cream

Baca Juga: [REVIEW] SKINTIFIC 360° Crystal Massager Lifting Eye Cream





BINTANG'S SKIN PROFILE

My Skin Type                        : Normal to Dry
My Skin Tone                        : Light to Fair
My Skin Undertone              : Neutral
My Skin Concern                  : Acne-prone, Hyperpigmentation (PIH), Redness (PIE), and Dehydrated Skin




PRODUCT DETAILS


Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Review

Product Name:
4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner
Brand Name:
Skintific
Country of Origin:
Canada
Product Type:
Hydrating Toner
Product Size:
100ml/ 3.3 FL.OZ
BPOM No:
NA11100855
Batch No:

RDC1212B
Expiry Date:
2025/03/15 (yyyy/mm/dd)
Price:
IDR139,000 (Bought for IDR89,000)
PAO:
12M (1 year)
Fragrance:
No
Alcohol:
No









INGREDIENTS

Aqua, Dipropylene glycol, PEG/PPG-17/6 Copolymer, PEG/PPG/Polybutylene glycol -8/5/3 Glycerin, Sodium hyaluronate, Hydrolyzed Sodium hyaluronate, Crosspolymer, Centella asiatica Extract, Ceramide EOP, Ceramide NS/ Ceramide NG, Ceramide AP, Hydrogenated Lecithin, Ceramide AS, Ceramide NP, Panthenol, Allantoin, Chlorphenesin, Pullulan, Ethylexylglycerin, Hydroexyethylcellulose, Glycerin, Trehalose, Sophora flavescens Root Extract, Opuntia ficus-indica Stem Extract, Ophiopogon japonicus Root Extract, Pentylene glycol, 1,2-Hexanediol, Disodium EDTA, Butylene glycol, Sodium acetate, Cellulose, Gentiana scabra extract.


__    Antioxidant

__    Ceramide

__    Emulsion/ Stabilizer/ pH Adjuster

__    Emollient

__    Humectant

__    Preservatives








BENEFITS & CLAIMS


skintific-4D-hyaluronic-acid-barrier-essence-toner-full-review-1-bulan-pemakaian

Intensive Hydration by TTE™ Technology

4D Hyaluronic Acid
Terdiri dari 4 tipe Hyaluronic Acid yang secara instan dan intensif menghidrasi setiap layer kulit. Diperkuat dengan Hymagic™ 4D yang mampu menghidrasi selama 18 jam.


Ceramides
Menghidrasi kulit sambil membantu mengembalikan dan menciptakan pelindung barrier bagi kulit.


Centella Asiatica
Menenangkan dan memperbaiki inflamasi pada kulit.







PACKAGING

Outer Packaging

Produk ini dilengkapi dengan box packaging senada dengan warna botol produknya. Informasi yang tertera berupa nama brand, nama produk, klaim produk, ingredients list, cara penggunaan, nomor BPOM, nomor batch produksi, expiry date, size produk, QR Code, dan Period After Opening (PAO). Secara desain memang khas Skintific yang selalu clean dan menggunakan font design yang mudah terbaca serta proporsional. Di bagian dalam box-nya juga diberikan kardus pengaku agar kemasan tidak mudah penyok seama dalam perjalanan.


skintific-4d-ha-toner-review

Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Box-Packaging






Inner Packaging

Botolnya terbuat dari plastik tebal. Tidak terlalu lebar dan tidak terlalu tinggi. Warnanya senada dengan warna box packaging-nya. Warnanya biru agak keunguan tetapi masih lebih dominan blue tone-nya. Mirip warna Aquamarine Blue. Desain ini menurut gue cukup simpel dan yang gue suka adalah bentuknya yang simetris dari bawah sampai atas (tutup). Tutupnya sangat tebal. Jadi, kalaupun jatuh berkali-kali relatif aman. Untuk lubang botol yang terbuat dari karet juga ukurannya pas. Tidak terlalu besar tetapi tidak terlalu kecil.

review-Skintifc-4D-HA-Toner-normal-to-dry-skin

Review-toner-HA-Skintific-untuk-kulit-kering






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung artificial fragrance/ perfume sama sekali. Untuk tonernya nyaris tidak berbau. Tetapi ketika diendus dari lubang botol, agak sedikit tercium chemical scent. Sepertinya dari karet penahan lubang botol bagian dalamnya. Tetapi tidak terlalu mengganggu user experience.






TEXTURE

Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner memiliki tekstur yang cair agak kental seperti kebanyakan tekstur toner hyaluronic acid lainnya. Tetapi, dibandingkan toner HA lain yang pernah gue pakai, Skintific ini termasuk cukup runny atauu lebih encer. Tetap mampu menghidrasi dan melembabkan tanpa menimbulkan kesan kulit ketarik. Tekstur toner HA yang terlalu kental biasanya akan menimbulkan efek agak ketarik karena agak lengket. Apalagi jika tidak langsung dilanjutkan dengan penggunaan moisturizer. Tetapi kesan ini tiak terjadi sama sekali dengan produk ini.

Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Texture

Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Texture






pH LEVEL TEST

pH level Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner menunjukkan angka pH 5-6 yang artinya mendekati range pH kulit normal. Sangat baik untuk ukuran pH hydrating toner yang salah satu fungsinya adalah mengembalikan keseimbangan pH kulit sehabis mencuci wajah dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare selanjutnya.

Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-pH-Level-Test






SKIN ANALYZER TEST

Hasil pengukuran Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner menggunakan Skin Analyzer menunjukkan peningkatan kelembaban dari angka 41% ke angka 60% (+19%). Pengukuran dilakukan pada area hidung yang memang sering mengalami dehidrasi dan cenderung lebih kering dibanding area kulit wajah lainnya. 

Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Skin-Analyzer-Test







MY EXPERIENCE

Sebelum pemakaian toner Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner, kulit gue sempat mengalami dehidrasi yang cukup parah. Awalnya, gue merasa kok toner ini biasa aja, yaa? Nggak mampu menghidrasi. Jadi, gue coba review lagi rangkaian skincare routine yang gue pakai. Ternyata, culprit-nya adalah salah satu produk cleanser yang ternyata bikin kulit gue super kering. Benar-benar sekering itu sampai terkadang tiba-tiba pipi gue luka sendiri :(

Dari pengalaman ini gue belajar bahwa kita nggak bisa menyelesaikan suatu permasalahan kulit hanya dengan berharap keajaiban dari satu produk skincare saja tanpa mencari tahu akar permasalahannya. Kita harus analisis secara menyeluruh mulai dari rangkaian produk yang kita pakai hingga gaya hidup kita sehari-hari.

Setelah gue ganti produk cleanser, gue tetap lanjutkan penggunaan toner ini dengan teknik penggunaan double layering pada saat kulit wajah masih setengah basah. Hasilnya, kulit gue yang semula dehidrasi jadi terhidrasi kembali dan skincare lainnya juga jadi lebih mudah diserap oleh kulit. Kalau soal klaim menghidrasi hingga 18 jam sejujurnya belum gue buktikan karena nggak sampai 18 jam juga biasanya sudah cuci muka dan retouch skincare lagi. Tetapi, secara keseluruhan gue cukup suka dengan performanya. Not a wow product, but not bad at all.








FINAL VERDICT

PROs (+)

+ Kemasan berbentuk silinder simetris dengan soft color senada antara kemasan luar dan dalam membuat tampilan design-nya terlihat modern and clean.

+ Ukuran lubang karet penahannya cukup. Sesuai dengan teksturnya. Sehingga produk yang keluar lebih terukur. Tidak terlalu banyak produk yang keluar sekaligus, tetapi tetap memudahkan penggunaan.

+ Mampu menghidrasi kulit normal to dry didukung dengan penggunaan skincare routine lainnya.

+  Membantu penyerapan produk skincare pada step selanjutnya.

+ Tidak terasa lengket di kulit maupun menimbulkan kesan ketarik sama sekali.



CONs (-)

- Saat pertama kali diendus karet penahan produk di mulutu botol agak sedikit berbau chemical.

- Isi produk kurang banyak. Bisa dibuat versi yang lebih besar seperti 200-300ml dengan harga yang tetap ekonomis.









RECOMMENDATION

SKINTIFIC 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Aman bagi ibu hamil dan menyusui. Aman bagi pemilik kulit sensitif terhadap fragrance maupun alcohol. Bisa juga digunakan oleh remaja usia 13 tahun ke atas. Jika kalian mengalami kulit dehidrasi yang cukup parah keringnya, tetap sinkronisasi dengan rangkain skin care products lainnya juga, yaa. Jangan hanya mengandalkan produk ini tanpa review lagi penyebab utama masalah kulit yang kalian hadapi seperti apa.


Skintific-4D-Hyaluronic-Acid-Barrier-Essence-Toner-Recommendation



 ãƒ¼Bintang Mahayana ©️ 2022ー



DISCLAIMER 















2 comments:

  1. Kalau ada kalimat "tidak berbau" rasanya langsung pengen coba, karena kebetulan kulitku sensitif banget sama skincare yg mengandung parfum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya beli pas harga diskon aja Kak Hani. Kalau emg lagi cari skincare non fragrance yg simple ini worth it kok. Kalau diskon bisa cuma 80-90an buat 100ml.

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.