REVIEW SH-RD Nutra-Therapy Shampoo Untuk Rambut Rontok, Berketombe, dan Berhijab

Monday, July 17, 2023
 Hola Dandruff and Hair Fall Fighters!
Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ketika baca postingan ini, yaa. Kali ini gue mau sharing perjalanan dalam mencari haircare yang bisa menyelamatkan ketombe dan kerontokan rambut. Sejujurnya, sempat mulai hopeless, tetapi karena diri kita ini adalah titipan yang harus kita jaga, all we can do is keep doing our best :) Kali ini, perjalanan haircare routine gue ditemani sama SH-RD Nutra-Therapy Shampoo.
Langsung aja kita ke review-nya!

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com



ABOUT THE BRAND

SH-RD merupakan singkatan dari Shaan Honq Rosemary & D-Panthenol untuk product line ini, sedangkan kalau dilihat dari logo brandnya sendiri, nama brand ini adalah "Shaan Honq".



MY HAIR PROFILE

My Hair Type:

Wavy, Medium Length & Hijab User

My Scalp Profile:

Wet & Dry Dandruff, Sensitive

My Hair Concern:

Hairfall



PRODUCT DETAILS

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com1

Brand Name:

Shaan Honq

Product Name:

SH-RD Nutra Therapy Collagen Shampoo

Product Type:

Shampoo

Size:

100ml

BPOM No:

NA47211000002

Batch No:

28027179

Expiry Date:

04/ 2027

Purchased Point:

SH-RD Official Shopee Account



INGREDIENTS

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com2


Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamide DEA, Cocamidopropyl Betaine, Menthol, Glycol Distearate, PEG-75 Lanolin, Dimethiconol (and) TEA-dodecylbenzenesulfonate, Polyquternium-10, Quaternium-60, Propylene Glycol, Hydrolyzed Wheat Protein, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Piroctone Olamine, Hydrolyzed Collagen, Panthenol, Citric Acid, Niacinamide, Calcium Pantothenate, Sodium Ascorbyl Phospate, Tocopheryl Acetate, Pyridoxine Hydrochloride, Maltodextrin, Amylodextrin, Silica, Phenoxyethanol, Sorbitan Caprylate, Fragrance.


Ingredients Category (in alphabetical order):

__    Antioxidant    __    Active Ingredients    __    Collagen

__    Foaming Agent (Surfactant)    __    Fragrance    __    Humectant

__    Menthol    __    Plant Extract    __ pH Adjuster/ Emulsifier

__    Preservative    __    Protein    __ Silicone

__ Vitamin B6/ Anti-Dandruff



CLAIM

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com3


Mengandung Vitamin, Rosemary, dan Hydrolized Wheat Protein yang dapat menutrisi kulit kepala yang rusak dan membuat rambut menajdi sehat kembali. Memebersihkan rambut secara halus dan menyeluruh tanpa membuatnya terasa kering. Dapat digunakan sebagai perawatan harian untuk mencegah rambut bercabang, memperbaiki kerusakan, dan mengembalikan ketahanan rambut (source: embedded on the packaging).



PACKAGING

SH-RD Nutra-Therapy Shampoo ini hadir dalam 3 ukuran yang berbeda, 100mL, 250mL, hingga 500mL. Tersedia juga dalam bundling products dengan conditioner maupun protein hair cream mereka. Cuma karena ini pengalaman pertama gue mencoba produknya SH-RD, gue cuma beli shampoonya aja dengan ukuran yang palig kecil, yaitu 100mL. Shampoonya dikemas dalam botol plastik tebal berwarna emerald green dan white text printed. Pump bottle-nya berwarna hitam dan dilengkapi dengan stopper untuk melindungi dari kebocoran dan bisa dipasang ketika tidak digunakan atau dibawa bepergian. 


SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com4

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com5


Kelengkapan informasi yang ditampilkan pada kemasan juga cukup lengkap dengan klaim produk dan full ingredients list yang mudah terbaca. Logo PAO yang menunjukkan berapa lama produk boleh digunakan untuk mencapai hasil terbaik setelah kemasan pertama kali dibuka beserta logo Halal MUI juga mudah ditemukan. Batch produksi dan tanggal kedaluarsa ada di bagian bawah botol dengan cetak hitam sehingga tidak mengganggu estetika kemasan. Produk ini sendiri memang produk impor. ehingga, biasanya ada informasi tambahan yang perlu disematkan pada kemasan yang tidak tercetak langsung pada kemasan botol. Namun, kualitas stickernya sangat baik dan waterproof


SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com6





TEXTURE

Tekstur shampoo ini berwarna putih susu dan memang memiiki busa sedang (moderate). Bukan tipe busa yang sangat padat, tetapi busa yang menyatu dengan air. Biasanya kalau keramas pakai ini, area rambut gue bagi 2, area atas (upper perimeter) dan area bawah (lower perimeter) terus dijepit pakai jedai buat area yang belum dikeramasi. Supaya lebih merata pakai 1 pump untuk masing-masing area. Kalau hari itu lagi keringetan dan baik rambut maupun hair scalp terasa sangat berminyak, biasanya keramas 2x dengan amount pemakaian yang sama. Keramas pertama untuk meluruhkan minyak-minyak di kepala, sedangkan keramas ke-2 untuk meluruhkan debu, kotoran dan membuat rambut wangi lebih lama.

SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com7



FRAGRANCE

OMG I can't tell how much I love the smell of this product! It smells like a handsome guy is in the room (lol)! Wanginya enak banget kayak parfum cowok gitu tetapi nggak bikin pusing dan maah bikin relaksasi waktu keramas. Ketahanannya bia dikatakan moderate, keramas hari ini wangi sampai keesokan harinya. Meskipun tanpa conditioner atau hair perfume. Mungkin ini juga bergantung dengan iklim dan humidity level di tempat kalian tinggal, yaa. Wanginya sendiri mungkin campuran dari essential 


Dandruff

Sebelum pakai SH-RD Nutra-Therapy Shampoo ini, masalah ketombe yang dialami adalah jenis ketombe basah (wet dandruff) yang benar-benar menyiksa kulit kepala karena akan terasa sangat gatal ketika cuaca panas dan berkeringat. Apalagi kondisinya gue juga berhijab, kan. Jadilah rasanya , tuh kulit kepala bisa panas dan gatal sampai bia menimbulkan bau yang kurang sedap juga setelah selesai beraktivitas. 


Awal pakai produk ini tuh 30 Juni 2023 dan kondisi kulit kepala lagi habis berkeringat dan gatal banget sampai bikin mau nangis. Seminggu pertama pakai produk ini, ketombe basah tadi berubah menjadi ketombe kering. Dari yang gue perhatiin, biasanya yang terjadi di hair scalp gue tuh shampoo anti-dandruff suka mengubah ketombe basah menjadi ketombe kering dulu sebelum benar-benar menghilangkan. Awalnya cukup parah ketombe keringnya. Sampai akhirnya masuk minggu ke-2, perlahan-lahan ketombe keringnya mulai berkurang dan kulit kepala tidak terasa gatal separah sebelumnya. Ketombe mulai jarang terlihat ketika memasuki minggu ke-3 dengan total pemakaiam kurang lebih 1/3 botol ukuran 100ml (sekitar 33ml).



Hair Fall

Sejak pemakaian produk ini mulai 30 Juni 2023-17 Juli 2023 (jalan 3 minggu pemakaian), tanpa menggunakan produk perawatan rambut lainnya, seperti conditioner maupun hair vitamin, memang terdapat sedikit pengurangan kerontokan jika dilihat secara kasat mata. Pengamatan kerontokan selalu dilakukan setiap keramas. Memang rasanya seperti memasuki masa plateu seolah tidak terjadi kemajuan apapun. Padahal semua juga butuh proses, sama seperti kondisi pada masalah ketombe pada bagian sebelumnya. Satu hal yang bikin gue sadar, yaitu rambut benar-benar mudah rontok pada beberapa kondisi tertentu, seperti:

1) Dalam kondisi basah

Biasanya saat keramas, rambut kita jadi lebih lemas. Kondisi ini sangat rentan membuat kekuatan rambut kita melemah saat kita sisir dengan jari. Perlu dihindari juga kebiasaan keramas dengan menggosokkan ujung kuku ke kulit kepala dan bukannya mengguanakan bantalan jari. Menyisir rambut dalam kondisi basah akan memperburuk kerontokan rambut.


2) Dalam kondisi kering

Kondisi kering yang dimaksud di sini adalah rambut kering yang cenderung frizzy sampai mengembang, terasa kaku, dan kesat. Biasanya hal ini disebabkan oleh foaming agent atau surfaktan yang digunakan produk tidak cocok atau terlalu harsh untuk rambut kita. Beberapa shampoo bahkan mengandung silicone yang membuat tampilan berkilau secara temporer. Namun, dalam jangka panjang justru membuat lapisan film di rambut yang menyebabkan rambut kita tidak dapat menyerap nutrisi dari produk perawatan rambut yang kita gunakan. Akhirnya, rambut menjadi kering dan kaku sehingga mudah patah dan rontok.


Intinya, penting banget untuk mengenali penyebab atau pemicu (trigger) masalah rambut kita, baik itu ketombe maupun kerontokan. Bisa karena cuaca, hormon, genetik, bahkan kekurangan Vitamin D. Memang setelah pakai produk ini, masalah rontok belum sepenuhnya hilang karena mungkin perlu konsistensi. Bahkan, ada kemungkinan pengaruh dari faktor genetik yang hanya bisa di-embrace saja :') Yang penting, nggak bikin rontoknnya makin parah saja sudah bagus. Dalam kondisi rambut lembab dan halus, meskipun disisir pakai jari biasanya jarang banget rontok. Mungkin hanya 1-2 helai. Lain cerita ketika keramas, sepertinya hasil dalam foto di bawah ini bisa dikatakan masih cukup memuaskan. Padahal nggak pakai produk lain atau potong rambut. Mudah-mudahan setelah semakin dirutinkan akan semakin berkurang.


Before-After-SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com




FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Mampu mengatasi ketombe basah dan kering dalam waktu kurang lebih 3 minggu.

+ Membantu mengurangi kerontokkan rambut saat keramas.

+ Menjaga rambut tetap halus meskipun tanpa conditioner (tergantung tingkat humiditas di masing-masing area).

+ Wanginya cukup bertahan lama dan membuat rileks saat keramas.


Cons (-)

- Masih terdapat SLES. Meskipun dianggap lebih mild dibanding SLS. Sebaiknya tidak digunakan bagi penderita alergi kulit seperti dermatitis atopik/ seboroik, psoriasis, dan eczema.



RECOMMENDATION


SH-RD-nutra-therapy-shampoo-bintangmahayana-com10


Dapat digunakan sebagai 2 IN 1 Solution bagi permasalah ketombe dan rambut rontok. Namun, karena masih mengandung SLES sebagai salah satu surfaktan, produk ini tidak dirkeomendasikan untuk digunakan oleh penderita alergi kulit seperti dermatitis atopik/ seboroik, psoriasis, dan eczema. Ibu hamil dan menyusui dapat menggunakan produk ini selama tidak memiliki alergi kulit yang sensitif terhadap SLES. Namun, tetap dianjurkan untuk mengonsultasikannya ke dermatologist.


Copyright Ⓒ2023
Bintang Mahayana


No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.