REVIEW Votre Peau Retinol Serum Concentrate & Votre Peau Retinol Eye Cream - Rekomendasi Retinol Local Brand 2023

Wednesday, August 02, 2023

Hola Beauties!

Apa kabar semuanya?
Semoga semua yang membaca postingan ini dalam keadaan sehat dan bahagia selalu yaa🩷
Kali ini gue mau kasih rekomendasi Retinol yang mungkin bisa kalian coba. terutama buat yang merasa sudah memasuki usia wajib menggunakan Anti-Aging. Semoga review ini bisa membantu teman-teman semua untuk dapat referensi sebelum memutuskan membeli, yaa. Before vs After ada di akhir review.
May we all aging gracefully :)
Let's jump into the review! 









ABOUT THE BRAND

Votre Peau merupakan brand lokal asal Indonesia yang pada awalnya dimulai dari Maharis Clinic - sebuah klinik kecantikan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Gue pribadi tau klinik ini awalnya karena YouTube Female Daily dan Vlog Kak Jovi Adhiguna. Seperti kebanyakan klinik kecantikan di Indonesia, selain bisa treatment, kalian juga bisa membeli produk-produk kecantikan untuk dibawa pulang. Namun, perlu digarisbawahi bahwa Votre Peau merupakan produk Skincare Over The Counter (OTC). Sehingga bisa digunakan setiap hari dan tidak memerlukan resep dokter.




MY SKIN PROFILE

My Skin Type:

Normal to Dry

My Skin Tone:

Light to Fair

My Skin Undertone:

Neutral

My Skin Concerns:

Acne-Prone, Hyperpigmentation (PIH), Large Pores, Undereye Fine Lines






Votre Peau Retinol Serum Concentrate

Votre-Peau-Retinol-Serum-review-bintangmahayana-com



PRODUCT DETAILS


Votre-Peau-Retinol-Serum-review-packaging-bintangmahayana-com

Brand Name:

Votre Peau

Product Name:

Votre Peau Retinol Serum Concentrate

Country of Origin:

Indonesia

Product Type:

Face Serum/ Anti-Aging

Product Size:

30mL

BPOM No.:

NA18211900959

Batch No.:

2306210211

Expiry Date:

May 2025

Price:

IDR215,000

Where to Buy:

Shopee Official @votrepeaushop




INGREDIENTS

Aqua, Polysorbate 20Acrylamide Sodium Acrylate Copolymer, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Ammonium SulfateDmdm Hydantoin, Caprylic/ Capric TriglyceridePhenoxyethanolRetinolSodium Sulfate.


__    Emollient/ Emulsifier

__    Humectant

__    Preservative

__    Retinol

__    Stabilizer

__    Surfactant

 



PACKAGING

Outer Packaging

Votre Peau Retinol Serum ini dikemas dalam slide box packaging. Di bagian luarnya berwarna purple minimalist dengan aksen putih. Sedangka di bagian dalamnya berwarna monokrom black and white yang juga dilengkapi dengan segel hologram untuk melindungi isi produk dari pemalsuan atau penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 


Kelengkapan informasi yang tertera meliputi nama brand, nama produk, ukuran produk, barcode, QR Code, BPOM No., batch produksi, tanggal kedaluwarsa, gambaran umum tentang Retinol (klaim produk), petunjuk penggunaan (direction), komposisi (ingredients), serta keterangan manufaktur dan distributor. Kekurangannya tidak ada logo Period After Opening (PAO). Logo PAO adalah logo yang  menunjukkan durasi yang disarankan untukmenggunakan produk setalah kemasan pertama kali dibuka, guna mencapi hasil yang optimal.


Votre-Peau-Retinol-Serum-review-bintangmahayana-com-1

Votre-Peau-Retinol-Serum-review-bintangmahayana-com-2





Inner Packaging

Untuk botol serumnya sendiri ada yang gue suka, ada juga yang kurang suka. Sukanya, tuh dia warnanya coklat gelap gitu kayak warna botol obat batuk siru, tahu kan yaa? Haha. Secara teknis ungsi warna botol ini adalah bantu menjaga stabilitas Retinol yang memang rentan teroksidasi atau bahkan rusak jika terlalu banyak terkena sinar matahari.


Votre-Peau-Retinol-Serum-review-bintangmahayana-com


Nah, cumaaa kurang sukanya tuh pump-nya yang warna putih. Awal mau pakai sampai bingung, "Kok nggak mau keluar dipencet berkali-kali?" Sampe diputer-puter karena takutnya ada segel di leher pump-nya. Nggak taunya bisa dipencet, tetapi agak nggak santai gitu gaes mencetnya. Harus agak ditekan yang jadinya kalau mau pakai serum ini benar-benar dipencet ke arah telapak tangan supaya nggak ke mana-mana. Biasanya kalau mau pakai serum cukup di ujung-ujung jari taruh produknya. Hmm...hal itu nggak bisa dilakukan pada produk ini. Semoga kualitas botolnya ini bisa diperbaiki yaa oleh Votre Peau mengingat untuk ukuran brand lokal, serum ini nggak bisa dikatakan murah. So, I guess it's not too much if we asked for a better user experience from this serum, right?


Votre-Peau-Retinol-Serum-review-bintangmahayana-com-pump-bottle



TEXTURE

Tekstur Votre Peau Retinol serum adalah gel serum berwarna translucent yang mudah meresap ke kulit. Rasanya di permukaan kulit memang ada sedikit tackiness, tetapi nggak se-tacky Votre Peau Vitamin C Serum. Ketika sudah di-layer dengan skincare products lainnya, rasanya kulit jadi kenyal, lembab, dan halus. Suka banget sama kulit sendiri setiap mau tidur kayak gitu.


votre-peau-retinol-serum-tekstur-bintangmahayana-com




FRAGRANCE

Biasanya beberapa serum Retinol ada yang memiliki bau khas, tetapi serum ini sendiri nggak terlalu kentara baunya. Soalnya, di dalam kandungan serum ini tidak terdaoat artificial fragrance maupun alcohol baik murni maupun fatty alcohol (berbahan dasar tumbuhan). Jadi, buat Sisters di sini yang kurang suka atau nggak nyaman dengan produk yang beraroma, Retinol Serum ini sepertinya boleh , nih masuk ke dalam Wishlist kalian! :) 



***



Votre Peau Retinol Eye Cream

Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-full-review-bintangmahayana-com




PRODUCT DETAILS


Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-full-review-product-details-bintangmahayana-com


Brand Name:

Votre Peau

Product Name:

Votre Peau Retinol Eye Cream

Country of Origin:

Indonesia

Product Type:

Eye Cream/ Anti-Aging

Product Size:

12.5g

BPOM No.:

NA18202000306

Halal Indonesia Reg.:

ID00310000178980521

Batch No.:

22110009

Expiry Date:

Nov 2024

Price:

IDR185,000

Where to Buy:

Shopee Official @votrepeaushop



INGREDIENTS

Aqua, Butylene Glycol, Dicaprylyl Carbonate, Betaine, Trehalose, Cetearyl Alcohol, Tocopheryl Acetate, Cyclomethicone, Ascorbyl Glucoside, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, Dimethicone, Panthenol, Arginine, Hydroxyacetophenone, Sodium Citrate, Potassium Hydroxide, Hydroxyethylcellulose, Hydrogenated Retinol, Disodium EDTA, O-Cymen-5-OI, Sodium Hyaluronate, Sodium Metabisulfite, Kappaphycus Alvarezil Extract.

 
__    Active

__    Antioxidant

__    Emollient

__    Fatty Alcohol

__    Humectant

__    Preservatives

__    Retinol

__    Silicone


 


PACKAGING

Outer Packaging

Satu Kata: GEMAS! Kemasan box dari Votre Peau Retinol Eye Cream ini bernuansa orange dengan desain ilustrasi wortel. Bentunya senditi adalah sliding box prisma segitiga sama kaki. Jadi, begitu dibuka dengan cara ditarik, akan terlihat di bagian tengah ada coakan berbentuk lingkaran sebagai cetakan untuk kemasan eye cream-nya.


Kelengkapan informasi yang tertera meliputi nama brand, nama produk, ukuran produk, barcode, QR Code, BPOM No., Halal Indonesia No., batch produksi, tanggal kedaluwarsa, gambaran umum tentang kandungan utama produk (klaim produk), petunjuk penggunaan (direction), komposisi (ingredients), serta keterangan manufaktur dan distributor. Kekurangannya tidak ada logo Period After Opening (PAO). Logo PAO adalah logo yang  menunjukkan durasi yang disarankan untukmenggunakan produk setalah kemasan pertama kali dibuka, guna mencapi hasil yang optimal.


Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-full-review-packaging-bintangmahayana-com

Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-full-review-kemasan-bintangmahayana-com



Inner Packaging

Kemasan produknya sendiri sangat imut dengan ukuran 12,g sangat mudah dibawa-bawa. Wadahnya sendiri terbuat dari acrylic glass yang tetap terasa solid, tetapi tidak berat. Tutupnya itu bukan kayu beneran yaa. Hanya coating-nya saja yang didesain berpola mirip kayu.0-


Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-review-packaging-bintangmahayana-com


Votre-Peau-Retinol-Eye-Cream-full-review-packaging-details-bintangmahayana-com




TEXTURE

Tekstur Votre Peau Retinol Eye Cream ini berwarna oranye kekuningan yang soft. Watery cream-nya terasa cukup rich dan oklusif. One pea size saja sudah bisa untuk kedua area mata. Bahkan kalau spreading  setelah pakai little dots, bisa diaplikasikan ke seluruh wajah. Jadi, dengan teksturnya yang mudah diratakan ini, ukuran 12,5g sejujurnya cukup irit karena hanya perlu pakai sedikit saja. Produk ini definisi "a little goes a long way".


Kalau teman-teman biasa menggunakan eye serum, mungkin perlu sedikit penyesuaian ketika menggunakan eye cream. Terlebih lagi produk ini mengandung silikon yang cukup terasa ketika awal diaplikasikan. Namun, bagusnya produk ini bukan tipikal gel silicone yang hanya akan stay di permukaan. Lama kelamaan produk ini akan meresap ke dalam kulit. Tunggu beberapa detik saja sebelum layering dengan mengaplikasikan serum wajah. Saat sudah set di kulit, akan terasa lembab dan kenyal. Apalagi kalau tidur di ruangan ber-AC yang rawan membuat kulit kita terasa kering saat bangun keesokan harinya.


votre-peau-retinol-eye-cream-tekstur-review-bintangmahayana-com






FRAGRANCE

Sepengalaman gue selama penggunaan, Retinol Eye Cream votre Peau ini tidak menimbulkan aroma bau atau wangi yang signifikan. Kalau kalian penasaran wanginya seperti apa, menurut gue ini persis seperti tipikal aroma cream skincare bersilikon. Aromanya khas seperti itu, tetapi tidak terlalu signifikan tercium di hidung. Sehingga tidak mengganggu.




***



Votre Peau Retinol Serum Concentrate

&

Votre Peau Retinol Eye Cream



MY EXPERIENCE

Votre Peau Retinol Serum Concentrate

Di awal pemakaian, lumayan nekat langsung pakai Votre Peau Retinol Serum setiap hari selama 3 hari berturut-turut. Sebagai catatan, gue bukan pengguna retinol pemula dan sudah pernah menggunakan retinol dengan bentuk yang lebih murni seperti The Ordinary Pure Retinol 0.2% in Squalane. Nah, meskipun waktu coba serum retinol Votre Peau ini untungnya nggak menyebabkan timbul jerawat baru atau tanda iritasi seperti kemerahan lainnya. Hanya saja, saat bangun tidur kulit memang sedikit terasa agak lebih kering dari biasanya. Meskipun tidak sampai terasa ketarik atau mengelupas. Hanya kurang damped aja kulitnya. Ditambah semalaman tidur di ruangan ber-AC. Jadi, pada hari ke-4, setiap pagi biasanya gue pakai serum yang menghidrasi juga seperti Votre Peau Vitamin C Serum (reviewnya menyusul, yaa!). Terus, setiap malamnya pakai retinol, penggunaan moisturizer-nya jadi 2 layers atau sedikit lebih banyak dibandingkan dengan saat tidak menggunakan retinol. 


Setiap 1-2 minggu sekali, gue skip retinol serum ini dengan hanya menggunakan basic skincare routine yang biasa gue gunakan. Tujuannya supaya kulitnya bisa istirahat dan meminimalisasi kemungkinan iritasi akibat penggunaan bahan aktif berlebih. Apalagi kulit gue tipe yang cukup sensitif, reaktif, dan normal to dry.



Votre Peau Retinol Eye Cream

Selama menggunakan Votre Peau Retinol Eye Cream ini gue nggak ada efek negatif sama sekali. Justru appreciate karena ini salah satu eye cream yang kelembapannya bertahan cukup lama di undereyes gue yang memang cenderung kering sehingga mudah timbul kerutan halus.  Teksturnya memang cukup rich saat pertama kalia diaplikasikan. Namun, kalau sudah meresap jadinya nggak berat sama sekali, kok. Cuma kadang-kadang suka ngerasa ambilnya kebanyakan. Padahal scooping-nya, tuh udah diirit-irit cuma sebesar kacang hijau untuk kedua area mata. Mungkin karena spreadability produk ini cukup ok, jadinya benar-benar a little goes a long way!



RESULT

Votre Peau Retinol Serum Concentrate Votre Peau Retinol Eye Cream

Setelah menggunakan keduanya selama kurang lebih 2 minggu, gue cukup bangga sama hasilnya yang bikin kulit jadi lebih cerah dan sehat. Area bawah mata perlahan menjadi lebih cerah dan bekas-bekas jerawat di area pipi juga memudar cukup baik. Ada kenaikan skin tone setidaknya 1 tingkat lebih cerah dibanding sebelumnya. Hasilnya terlihat dari foto di bawah ini:


votre-peau-retinol-serum-retinol-eye-cream-before-after-result-bintangmahayana-com




FINAL VERDICT


Pros (+)

+ Retinol Serum dan Retinol Eye Cream ampuh mencerahkan kulit dalam 2 minggu.

+ Tekstur keduanya mudah meresap ke kulit dan tidak meninggalkan residu yang kurang nyaman.

+ Pemakaian produk cukup hemat karena hanya butuh sedikit sekali pakai. Terutama Retinol Eye Cream.

+ Desain kemasan terutama eye cream sangat lucu dan compact.

+ Produk tidak menyebabkan iritasi seperti jerawat atau kemerahan.

+ Harga under 250k untuk Retinol Seum dan under 200k untuk Retinol Eye Cream pada harga normal (sebelum diskon) masih tergolong affordable.



Cons (-)

- Pump bottle serum retinol agak keras.

- Spatula Eye cream lebih besar dari jar produk. Sehingga penyimpanan produk tetap harus dalam kardus agar tidak hilang, jatuh, atau berdebu.






RECOMMENDATION

Retinol Beginner

Produk ini dapat digunakan oleh pemula. Namun, karena Retinol termasuk bahan aktif yang cukup kuat, lebih disarankan untuk usia 25 tahun ke atas. Usia 21-24 tahun boleh menggunakan jika memang sudah dirasa perlu dan memiliki basic skincare harian yang kuat untuk meminimalisasi dan mengatasi kemungkinan iritasi pada kulit.


Saran Penggunaan:

1) Teknik Pemakaian
Bisa menggunakan teknik "Sandwhich Skincare", yaitu dengan memberikan buffer sebelum menggunakan retinol. Misalnya: menggunakan 3-5 later hydrating toner atau menggunakan pelembab sebelum menggunakan retinol.

2) Build Your Tolerance Slowly!
Mulailah dengan menggunakan pada frekuensi 1 (satu) kali seminggu, dilanjut 2-3 (dua hingga tiga) kali seminggu. Sebelum dapat menggunakannya setiap hari.

3) Let Your Skin Rest!
Sekali sampai dua kali dalam seminggu, alokasikan kulit untuk beristiirahat sejenak dari penggunaan bahan-bahan aktif dengan hanya menggunakan daily basic skincare saja. 



Pregnant & Breastfeeding Mom

Retinol sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Ibu menyusui sebaiknya konsultasikan dengan dokter.





***

Thank you so much for reading my reviews!
May you are always healthy and glow inside out✨

Bintang Mahayana ©️2023

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.