REVIEW Scarlett Body Serum Loving dengan Kandungan 7X Ceramide

Thursday, August 24, 2023
Hola!
Apa kabar semuanya? Siapa yang di sini kalau mau tidur atau beraktivitas wajib banget wangi semerbak tapi juga tetap menjaga kesehatan kulit? Kali ini gue ada racun body care lagi, nih! Siapa tahu bisa jadi referensi kalian buat restock produk perawatan tubuh dan wewangian. Tidak lain dan tidak bukan, produk yang akan gue bahas dalam review kali ini adalah dari Scarlett. Kalau kalian udah suka mampir dari lama ke blog ini, pasti sudah nggak asing sama review produk-produk Scarlett dari berbagai line hingga jenis produk. Kali ini produk Scarlett yang akan di-review adalah Scarlett Body serum Loving.
So, let's jump into the review!





MY BODY SKIN PROFILE

My Body Skin Type: Normal to Dry

My Body Skin Tone: Light to Fair

My Body Skin Undertone: Neutral

My Body Skin Concerns: Hyperpigmentation (PIH), Dryness




PRODUCT DETAILS


scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com

Brand Name:

Scarlett

Product Name:

Scarlett Body Serum

Product Variant:

Loving

Country of Origin:

Indonesia

Product Type:

Body Serum

Product Size:

250mL

Price:

IDR75,000

Original Product Check:

https://verify.scarlettwhitening.com/

Where to Buy:

https://linktr.ee/scarlett_whitening





INGREDIENTS

Full Ingredients List Scarlett Body Serum Loving:

Aqua Demineralisata, Acrylates Copolymer, Mineral Oil, Cetearyl Alcohol, Propanediol, Titanium Dioxide, Cetyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Shea Butter (Butyrospermum Parkii), Niacinamide, Dimethicone, Trilosopropanolamine, Glycerin, Ceramide 2, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, DMDM Hydantoin, Glutathione, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Glycolic Acid, Ceramide NP, Ceramide NS, Ceramide AP, Ceramide EOP, Ceramide EOSCaprooyl Phytospingosine, Caproyl Sphingosine, CI 16035.


Ingredients Categories (in alphabetical order):


__    AHA    __    Antioxidant

__    Brightening (Active)    __    Ceramide    

__    Colorant    __    Emollient/ Emulsifier

__    Fatty Alcohol    __    Fragrance    __    Humectant

__    Mineral Oil    __    Preservative

__    Silicone

__    Sun Protector


Key Ingredients: 

Glutathione, Vitamin E, Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Glycolic Acid, 7x Ceramide, dan Shea Butter (Lihat bagian "Product Claims" untuk penjelasan lengkap).



PRODUCT CLAIMS

Berikut adalah beberapa klaim produk berdasarkan beberapa bahan utama (key ingredients) yang terkandung dalam Scarlett Body Serum Loving yang diklaim diformulasikan khusus untuk "Intense Brightening and Moisturizing":


scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com-2



Glutathione

1. Mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.
2. Mampu melindungi dan mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh efek buruk paparan sinar UV.


Vitamin E

1. Menjaga kelembapan kulit.
2. Mengatasi kulit yang terititasi.
3. Menjaga elastisitas kulit.
4. Melindungi dan mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh efek buruk paparan sinar UV.


Niacinamide

1. Efektif dalam mencerahkan kulit.
2. Mampu memudarkan noda gelap (hiperpigmentasi) pada kulit.


Sodium Hyaluronate

1. Mampu melembapkan kulit.
2. Mampu meredakan iritasi pada kulit.
3. Memperbaiki skin barrier pada kulit.
4. Menyamarkan kerutan atau garis halus pada kulit dengan meningkatkan kelembapannya.

Glycolic Acid

1. Mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam.
2. Membantu mencerahkan kulit agar tidak kusam.

7x Ceramide

1. Mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit.
2. Memperbaiki skin barrier kulit yang terganggu.
3. Mengencangkan serta mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.
4. Mampu membuat permukaan kulit terasa halus.

Shea Butter

1. Mampu melembapkan kulit.
2. Melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar UV.



PACKAGING

Kemasan Scarlett Body Serum Loving ini mirip dengan Scarlett Body Serum Happy. Bedanya, varian Loving identik dengan warna pink, sedangkan varian Happy identik dengan warna salmon. Bentuknya cukup slim karena ukurannya yang sedikit lebih kecil dibanding body lotion-nya, yaitu 250ml. Di bagian tutupnya terbuat dari plastik tebal transparan. Cuma sayangnya kalau dimasukkan ke tas, terkadang agak mudah lepas. 

Untungnya untuk mengeluarkan produknya sendiri menggunakan pump yang harus dipencet baru bisa keluar. Jadi, meskipun beberapa kali sempat terlepas tutupnya, dia nggak sampai bocor di tas. Namun, sebaiknya untuk cap gripping-nya bisa lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Secara dimensi sudah cukup travel friendly karena berbentuk hampir silinder dan tidak terlalu berat dibawa-bawa. Gue pribadi lumayan suka bawa ini ke kampus, kok buat melembabkan kulit area tangan sehabis wudu karena memang mudah kering. Meskipun bukan kering yang sampai bersisik atau parah, yaa. But, enak aja gitu karena badan jadi wangi terus selagi melembabkan kulit.



scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com-3

scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com-4


Kelengkapan informasi di sticker kemasannya terdiri dari: nama brand, logo brand, nama produk, komposisi utama produk, ukuran produk, cara pemakaian, klaim produk, ingredients (komposisi produk), nomor BPOM, QR Code BPOM, barcode, keterangan produsen, hologram sticker, dan batch produksi. Untuk kualitas sticker-nya sudah jauh lebih baik dibanding Scarlett Body Care edisi terdahulu.


scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com-5

scarlett-body-serum-loving-ingredients-list-bintangmahayana-com



TEXTURE

Tekstur Scarlett Body Serum Loving ini watery cream yang sangat ringan dan ketika dibaurkan juga mudah meresap tanpa meninggalkan residu seperti rasa licin atau berminyak sama sekali. Warna teksturnya sendiri very soft pink yang akan menjadi translucent ketika dibaurkan. Selama pemakaian, sepertinya produk ini tidak memberikan efek tone up secara instan seperti body lotion Scarlett pada umumnya. Ada efek cerah instannya, tetapi benar-benar tipis. Jadi, buat teman-teman yang kulitnya medium to deeper skin tone pun masih sangat aman pakai Scarlett body Serum loving ini karena nggak akan bikin kulit kalian jadi super putih atau istilahnya "ditepungin" hahaha


scarlett-body-serum-loving-tekstur-bintangmahayana-com



FRAGRANCE


scarlett-body-serum-loving-packaging-bintangmahayana-com


Scent Ambience: 

FLORAL - AMBER - MUSKY


Noticeable Scents: 

Orange Mandarin, Jasmine, Musk, Amber, Vanilla.


Aroma Scarlett Loving Body Serum ini tipe wangi yang dominan manis dan nuansanya feminim. Sekali pakai, wanginya semerbak satu ruangan. Apalagi kalau kita lewat terus kena angin, orang-orang auto bilang, "wih, wangi apaan, nih?" Kalau kalian suka aroma melati dan vanilla sepertinya akan suka. Aksen musky scent-nya bikin menyatu dengan natural body odor karena lama-kelamaan akan tercium seperti wangi bedak. Is this my preferred scent? Jujur, selera gue lebih ke wanginya Scarlett Body Serum Happy karena masih ada sedikit hint of masculine-nya. Ini masalah selera atau personal preference aja, kok. Gue pikir setiap orang punya karakter wanginya masing-masing. Jadi, bukan berarti varian Loving ini gue nggak suka dengan wanginya. Cuma, kalau menilai dari aroma saja, gue tetap akan balik lagi ke varian Happy untuk produk yang sama. 


Baca Juga: REVIEW Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum




EFFECTIVENESS

Moisturizing

Efektivitas Scarlett Body Serum Loving dalam melembabkan kulit menurut gue masih so-so kalau dibandingkan dengan Scarlett Happy Body Cream atau Scarlett Body Lotion Loving. Sejujurnya, nggak terlalu ada ekspektasi bakal ngelembapin super ekstra karena Body Serum lebih dicari manfaat kandungan aktif kalau di gue pribadi. Teksturnya sendiri ringan banget sedikit watery cream gitu. Jadi, ini memang lebih untuk teman-teman yang kulitnya normal cenderung mudah lembab (karena udara sekitar atau keringat). 


Kalau dari presentase keseluruhan sekilas kenaikannya hanya sekitar 2% per layer pemakaian. Namun, kalau teman-teman perhatikan di icon bar sebelahnya itu lumayan ada peningkatan yang cukup signifikan di level "oil" dan "softness" yang sebelum pemakaian hanya 1 bar menjadi masing-masing 4 bar di pemakaian 2 layer. Bisa dilihat dari hasil analisis menggunakan Skin Analyzer berikut ini:


scarlett-body-serum-loving-before-vs-after-review-bintangmahayana-com



Brightening

Untuk kemampuan produk dalam mencerahkan kulit menurut gue memang sepertinya tergantung jenis kulit masing-masing. Kebetulan gue pribadi nggak ngerasa ada masalah yang berarti soal kulit badan yang kusam. Jadi, produk ini lebih gue gunakan untuk maintaining skin tone aslinya. Proses setiap orang berbeda-beda tentunya, jadi kalau di orang lain proses cerahnya cepat, belum tentu di kita juga sama.




FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Membuat kulit terasa halus dan wangi.

+ Mudah meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residu yang mengganggu.

+ Kemasannya ringkes, tidak berat, dan mudah dibawa bepergian.


Cons (-)

- Tutup kemasannya terkadang agak mudah lepas meskipun isinya tidak sampai bocor.




Baca Juga: REVIEW Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly, Charming, dan Freshy




RECOMMENDATION


scarlett-body-serum-loving-review-bintangmahayana-com-recommendation


All Skin Types

Scarlett Body Serum Loving ini dapat digunakan di semua jenis kulit tergantung skin goals yang ingin dicapai seperti apa. Misalnya ingin mencerahkan kulit, maka produk ini dapat digunakan asalkan konsisten dan rutin pakainya. Kalau untuk melembabkan sekadar maintaining, lebih disarankan untuk normal to humid skin type. Kalau kulit kalian benar-benar kering (dehidrasi), sepertinya ini akan agak terasa kurang lembab dibanding kemampuan Scarlett Body Lotion atau Body Cream.


Pregnancy & Breastfeeding Mom

Bagi ibu hamil, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Mengingat di dalamnya terdapat banyak bahan aktif, karena toleransi kadar aktif bagi setiap ibu kemungkinan terdapat perbedaan. Bagi ibu menyusui, produk ini tergolong aman digunakan. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan di area dada sebelum menyusui. Lebih disarankan digunakan setelah mandi atau sebelum tidur. Pastikan wanginya sudah tidak terlalu kuat (sudah digunakan beberapa menit), karena hidung bayi bisa jadi sensitif terhadap aroma parfum.


Teenagers

Produk-produk Scarlett rata-rata memang mengandung bahan aktif. Sehingga, penggunaan lebih disarankan untuk remaja usia 13 tahun ke atas.



Bintang Mahayana©️ 2023

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.