REVIEW Make Up For Ever (MUFE) NEW HD Skin Impercetible Undetectable Stay-True Foundation Shade 1N06 Porcelain (Y218)

Wednesday, August 09, 2023

 Hola Beauties!

Apa kabar semuanya?
Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia saat membaca ini, yaa. Kali ini gue mau meracun permekapan duniawi yang setahun terakhir lagi gue pakai. Make Up For Ever (MUFE) NEW HD Skin Impercetible Undetectable Stay-True Foundation. Kalau penasaran gimana pengalaman gue sama produk satu ini, just keep on reading!




ABOUT THE BRAND

MAKE UP FOR EVER atau disingkat MUFE adalah brand make up profesional asal Perancis. Brand ini termasuk ke dalam jajaran brand mirik sultan empire LVMH (CEO Bernard Arnault) sejak 1999 dan telah tersebar di setidaknya 60 negara di seluruh dunia. Brand ini sendiri sebenarnya dulu diprakarsai oleh seorang Make Up Artist bernama Dany Sanz pada 1984. Beliau merupakan lulusan Faculty of Fine Arts yang pada tahun 80-an memiliki keresahan akan dunia make up karena dinilai kurang kreativitas dan terbatasnya shade range yang dapat mengakomodasi berbagai warna kulit. Sehingga, ia melakukan transpose dari art palette menjadi make up palette.




MY SKIN PROFILE


My Skin Type:

Normal to Dry

My Skin Tone:

Light to Fair

My Skin Undertone:

Neutral

My Skin Concerns:

Large Pores, Acne Prone, Hyperpigmentation





PRODUCT DETAILS


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com


Brand Name:
Make Up For Ever (MUFE)

Product Name:
HD Skin Impercetible Undetectable Stay-True Foundation 
HD Skin Fond de Teint Longue Tenue

Shade:
New Edition in 1N06
Prev. Edition in Y218 

Country of Origin:
France

Product Type:
Foundation

Product Size:
30mL/ 1.01 fl.oz

BPOM No:
NC14210300335

Batch No:
1000075106

Expiry Date:
Dec 2024

PAO:
12 M (1 year)

Purchased Point:
Sephora Indonesia Offline Store




INGREDIENTS

Aqua (Water)Methyl TrimethiconeAlcoholIsododecaneButylene Glycol • Synthetic Fluorphlogopite • Cetyl PEG/ PPG-10/ 1 Dimethicone Phenyl Trimethicone Acrylates/ Dimethicone Copolymer Glycerin Silica Dimethicone • Disteardimonium Hectorite • Sorbitan Sesquioleate Dimethicone Crosspolymer Sodium Myristol Glutamate Sodium Benzoate Sodium Chloride • VP/ VA Copolymer Propylene Carbonate Parfum (Fragrance) Sodium Citrate • Hexadecene Aluminum Hydroxide Hydrogen Dimethicone Glyceryl Undecyl Dimethicone Tocopherol • Citric Acid Phenethyl Alcohol • Saccharide Isomerate • Pentaerythrityl Tetra-DI-T-BUTYL Hydroxyhydrocinnamate [+/- CI 77891 (Titanium Dioxide) • CI 77491, CI 77492, CI 77499 (Iron Oxides)]  15941.


__    Alcohol

__    Antioxidant

__    Colorant/ Sun Protector

__    Fragrance

__    Humectant

__    Silica

__    Silicone





PRODUCT CLAIM


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-2




UNDETECTABLE
Foundation ini diklaim tidak dapat terdeteksi secara virtual oleh mata manusia karena tampilannya yang seamless. Sehingga dinamakan "undetectable".


FLAWLESS
Diklaim mampu memberikan koreksi pada ketidaksempurnaan kulit secara instan dengan ketahanan 12 jam efek blur dan 24 jam skin perfection.


TRUE TO SKIN
Saking "undetectable" dan "flawless", foundation ini diklaim dapat memberikan tampilan akhir atau finish yang ultra natural hingga tidak akan terlihat oleh kamera dengan resolusi 4K.


24-HOUR WEAR
Tahan 24 jam dengan formula waterproof, sweatproof, dan mask-friendly.


Source: makeupforever.com





PACKAGING

Outer Packaging

Box packaging MUFE rata-rata memang selalu bernuansa hitam-putih-merah, yaa. Sepertinya ini memang salah satu kekutan branding MUFE dengan logo bibir di bagian samping. Memang untuk jenis kertasnya ini bukan yang terlalu tebal. Apalagi di bagian dalamnya juga tidak ada kardus tambahan untuk membuatnya menjadi lebih kaku. Namun, bukan berarti kardusnya super letoy juga, yaa. Untuk informasi yang ditampilkan cukup jelas. terutama nama shade yang juga ditulis referensinya berdasarkan nama shade pada edisi HD Skin sebelumnya.  


Walaupun agak membingungkan karena new shade 1N06 di mana ada kode N yang artinya Neutral. Sedangkan pada old shade Y218, terdapat kode Y yang secara otomatis dalam otak gue mikirnya Y for Yellow. Mungkin teman-teman yang pernah pakai HD Skin seri lama boleh kasih insight, yaa. Soalnya jujur, ini adalah foundation MUFE gue yang pertama. Oh ya, kalau ada satu hal yang agak gue sayangkan, yaitu expiry date-nya ternyata cukup dekat. Padahal beli di Offline Store Sephora 2022 dan kondisinya barang ini belum lama masuk Sephora. Pantesan, waktu gue lihat di website harganya sudah Rp700rb-an. Sedangkan waktu gue beli ini di harga Rp690rb-an. Gue pribadi cukup awet kalau pakai foundation. Jadi, waktu 2 tahun itu lumayan sebentar untuk gue habiskan 1 botol ini. Soalnya, sehari-hari lebih sering pakai concealer aja. Kalaupun pakai foundation biasanya hanya 1-2 pump. Itupun kayaknya kok produk ini nggak berkurang-kurang, yaa? Sisi positifnya, sih kalau ED-nya masih lama, ini jatohnya hemat banget. So, always make sure to check on the expiry date before purchasing!


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-3

MUFE-HD-Skin-foundation-ingredients-bintangmahayana-com




Inner Packaging

Kemasan botolnya sendiri berwarna nude dengan botol kaca yang see-through. Sehingga kita bisa lihat isi produk di dalamnya. Kalau di toko, kita bisa lihat pergeseran warna shade-nya, karena kita langsung bisa melihat warna produknya. Kemasannya juga menggunakan pump. Jadi, nggak perlu beli terpisah atau khawatir nuangnya kebanyakan. Botolnya benar-benar tahan banting! Parah, sih! Pernah jatuh dari meja (80cm-an) dan cukup keras jatuhnya. Nggak pecah bahkan nggak lecet sama sekali. Tutupnya ini lucu sebenarnya, matte finish dengan ukiran logo MUFE Lips yang khas. 


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-4


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-5


Sayangnya, dia agak cepat kotor. Harus rajin dilap, yaa. Terus, kesannya cuma tempelan aja, karena benar-benar cuma ditaruh atau ditempelkan. Mau diputar atau ditekan pun nggak akan klik sampai mengunci. Agak kurang paham, sih sejujurnya sama konsep kemasan yang baru. Mungkin karena MUFE ingin merambah pasar baru yang lebih inklusif dan youthful? Soalnya jujur, kalau di seri-seri yang lama, gue mau nyobain, tuh agak sedikit terintimidasi. Bukan karena harganya, tetapi karena branding MUFE yang sangat mencerminkan profesionalisme Make Up Artist yang memang skill make up-nya nggak perlu diragukan lagi. Secara desain, gue suka keduanya untuk alasan yang berbeda. Hanya saja, tutupnya bisa dibuat lebih mengunci agar tidak mudah lepas.


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-6


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-7





FRAGRANCE

Asli wangi foundation ini tuh enak banget tapi nggak bikin enek. Typicall high-end foundation rata-rata yang gue coba wanginya, tuh kayak gini. Meskipun dia nggak sewangi Lancôme Teint Miracle yang memang terasa lebih strong karena mengandung Alcohol. Kalau kalian lihat analisis gue di bagian "Ingredient", produk ini memang mengandung parfum di bagian tengah ingredient list, tetapi tidak mengganggu. Justru menambah kesan luxury dalam pengalaman pemakaian foundation ini.




TEXTURE 

Teksturnya ini sekilas memang agak cair, tetapi bukan berarti runny sampai susah untuk mendapatkan coverage. Sebelum digunakan memang harus dikocok terlebih dahulu agar water and oil based solution-nya menyatu. Kalau tidak, teksturnya akan kurang sempurna menempel di kulit. Untuk kulit normal to dry sebaiknya lakukan skin preparation dengan benar. Tidak perlu terlalu banyak menggunakan lapisan skincare maupun primer karena nanti malah susah menempel di kulit. Cukup toner, sunscreen, dan face mist atau setting spray yang juga dapat dijadikan sebagai primer. Di website MUFE, memang disarankan menggunakan setting spray MUFE, tetapi karena yang gue punya hanya MAC Fix+ Original, yaa gue pakai saja yang ada dan hasilnya cukup okay, kok. Review MAC -nya menyusul yaa gaes InsyaAllah.


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-8



SWATCHES & FINISH

Warna yang gue punya ini namanya 1N06 (Porcelain) diklaim untuk fair skin tone dengan neutral undertone. Kulit gue sendiri memang ada di rentang light to fair, jadi bukan yang super putih (fair), tetapi netral. Jadi di awal memang agak terasa keterangan cuma masih masuk karena sesuai undertone. Meskipun sekilas kalau di foto di bawah ini ada hint of pink-nya sedikit, yaa. Jadi nggak benar-benar pure neutral. Sengaja pilih warna 1N06, soalnya waktu coba di Sephora Offline Store, warnanya itu cepat banget oksidasi jadi lebih gelap 1 tingkat. Untuk finish-nya sesuai claim yaitu semi-matte finish. Jadi terlihat seperti matte, tetapi akan ada sedikit hint of glow kalau kulit terkena cahaya. Bukan dead-matte sampe bikin wajah kayak kue gitu, yaa haha.


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-swatches


Buat kalian yang mau beli online, saran gue kalau nggak terpaksa banget mending jangan, deh. Kalian harus cobain secara langsung di store dan bawa jalan-jalan dulu. Terus kalian swatch lagi yang baru buat lihat seberapa tinggi level oksidasinya. Kalau merujuk pada color swatch di website MUFE, warna 1N06 itu kayak foto di bawah ini. Kalau kalian bandingkan sama foto di atas kan beda, yaa secara kasat mata. 

MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-web-swatches
Untuk perubahan tingkat oksidasinya kalian bisa lihat di foto ini. Terlihat banget kalau yang baru di-apply itu jadi kelihatan lebih terang dan yang sudah didiamkan itu lebih gelap. Padahal itu didiamkannya nggak sampai berjam-jam, loh. Mungkin kayak cuma 3 menitan aja warnanya sudah berubah. But, to my experience this is not a bad thing at all. Soalnya, seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau shade ini di gue agak keterangan sedikit. Makanya, ketika warnanya turun dia jadi kayak camouflage ke skin tone gue aslinya. Hal ini adalah pengalaman yang mirip banget gue dapatkan dari Shiseido Synchro Skin Self-Refreshing Foundation SPF 35 PA++++


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-oxidation





LONGEVITY

Untuk ketahanan, gue pikir tergantung kulit masing-masing dan bagaimana kalian mempersiapkan kulit sebelum make up. Gue pribadi nggak suka pakai primer soalnya selama ini nggak terlalu ngerasa ada pengaruh yang signifikan. Apalagi make up primer MUFE juga cukup mahal. Skin prep gue selama ini cuma skincare yang biasa dipakai dan MAC Fix+ yang Original. As a muslim, gue juga nggak pernah pakai make up terlalu lama karena perlu dihapus ketika mau wudu supaya tetap sah. Apalagi produk ini klaimnya waterproof. Foto di bawah diambil sekitar 4-5 jam pemakaian pada bagian After dan foto Before sekitar 30 menit setelah full make up selesai. Tbh, muka jadi lebih glowing gitu. Kalau terlihat agak lebih warm di foto After, sepertinya karena efek cahaya, yaa. Meskipun foto keduanya sama-sama diambil dengan pencahayaan alami. Hanya area bawah mata dan hidung (karena pengguna kacamata) yang perlu retouchI.


MUFE-HD-Skin-foundation-review-bintangmahayana-com-before-after




FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Penggunaan produk sedikit saja sudah mampu meng-cover seluruh wajah (1-2 pump tergantung tingkat coverage yang diinginkan).

+ Warnanya memang sedikit oksidasi, tetapi dapat menyesuaikan warna kulit aslinya. Saran, pilihlah satu shade yang lebih terang, tetapi msaih dalam kategori undertone yang sama.

+ Teksturnya ringan dan mudah diratakan. Selama persiapan kulit sebelum make up dilakukan dengan baik.

+ Cepat set di kulit. Sehingga cukup menghemat waktu ketika ber-make up.



Cons (-)

- Bagian tutupnya agak mudah lepas karena tidak locking.




RECOMMENDATION

Meskipun klaimnya untuk normal to combination, ini tetap bisa dipakai di kulit gue yang normal to dry asalkan skin prep-nya okay gaes. Pakai ini mending pelan-pelan building up coverage layer by layer. Daripada langsung 6 pump terus ditumpuk. Hasilnya nggak bagus banget pas pernah gue coba. Kayak malah nggak mau nyatu di kulit atau jadi dempul yang gak ada flawless-nya sama sekali. Kalau tempat kalian tinggal humidity-nya tinggi, jujur kadang agak tricky. Soalnya bisa agak pengap gitu. Makanya pemakaian 2 pum itu rasanya udah maksimal banget, deh pokoknya. Oh, ya! Kalau kalian beli di Lazada, seinget gue MUFE ini punya kok kemasan yang lebih kecil dengan harga sekitar 300rban. Mungkin bisa coba itu dulu untuk test shade dan formula. Kalau udah dirasa okay, cus deh beli yang full size!


MUFE-HD-Skin-foundation-review-recommendation-bintangmahayana-com




Copyright©️ 2023
Bintang Mahayana

For business inquiries, kindly hit me up through email:
"contact.bintangmahayana@gmail.com"

- Thank you -

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.