REVIEW Anessa Brightening UV Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ Tone Up for Face & Body

Tuesday, June 13, 2023
Hola!
Apa kabar semuanya? Selamat datang bagi kalian yang baru menemukan blog ini dan selamat datang kembali buat teman-teman yang sudah mampir lagi ke sini. Ini review skincare pertama di tahun 2023 setelah sibuk ujian semester karena gue mulai kuliah lagi, nih! Jadi maba lagi, deh hahaha. Nggak sadar kalau udah mulai nggak seintens dulu explore berbagai macam skincare. Kali ini dapat kesempatan untuk review sunscreen dari Anessa lagi, nih. Kalau kalian suka ngikutin review gue di blog maupun sosial media lainnya, kalian pasti tahu kalo gue suka banget sama brand Anessa karena produk UV protection mereka, tuh nggak pernah gagal.
Let's jump right into the review! 







ABOUT THE BRAND

Anessa merupakan brand tabir surya yang berasal dari Jepang. Brand ini sudah cukup terkenal sejak pertama kali hadir pada 1992. Pada 2021, Anessa bahkan dinobatkan sebagai brand sunscreen nomor 1 di Jepang selama 20 tahun berturut-turut. Filosofi brand ini juga tercermin dari namanya. Dalam Bahasa Jepang, "Nessa" artinya adalah "pasir panas". Jadi, maksudnya adalah Anessa sebagai brand sunscreen ingin membuat kulit kita tetap cantik dan bercahaya sekalipun di bawah paparan sinar matahari yang membuat pasir menjadi panas (Sumber: Anessa ID).



CURRENT SKIN PROFILE

Bintang's Skin Type: Normal to Dry; Acne Prone

Bintang's Skin Tone: Light to Fair

Bintang's Skin Undertone: Neutral

Bintang's Skin Concerns: Whiteheads, Hyperpigmentation/ Uneven Skin Tone, Large Pores



PRODUCT DETAILS


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-packaging-bintangmahayana-com


Brand Name: 

Anessa

Product Name: 

Anessa Brightening UV Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Country of Origin:

Japan

Size: 

90 gram

Product Type: 

Hybrid Sunscreen

BPOM No:

NA22211700022

Batch No:

2781PO2S4O

Expiry Date:

September 2025

PAO:

(not mentioned)

Price:

IDR403,000

Where to Buy:

Shopee Official Anessa ID

Tokopedia Official Anessa ID





INGREDIENTS

Full Ingredients:

Water, Dimethicone, Ethylexyl methoxycinnamate, Alcohol, Zinc oxide, Titanium dioxide, Glycerin, Diisopropyl sebacate, Diphenylsiloxy phenyl Trimethicone, Tranexamic acid, Diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, PEG-100 Hydrogenated Castor Oil, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Silica, PPG-17, Hydrated Silica, BIS-Ethylexyloxyphenol Methoxyphenyl triazine, Isostearic acid, Dimethylacrylamide/ Sodium acryloyldimethyltaurate Crosspolymer, Titanium dioxide (CI NO: 77891), Aluminum hydroxide, Phenoxyethanol, Dextrin palmitate, Ethylexyl triazone, Hydrogen dimethicone, Mica (CI NO: 77019), Sorbitan sesquiisotearate, Beheneth-20, Succinoglycan, Cellulose gum, Fragrance, BHT, Tocopherol, Citric acid, Dipotassium glycyrrhizate, Sodium metaphosphate, Trisodium EDTA, Hydroxypropyl methycellulose stearoxy Ether, Sodium citrate, Butylene glycol, PEG/PPG-14/7 Dimethyl Ether, Sodium metabisulfite, Talc, RED 33 (CI NO: 17200), Camellia sinensis Leaf Extract, Potentilla erecta Root Extract, Blue 1 (CI NO: 42090), Sodium acetylated HyaluronatePolyquaternium-51, Soluble Collagen.


Ingredient Categories (in alphabetical order):

__ : Alcohol    __ : Antioxidant    __ : Anti-Inflammatory    __ : Brightening Agent    

__ : Collagen/ Collagen Booster   __ : Emollient/ Emulsifier    __ : Fragrance    

__ : Humectant    __ : Plant-based Extract    

__ : Pigment    __ : Preservative    __ : Silicone    

__ : Stabilizer/ pH Controller/ Viscosity Controller    __ : Sun Protector



Sunscreen Types:

Chemical Sunscreen

Ethylexyl methoxycinnamate,  BIS-Ethylexyloxyphenol Methoxyphenyl triazine, Ethylexyl triazone.

Physical Sunscreen

Zinc oxide, Titanium dioxide, Aluminum hydroxide.

Organic Sunscreen

Diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate.


Key Ingredients:

m-Tranexamic Acid
Berfungsi dalam mencegah pembentukan melanin serta munculnya flek hitam pada kulit.


Glicyrrhizzin Acid
Berfungsi dalam menghaluskan permukaan kulit dan mencegah kulit menjadi kasar akibat intensitas paparan sinar UV pada kulit.





BRAND CLAIM

klaim-anessa-brightening-uv-sunscreen-gel-bintangmahayana-com

(Klik gambar untuk memperbesar)
Source: Anessa Official Website




PACKAGING

Kemasan Anessa Brightening UV Sunscreen Gel ini terbuat dari tube berwarna dominan putih dengan ukuran 90 gram. Pada kemasan dengan formulasi baru sejak April 2022, terdapat perbedaan pada bagian logo brand yang berbentuk matahari. Pada kemasan dengan formulasi lama, logo matahari berwarna coklat keemasan, sedangkan kemasan baru berwarna biru muda. 


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-full-review-bintangmahayana-com


Konsep desainnya cukup clean karena informasi esensial seperti kandungan produk ada di kemasan plastik yang melapisi produk. Sebenarnya, kemasan plastik setengah alumunium foil ini tidak mengganggu. Hanya saja untuk produk yang harganya termasuk middle to upper range, rasanya akan lebih cantik kalau dikemas dalam box packaging daripada plastik seperti ini.

Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-plastic-packaging-bintangmahayana-com


Bentuk tube-nya pipih dan agak tinggi dengan tutup putar yang cukup kokoh untuk mencegah dari terjadinya kebocoran. Sebenarnya kemasannya cukup elegan dan mudah ditaruh di pouch karena tidak terlalu tebal meskipun sisinya banyak. Namun, sepertimya akan lebih praktis kalau bagian tutupnya berupa flip yang tidak perlu diputar dan dilepas setiap kali akan digunakan. 


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-packaging-bottle-cap-bintangmahayana-com


Seri ini ukurannya memang termasuk yang paling banyak dibandingkan seri lainnya. Jadi, bisa awet bahkan di atas 3 bulan. Tergantung intensitas pemakaian. Semoga seri ini kedepannya bisa keluarin edisi mini size-nya, yaa. Supaya teman-teman yang mau coba bisa pakai ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau. Lebih praktis juga kalau dibawa traveling, bukan?




TEXTURE

Apakah tekstur Anessa Brightening UV Sunscreen Gel mudah di-blend ?

Yes! Teksturnya mudah diratakan kalau ulit kalian sudah lebih dulu melakukan skin preparation dengan benar. Untuk morning skincare routine, biasanya gue akan cuci muka pakai cleansing foam, toner, moisturizer, lalu dilanjutkan dengan Anessa Brightening UV Sunscreen Gel. Gunakan per area wajah supaya tidak terburu-buru dan bisa fokus meratakan di salah satu area sebelum mengaplikasikan di area lainnya. Trik ini bisa dicoba buat kalian yang merasa kesusahan meratakan sunscreen yang berpigmen atau memiliki efek tone up seperti ini, yaa!

Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-Texture-bintangmahayana-com


Apakah Anessa Brightening UV Sunscreen Gel meninggalkan white cast di kulit?

Perlu diperhatikan bahwa produk ini digunakan di kulit gue yang memiliki skin tone light to fair dengan neutral undertone. Jadi, kalau teman-teman yang kulitnya lebih gelap dan undertone-nya lebih warm dari gue, mungkin akan sedikit meninggalkan cast. Terlebih lagi produk ini merupakian hybrid sunscreen yang di dalamnya terdapat physical sunscreen yang dapat menimbulkan efek white cast. Di kulit gue ini amsih aman banget. Apalagi kalau dipakai dengan teknik layering. Jumlah proteksi sunscreen tetap bisa sesuai kebutuhan, tetapi visual juga aman karena bisa merata dengan sempurna.


Bagaimana tekstur Anessa Brightening UV Sunscreen Gel dibanding Anessa UV Sunscreen Gel?

Sebelumnya gue sudah pernah coba Anessa UV Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ yang kemasannya gold. Persis dengan Anessa Brightening UV Gel, hanya berbeda warna. Tekstur Anessa UV Sunscreen Gel adalah lotion sunscreen yang cukup kental. Terkadang rasanya agak berminyak bahkan di kulit normal cenderung kering. Mungkin karena finish-nya yang dewy, jadi kulit kelihatan berminyak setelah pemakaian. Namun, tekstur Anessa Brightening UV Sunscreen Gel yang berwarna pink ini ternyata tidak selicin Aness UV Sunscreen Gel Gold. Finishnya cenderung semi-matte. Jadi, masih ada healthy glow effect-nya, tetapi tidak bikin kulit terlihat maupun terasa berminyak sama sekali.


Baca Juga: [REVIEW] ANESSA Perfect UV Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ | Bintang Mahayana





FRAGRANCE

Produk Anessa Brightening UV Sunscreen Gel wanginya enak banget! Kayak wangi apa, yaa? Mirip wangi sabun mahal gitu lah pokoknya. Seger tapi nggak bikin enek. I gotta say this is Anessa's sunscreen that got the best smell ever! Wanginya paling favorit dibanding varian sunscreen Anessa lainnya yang udah gue coba.


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-dry-skin-review-bintangmahayana-com





EFFECTIVENESS

As Skincare

Setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu, efek yang gue rasain kulit jadi lebih halus dan sedikit lebih cerah. Nggak mudah kusam ataupun kering. Biasanya kalau sudah banyak beraktivitas seharian, kulit jadi gampang kusam dan kering. Hal itu nggak pernah kejadian sama sekali sejak pakai susncreen Anessa. Mungkin teman-teman ada yang tercengang, "Kok sunscreen ini harganya lumayan wow, yaa?" Memang wajar, sih dari pengalamn gue pakai produk ini, kulit bukan hanya terlindungi dari sinar UV dalam artian sebatas nggak sunburned, tetapi juga efek jangka panjang yang dirasakan yaitu kulit menjadi terasa sehat, halus, kenyal, dan tidak mudah kusam. 


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-before-after-hands-bintangmahayana-com


Pengalaman menggunakannya juga menyenangkan, karena selain wanginya enak dan tidak menyengat, cooling sensation dari Anessa UV Brighetning Gel ini suka bikin gemes pengen cubit-cubit pipi sehabis pakai skincare hehehe. Soalnya, nggak jarang justru ada sunscreen yang setelah diaplikasikan ke wajah malah bikin terasa panas. Alhamdulillah, hal itu tidak terjadi di suncreen Anessa varian manapun.  Makanya, samapai sejauh ini gue pede untuk bilang kalau Anessa adalah sunscreen terbaik yang pernah gue coba. Foto di bawah diambil dengan pencahayaan alami. Mungkin di foto ini agak sedikit terlihat lebih gelap dari warna kulit aslinya karena memang tidak dilakukan editing pencahayaan sama sekali, hanya menabahkan caption. Di kulit asli, hasil pemakaian memmberi sedikit efek pink shade, sebelum lama-lama semakin menyatu dengan warna kulit yang asli.


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-before-after-bintangmahayana-com



As Make Up Primer

Sebagai base untuk make up, sunscreen ini ternyata bagus banget untuk menyamarkan pori-pori. Selain melembabkan, tentunya silicone yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu membuat kulit kita menjadi kanvas yang baik bagi produk make up yang akan digunakan. Kemaren waktu nonton konser, sunscreen ini gue pake sebagai base make up buat dipake dari sore sampai malem. Hasilnya, make up gak longsor sama sekali. Nggak bikin muka jadi kayak bungkus gorengan alias tetap oil-free


Padahal, meskipun kulit gue normal to dry, kalau pakai make up biasanya malah jadi gampang berminyak. Apalagi kalau sunscreen dan foundation-nya nggak mau kawin, shay. Bubar jalan! Jadi, penting banget kalau mau pakai make up yang awet dari daytime, harus pilih sunscreen yang bisa bantu mengunci make up dengan baik meskipun tidak pakai primer make up- lagi secara terpisah. 


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-Tone-Up-under-make-up-bintangmahayana-com




FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Isinya banyak banget 90g. So, it's definitely worth the price!

+ Mengandung Tranexamic acid yang baik untuk mencerahkan kulit. One of my holy grail ingredient!

+ Wanginya seger mirip wangi sabun mahal. Sedikit tercium alcohol scent, tetapi tidak sekuat varian UV Gel Gold.

+ Di kulit light to fair dengan neutral undertone, produk ini bisa kasih slight pink tone up effect yang bikin kulit jadi terlihat sehat dan lebih cerah.

+ Mudah diratakan dengan teknik pemakaian yang tepat. Digunakan per area wajah dan layering di kulit yang lembab.

+ Membuat kulit terasa lebih sehat secara jangka panjang dengan pemakaian rutin.


Cons (-)

- Sedikit terasa perih jika tidak sengaja terkena area mata karena kandungan alkohol ada di urutan ke-4 ingredient list.

- Sebaiknya disediakan versi travel size agar lebih mudah dibawa untuk re-apply atau traveling. Juga trial size bagi teman-teman yang baru ingin mencoba.





RECOMMENDATION

Buat kalian yang lagi cari hybrid sunscreen yang juga punya fungsi in between skincare and make-up, atau perlu sunscreen untuk kulit kering dan kusam, bisa banget coba Anessa Brightening UV Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++. Memang untuk tipe tone up seperti ini cukup tricky menyesuaikan dengan skintone dan undertone masing-masing. Makanya, ini lebih direkomendasikan buat teman-teman yang kulitnya light to fair skintone dengan neutral to cool undertone karena sepertinya akan lebih blended di kulit dengan hasil yang natural. Untuk teman-teman yang punya kulit medium to dark dan warm undertone, gue lebih rekomendasikan Anessa UV Gel Gold dibanding varian yang ini. 


Sunscreen ini juga gue rekomendasikan buat kalian yang ingin kulit lebih cerah. Soalnya, dalam pemakaian 2 minggu gue udah rasain hasilnya bikin kulit jadi lebih cerah sehat. Bagi teman-teman yang hobi pakai make up juga sunscreen ini bisa melindungi kulit karena bisa menjembatani skincare dan make up kalian. Sekaligus melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV karena mampu memperkuat skin barrier agar kulit tidak mudah bermasalah seperti dehidrasi, kusam, atau berjerawat.


Anessa-brightening-UV-Sunscreen-full-review-bintangmahayana-com




Copyright Ⓒ 2023
Bintang Mahayana

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.