REVIEW Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner & Seastem Marine Essence

Wednesday, June 28, 2023
 Hola!
Di postingan kali ini gue mau review hydrating toner dan essence dari brand lokal yang akhir-akhir ini jadi favorit banget. Awalnya cuma nyobain essence-nya aja. Eh! Nggak taunya enduls banget gaes. Jadi, waktu sudah mencapai 1/3 botol langsung buru-buru stock hydrating toner-nya. deh biar lengkap! Buat kalian yang mungkin masih bingung, nih mau coba yang mana dulu tenang aja. Kalian bisa baca review lengkapnya di sini dan disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kalian kira-kira produk mana yang mau kalian coba terlebih dahulu. Hope my review would help you decide!






ABOUT THE BRAND

Sensatia Botanicals merupakan brand lokal asal Bali, Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2000 di sebuah desa bernama Jasri di daerah Karangasem, Bali. Brand ini kemudian berkembang hingga memasuki pangsa pasar internasional. Uniknya, Sensatia Botanicals tidak hanya memerhatikan kualitas produknya saja yang selain terbuat dari bahan-bahan alami, juga aman digunakan karena tersertifikasi BPOM dan Halal MUI, tetapi juga memerhatikan kesejaheraan karyawannya. Hingga saat ini, 20% penghasilan perusahaan diberikan langsung pada karyawan dengan sistem bagi hasil. Kini, Sensatia Botanicals memiliki banyak variasi produk perawatan bagi wajah, badan, toiletries, mother & baby, dan juga produk khusus anak-anak (Sumber: Official Website Sensatia Botanicals).





MY SKIN PROFILE

My Skin Type:
Normal to Dry


My Skin Tone:
Light to Fair


My Skin Undertone:
Neutral


My Skin Concerns:
Acne Prone, Hyperpigmentation, Whiteheads, Large Pores.






PRODUCT DETAILS

Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner


Brand Name:

Sensatia Botanicals

Product Name:

Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner

Brand Origin:

Bali, Indonesia

Product Type:

Hydrating Toner

Product Size:

150 mL/ 5.1 fl. oz.

BPOM No.:

NA 18201204120

Halal MUI Reg No:

08150009520218

Batch No:

030823-1

Expiry Date:

MAR 2025

Price:

IDR250,000 (discounted price IDR200,000)

Purchased Point:

Sensatia Botanicals Official Shopee




Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence


Brand Name:

Sensatia Botanicals

Product Name:

Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence

Brand Origin:

Bali, Indonesia

Product Type:

Essence

Product Size:

150 mL/ 5.1 fl. oz.

BPOM No.:

NA 18190122830

Halal MUI Reg No:

08150009520218

Batch No:

121621-1

Expiry Date:

JAN 2024

Price:

IDR300,000 (discounted price IDR225,000)

Purchased Point:

Sociolla SOCO App







INGREDIENTS

Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner

Aqua, Glycerin (Vegetable), Macrocystis Pyrifera Extract, Centella Asiatica Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Sodium Citrate, Citric Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate (Vegetable Derived), Cyanidum Cadarium Extract.


Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence

Aqua, Niacinamide, Macrocystis Pyrifera Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Sodium Citrate, Citric Acid, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic AcidSodium Hyaluronate, (Vegetable Derived).



Ingredients Categories (in alphabetical order):

__    Active

__    Anti Bacteria

__    Emollient

__    Fatty Alcohol (Plant Derived)

__    Humectant



Macrocystis pyrifera Extract

Macrocystis pyrifera merupakan salah satu jenis alga laut (sea algae) dengan genus "Macrocystis" dan spesies "pyrifera".  Ingredient ini memiliki banyak manfaat bagi kulit, salah satunya sebagai bahan yang tinggi akan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas pada kulit. Selain itu, juga berfungsi sebagai anti-inflammatory dengan memperkuat skin barrier, meredakan kemerahan, dan iritasi. Manfaat lainnya adalah mampu menghaluskan permukaan kulit dan menghidrasi serta melelmbabkan. (Sumber: Paula's Choice & Skincare Lab Org.)







PACKAGING

Outer Packaging

Kemasan box packaging Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner dan Seastem Marine Essence memiliki desain yang serupa. Hanya saja kemasan hydrating toner lebih pendek beberapa sentimeter. Meskipun berat bersih keduanya sama-sama 150 mL. Nuansa coklat dengan dedaunan khas Sensatia Botanicals dengan tipografi yang modern menurut gue merupakan konsep clean design yang keren. Informasi yang ditampilkan juga cuku lengkap tanpa mengganggu layouting produk. Hanya saja, tidak terdapat informasi terkait Period After Opening (PAO) yang menandakan durasi terbaik produk boleh digunakan setelah kemasan dibuka. 


Dengan mengetahui informasi PAO, kita jadi bisa memperkirakan berapa lama sebaiknya kita menghabiskan produk sebelum manfaat dari kandungannya berkurang secara efektivitas. Biasanya, untuk produk toner atau essence seperti ini, secara umum sebaiknya habis digunakan dalam waktu 6 bulan. Untuk ukuran 150 mL, sepertinya 6 bulan waktu yang cukup bukan? Kalau digunakan secara rutin, bahkan bisa saja habis dalam waktu setidaknya 3 bulan pemakaian.


Secara saftey, kardusnya lumayan kokoh dan tebal, karena di dalamnya juga ada lapisan cardbox coklat yang membantu mencegah benturan produk dalam perjalanan. Sewaktu pesan Seastem Marine Essence di Sociolla, mereka tidak mengemas dengan bubble wrap sama sekali. Jadi, ujung-ujung kardusnya agak penyok sedikit dan berbekas putih. Meskipun untungnya, isinya tetap aman tanpa cacat sama sekali.







Inner Packaging

Botol kemasan Seastem Marine series ini menurut gue sangat tebal karena keduanya terbuat dari kaca dengan doff  finish (buram). Memang cukup berat jika dibawa bepergian. Produk ini bagusnya memang dipajang di rak skincare atau di meja rias karena warnanya bikin kelihatan seperti high-end skincare. Meskipun dalam range local brand, harganya cukup di atas para kompetitornya untuk produk sejenis. Satu hal yang gue kurang suka, entah kenapa di sekitar mulut botol Seastem Marine Essence, seringkali tertinggal residu putih seperti di foto. Memang bukan masalah besar, karena bisa dilap dengan tisu saja setiap habis menggunakan. Masalahnya, terkadang ini juga ada di badan botol yang terkena bekas tangan kita setelah mengaplikasikan produk. Kebetulan untuk produk toner maupun essence, gue nggak pernah pakai kapas karena boros, yaa gaes. Nggak mau rugi gitu anaknya emang haha


Sebenarnya, saat pertama unboxing di lubang botolnya ada plastic stopper, tetapi udah dibuang. Tutupnya rapet dan tebal, kok. Jadi, tanpa stopper pun sebenarnya tidak perlu takut terjadi kebocoran (leakage) saat dibawa. Ada hal yang terlihat sepele tetapi mau gue apresiasi, yaitu tetap ada engraved di botol untuk ingredient lists produk. Terkadang, kardus sudah kita buang, terus kita nggak inget kandungan secara keseluruhan. Sehingga, waktu mau digunakan bareng produk lain jadi bingung karena khawatir ada kandungan yang tidak bisa digunakan dalam waktu bersamaan.








TEXTURE

Tekstur Sensatia Botanicals Seastem Marine Hydrating Toner dan Seastem Marine Essence secara kasat mata hampir tidak ada bedanya. Keduanya sama-sama cair (runny) seperti air. Jujur, agak males kalau harus foto produk dengan tekstur seperti ini karena susah dapet foto yang bagus. Jatoh mulu gaes :( Cuma, kalau inget gimana nyamannya setiap pakai keduanya, paid off laa. Tekstur keduanya baru bisa dirasakan setelah diaplikasikan ke kulit wajah dan bisa diperhatikan dari after effect-nya. Memang essence terasa lebih ada feel-nya sedikit dibanding tonernya. Keduanya sama-sama menghidrasi, tetapi essence dari layer pertama sudah berasa banget di kulit. Kalau toner perlu 2-3 layer baru terasa pas di kulit normal to dry








FRAGRANCE

Di dalam kandungan kedua produk tidak terdapat kandungan fragrance/ perfume. Namun, keduanya memiliki wangi citrus yang mirip. Wanginya segar dan tidak sekuat wangi herbal produk-produk Sensatia Botanical yang lain. Sangat soft tetapi cukup menenagkan. Untuk Seastem Marine Essence, wanginya sedikit lebih terasa dan lebih segar di hidung dibanding Seastem Marine Hydrating Toner.




SKIN ANALYZER TEST

Berdasarkan hasil uji dengan Skin Analyzer, pengukuran ke-1 dilakukan dan menunjukkan bahwa kondisi kulit pada awalnya memang sedikit agak kurang lembab karena indikator menunjukan presentase keseluruhan 35% dengan kadar moist 2 bar, dan kadar oil serta softenss masing-masing hanya 1 bar. 


Kemudian pengukuran ke-2 dilakukan setelah pengaplikasian Seastem Marine Hydrating Toner sebanyak 2 layer dan didiamkan beberapa saat agar meresap ke dalam kulit secara sempurna tanpa residu di permukaan (sekitar 1 menit), presentase keseluruhan naik sebesar 13% menjadi 48% dan ketiga bar menjadi maksimum. Pengukuran ke-3 dilakukan setelah pengaplikasian Seastem Marine Essene sebanyak 2 layer dan didiamkan beberapa saat hingga mereap sempurna. Hasi akhir menunjukkan peningkatan presentase keseluruhan sebesar 12% menjadi 60% (presentase maksimum alat ukur) dengan seluruh indikator bar maksimum.





EFFECTIVENESS

Pada awalnya, produk yang gue coba memang hanya Sesansatia Botanical Seastem Marine Essence, karena pada saat itu kulit lagi agak kusam. Jadi, ngincer produk ini, deh gara-gara liat kandungan Niacinamide-nya cukup tinggi. Setelah menghabiskan hingga sisa 1/3 botol dalam waktu kurang lebih 2 bulan, efek yang gue rasain memang dia bantu banget buat mencerahkan. 


Seminggu pertama memang belum terasa cerah, tetapi cukup membantu menghidrasi kulit dan bikin tampilan make up lebih baik karena kulit yang lembab. Kemampuannya dalam mencegah timbulnya jerawat juga cukup baik. Kalaupun masih timbul jerawat hanya hormonal acne yang tidak seberapa besar dan akan segera hilang. Nah, karena gue cukup puas dengan performa si essence, jadi makin penasaran buat menambah koleksi produknya Sensatia Botanicals. Mumpung tonernya juga lagi diskon di Shopee Official Sensatia Botanicals waktu itu, angkut deh langsung!


Memang, kalau kalian berharap ada efek yang WOW dari toner ini, kayaknya akan kecewa. Soalnya fungsi toner ini bukan tipe yang kalian bisa langsung amati secara instan kayak si essence. Toner ini memiliki pH yang sedikit lebih rendah dari essencenya. Berdasrkan informasi brand, pH essence ada di kisaran pH4,5--5.5, sedangkan pH hydrating toner berkisar pH4,00-5,00. 


Efek dari perbedaan pH keduanya baru akan terasa kalau kalian pakai skincare layering. Apalagi kalau lagi pakai anti-aging yang cukup poten seperti Retinol yang biasanya berpotensi membuat kulit menjadi kering. Sejak dibantu toner, rasanya kulit terhidrasi lebih lama. Kombinasi antara hydrating  toner dan essence benar-benar membuat kulit terasa lebih kenyal dan lembut serta lebih siap menerima rangkaian produk yang kita gunakan selanjutnya. Jadi, kemampuan si hydrating toner ini juga nggak bisa dianggap remeh, loh yaa.






FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Tekstur hydrating toner dan essence sangat ringan dan mudah meresap ke kulit tanpa rasa lengket sama sekali.

+ Setelah penggunaan rutin Seastem Marine Eseence, kulit terlihat lebih cerah dan tidak mudah kusam.

+ Setelah penggunaan rutin Seastem Marine Hydrating Toner, penyerapan skincare menjadi lebih maksimal karena terasa kulit lebih kenyal dan produk skincare lain jadi lebih efektif dalam memberikan hasil (e.g: retinol).

+ Kemasan kedunya cukup kokoh dengan desain yang elegan.


Cons (-)

- Untuk ukuran 150 mL, secara harga memang agak mahal. Terlebih lagi tidak ada trial size/ travel size.

- Botolnya cukup berat untuk dibawa bepergian.





RECOMMENDATION

All Skin Types*

Baik Seastem Marine Hydrating Toner maupun Seastem Hydrating Toner bisa digunakan oleh semua jenis kuulit. Mulai dari kulit kering, kombinasi, berminyak, mudah berjerawat (acne prone skin), hingga sensitif. Di dalmnya banyak kandungan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan karena keduanya merupakan vegan skincare.


*Pengecualian bagi teman-teman yang sangat sensitif dengan produk-produk hail laut. Di dalmnya sendiri terkandung alga jenis Macrocystis pyrifera atau "Giant Kelp". Jadi, bagi kalian yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan laut, sebaiknya konsultasi dengan dermatologist terlebih dahulu, yaa.



Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui biasanya akan mengalami perubahan hormon. Sehingga, jika mengonsumsi produk yang memiliki kandungan laut, sebaiknya bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan. Terkhusus bagi ibu hamil.



Remaja

Kedua produk sangat aman digunakan oleh remaja. Namun, lebih disarankan untuk penggunaan pada usia 13 tahun ke atas. Terutama untuk produk Seastem Marine Essence yang di dalmnya terdapat kandungan Niacinamide yang cukup tinggi.


Copyright Ⓒ2023
Bintang Mahayana

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.