REVIEW Rare Beauty Soft Pinch Matte Liquid Blush Shade Love

Monday, June 19, 2023
Hola!
Di postingan kali ini gue excited banget mau cerita pengalaman gue dengan salah satu beauty brand yang kehadirannya ditunggu-tunggu di Indonesia. Baru-baru ini, brand ini menghebohkan dunia beauty dengan launching di seluruh Sephora Indonesia. Yup! It is about Rare Beauty by Selena Gomez. Di postingan ini gue akan review salah satu produk Rare Beauty yang paling hits dan bikin paling penasaran untuk dicoba, yaitu Rare Beauty Soft Pinch Matte Liquid Blush. Gue pilih shade Love yang sekiranya akan masuk banget, nih di semua skin tone dan undertone. Meluncur ke review-nya!





ABOUT THE BRAND

Rare Beauty by Selena Gomez atau lebih sering disebut Rare Beauty merupakan beauty brand milik artis Hollywood, Selena Gomez. Brand ini mengusung produk make up yang vegan dan cruelty-free. Sehingga, tidak mengandung unsur hewani maupun melakukan prosedur animal testing sama sekali. Brand ini dinamakan Rare, karena Rare Beauty percaya bahwa setiap orang berhak untuk dapat menerima sisi "unik" dari masing-masing dirinya. Sejak Mei 2023, Rare Beauty sudah resmi masuk ke pasar Indonesia melalui Sephora Indonesia dan juga telah mengantongi sertifikasi dari BPOM.




MY SKIN PROFILE

My Skin Type:

Normal to Dry


My Skin Tone:

Light to Fair


My Skin Undertone:

Neutral


My Skin Concern:

Large Pores, Acne Prone, Whiteheads




PRODUCT DETAILS


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-packaging-pics-bintangmahayana-com


Brand Name:

Rare Beauty by Selena Gomez


Product Name:

Rare Beauty Soft Pinch Matte Liquid Blush


Shade:

Love


Product Type:

Liquid Blush


Finish:

Matte


Size:

0.25 fl. oz./ 7.5 mL


BPOM No:

NA26221200506


Manufacture Date:

31 Jan 2023


Expiry Date:

31 Jan 2026


PAO:

12 M (1 year)


Price:

IDR439,000


Purchase Point:

Sephora Offline Store (Kelapa Gading)




INGREDIENTS

Isododecande, Silica, Dimethicone, Methyl Trimethicone, Disostearyl Malate, Trimethylsiloxysilicate, Diphenyl Dimethicone, Mica, Cera Microcristallina/ Microcrystalline Wax/ Cire microcrystalline, Silica Silylate, Disteardimonium Hectorite, C30-45 Alkyl Dimethicone, Dimethicone/ Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Sorbitan Isostearate, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, 1,2-Hexanediol, Propanediol, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Illicium Cerum (Anise) Fruit Extract, Gardenia Florida Fruit Extract, Nelumbo Nucifera (Sacred Lotus) Flower Extract, Nymphaea Odorata Root Extract, [+/- May Contain/ Peut Contenir: Titanium Dioxide (CI 778910, Red 28 Lake (CI 45410), Yellow 6 Lake (CI 15985), Iron Oxides (CI 77499), Red 7 Lake (CI 15850), <CK010>.




PACKAGING

Outer Packaging

Kemasan luar Rare Beauty Soft Pinch Matte Liquid Blush ini terbuat dari box packaging yang terbuat dari kertas bertekstur. Bahannya mengingatkan dengan kertas karton yang biasa digunakan untuk menjilid dokumen. Berwarna dominan putih dan ada swatch warna produknya di salah satu sisi. Informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Satu hal yang cukup bikin kaget dari informasi yang ada, ternyata blush ini made in Korea. Sedangkan distributornya berbasis di California, US. Hal ini bikin gue sadar kalau brand sekelas Rare Beauty yang bisa dikatakan middle to upper range ini saja memercayakan manufakturnya di Korea. Ternyata memang sebesar itu, yaa pengaruh K-Beauty di dunia kecantikan.


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-packaging-pics-bintangmahayana-com



Lucunya, ketika dibuka, di bagian dalamnya ada printed text yang bertuliskan "You are Rare." yang mengenalkan kita pada filosofi dan visi dari brand ini yang ingin mengedepankan ide bahwa setiap dari kita adalah "rare". Secara harfiah dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan jarang atau dalam konteks ini, "unik".


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-packaging-pics-bintangmahayana-com


 


Inner Packaging

Kemasan produknya sendri menjadi ciri khas Rare Beauty dengan ujung yang bulat pipih berbahan stainless gold coated dengan tube yang terbuat dari bahan akrilik tebal buram. Di bagian sisi samping botolnya ada tulisan engraved "Rare Beauty" berwarna keemasan. Aplikatornya cukup besar dan di bagian ujungnya berbentuk pipih untuk memastikan produk dapat terambil dengan baik.

Sayangnya, aplikator ini terlalu fit in dengan lubang tube-nya jadi agak susah dikeluarkan. Pernah, waktu mau pakai gue tarik karena macet. Alhasil, liquid-nya muncrat sampai ke lantai huhu. Setelah beberapa kali eksperimen, ternyata supaya bisa dikeluarkan dengan mudah, aplikatornya harus diputar sambil ditarik keluar pelan-pelan.


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-applicator-details-bintangmahayana-com

review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-applicator-details-bintangmahayana-com






SWATCHES & PIGMENTATION

Soft Pinch Matte Liquid Blush shade Love ini warnanya Teracotta. Warnanya merah dengan dominansi orange hint yang warm. Di kulit gue yang light to fair neutral undertone, efeknya seperti burnt cheeks. Cocok untuk sunburn make up look. Untuk teman-teman yang light to medium maupun medium to dark apalagi warm undertone, warna ini akan jadi warna everyday blush kalian, deh sepertinya. Warnanya bagus banget. Warm tetapi nggak bikin kusam di wajah.

Oh, ya! Sebenarnya Soft Pinch Liquid Blush ini ada yang finish-nya Dewy juga, kok. Bisa disesuaikan dengan selera dan make up look yang ingin dihasilkan, yaa. Gue pribadi prefer blush yang matte finish karena lebih aman untuk pori-pori agar terlihat samar.


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-texture-swatches-bintangmahayana-com



review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-swatches-bintangmahayana-com



Rare Beauty Soft Pinch Liquid Blush secara keseluruhan terdiri dari 13 shades, matte dan dewy finish. Dengan dua shade terbarunya yaitu Woth dan Virtue. Berikut beberapa swatches yang ada di website official Rare Beauty.


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-web-swatches-bintangmahayana-com



review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blreview-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-web-shades-details-bintangmahayana-comush-love-swatches-bintangmahayana-com





FRAGRANCE

Produk ini surprisingly nggak terlalu wangi. Lebih ke wangi make up poduct pada umumnya yang agak sedikit bau cat, tetapi sangat soft dan nggak sampai mengganggu. Buat kalian yang kurang suka make up yang terlalu wangi bakal suka tentunya. Stereotype make up dengan kelas ini biasanya akan menghadirkan wangi-wangi seperti kue atau coklat untuk menunjukkan kesan luxury, tetapi gue perhatikan di ingredient list juga tidak ada fragrance maupun alcohol.







RESULT & LONGEVITY

Hasil pemakaian Rare Beauty Soft Pinch Matte Liquid Blush Shade Love bikin Make Up Looks yang warm jadi terlihat manis. Gue pake blush ini waktu bikin make up look untuk keperluan pas foto. Makanya membantu banget karena sebisa mungkin menghindari powder-based products. Warnanya yang pigmented cantik serta ketahanannya yang okay, bikin ngerasa tenang karena nggak perlu sibu retouch. Cukup puas dengan hasil eksperimen pribadi yang mencoba produk ini sebagai pengganti liquid eyeshadow


Tampilan eye make up  jadi matched banget sama pipi. Sehabis foto, gue sempet pakai ke kondangan juga dalam kondisi cuaca yang terik. Blush ini nggak luntur sama sekali atau bikin foundation jadi cakey. Benar-benar bisa stay dengan sangat baik di atas base makeup. Tanpa setting spray, blush shade Love ini bisa tahan sekitar 4 jam. Sedangkan dengan MAC Fix+ Original bisa tahan 5 jam ke atas, tergantung seberapa banyak kita pakai produknya.


Untuk aplikasinya, gue lebih suka pakai tapered eyeshadow brush. Setelah tap 1 titik di pipi dengan aplikator bawaannya, dibaur dengan brush yang kecil supaya lebih presisi dan menghindari adanya dot stain. Aplikasinya harus cepat karena dia gampang set di kulit. Kenapa nggak pakai blush brush? Soalnya, blush ini pigmentasinya cukup tinggi dan kalau pakai blush brush, rawan belepotan ke mana-mana. Nah, edges-nya baru bisa di-blur dengan damp beauty sponge bekas kita aplikasikan foundation supaya lebih menyatu dengan kulit dan hasilnya nggak medok. Biasanya gue spare H-1 jam keluar rumah pakai blush ini. Ketika minyak alami kulit sudah mulai keluar, area pipi akan terlihat ada blurry glow-nya sedikit. Meskipun matte finish, lama-kelamaan bisa agak satin. Di foto di bawah ini gue nggak pakai highlighter sama sekali, loh.


review-rare-beauty-soft-pinch-liquid-blush-love-make-up-look-bintangmahayana-com






FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Warnanya bagus banget, warm tetapi tidak bikin kulit terlihat kusam.

+ Teksturnya mudah di-blend dan diaplikasikan dengan berbagai jenis make up tools.

+ Ketahanan sangat baik, bisa mencapai 4-5 jam minimum sebelum mulai pudar.

+ Isinya sangat banyak 7.5 mL, dibandingkan dengan harganya, worth to buy!

+ Packagingnya lucu dan bentuk applicator tip memudahkan pengambilan produk.

+ Penggunaan produk sangat versatile karena juga bisa diaplikasikan sebagai pengganti liquid eyeshadow.


Cons (-)

- Lubang di dalam tube terlalu fit in dengan aplikator. Sehingga, agak susah dikeluarkan. Harus diputar sambil ditarik, kalau tidak produk bisa tumpah dan berantakan.

- Kemasan cukup besar dan agak sedikit memakan tempat karena bentuknya yang silindris agak lebar.







RECOMMENDATION


Jadi, sebaiknya beli produk ini atau tidak, yaa?
Tergantung kebutuhan, menurut gue. Blush dengan isi sebanyak ini denan PAO 1 tahun lebih cocok buat kalian yang suka make up meskipun tidak harus full make up. Produk ini juga sangat daily wearable, kok. Pigmentasinya juga sangat buildable, jadi bisa diatur intensitasnya sesuai dengan hasil akhir make up yang kalian inginkan. Ketahannya juga okay banget bahkan di kulit yang kering juga nggak bikin kulit jadi keliatan bergaris.


Jujur, kalau kalian memang ada budgetnya boleh banget cobain. Kalau menurut kalian agak mahal. nggak perlu dipaksa kok. Terkadang kalian juga bisa pakai lip cream sebagai pengganti liquid blush. It is very nice to have this in your make up kit, but not a must. Hal terpenting yang mau gue sampaikan, kalau sudah emutuskan membeli, jangan lupa untuk komitmen berusaha menghabiskan, yaa. Jangan sampai ujung-ujungnya cuma nganggur di meja dan nggak dipakai. Sebanyak ini dengan harga 400k+ kan mubazir banget nggak, sih? hehe.




Copyright Ⓒ2023
Bintang Mahayana

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.