REVIEW Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Monday, June 26, 2023
Hola!
Apa kabar semuanya? Terima kasih sudah mampir ke blog ini, yaa. Kali ini kita mau bahas review duo serum Scarlett terbaru, yaitu Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Buat kalian para aging and dark spot fighters, yuk merapat!
Let's jump right into the review!


REVIEW Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum





ABOUT THE BRAND 

Scarlett merupakan beauty brand lokal asal Indonesia milik Kak Felicya Angelista. Brand ini pada awalnya dikenal karena produk-produk bodycare-nya viral di berbagai lini sosial media. Hingga akhirnya kini Scarlett juga mengeluarkan beberapa produk face skincare hingga hair care. Di awal kemunculannya, brand ini menjadi salah satu pionir dalam memperkenalkan ingredient berupa Glutathione sebagai brightening agent. Seiring perkembangan research and development produk-produk Scarlett, kini Scarlett juga memperkenalkan berbagai ingredient lain yang dipercaya baik untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit. Salah satu yang paling ditunggu adalah inovasi Scarlett berupa perawatan anti-aging seperti Retinol dalam bentuk Encapsulated Retinol yang akan dibahas lebih lanjut dalam review kali ini.



MY SKIN PROFILE

My Skin Type: 
Normal to Dry; Acne Prone

My Skin Tone: 
Light to Fair

My Skin Undertone: 
Neutral

My Skin Concerns: 
Whiteheads, Uneven Skin Tone, Large Pores, Undereye Fine Lines.




Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum Review


PRODUCT DETAILS




Brand Name: 

Scarlett

Product Name: 

 Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Country of Origin:

Indonesia

Size: 

15ml/ 0.5fl.0z

Product Type: 

Anti-aging Serum (Night Only)

BPOM No:

NA18210100520

Batch No:

0121121336A

Expiry Date:

Nov 2024

PAO:

6 Months (6M)

Price:

IDR75,000

Original Product Scan:

Cek Keaslian Produk

Where to Buy:

Beli di Sini



INGREDIENTS

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum Full Ingredient List:

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylysilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin. 2-Aminobutanol, Simeticone.


Ingredients Categories (in alphabetical order):

__    Antioxidant

__    Emollient/ Emulsifier

__    Fatty Alcohol (Plant Derived)

__    Humectant

__    Peptide

__    Preservatives

__    Vitamin C (Derivative)

__    Retinol

__    Silicone




CLAIMS

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

1. Membantu menghaluskan kulit.

2. Membantu mencerahkan kulit.

3. Merangsang produksi kolagen pada kulit.

4. Mengurangi berbagai tanda penuaan pada kulit (anti-aging).





PACKAGING

Outer Packaging

Kemasan luar Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini terdiri dari box packaging didominasi warna putih dan tosca. Ada aksen bunga dengan tone grayscale di sisi kanan. Kelengkapan informasi produk yang tertera di kardus kemasannya juga cukup baik. Terdapat logo nama brand, nama produk, klaim produk, ukuran produk, ingredients list, key ingredients list, QR Code, nomor registrasi BPOM, nomor batch produksi, tanggal kedaluwarsa, logo Period After Opening (PAO), segel hologram, petunjuk penggunaan dan penyimpanan produk, serta logo halal. Namun, sepertinya logo halal pada kemasan belum di-update ke logo terbaru yang berwarna ungu. 




Ketika dibuka, di dalamnya juga akan ada molding packaging dari plastik yang berfungsi menjaga botol kemasan produk tidak bergerak atau pecah selama dalam perjalanan. Bahan plastikya memang agak tipis di bagian pinggir sehingga agak mudah robek, tetapi di bagian cetakan wadah botolnya sendiri cukup aman untuk menahan produknya agar tetap aman dari kerusakan.





Inner Packaging

Botol serumnya sendiri didesain senada dengan box packagingnya. Terbuat dari bahan acrylic glass yang cukup kokoh dengan pipet karet berwarna putih. Pada botolnya juga diberi label sticker yang di bagian bawahnya ada aksen hologram sebagai penanda keaslian produk. Mungkin ini jadi ciri khas Scarlett juga, yaa Selama pakia produk skincare-nya beberapa tahun ini kelengkapan informasi produk bahkan di botolnya cukup konsisten. Namun, dengan layouting yang lebih baik dan rapi, karena tidak banyak informasi yang tertutup label sticker seperti koleksi sebelumnya.







TEXTURE 

Tekstur Skin Smoothing Retinol Serum dari Scarlett ini cukup lightweight. Berwarna putih susu, tetapi akan menjadi tidak berwarna sesaat setelah diratakan ke kulit. Sejujurnya ini pengalaman pertama gue pakai serum retinol yang berwarna putih seperti ini. Tadinya agak khawatir apakah akan lengket di kulit karena sekilas terlihat seperti tekstur emulsion. Ternyata nyaman banget. Cepat meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residu lengket maupun minyak yang terasa mengganggu sama sekali.






FRAGRANCE

Di ingredient list sejauh yang gue baca tidak ditemukan adanya artificial fragrance atau pewangi buatan seperti parfum misalnya. Berdasarkan pengalaman selama pemakaian, serum retinol ini cenderung tiak berbau. Meskipun tidak ada wanginya, tetapi bukan berarti aromanya seperti chemical yang menyengat. Jadi, aman banget buat kalian yang kurang suka produk skincare yang berpewangi.



Baca Juga: [REVIEW] - NEW!! Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum - Viral Tik Tok Skincare 2020



Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum


PRODUCT DETAILS




Brand Name: 

Scarlett

Product Name: 

 Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Country of Origin:

Indonesia

Size: 

15ml/ 0.5fl.0z

Product Type: 

Brightening Serum (AM-PM)

BPOM No:

NA18211903259

Batch No:

0190222183A

Expiry Date:

Feb 2025

PAO:

6 Months (6M)

Price:

IDR75,000

Original Product Scan:

Cek Keaslian Produk

Where to Buy:

Beli di Sini


INGREDIENTS

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum Full Ingredient List:

Aqua, Niacinamide, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Caoillaris Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Allantoin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hydantoin, Xanthan Gum, Lavandula Angusfolia Oil, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract, Disodium EDTA, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/ Acrylic Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl Betaglucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP, Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylexylglycerin, 2-Aminobutanol, Ceramide EOP.


Ingredients Categories (in alphabetical order):

__    Antioxidant

__    Active

__    Ceramide

__    Emollient/ Emulsifier

__    Fatty Alcohol (Plant Derived)

__    Humectant

__    Preservatives




CLAIMS

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum 

1. Memperkuat skin barrier.

2. Membantu mencerahkan kulit.

3. Membantu mengurangi garis-garis halus.

4. Membantu menenangkan dan meredakan kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

5. Membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.



PACKAGING

Outer Packaging

Nuansa Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ini sedikit mengingatkan pada Scarlett Acne Serum yang sama-sama berwarna dominan ungu. Kemasan pelindungnya terdiri dari box packaging berwarna didominasi warna putih dan ungu dan ada aksen bunga graysacale di sisi kanan. 




Kelengkapan informasi serupa dengan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Informasi yang disertakan terdiri dari: logo nama brand, nama produk, klaim produk, ukuran produk, ingredients listkey ingredients list, QR Code, nomor registrasi BPOM, nomor batch produksi, tanggal kedaluwarsa, logo Period After Opening (PAO), segel hologram, petunjuk penggunaan dan penyimpanan produk, serta logo halal. 





Inner Packaging

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum tersedia dalam botol akrilik ukuran 15ml yang dilindungi dengan molding packaging dari plastik. Bedanya dengan Skin Smoothing Retnol Serum di bagian leher pipetnya terdapat aksen warna ungu, sedangkan serum retinolnya hanya berwarna putih saja. Pipetnya juga cukup lancar untuk mengambil produk dan cukup baik dalam menahan produk terambil agar tidak mudah berantakan saat pipetnya diangkat. Oh ya, tidak usah khawatir kalau lupa mencatat expiry date produk. Solanya, di bagian bawah produk sudah ada nomor batch produk dan tanggal expired-nya. Jadi, tidak perlu menambahkan label sendiri.






TEXTURE 

Tekstur Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum bentuknya cukup unik, saat pertama dikeluarkan bentuknya agak mirip gel berwarna bening. Lama-kelamaan teksturnya seperti serum agak kental bening pada umumnya. Feels-nya tetap terasa lightweight di kulit. Cukup pakai satu drop saja sudah bisa untuk seluruh wajah. Di awal pemakaian, gue kira teksturnya tidak sekental ini, jadi pemakaian satu pipet full terasa terlalu boros. Sejauh ini tidak ada masalah karena cepat meresap dan tidak terasa lengket. Digunakan pagi maupun malam sama-sama okay, kok. Bahkan digunakan sebelum pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum di malam hari juga tetap terasa ringan di kulit.






FRAGRANCE

Di ingredient list sejauh yang gue baca tidak ditemukan adanya artificial fragrance atau pewangi buatan sama sekali. Mungkin, karena di dalamnya banyak ekstrak tumbuh-tumbuhan sebagai emollient, wanginya sedikit tercium seperti sitrus yang segar, tetapi tetap soft di hidung. Sehingga, tidak mengganggu pengalaman dalam menggunakan produk ini.


Baca Juga: [REVIEW] SCARLETT Happy Fragrance Body Cream Hyalu Sheamide+





Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum 

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum


RESULT

Setelah kurang lebih 10 hari pemakaian, mulai terlihat adanya perubahan yang cukup positif di kulit. Tentunya, di awal pemakaian harus sabar menemukan pattern pemakaian yang paling sesuai dengan kondisi kulit kita. Baik Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum maupun Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum, harus disesuaikan baik waktu pemakaian, area pemakaian, maupun kombinasi dengan skincare lainnya. 


Berikut adalah cara pemakaian kedua serum yang gue gunakan dan bisa dijadikan referensi :

1. Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum AM dan PM

2. Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum AM, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum PM.

3. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum PM Only, setiap 2 hari sekali. Intensitas dapat ditingkatkan menjadi setiap hari jika kulit dapat menoleransi. Dalam case kulit gue yang normal to dry, intensitas 2 hari sekali adalah yang terbaik supaya kulit area hidung tidak mudah kering.

4. PM Routine OnlyScarlett Skin Smoothing Retinol Serum +  Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum secara bersamaan, tetapi  digunakan pada area wajah yang berbeda. Misal, Retinol di T Zone, sedangkan Niacinamide di U Zone. Area wajah untuk pengaplikasian disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dialami. Biasanya, area dahi dan bawah mata memang lebih mudah berkerut dibanding area kulit wajah lain yang lebih tebal. Sehingga, area ini disarankan untuk penggunaan Retinol.

5. Beri jeda setidaknya 1 hari dalam seminggu untuk tidak menggunakan keduanya agar kulit bisa beristirahat dari active ingredients.



Pada foto di atas, foto Before diambil pada 11 Juni 2023, sedangkan foto After pada 21 Juni 2023 (tepat 10 hari kemudian), pada jam yang sama dan dengan pencahaayan alami. Terdapat beberapa perubahan pada kulit yang dirasakan setelah rutin menggunakan  Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum:

1. Bekas jerawat kemerahan dan kehitaman di area hidung memudar cukup signifikan.

2. Jerawat kemerahan di dagu kempes dan hanya tersisa bekas jerawat kehitaman yang perlahan memudar.

3. Bekas jerawat kehitaman di area pipi bagian luar memudar cukup signifikan.

4. Warna kulit secara keseluruhan terlihat lebih cerah dibanding sebelumnya.

5. Kulit terasa lebih halus, terutama setelah memasukkan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ke dalam skincare routine.

6. Efek secara keseluruhan yang dirasakan, kulit terasa lebih lembab dan sehat. Didukung dengan basic skincare routine lainnya.





FINAL VERDICT

PROs (+)

+ Kedua serum dapat membantu menyamarkan bekas jerawat kehitaman dan kemerahan dalam 10 hari.

+ Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ampuh dalam mengempeskan jerawat kecil di area dagu dalam waktu yang relatif singkat (kurang dari 3 hari).

+ Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum membuat kulit terasa lebih halus saat bangun pagi keesokan harinya.

+ Kedua serum secara keseluruhan membuat kulit terasa lebih sehat dan cerah.


CONs (-)

- Sebaiknya penggunaan kemasan berbahan plastik dapat dikurangi atau diganti bahan lain yang lebih ramah lingkungan.

- Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum tidak disebutkan secara langsung kadarnya dalam presentase. Sebaiknya dalam penamaan produk ditambahkan kadar retinolnya.




RECOMMENDATION

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum 

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum dapat digunakan bagi pemula semua jenis kulit, tetapi lebih disarankan untuk usia 25 tahun ke atas. Usia 21-24 boleh mencoba menggunakan jika basic skincare routine kalian sudah menemukan yang cocok. Hanya boleh digunakan pada malam hari saja. Mulai dengan penggunaan 1x seminggu atau 2 hari sekali, sebelum mulai menggunakan setiap malam. Tidak boleh digunakan oleh ibu hamil. Bagi ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.



Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dapat digunakan pada semua jenis kulit dan disarankan untuk 13 tahun ke atas. Dapat digunakan pada kulit yang berjerawat, dibarengi dengan basic skincare routine lainnya. Kadar 5% Niacinamide termasuk medium, sebaiknya gunakan secara berkala 2 hari sekali sebelum mulai menggunakan setiap hari. Agar dapat dievaluasi hasilnya jika timbul efek negatif pada kulit. Sejauh ini tidak ada larangan bagi ibu menyusui, tetapi bagi ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.



Copyright Ⓒ2023
Bintang Mahayana



No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.