REVIEW Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel (Alpha Arbutin, Tranexamic Acid, 5X Ceramide)

Thursday, July 13, 2023
Hola Beauties!

Sudah lama sejak terakhir icip-icip produknya Skintific, nih! Hampir ketinggalan banyak produk-produk terbaru mereka. Sebelumnya sudah sempat coba dan review Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum yang menurut gue efek mencerahkannya lumayan ok dan teksturnya juga enak banget di kulit. Skintific 4D Hyaluronic Acid hydrating tonernya juga kandungannya simpel dan ringan di kulit. Selain kedua produk ini, sempat coba Volcanic mask-nya yang warna abu-abu. Cuma, di kulit gue ga ada efek yang terlalu signifikan bahkan hampir nggak ngefek. Makanya nggak gue bikin full review-nya seperti 2 produk lainnya yang gue sebutkan tadi. 


Ya, tapi namanya kulit manusia kan beda-beda yaa, Sis hehehe. Wajar aja kalau dalam satu brand ada produk yang kita suka dan nggak suka. Bahkan, dengan jenis kulit yang sama pun, produk yang sama bisa memiliki hasil yang berbeda. Satunya cocok, satunya enggak. Hal ini selalu nggak bosen untuk gue ceritain setiap ada teman yang sharing atau dikusi soal produk-produk skincare. Selalu jadikan review sebagai referensi. Pada akhirnya, kita yang harus bertanggung jawab terhadap pilihan kita sendiri yang sudah memutuskan untuk membeli produk dan mencobanya sendiri. Kurang lebih itu sedikit intermezzo yang perlu gue sampaikan sebelum kita masuk ke review Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel dengan Alpha Arbutin, Tranexamic Acid, dan 5X Ceramide :)





BINTANG'S SKIN PROFILE

My Skin Type:

Normal to Dry

My Skin Tone:

Light to Fair

My Skin Undertone:

Neutral

My Skin Concerns:

Uneven Skin Tone, Acne-Prone, Large Pores




PRODUCT DETAILS


Brand Name:

SKINTIFIC

Brand Origin:

Canada

Product Name:

Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel (Alpha Arbutin, Tranexamic Acid, 5X Ceramide)

Product Type:

Gel Cream Moisturizer

BPOM No:

NA11220100489

Batch No:

OMB2304303

Expiry Date:

29/04/2026

PAO:

12 M/ 1 Year

Size:

30g/ 1 fl. oz

Price:

IDR139,000

Purchased Point:

Official Shopee Skintific Indonesia




INGREDIENTS

Water, Butylene Glycol, Isononyl Isononanoate, Glycerin, Niacinamide, Ceramide EOP, Ceramide NS/ Ceramide NG, Undecylenoyl Phenylalanine (MSH), Centella Asiatica Extract, Alpha Arbutin, Ceramide NPTranexamic Acid, Ceramide AS, Ceramide AP, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Betaine, Jojoba Esters, Hydroxyacetophenone, Panthenol, 1,2-hexanediol, Cetearyl Olivate, Cyclohexasiloxane, Sorbitan Olivate, BIS/ PEG/ PPG-20/5 Dimethicone, Methoxy PEG/ PPG-5/4 Dimethicone, Acrylates/ C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Dimethicone/ Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Pentylene Glycol, Saccharomyces Cerevisiae Extract.  


Ingredients category (in alphabetical order):

__    Active (Brightening Agent)

__     Antioxidant

__    Ceramide (Skin-Barrier Repair)

__    Emollient/ Emulsifier/ pH Adjuster/ Stabilizer

__    Humectant

__     Silicone



Key Ingredients:

Trilogy Triangle Effect (TTE)

TTE merupakan active ingredients yang secara intens menghidrasi, menenangkan kulit, dan secara efektif melindungi serta memperkuat skin barrier. Terdiri dari active ingredients sebagai berikut.

1. MSH Niacinamide

MSH Niacinamide merupakan gabungan antara Niacinamide premium dengan Undecylenoyl Phenylalanine (MSH) yang merupakan senyawa kimia untuk menghambat pembentukan melanin. Secara klinis telah teruji efektif mampu menjadi booster bagi niacinamide sehingga lebih efektif dalam mencerahkan kulit. 


2. Tranexamic Acid (TA)

Tranexamic Acid merupakan senyawa asam yang secara cerdas dan teruji klinis mampu mencerahkan kulit. Terutama masalah hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar ultraviolet, termasuk melasma. Tidak seperti Retinol, dengan kemampuannya ini, TA tidak membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.


3. Alpha Arbutin (AA)

Alpha Arbutin merupakan antioksidan dan skin brightening agent. Dapat mengurangi pembentukan melanin, memperbaiki tampilan tanda-tanda penuaan, freckles, melasma, dan pigmentasi pasca inflamasi.




PACKAGING

Outer Packaging

Moisturizer ini dikemas dalam box packaging berwarna soft pink khas niacinamide line-nya Skintific. Di dalamnya terdapat kardus putih pengaku box agar tidak mudah penyok dan sobek. dari segi keamanan, saat produk baru diterima pertama kali memang sangat aman karena dibungkus dengan segel plastik secara utuh dan fit in dengan kemasan box produk. Untuk kelengkapan informasi yang tertera cukup lengkap, terdiri dari: nama brand dan produk, informasi key ingredients, ingredients list, klaim produk, kegunaan produk, cara penggunaan, ukuran produk, tanggal kedaluarsa, nomor BPOM, nomor batch produksi, Period After Opening (PAO), barcode, QR code, recycle logo, informasi ditributor, dan peringatan (cautions).




Inner Packaging

Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel sendiri memang hadir dalam berbagai ukuran. Mulai dari travel size 6gr, kemasan 30gr, hingga full (jumbo) size 80gr. Nah, kebetulan yang gue punya ini kemasan 30gr yang dikemas dalam bentuk jar packaging. Terbuat dari akrilik tebal dan tutupnya dari plastik PVC putih. Di bagian dalamnya terdapat pemisah plastik dan splatula dari plastik yang dapat mencegah produk mudah bocor atau berantakn, serta mempermudah kita dalam mengambil produk dengan tetap menjaga kehigienisannya.




TEXTURE

Produknya sendiri berupa watery cream gel berwarna putih yang akan segera menjadi translucent sesaat setelah diratakan ke permukaan kulit. Tekstur moisturizer ini akan lebih nyaman terasa di kulit kalau skin preparation kita juga dimaksimalkan. Setidaknya, awali dengan menggunakan hydrating toner, seperti Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner. Apalagi untuk moisturizer dengan kandungan silicone yang cukup banyak seperti ini. Di urutan ke-2 ingredient list pun terdapat Isononyl Isononanoate一salah satu jenis emolien yang dapat memberikan efek film yang membuat kulit kita terasa ada lapisan moisturizing effect.



 


FRAGRANCE

Waktu pertama kali pake moisturizer ini sejujurnya agak kaget karena belum pernah pakai moisturizer Skintific sebelumnya. Wanginya agak mirip lem UHU hahahaha. Tipis banget, sih. Nggak akan terlalu tercium kalau nggak diendus. mungkin ini karena faktor produknya yang memang tidak mengandung artificial fragrance/ perfume, yaa. masih sangat bisa ditoleransi, kok. Meskipun sejujurnya gue lebih suka wangi skincare yang agak citrusy supaya ada efek relaksasinya juga ketika menggunakan.



EXPERIENCE

Jujur, dari awal pemakaian moisturizer Skintific MSH Niacinamide ini, nggak terlalu berekspektasi untuk mencerahkan kulit sampai naik skin tone. Soalnya, waktu cobain produk ini memang sedang dalam masa fase luteal yang bikin kulit jadi mudah iritasi sampai timbul kemerahan di kulit dan jerawat lagi berlomba-lomba mau muncul ke permukaan kulit. Jadi, memang berharap produk ini bisa membantu mengembalikan skin barrier menjadi lebih kuat dengan menghalau jerawat yang akan timbul. Jerawat yang sudah timbul juga diharapkan tidak menyebabkan hiperpigmentasi yang susah hilang di kemudian hari. 


Dilihat dari foto before vs after di bawah, dalam 3 hari, kemerahan di kulit serta pori-pori yang terbuka karena terjadi pelebaran pembuluh darah pada kulit, sudah mereda. Dikombinasikan dengan Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum sepertinya akan lebih maksimal kalau tujuan utama kalian memang ingin mencerahkan kulit. Gue pribadi cukup puas dengan hasil dari pemakaian produk ini karena dia gak bikin kulit jadi lebih kusam setelah pemakaian dan mampu menenangkan kulit seperti salah satu dari klaimnya. Di kulit normal cenderung kering lembabnya juga pas. Tidak kurang lembab, tetapi juga tidak lembab yang berlebihan.






FINAL VERDICT

Pros(+)

+ Sangat baik dalam mengembalikan kekuatan skin barrier dengan mencegah timbulnya jerawat.

+ Mampu menenangkan kulit yang kemerahan akibat inflamasi dan peningkatan sensitivitas kulit pada fase luteal menstruasi.

+ Membantu menyamarkan pori-pori yang semula terlihat membesar.

+ Sangat baik dalam melembabkan kulit normal cenderung kering.


Cons(-)

- Terkadang feels silikonnya cukup berasa di kulit. Sehingga, harus berhati-hati dalam memilih tekstur sunscreen yang akan digunakan setelahnya agar kulit tidak terasa seperti berminyak.

- Agak kurang suka dengan baunya di awal pemakaian.




RECOMMENDATION



All Skin Types

Produk ini dapat digunakan pada hampir seluruh jenis kulit karena teksturnya yang watery gel cream sangat ringan di kulit. Namun, karena produk mengandung silikon, jadi perlu diperhatikan tekstur produk lainnya dalam skincare regime yang sama agar tidak membuat kulit terasa seperti berminyak. Pastikan untuk memberi jeda antara penggunaan moisturizer dengan sunscreen agar teksturnya tidak bercampur dan kelembaban yang dirasakan tetap maskimal dan nyaman di kulit.


Pregnancy & Breastfeeding Mom

Setalah dilihat dari ingredient list, tidak ada bahan-bahan yang berpotensi membahayakan baik bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, akan tetap lebih bijak, setiap akan mencoba produk yang mengandung bahan aktif untuk mengonsultasikannya ke dokter. Jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.


Copyright Ⓒ2023
Bintang Mahayana




No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.