[REVIEW] TERATU BEAUTY Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer for Normal to Dry Sensitive Skin

Wednesday, June 22, 2022
Hola!
Di postingan kali ini gue mau review salah satu produk lokal yaitu Teratu Beauty Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer. Kebetulan kulit gue habis ngalamin dehidrasi akibat skin barrier yang terganggu. Kira-kira pelembab dari Teratu Beauty ini bisa melembabkan di kulit normal to dry dan dehydrated nggak, yaa? Kalau penasaran sama pengalaman gue selama 2 minggu pakai produk ini, keep on reading! :)




ABOUT THE BRAND

Teratu Beauty merupakan brand lokal asal Indonesia milik beauty influencer Kak Alifah Ratu. Brand ini memiliki rangkaian produk skincare. Mulai dari face skincare hingga haircare products. Produk yang akan kita bahas kali ini adalah Teratu Beauty Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer. Produk ini merupakan krim pelembab kulit yang dapat digunakan di wajah dan badan. Telah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga aman untuk digunakan sebagai perawatan kulit topikal.



BINTANG'S SKIN PROFILE

Skin Type : Normal to Dry
Skin Tone : Light to Fair
Skin Undertone : Neutral
Skin Concern : Acne-prone, Hyperpigmentation (PIH), Redness (PIE), and Dehydrated Skin.



PRODUCT DETAILS




Product Name:
Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer

Brand Name:
Teratu Beauty

Product Type:
Moisturizer

Product Size:
100mL/ 3.38 fl.oz.
Travel Size: 30mL

Price:
100mL: IDR125,000
30mL: IDR50,000

BPOM No:
NA18210107687

Batch No:
E2202K019A

Expiry Date:
MAY 2024

Where to Buy:





INGREDIENTS

Aqua, Glycerin, Butyrosperum Parkii (Shea Butter) Extract, Propylene Glycol, Diethylexyl Carbonate, Dimethicone/ Polydimethylsiloxane, Ethylexyl Palmitate, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Sunflower (Helianthus Annuus) Seed Oil, Cetearyl Alcohol, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Cocos Nucifera Oil, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Polysorbate 20, Ammonium Acrylodimethyltaurate/ VP Copolymer, Butylene Glycol, Ceteareth-20, Isostearyl Isostearate, Mica, Phenoxyethanol, Caprylic/ Capric Triglyceride, Polyacrylamide, Sodium Benzoate, Centella Asiatica Leaf Extract, Chlorphenesin, C1-2 Isoparaffin, BHT, Tocopheryl Acetate, Xanthan Gum, Cetyl-PG Hydroxyethyl Palmitade, Hydrogenated Lecithin, Disodium EDTA, Hyaluronic Acid, Triethanolamine, Diglucosyl Gallic Acid, Ethylexylglycerin, Ceramide NP, Cholesterol, C9-11 Pareth-6, Triethoxycaprylylsilane.  



__    Active Ingredient

__    Antioxidant

__    Ceramide

__    Colorant/ Mica

__    Emollient

__    Emulsifier/ Stabilizer/ pH Adjuster

__    Essential Oils / Occlusive

__    Fatty Alcohol (Plant-Derivatives)

__    Humectant

__    Preservatives

__    Silicone






KEY INGREDIENTS & CLAIMS



Brightenyl (Glycerin & Diglucosyl Gallic Acid)

Manfaat ingredient ini adalah dapat mencerahkan kulit, sebagai anti-inflamasi, mampu melindungi kulit dari sinar UV, mengatasi hiperpigmentasi (PIH) agar warna kulit lebih merata, menyamarkan tampilan pori-pori dalam 2 bulan (56 hari), dan menjaga skin barrier. Info dari Teratu sendiri, katanya ini lebih efektif dari Vitamin C dan Kojic Acid dalam mencerahkan kulit. Betulkah? Nanti kita lihat hasilnya sama-sama, yaa!


Hyaluronic Acid

Kalian pasti sudah nggak asing, dong dengan HA? Humektan satu ini mampu menghidrasi kulit dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Makanya, HA juga bisa mencegah serta menyamarkan kerutan halus akibat kulit yang dehidrasi.


Centella Asiatica

Centella asiatica alias Daun Pegagan ini kayak sudah jadi ingredient wajib buat pemilik kulit acne-prone, nggak sih? Soalnya, Cica dapat membantu mencegah serta mempercepat penyembuhan jerawat.


Ceramide

Salah satu anti-aging ingredient yang sangat versatile karena hampir bisa digunakan oleh siapapun. Apa lagi kalau bukan Ceramide? Sebenarnya, kulit kita secara alami mampu memproduksi Ceramide sendiri untuk menjaga kekuatan skin barrier dari kerusakan. Namun, seiring bertambahnya usia serta semakin tingginya tingkat radikal bebas di kulit, maka penggunaan skincare yang mengandung Ceramide mampu menjaga kulit tetap sehat. Apalagi kalau kalian pemilik kulit kering atau mudah iritasi. Ceramide mampu melembabkan kulit dan mengatasi serta mencegah iritasi.


Shea Butter
Shea butter juga bagus buat melembabkan kulit. Emollient satu ini mampu memberikan deep moisture sehingga kulit bisa lembab lebih lama. Kalau rutin dipakai, Shea Butter juga bisa menghaluskan kulit.





PACKAGING

OUTER PACKAGING

Saat produk datang, produk dikemas dalam envelope bubble wrap untuk packaging saat delivery. Sedangkan kemasan terluar untuk produknya sendiri terdiri dari kemasan kardus berwarna dominan putih dengan beberapa aksen grayscale. Untuk tulisan nama produk dicetak dengan silver emboss sebagai aksen utama dalam desain packaging.




Informasi yang tertera pada box packaging terdiri dari: nama brand, nama produk, key ingredients, berat bersih (netto) produk, deskripsi singkat produk, komposisi (ingredients), cara pakai, peringatan, kode registrasi BPOM, QR Code, kode batch produksi, tanggal kedaluwarsa (expiry date), informasi sosial media dan tagar brand, informasi produsen/ maklon produk, informasi distributor produk, logo "Bangga Buatan Indonesia, logo "Day & Night" use, logo "All Skin Type", dan logo "For Body & Face".



Saran: Saat tiba, kemasan luar produk agak sedikit penyok meskipun untungnya bagian kemasan dalam maupun isi produk aman. Sangat disarankan untuk ditambahkan pengaku kardus, tidak hanya di bagian atas. tetapi pada seluruh bagian dalam kardus agar bentuk kemasan lebih stabil. Penggunaan envelope bubble wrap bisa diganti kemasan kardus saja agar lebih ramah lingkungan dan relatif lebih menjaga produk dari potensi penyok saat perjalanan. Selain itu, di kemasan juga bisa ditambahkan logo PAO (Period After Opening) yang menunjukkan berapa lama produk boleh digunakan sejak kemasan dibuka pertama kali. Untuk menjaga orisinalitas dan keamanan produk, bisa juga ditambahkan hologram sealing sticker pada sisi pembuka kardus.




INNER PACKAGING

Untuk kemasan bagian dalam atau produknya sendiri, berupa tube dengan tutup flip plastik bening. berwarna sky blue yang lembut banget. Desain tube-nya sendiri matte. Untuk tulisan yang ada di kemasan semuanya berwarna medium grey. Ada sedikit aksen yang kayaknya ini logo brand dengan inisial "TR" berwarna putih.





Saran: Pada bagian lubang tube dalam, bisa diberikan segel berupa alumunium foil agar mampu menjaga produk dari kebocoran. Selain itu, segel ini juga penting untuk mengindikasikan bila produk memang baru atau belum pernah dipakai.




FRAGRANCE

Teratu Beauty Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer tidak mengandung parfum/ fragrance buatan sama sekali. Kalau diendus sekilas aroma prominen yang tercium adalah shea butter. Gue pribadi sejujurnya kurang suka dengan wangi shea butter maupun non-fragranced skincare pada umumnya. Meskipun kulit gue sensitif dan reaktif, tetapi kulit gue nggak sensitif dengan fragrance.


Saran: Tidak harus menggunakan pewangi buatan, tetapi bisa menggunakan wewangian dari essential oils yang juga menjadi bagian dari komposisi produk. Sekalipun hanya wangi yang sangat lembut supaya lebih meningkatkan experience dalam pemakaian produk. Namun, ini hanya preferensi gue pribadi, yaa. Sejujurnya ini nggak teralu masalah  buat kalian yang memang lebih suka skincare yang nggak ada wanginya.






TEXTURE

Meskipun gue nggak terlalu suka wanginya, tetapi untuk teksturnya moisturizer ini enak banget! Gue paling suka tekstur lotion cream. Nggak terlalu watery, tetapi juga nggak teralu padat. Memang klaimnya sendiri bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Saat diaplikasikan waktu patch test di punggung tangan aja, agak ada cooling sensation-nya gitu. Makanya waktu di wajah juga nyaman. Baik digunakan saat pagi (AM) maupun malam (PM).



Efek dingin ini wajar banget soalnya produk mengandung fatty alcohol yaitu cetearyl alcohol yang merupakan turunan dari tumbuhan. Jadi, tidak berbahaya, tidak membuat kulit jadi kering, dan aman buat dibawa wudu maupun solat karena halal. 






SKIN ANALYZER TEST

Gue pernah, nih dapet pertanyaan dari readers, "habis cuci muka memangnya nggak boleh, yaa kalau langsung pakai moisturizer aja?" Jadi, di eksperimen review kali ini, gue mau coba jawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan hasil analisis Skin Analyzer Test. Kira-kira, kalau sehabis melakukan cleansing routine, kita boleh langsung pakai moisturizer atau justru harus mengintegrasikan moisturizer yang kita punya dengan skincare routine kita yang lain, yaa?


teratu-beauty-daily-moisturizer-skin-analyzer-test





THE STORY & REVIEW

First Impression

Produk ini sampai di tangan gue sore hari tanggal 16 Juni 2022. Makanya, saat penggunaan pertama gue pakai di slot night skincare routine. Gue lakukan 3x percobaan. 


Pertama, patch test di punggung tangan kiri dan rasanya adem, nggak lengket, mudah diratakan serta mudah meresap. 


Kedua, gue coba sehabis cuci muka dan wudu terus solat maghrib, gue langsung aplikasikan di wajah dengan hanya menggunakan produk ini saja. Sesaat setelah diaplikasikan memang lembab. Namun, saat dicek menggunakan Skin Analyzer setelah 1 jam penggunaan, level kelembaban kulit cenderung kembali seperti semula. 


Ketiga, barulah sebelum tidur gue pakai night skincare routine secara lengkap. Mulai dari hydrating toner, serum, eye cream, baru step terakhir adalah moisturizer ini. Hasilnya jadi melembabkan tanpa terasa berminyak dan tanpa residu.



Full Review

Selama pemakaian produk ini gue nggak mengalami efek negatif dari produk. Hal yang gue rasakan produk ini termasuk produk yang a little goes a long way. Jumlah takaran untuk sekali pakai di wajah dan leher cukup sekitar 5 dots seukuran biji jagung. Selain itu, supaya saat diratakan juga nyaman di kulit, sebaiknya digunakan pada saat kulit masih setengah basah. Jadi, langsung tumpuk saja beberapa detik setelah pengaplikasian produk skincare  sebelumnya. Kalau dipakai dalam keadaan kulit yang tidak basah, cenderung ada tacky feeling karena tipe pelembab ini teksturnya adalah lotion.


Sesuai namanya "Calm & Soothe", gue ngerasa kalau dia memang menenangkan rasa gatal di area jaw lines gue. Mungkin karena dia juga sedikit ada sensasi dinginnya saat dipakai. Kalau soal mencerahkan, gue nggak merasa ada perubahan berarti dari skin tone sebelum pakai produk ini. Mungkin ada perubahan kecil yang nggak terlalu noticeable. Setidaknya dia nggak bikin muka jadi kusam.




FINAL VERDICT


PROs (+)

+ Packagingnya sangat memudahkan untuk pengaplikasian dan menjaga kehigienisan produk.

+ Cukup efektif dalam melembabkan kulit tanpa membuat kulit tampak kusam. Tetap mempertahankan skin tone aslinya.

+ Finish setelah diaplikasikan tidak berminyak dan tidak lengket.

+ Kandungan ceramide dan antioksidan di dalamnya sangat baik dalam menjaga skin barrier karena mampu mengatasi kemerahan di kulit.


CONs (–)

- Tidak ada infomasi PAO.

- Pengaku pada kemasan kardus kurang menyeluruh. Sehingga bagian bawah kardus agak penyok.


RATINGS

Packaging: ⭐⭐⭐⭐☆
Price: ⭐⭐⭐⭐⭐
Texture: ⭐️⭐️⭐️⭐️☆
Scent: ⭐️⭐️⭐️☆☆
Effectiveness: ⭐️⭐️⭐️⭐️☆

OVERALL RATE: 4.0/ 5.0






RECOMMENDATION




For Normal to Dry Skin

Bagi pemilik kulit normal cenderung kering, tekstur moisturizer ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit sebagai step terakhir dalam skincare routine. Tetapi tidak disarankan digunakan bersamaan dengan toner HA yang terlalu kental untuk menghindari potensi pilling. Terutama jika digunakan di bawah make up.


For Combination to Oily Skin
Bagi pemilik kulit kombinasi cenderung berminyak, disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak layering agar tidak terasa berat. Disarankan untuk menggunaka watery toner terlebih dahulu sebelum menggunakan moisturizer ini. Untuk kulit super berminyak gue sarankan untuk nggak pakai terlalu banyak supaya nggak terasa gerah. Soalnya tekstur lotion seperti ini memang lebih untuk kulit kering hingga kombinasi.


For Pregnancy & Breastfeeding Mom
Teratu Beauty Daily Calm and Soothe Skin Moisturizer aman digunakanoleh ibu hamil dan ibu menyusuikarena tidak mengandung ingredients yang dapat memicu alergi maupun terlalu potent. Konsultasi dengan dokter tetap disarankan.



For Teens 13+

Untuk remaja produk ini juga sangat aman digunakan karena minim actives yang berpotensi memicu iritasi. Terlebih lagi produk ini juga bertujuan untuk menenangkan kulit dan menguatkan skin barrier.




Bintang Mahayana Ⓒ2022


DISCLAIMER





No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.