[REVIEW] RYOONA - All in 1 Daily Cleanser (Cleansing Balm) & Skin Fortifying Cleanser (Facial Cleanser)

Monday, June 06, 2022
 Hola!
Di postingan kali ini gue mau review kedua produk dari brand lokal Ryoona, yaitu Ryoona All in 1 Daily Cleanser dan Ryoona Skin Fortifying Cleanser. Sekitar 1 minggu belakangan, kedua produk ini yang selalu nemenin gue saat double cleansing routine. Kalau kalian mau tahu lebih lanjut soal pengalaman gue menggunakan keduanya, keep on reading, yaa!


ryoona-cleansing-balm-dan-fortifying-cleanser-review





ABOUT THE BRAND

RYOONA -  dibaca "Ryuna" adalah brand lokal asal Indonesia yang mengeluarkan 2 produk pertamanya berupa facial cleanser set, yaitu Ryoona All in 1 Daily Cleanser dan Ryoona Skin Fortifying Cleanser. Gue sendiri baru tahu brand ini awal 2022 dari Female Daily. Sejujurnya bagi gue pribadi, penamaan produk ini agak membingungkan di awal karena keduanya sama-sama dibranding dengan nama "Cleanser". Sehingga, agak sulit mengingat nama produknya karena terkesan mirip satu sama lain.


Untuk Cleansing Balm nya, yaitu Ryoona All in 1 Daily Cleanser pada highlightnya tidak menyebutkan keyword cleansing balm sama sekali. Jadi, gue ingetnya cleansing balm yang ada "angka 1"-nya aja haha. Tetapi, secara keseluruhan, gue suka dengan imej dan pilihan color palette untuk brandingnya Ryoona yang terkesan clean, modern, and minimalist. A newbie skincare brand comes up double cleansing routine at its very beginning, is a smart decision I guess!





BINTANG'S SKIN PROFILE

My Skin Type            : Normal to Dry
My Skin Tone            : Light to Fair
My Skin Undertone  : Neutral  
My Skin Concern      : Acne-Prone, Whiteheads, Dehydrated, Hyperpigmentation (PIH), Redness (PIE) 




PRODUCT DETAILS


Ryoona All in 1 Daily Cleanser


Ryoona-All-in-1-Daily-Cleanser-Review


Product Name: Ryoona All in 1 Daily Cleanser
Brand Name: Ryoona
Brand Origin: Indonesia
Product Type: Cleansing Balm
Product Size: 70gr/ 2.8 oz
BPOM No.: NA18191233453
Expiry Date: JUL 24
PAO: 12 M (1 year)
Fragrance: Yes
Alcohol: No
Price: IDR185,000



Ryoona Skin Fortifying Cleanser


Ryoona-Skin-Fortifying-Cleanser-Review


Product Name: Ryoona Skin Fortfying Cleanser
Brand Name: Ryoona
Brand Origin: Indonesia
Product Type: Facial Wash
Product Size: 100ml
BPOM No.: NA1822120128
PAO: 12 M ( 1 year)
Expiry Date:
Fragrance: No
Alcohol: No
Price: IDR139,000




INGREDIENTS

Ryoona All in 1 Daily Cleanser Ingredients List

Ethylexyl palmitate, Cetyl ethylhexanoate, PEG-20 Glyceryl triisostearate, Polyethylene, Butyrosperum Parkii Butter (Shea Butter), PEG-150 Distearate, Sunflower (Helianthus Annuus) Seed Oil, Vitis Vinifera Seed Oil (Grapeseed), Olus Oil, Cera Microcristallina, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Argania Spinosa Kernel Oil (Argan Oil), Fragrance, Glycerin, Jasminum Sambac (flower) extract, Rosa Canina Flower Extract, Aqua, Citrus Limon Fruit extract, Melaleuca Alternifolia Leaf extract (Tea Tree), Ethylexylglycerin, Tocopherol, Potassium sorbate, Sodium benzoate.


__    Antioxidant

__    Essential Oil

__    Emollient

__    Emulsion/ Stabilizer

__    Fragrance

__    Humectant

__    Preservative





Ryoona Skin Fortifying Cleanser Ingredients List

Aqua, Cocamidopropyl betaine, Potassium cocoyl glycinate, Betaine, Cocamide DEA, Glycol distearateLactobacillus/ Hydrolyzed Collagen Ferment Filtrate Extract, Trehalose, Saccharide isomerate, Potassium cocoate, Hydroxypropyl methylcellulose, Sodium PCA, Sodium hyaluronate, Deoxyphytantriol palitamide MEA, Ceramide 3, Cholesterol, Arginine, Hydrogenated lecithin, Silver oxide, Glycerin, Sodium chloride, Phenoxyethanol, DMDM Hydantoin, Caprylic/ Capric Triglyceride, Disodium EDTA, Citric Acid, Ethylexylglycerin, Sodium citrate, Phytic acid.


__    AHA

__    Anti-Inflammatory

__    Antioxidant

__    Ceramide

__    Surfactant/ Foaming Agent

__    Emulsion/ Stabilizer/ pH adjuster

__    Probiotics

__    Humectant

__    Preservative






PACKAGING

Outer Packaging

Untuk cleansing balmnya sendiri dilengkapi dengan box packaging berwarna senada dengan kemasan produk di dalamnya. Hanya saja memang diberikan sedikit tambahan aksen warna earth tone di bagian pojok kiri bawah. Untuk font dan informasi yang tertera terbaca jelas dengan desain yang modern dan terkesan clean. Tetapi untuk facial cleanser-nya memang seperti kebanyakan second cleanser tidak dilengkapi dengan box packaging. Segel menggunakan selotip biasa. Untungnya di bagian tube produknya tetap ada segel alumunium foil yang dapat mencegah produk bocor (leaking).


ryoona-cleansing-balm-dan-fortifying-cleanser-review-details






Inner Packaging


ryoona-cleansing-balm-all-in-1-daily-cleanser-and-skin-fortifying-cleanser-review


Untuk cleansing balm secara packaging memang cantik. Meskipun size-nya agak lebih besar dibanding isi yang sebenarnya. Jadi, produknya terlihat lebih banyak dari yang seharusnya. Ditambah lagi kemasan jarnya ini plastik akrilik buram yang cenderung transparan. Sehingga, bentuk molding dari jar di dalamnya itu terlihat jelas kalau isinya hanya sekitar setengah dari kemasan jar yang terlihat dari luar. Tentunya ini akan membuat produk memakan terlalu banyak ruang untuk dibawa bepergian.


ryoona-cleansing-balm-packaging-details



Di sisi lain, mungkin brand juga bermaksud memberikan ruangan kedap udara untuk mencegah balm di dalamnya mudah meleleh. Kalian tahu sendiri, cleansing balm sangat sensitif terhadap perubahan suhu sekitar. Jadi, desain ini tidak sepenuhnya tidak baik. Tetap ada plus dan minusnya, yaa. Untuk Skin Fortifying Cleanser kemasannya sama-sama matte seperti cleansing balm-nya. Hanya saja tidak ada keterangan mengenai ingredients lists. Sedangkan produk tidak dilengkapi dengan box packaging.








FRAGRANCE

Kedua produk tidak mengandung pewangi buatan atau artificial fragrace sama sekali. Untuk cleansing balm, wanginya nyaris serupa dengan kebanyakan cleansing balm lain berbahan dasar ethyexyl palmitate. Sedikit tercium wangi khas Shea Butter yang memang merupakan salah satu kandungan di dalamnya. Overall, wangi cleansing balm-nya tidak mengganggu user experience sama sekali.


Hanya saja, gue pribadi agak kurang suka dengan aroma facial cleanser-nya. Gue biasa pakai cleanser yang mengandung sedikit wangi (termasuk natural fragrance) seperti lemon, misalnya. Memang ketika dibusakan, nggak akan tercium apa-apa. Tetapi kalau diendus atau dituang pertama kali, di hidung gue agak kurang pleasant. Untungnya ini produk cleanser yang akan segera dibilas juga. So, that's not quite a big deal!






TEXTURE

Tekstur cleansing balm-nya mudah melted ketika terkena suhu tubuh. Tetapi di jar-nya aman, kok. Bukan yang mudah berair gitu. Gue pake cleansing balm cukup setengah dari ujung spatula kira-kira 1/4 ruas jari, sudah cukup untuk melumerkan wajah dan leher tanpa make-up. Kalau pakai make-up biasanya pakai sebesar 1 ruas jari atau 1 scoop. Kemudian diulang dengan jumlah yang sama. Baru dilanjutkan dengan second cleanser-nya. Amount setiap orang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran wajah masing-masing dan juga tebal riasan yang digunakan.


tekstur-ryoona-all-in-1-daily-cleanser-cleansing-balm





Untuk facial cleanser Ryoona ini teksturnya cukup unik. Agak berbeda dengan creamy cleanser yang biasa gue temui karena teksturnya jauh lebih runny dari creamy cleanser yang biasa gue pakai. Ini teksturnya berwarna putih susu mirip seperti lotion. Ketika dibusakan dengan air, busanya jadi banyak tetapi masih banyak terdapat gelembung-gelembung udara. Bukan tipe busa yang bisa langsung padat seperti jika menggunakan foaming net. Not a big deal! Gue tetap nyaman pakai produk ini karena nggak perih dan nggak bikin kulit terasa ketarik.


tekstur-ryoona-skin-fortifying-cleanser-facial-wash






MY THOUGHTS

Sebelum pakai Ryoona All in 1 Daily Cleanser dan Ryoona Skin Fortifying Cleanser, kulit gue sempat mengalami dehidrasi yang cukup parah. Kering sampai bersisik bahkan terkadang sampai luka :( Penyebabnya? I ruined my skin barrier by choosing the wrong type of facial cleanser previously. Ternyata milih sabun cuci muka itu nggak cuma "asal bersih". Buat kulit yang cukup reaktif kayak kulit gue, pasti pernah ngalamin setidaknya sekali iritasi akibat salah pemilihan jenis tekstur atau kandungan skincare. Padahal gue udah coba pakai hydrating toner berlapis, nggak ngaruh. Solanya masalah utamanya di step pertama dalam skincare routine, yaitu cleansing!


Thank God, Alhamdulillah! Ryoona All in 1 Daily Cleanser dan Ryoona Skin Fortifying Cleanser keduanya benar-benar bisa melembabkan kulit gue lagi. Perlahan-lahan bantu memperbaiki skin barrier. Apalagi si cleansing balm-nya, habis dibilas tuh nggak berminyak tetapi tetap melembabkan kulit wajah. Dilanjutkan dengan facial cleanser-nya pun bikin step skincare selanjutnya bisa lebih maksimal bekerja di kulit.




FINAL VERDICT

Pros (+)
+ Beautifully clean packaging for both.
+ Keduanya sama-sama mampu melembabkan kulit, tidak bikin kulit terasa ketarik sama sekali.
+ Tidak menyebabkan inflamasi, justru bantu memperkuat skin barrier.
+ Tidak mengandung ingredients yang berpotensi mengiritasi.


Cons (-)
- Penamaan produk agak sedikit membingungkan karena mirip.
- Wangi Ryoona Skin Fortifying Cleanser agak sedikit kurang pleasant di awal. Meskipun saat pemakaian akan segera hilang.
- Tidak terdapat ingredients list pada kemasan Ryoona Skin Fortifying Cleanser.





RECOMMENDATION

Produk ini aman bagi ibu hamil, ibu menyusui, kulit sensitif, kulit mudah berjerawat (acne prone), kulit mudah tersumbat komedo, dan bisa untuk semua jenis kulit. Bagi remaja, gue sarankan penggunaan untuk usia 13 tahun ke atas, yaa. Kalian nggak harus langsung coba keduanya. Bisa coba salah satu dulu. Boleh coba cleansing balm-nya dulu atau facial cleanser-nya dulu. Supaya tahu reaksinya cocok atau enggak di kulit kalian untuk masing-masing produknya. Bagi teman-teman cewek, usahakan jangan coba produk skincare baru saat mendekati siklus. Agar efeknya tidak bias akibat produk atau aktivitas hormon, semisal saat pemakaian timbul inflamasi.


Disclaimer-brand-and-FDN


No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.