[REVIEW] Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner untuk Rambut Rontok dan Kulit Kepala Berminyak

Hola!
Di postingan kali ini bakal ada review produk terbaru Scarlett yaitu Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner. Jujur, yaa! Sekarang alat-alat mandi kebanyakan produk Scarlett semua haha. Mulai dari Scarlett Shower Scrub, Scarlett Body Lotion, sampai Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner. Untung facial wash-nya sudah habis. Kalau nggak makin kayak etalase Scarlett nih nanti (lol). Okay, langsung aja kita kepoin sama-sama, yaa! Keep on reading! :)







MY HAIR PROFILE

Hair Length: Medium
Hair Color: Black
Hair Texture: Wavy
Hijab: YES
Colored Hair: NO
Current Concern: oily scalp (kulit kepala berminyak), dry hair (batang rambut kering), wet dandruff (ketombe basah), hair-loss (kerontokan).



Masalah yang gue hadapi soal rambut ini cukup kompleks. Dalam situasi tertentu bisa tidak terlalu parah. Tetapi, dalam kondisi cuaca tertentu bisa jadi parah. Biasanya masalah-masalah di atas paling parah terjadi saat cuaca panas karena gue orangnya mudah berkeringat. Otomatis kulit kepala yang banyak menampung keringat ditambah produksi sebum kulit kepala yang menumpuk, dapat menyebabkan ketombe basah.


Kerontokan yang gue alami pun dari akar, trigger-nya dari ketombe tadi. Jadi bukan patah di batang rambut saja seperti masalah kerontokan akibat hair-styling. Meskipun kulit kepala gue berminyak, batang rambut seringkali tidak ternutrisi kelembaban minyak tadi sehingga menjadi kering. Ditambah lagi kondisi gue yang berhijab. Untuk itulah diperlukan perawatan rambut yang optimal dari kukit kepala hingga ujung rambut bukan?






PRODUCT DETAILS


Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo


Product Name: Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo
Brand Name: Scarlett
Country of Origin: Indonesia
Product Size: 250ml/ 8fL.oz
Product Type: Shampoo
BPOM No: NA 18211001821
Batch No: 3SC 060422-09 MBA
Expiry Date: 06042024 (ddmmyyyy)
Price: IDR75,000
Where to Buy




Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner


Product Name: Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner
Brand Name: Scarlett
Country of Origin: Indonesia
Product Size: 250ml/ 8fL.oz
Product Type: Shampoo
BPOM No: NA
Batch No: 2S2C 310322-10 MBA
Expiry Date: 31042022 (ddmmyyyy)
Price: IDR75,000
Where to Buy







INGREDIENTS

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo Ingredients

Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, PEG-12 Dimethicone, Lauryl Betaine, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Cocamidopropyl Betaine, Triisopropanolamine, Sodium Sulfate, Sea Salt, Sodium Chloride, DMDM Hydantoin, Tetrasodium EDTA, CI 74180.



Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner Ingredients

Aqua Demineralisata, Cetearyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Cetrimonium Chloride, Amodimethicone, Propanediol, Sea Salt, Guarhydroxypropyltrimonium Chloride, Polyquartenium-10, DMDM Hydantoin, CI 60725.




Main Ingredients

SEA SALT

Sea Salt merupakan kandungan utama dari Scarlett Sea Salt Shampoo dan Conditioner yang memiliki banyak manfaat bagi rambut dan kulit kepala. Di antaranya adalah dapat menyerap minyak berlebih di kulit kepala, membersihkan penumpukkan kotoran berlebih di kulit kepala, dan membuka kutikel rambut agar perawatan rambut selanjutnya dapat bekerja dalam menutrisi rambut secara optimal.



BRAND CLAIM

Berikut adalah manfaat dari Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner:
1. Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala.
2. Membersihkan kulit kepala.
3. Menguatkan akar rambut.
4. Memberikan volume pada rambut.
5. Mencegah rambut rontok dan bercabang.
6. Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala.
7. Membuat rambut lebih berkilau.








FRAGRANCE

Wangi Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo menurut klaim brand adalah Magnolia sedangkan untuk conditioner memiliki aroma Evening Primrose (bunga sedap malam). Kalau kesan gue pribadi waktu coba shampoo-nya, jujur ini tipe wangi yang ganteng banget haha. Kalian tau kan, yaa wangi shampoo cowok? Menurut gue ini wanginya maskulin tetapi buat cewek tetap okay. Bisa dikatakan wanginya cukup universal dan aura wanginya itu fresh.


Wangi conditioner-nya lebih feminim sedikit. Tetapi kalau dipadukan dengan shampoo-nya tetap masuk kategori wangi yang universal. Bukan wangi yang pasaran tapi enak. Terus yang lebih penting lagi, wangi dari shampoo dan conditioner Scarlett bisa bertahan selama 3 hari berturut-turut. Jadi pas banget buat kalian yang durasi keramasnya 2-3 hari sekali.








PACKAGING

Seperti kebanyakan produk Scarlett yang lain, kecuali face skincare, memang tidak disertai dengan outer packaging berupa kardus. Namun, diberi plastic sealing yang membalut keseluruhan produk kecuali bagian bawah produk untuk memudahkan pemakaian. Saat tiba produk juga diberi lapisan bubble wrap dan diberi kardus berwarna cokelat dengan logo Scarlett di bagian tengah. Pengemasan dapat menjaga produk dalam perjalanan. Sehingga tidak terjadi kebocoran maupun kerusakan produk.





Packaging Shampoo (Biru Kehijauan) dan Conditioner (Pink) Scarlett secara bentuk botolnya ini lumaya ini. Biasanya botol perawatan rambut cenderung berbentuk tabung dan cukup tinggi untuk ukuran full size. Sedangkan kedua produk ini bentuknya kotak dengan rounded edge. Secara geometris seperti prisma persegi panjang dan setengah lingkaran. Desain tutupnya berwarna putih dengan bentuk flip yang sama persis seperti tutup pada kemasan sabun pembersih wajahnya.


Baca Juga: [REVIEW] Scarlett Whitening Facial Wash, Scarlett Whitening Acne Cream Day & Night dan Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day & Night di Kulit Sensitif dan Acne-Prone




Informasi yang tertera pada masing-masing kemasan terdiri dari: nama brand, logo brand, nama produk, ukuran produk, tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, nomor registrasi BPOM, daftar kandungan produk, cara pemakaian produk, hologram sticker, logo cruelty free, dan informasi terkait produsen dan distributor.







pH LEVEL TEST


Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo



Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner pH Level






MY THOUGHTS

Kesan pertama sewaktu coba produknya memang cukup suka dengan wangi dan teksturnya yang cukup berbusa. Wajar, soalnya dia masih mengandung SLES (foaming agent). Jadi, dipakai sedikit saja sudah cukup untuk seluruh kepala. 

Cara pemakaiannya bagaimana, sih biar efektif?
Biasanya, gue pribadi keramas sebanyak 2x dalam sekali keramas. Keramas yang pertama untuk melunturkan minyak di kulit kepala yang memang berlebih dan membuka folikel rambut. Dibilas dengan air suam-suam kuku atau mendekati suhu tubuh. Supaya minyakny bisa terangkat. Keramas yang kedua untuk membantu membersihkan kulit kepala dan batang rambut secara menyeluruh. Nah, jadinya sehabis keramas kulit kepala terasa benar-benar bersih.


Shampoo Scarlett bikin rambut dan kulit kepala kering, nggak?
Memang, efek di rambut sedikit kesat setelah dibilas. Tetapi tidak sampai kesat seolah-olah rambut habis kena kaporit di kolam renang, loh yaa. Finish-nya bakal disukai buat pemilik kulit kepala dan rambut berminyak. Soalnya gue pribadi kurang suka sama shampoo yang finish-nya terlalu moist. Apalagi kan masih dilanjut conditioner. Kalau terlalu moist rambut malah berasa makin berminyak habis keramas bukan?


Conditioner Scarlett bikin lengket atau ketombean, nggak?
Nope! Nggak sama sekali. Gue suka dengan finish-nya conditioner Scarlett soalnya nggak bikin lengket tetapi tetap melembabkan dan mengharumkan rambut. Gue biasanya keramas di awal mandi. Selesai semuanya baru step mandi terakhir bilas conditioner. Jadi, didiamkan kurang lebih 10 menit. Sewaktu dibilas,  baik shampoo maupun conditioner juga mudah. Tidak membuat rambut lengket, kering, maupun ketombean. Justru jadi wangi dan lebih mudah diatur.


Shampoo dan Conditioner Scarlett ampuh buat rambut rontok, nggak?
Jujur, masalah kerontokkan rambut gue memang cukup parah. Pernah gue hitung, dalam sehari bisa 50-100 helai. Biasanya yang sampai 100 itu kalau lagi keramas. Apalagi waktu momen sisir pakai jari. Setelah jalan 3 minggu pemakaian kedua produk perawatan rambut Scarlett, efek yang dirasakan untuk masalah rambut rontok adalah jumlah rambut rontok berkurang menjadi maksimal 30-50 helai per hari. Biasanya juga hanya rontok kalau keramas. Kalau sedang tidak keramas hanya rontok wajar saja. Memang belum hilang sepenuhnya, tetapi cukup ada perubahan.







FINAL VERDICT

Overall, gue suka dengan kedua produk perawatan rambut Scarlett baik Shampoo maupun Conditioner karena keduanya saling melengkapi satu sama lain. Cukup lega kedua produk ini tidak memperparah ketombe basah (akibat minyak berlebih di kulit kepala) dan kerontokkan rambut. Kalau boleh jujur, gue nge-fans sama wangi shampoo-nya. Wanginya ganteng banget, cuy! To sum up my review, here are my pros and cons about the products:


PROs (+)

+ Wangi keduanya enak banget. Super fresh! Kalau pakai shampoo & conditioner rambut bisa tetap wangi bahkan sampai 3 hari!
+ Shampoo cukup efektif membantu mengurangi minyak berlebih di kulit kepala tanpa membuat batang rambut terasa kering.
+Untuk rambut rontok, dalam kurun 3 minggu belum benar-benar hilang. Tetapi bisa mengurangi.
+ Busa shampoo lumayan banyak. Pakai sedikit saja sudah cukup.
+ Botolnya memudahkan untuk mengeluarkan produknya dan isi produk terlihat jelas.
+ Secara harga cukup terjangkau. Rp75.000/ satuan (harga shampoo dan conditioner sama). Bundling price hopefully coming soon!




CONs (-)

- Saran untuk botolnya, bisa dibuat lebih tinggi dengan lebar yang lebih slim. Supaya nggak terlalu memakan tempat di ambalan kamar mandi.
- Tidak bisa digunakan oleh penderita dermatitis atopik, psoriasis, maupun eczema karena masih mengandung SLES.
- Kedua produk masih mengandung silikon. Semoga nanti bisa silicone free.









RECOMMENDATION




Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Remaja usia 13 tahun ke atas juga boleh pakai kedua produk ini. Bagi kalian pemilik kulit kepala berminyak dan batang rambut cenderung kering kayaknya bakal suka juga sama keduanya, deh!


Namun, tidak disarankan bagi penderita dermatitis atopik, psoriasis, maupun eczema karena masih ada kandungan SLES di dalamnya. Meskipun SLES ini dipercaya adalah versi lebih friendly dibanding SLS, tetapi tetap ada beberapa jenis kulit tertentu yang tidak dapat menoleransinya. Untuk itu, jika kalian memiliki kondisi ini sebaiknya dihindari. Semoga bisa launch versi NON SLS/ SLES-nya, yaa!





- Bintang Mahayana © 2022 -




Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert. Konsultasi silakan hubungi ahli terkait.
- Produk didapatkan dari kerja sama dengan Scarlett. Namun, blogger diberi kebebasan utnuk memberikan review berdasarkan pengalaman pribadi (honest review).
- Hasil pada setiap individu kemungkinan terdapat perbedaan. Harap jadikan review ini sebagai refernsi saja sebelum membeli produk.
- Dilarang me-repost sebagian atau seluruh artikel baik foto maupun tulisan untuk tujuan apapun, kecuali brand yang bersangkutan.
- Untuk keperluan kerja sama silakan hubungi Blogger melalui "Blogger Contact Form" pada side bar blog ini atau email contact.bintangmahayana@gmail.com

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.