[REVIEW] SKIN AQUA UV Moisture Milk SPF50+ PA+++ di Kulit Kombinasi | Bintang Mahayana

Tuesday, June 29, 2021
Holla!
Kali ini gue akan review Skin Aqua UV Moisture Milk SPF50+ PA+++ di kulit kombinasi. Setelah habis berbotol-botol, akhirnya repurchase karena masih belum mau pindah ke brand lain. Sebelumnya, kulit gue itu tipenya normal to dry. Tetapi karena pergantian cuaca dan peningkatan kelembaban, jadi berubah kombinasi. Sunscreen gue nggak berubah, loh! Penasaran sama result pemakaiannya?
Keep on reading!



Source: Personal Doc.






ABOUT THE BRAND

SKIN AQUA adalah brand asal Jepang yang di Indonesia sendiri dinaungi oleh Rohto Laboratories. Brand  ini diklaim selalu mengembangkan inovasi untuk menghasilkan produk-produk terbaik bagi customer-nya. Skin Aqua menghadirkan produk tabir surya dengan berbagai varian berdasarkan tekstur, nilai SPF, dan juga bentuk produk yang menawarkan manfaat lainnya sebagai berikut.


Source: Tokopedia


1. Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 20 PA++ (lightening & moisturizing)

2. Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ (dry to sensitive skin)

3. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ (normal to oily skin)

4. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ (longer uv protection)

5. Skin Aqua Tone Up UV Essence SPF 50+ PA++++ (longer uv protection + tone up effect)


Selain itu, terdapat produk tabir surya yang juga hybrid dengan produk make up berupa BB Cream atau bisa disebut Tinted Moisturizer, yaitu Skin Aqua BB Cream Perfect Moisture SPF 27 PA++ untuk kulit normal to dry.





MY SKIN PROFILE

Skin Type            : Combination
Skin Tone            : Light
Skin Undertone  : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.


 

 



PRODUCT DETAILS

Source: Personal Doc.



Nama Produk : Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++
Nama Brand   : Skin Aqua
Negara Asal    : Jepang
Jenis Produk  Hybrid Sunscreen 
Ukuran            : 40gr
BPOM             : NA18130103390
Batch No.        : KCGH015
PAO                 : -
Expiry Date     : 03/2023
Harga               : Rp48.800*
Tekstur            : watery gel
Jenis Kulit       : Normal to Dry
Website            : www.rohto.co.id
Where to buy  : Shopee Rohto Official/ Watsons
Mfg by.            : PT Rohto Laboratories Indonesia, Bandung - Indonesia
Licensed by     : Rohto Pharmaceutical Co.Ltd, Osaka - Japan

*Diskon 20% di Watsons Offline Store, Normal Price vary in range 50-60k.



 


INGREDIENTS

Berikut adalah ingredient Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++:


Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Silica, Dimethicone , Triethoxylethyl Polydimethylsiloxyethyl Hexyl DimethiconeLauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Ethylexyl Methoxycinnamate, Isononyl IsononanoatePolymethylsilsesquioxaneButylene Glycol, Diethylaminohydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Acrylates/ Dimethicone Copolymer,  Glycerin, Lauroyl Lysine, Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTATocopheryl AcetateSodium HyaluronateSodium Acetylated Hyaluronate (AcHA)*Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydrolyzed Collagen.


__    Antioxidant

__    Chemical Sunscreen

__    Collagen

__    Humectant

__    Preservatives**

__    Physical Sunscreen

__    Silicone


*Sodium Acetylated Hyaluronate (AcHA) adalah Hyaluronic Acid yang telah dimodifikasi sehingga melembabkan kulit lebih baik dibandingkan dengan Hyaluronic Acid biasa.

**Preservatives atau pengawet produk ini mengandung paraben jenis methylparaben dan propylparaben. Tidak berbahaya kecuali bagi ibu hamil dan menyusui, disarankan untuk menghindari produk ini.


■ KEY INGREDIENTS:


Improved HA (AcHA) + Collagen 


+ Vitamin B5 & E


+ SPF 50+ + PA+++ 







CLAIMS

Manfaat Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ berdasarkan highlighted ingredients di atas adalah:


1. Improved Hyaluronic Acid (AcHA): memberikan kelembaban dan kelembutan extra pada kulit.


2. Collagen: menjaga elastisitas kulit


4. Vitamin B5&E: menutrisi kulit


5. SPF50+: perlindungan 51x lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibanding kulit yang tidak dilindungi.


6. PA+++: perlindungan optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini, timbulnya kerutan halus, bintik hitam, dan penggelapan warna kulit.


7. Water based formula:  tidak lengket dan cepat meresap, terasa ringan di kulit. Tidak ada tambahan pewarna dan parfum. Dapat digunakan sebagai dasar make up. Diformulasikan bagi kulit orang Asia.





PACKAGING

■ OUTER PACKAGING

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ ini dilengkapi dengan box packaging berwarna biru muda (sky blue). Dengan ilustrasi kemasan botol di bagian depan. Terdapat full ingredient list dan claim produk di bagian samping kemasan. Untuk safety nya produk ini tidak diberi hologram. Tetapi bagian tutup kardusnya direkatkan dengan lem. Sehingga kemasan kardus tidak mudah dibuka-buka.


Source: Personal Doc.




 INNER PACKAGING

Untuk botol kemasan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ ini kecil dan mudah dibawa-bawa. Kemasannya dari plastik tebal dan dibedakan per nilai SPF nya. Untuk SPF 50 ini keseluruhan warnanya adalah biru muda (sky blue).  Di bagian belakang tetap ada key ingredients dan claims produk. Tetapi tidak ada full ingredient list seperti pada box.


Source: Personal Doc.




FRAGRANCE

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ tidak mengandung fragrance sama sekali. Kalau sekilas yang tercium agak seperti wangi susu yang manis. Tidak bikin enek dan tidak mengganggu.




TEXTURE

Tekstur Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ adalah milky lotion yang setelah dikocok akan berubah lebih cair. Berwarna putih susu. Daya serap dan daya sebar produk sangat baik. Ada terasa sedikit sillicone effect. Tetapi tidak meninggalkan kesan berminyak yang tidak nyaman. Foto di bawah ini adalah jumlah pemakaian untuk sekali pakai di area wajah dan leher yang biasa gue gunakan.


Source: Personal Doc.



Tetapi, kalau lihat ingredient list dengan silicone yang cukup banyak, surprisingly teksturnya bisa dikatakan cukup watery. Tetap nyaman namun membuat kulit juga terasa lembab, halus, dan sedikit menyamarkan pori-pori. Tidak heran kalau klaimnya juga bisa dijadikan sebagai base make up (primer).



                                                

                                                                                   

HOW TO USE

Terdapat 2 cara skincare layering yang biasa gue pakai sehari-hari. Alasannya kadang di pagi hari gue suka skip moisturizer. Soalnya Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ sudah memiliki moisturizing effect. Selain itu, gue selalu menerapkan minimalist skincare di pagi hari.


1. Setelah menggunakan hydrating toner, tuang ke telapak tangan, kira-kira sebesar diameter koin Rp1.000,00 agar mengenai suhu tubuh. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher.


2. Setelah menggunakan hydrating toner dan gel moisturizertuang ke telapak tangan, kira-kira sebesar diameter koin Rp1.000,00 agar mengenai suhu tubuh. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher..


⚠️WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit. Beri jeda waktu 3-7 hari. Setelah reda, bisa coba digunakan kembali dengan penyesuaian.





BEFORE-AFTER

Sebagai orang yang pernah struggle menghadapi jerawat hormon saat jaman remaja hingga 6 tahun lamanya, otomatis di area pipi gue terdapat beberapa acne scars dan large pores. 


Source: Personal Doc.



Dari hasil pemakaian Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ jelas terlihat bahwa pori-pori di area pipi sedikit tersamarkan dan kulit nampah sedikit lebih cerah dan ada dewy glow effect yang terlihat di beberapa titik jatuhnya cahaya di area wajah.





CLAIMS CHECKLIST

✅1. Improved Hyaluronic Acid (AcHA): memberikan kelembaban dan kelembutan extra pada kulit.


✅ 2. Collagen: menjaga elastisitas kulit


✅ 3. Vitamin B5&E: menutrisi kulit


⚠️4. SPF50+: perlindungan 51x lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibanding kulit yang tidak dilindungi.


✅ 6. PA+++: perlindungan optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini, timbulnya kerutan halus, bintik hitam, dan penggelapan warna kulit.


✅ 7. Water based formula:  tidak lengket dan cepat meresap, terasa ringan di kulit. Tidak ada tambahan pewarna dan parfum. Dapat digunakan sebagai dasar make up. Diformulasikan bagi kulit orang Asia.


KETERANGAN:
✅  : Proved
❌  : Not Really
⚠️  : Not Sure/ Untested




FINAL VERDICT

Pros (+)

+ Sangat suka teksturnya yang ringan dan mudah diratakan di kulit.

+ Wanginya enak tidak mengganggu sama sekali.

+ Tidak berminyak meskipun digunakan saat cuaca panas.

+ Setelah dipakai wudu/ terkena air, relatif tidak membuat perih di mata dan tidak licin.

+ Tidak meninggalkan whitecast.

+ Setelah pemakaian rutin, kulit terasa lebih halus, sehat, dan kenyal.

+ Harganya sangat affordable dan produknya mudah didapat di manapun.


Cons (-)

- Isinya sedikit, hanya 40gr sehingga relatif cepat habis.

- Tidak tersedia ukuran lebih besar agar pembelian bisa lebih ekonomis.

 


 

RECOMMENDATION

Bagi kulit normal to dry aman digunakan setiap hari. Tetapi, buat yang kulitnya kombinasi juga masih sangat nyaman. Hanya diatur saja pemakaiannya supaya tidak terlalu suffocating. Dengan catatan, didukung hidrasi yang cukup dari hydrating skincare sebelum dan setelahnya seperti tonermoisturizer, dan sunscreen.



***
Thank you all for dropping by!
See you on my nexy blogpost :)

Bintang Mahayana ©️ 2021





 Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun (setelah repurchase beberapa kali), AM only.
- Produk ini merupakan self-sponsored dan tidak terafiliasi dengan pihak manapun.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Contact Me klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (Desktop)/ Footer (Mobile) pada Blog ini.


 

 

2 comments:

  1. Mau tanya donk, kulitku cenderung kering banget+kusam
    Mau coba produk ini, cocoknya yg mana ya kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kulit kering bisa banget pakai yg UV Moisture Milk SPF 50 ini yaa. Kalau untuk kusamnya sebenarnya bisa pakai yg SPF 20 tapi untuk di luar ruangan memang lebih direkomendasikan yg SPF 50. Nggak bikin kusam kok di kulit aku yg tutup biru ini. Semoga membantu yaa! :)

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.