[REVIEW] SKIN1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++

Wednesday, January 27, 2021
Holla!
Di postingan kali ini, gue mau review Skin 1004 Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++. Physical sunscreen satu ini lumayan hype banget karena jadi salah satu k-beauty sunscreen yang jadi andalan banyak orang. Penasaran? 
Keep on reading!


ABOUT THE BRAND

Skin 1004 adalah Korean Beauty Brand yang dibaca Skin Angel. Hal ini dikarenakan 1004 dalam Bahasa Korea disebut 천사 (chonsa) yang artinya adalah malaikat (angel). Di Korea, setiap tanggal 4 Oktober diperingati sebagai Angel's Day karena ditulis 1004 (dalam sistem kalender yyyy/mm/dd).


MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to Dry
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone

*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Bahkan, terkadang kulit gue mudah memerah saat cuci muka dengan sabun walaupun tanpa cleansing tool.

**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila gue sedang mencoba produk baru, nggak butuh waktu lama untuk tahu reaksinya. Terutama untuk produk yang tidak mengandung bahan aktif yang seharusnya tidak berpotensi purging. Berarti, bisa dipastikan cocok atau tidaknya.



PRODUCT DETAILS


Nama Produk         : Skin 1004 Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++
Nama Brand           : Skin 1004
Negara Asal            : Korea
Jenis Produk          : Physical Sunscreen
Ukuran                   : 50ml/ 1.69fl.oz
Batch No.               : A323206
BPOM                    : (see *)
PAO                        : 12 M/ 1 year
Mfg. Date               : 2020.08.11
Expiry Date           : 2023.02.10
Harga                     : Rp325.000
Tekstur                   : cream
Jenis Kulit             : All Skin Type
Website                  : www.skin1004korea.com
Where to buy        : Shopee @skin1004_indonesia

*Produk dikirim langsung dari Skin 1004 Korea dengan Shopee. Sehingga, edisi produk yang didapatkan adalah edisi Korea. Maka, tidak tertera nomor registrasi BPOM.



INGREDIENTS

Centella Asiatica Extract (29.4%)CyclomethiconeZinc OxideWater, Titanium Dioxide (CI 77891), Dicaprylyl Carbonate, Propanediol, Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl DimethiconeNiacinamideCaprylyl MethiconeCetyl Ethylhexanoate, 1,2-Hexanediol, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Betaine, Magnesium Sulfate, Disteardimonium Hectorite, Hydrogen DimethiconePolymethylsilsesquioxane, Inositol, Aluminum Hydroxide, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate, Styrene/Acrylates Copolymer, Stearic Acid, Butylene GlycolPentylene Glycol, Dextrin, Theobroma Cacao (Cocoa) ExtractCoptis Chinensis Root Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit OilEthylhexylglycerinOctyldodecanolMadecassoside, Pelargonium Graveolens Flower Oil (Marula Oil)Echium Plantagineum Seed OilRosa Damascena Flower OilCardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil Unsaponifiables, Dibutyl Adipate, Undecane, Sodium Hyaluronate, Tridecane, Tocopherol.

__   Actives
__   Antioxidant
__   Essential oils
__   Humectant
__   Silicone
__   Sunscreen



CLAIMS

An ultra light, air fit suncream with broad-spectrum SPF50+ PA++++ for daily protection that contains Centella Asiatica Extract, fresh from the untouched nature of Madagascar, to soothe the skin and create a matte finish. It also contains Niacinamide to help balance the uneven skin tone.



PACKAGING

SKIN 1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ hadir dalam konsep new packaging SKIN 1004 yang bernuansa white, khaki, mustard, etc. Box packaging nya terbuat dari kardus dengan laminasi doff berwarna dominan putih dan terdapat ilustrasi (foto) gurun Madagascar.

Outside Packaging
Informasi soal claims, ingredients, how to use, serta manufacturing and expiration date nya juga lengkap. Bahkan di kedua bagian samping box terdapat ilustrasi produknya. Di sisi kanan ada Centella Asiatica sebagai main ingredient dan di sisi kiri ilustrasi tekstur produk itu sendiri.


Inside Packaging
Botolnya cenderung berbentuk tabung ellips yang agak gepeng dan terlihat persegi panjang dari tampak depan dengan tutup mustard yang lebar nya jauh lebih kecil dari badan botolnya. Bagian tutup yang lebih kecil ini membuat kemasan botol nya tidak terlihat bulky meskipun dibandingkan kemasan sunscreen pada umumnya cenderung agak lebih besar. Tetapi, masih sangat travel friendly karena botolnya seukuran genggaman tangan orang dewasa. 



FRAGRANCE

SKIN 1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ ini kalo dilihat dari ingredient list nya tidak mengandung fragrance. Kalau diendus wanginya lebih ke herbal. Gue nggak tau wangi apa. Tetapi asumsi gue itu wangi Centella Asiatica yang secara komposisi paling besar, yaitu 29,4%. Tetapi setelah diaplikasikan wanginya akan hilang dan nggak mengganggu, kok.



TEXTURE

Tekstur SKIN 1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ adalah lotion berwarna beige. Di ingredient list, salah satu physical suncreen ingredient nya memang diberi warna, yaitu Titanium Dioxide (CI 77891). Titanium dioxide sebagai physical sunscreen sedangkan kode CI 77891 adalah kode pewarna yang digunakan.

Seperti kebanyakan physical sunscreen, memang agak sedikit whitecast di awal penggunaan. Ini sebabnya gue pakai per area wajah supaya lebih cepat dibaurkan. Tetapi nggak lama, kok. Setelah meresap apalagi tertumpuk make up nggak akan seputih pas awal. Buat kalian yang sering ngerasa kusam kalau pakai sunscreen, produk ini patut dijadikan alternatif karena ada efek mencerahkannya. 



HOW TO USE

1. Setelah menggunakan seluruh rangkaian skincare hingga moisturizer, tuang ke telapak tangan kira-kira sebesar diameter koin Rp1.000,00 atau disesuaikan dengan area wajah masing-masing.
2. Ratakan di seluruh wajah dan leher dengan gerakan memijat ke arah luar wajah. Jangan lupakan area mata dan bibir. Area ini juga perlu dilindungi dari sinar UV. Usahakan tidak melakukan aktivitas wudu atau makan dan minum dalam 30 menit ke depan. Supaya produk tidak masuk ke area mata atau tertelan.
3. Setelah diratakan bisa dilanjutkan dengan penggunaan make up dan bisa langsung dibawa beraktivitas di luar ruangan.
4. Jangan lupa re-apply setidaknya setiap 3 jam sekali atau ketika dibutuhkan (misal: setiap habis wudu atau setelah berkeringat cukup banyak).
5. Pada AM Skincare Routine, jangan lupa lakukan aktivitas double cleansing (misal: dengan cleansing oil) agar sunscreen dapat dibersihkan secara sempurna dan tidak menyumbat pori-pori.



BEFORE-AFTER

Whitecast Area : Area yang memantulkan kembali cahaya flash dari kamera. 



FINAL VERDICT 

Pros (+)
+ Packaging nya simple dan travel friendly.
+ Melembabkan tanpa menimbulkan kesan berminyak di kulit.
Main ingredient nya cukup tinggi hampir 30%, terbilang cukup efektif untuk meredakan kemerahan di wajah.

Cons (-)
- Harganya cukup premium ya untuk ukuran sunscreen yang notabene nya cukup boros dalam pemakaian.
- Ini bukan tipe sunscreen yang bisa dipakai saat buru-buru, imo. Karena di awal akan ada sedikit whitecast seperti physical sunscreen pada umumnya. Kecuali kalian memang butuh efek tone-up.




RECOMMENDATION

Jenis kulit yang cocok untuk SKIN 1004 - Madagascar Centella Air-Fit Suncream SPF50+ PA++++ adalah all skin type. Untuk yang kulit kering ini melembabkan. Tetapi untuk yang kulitnya oily pun nggak bikin nambah berminyak karena teksturnya cepat meresap.

Bagi teman-teman yang sedang struggling dengan PIE atau kemerahan di wajah, I highly recommend this one karena kandungan Centella asiatica nya cukup tinggi. Cica sendiri dipercaya mampu menenangkan kulit yang iritasi akibat jerawat maupun kemerahan akibat kulit sensitif.




***



Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.
- Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan.
- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk selama 2 bulan dengan pemakaian AM saja.
- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 
- Produk merupakan Giveaway dari Skin 1004.
- Mohon tidak menggunakan atau repost konten ini tanpa seizin penulis.
- Contact Me: 
https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau menggunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan Blog ini.

4 comments:

  1. Sejujurnya aku suka takut kalo pake physical sunscreen kayak gini soalnya whitecast dan bener, kalo lagi buru-buru mendingan jgn pake :") Apalagi aku kulitnya sawo matang jd bakal kelihatan bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Kaak. Makanya aku juga pake ini tuh per area wajah gitu jadi nggak langsung banyak. Kalau udah meresap sebenarnya dia lama2 whitecast nya hilang kok. Apalagi kalau udah ketutup make up. Tapi bener juga kata Kakak buat yg kulit sawo matang musti lebih hati2 :"

      Delete
  2. Kulit ku jg reaktif bgt.. apa dikulit kamu bkin jrwatan? Smpe skrg ak blm bs nemu sunscreen yg cocok.. semua bkin jrwat d wjh krg dlm 12 jam .. please help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Clarissa thank you udah mampir yaa. Alhamdulillah so far aku belum pernah breakout gara2 sunscreen. Paling jadi oily aja. Tp si Skin1004 ini di aku baik2 aja. Mungkin kalau breakout bisa jadi SPF nya terlalu tinggi atau proses double cleansingnya masih meninggalkan sumbatan di pori2. Saran aku bisa coba cari tau dulu penyebabnya apa. Kalo memang masalahnya di cleansing, bisa coba beberapa rekomendasi cleansing oil yg ada di blog yaa. Tetapi kalo soal spf, bisa coba cari ss yg nilai spf nya lebih rendah dari yg biasa dipakai. Hope it helps yaa! :)

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.