[REVIEW] Scarlett Whitening Facial Wash, Scarlett Whitening Acne Cream Day & Night dan Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day & Night di Kulit Sensitif dan Acne-Prone

Holla!
Apa kabar semuanya? Terima kasih sudah mampir ke blog ini, yaa. Sudah lama nggak review produk Scarlett Whitening setelah review Body Care Scarlett Whitening dan review Serum Scarlett Whitening. Kali ini gue akan review Scarlett Whitening Facial Wash, Scarlett Whitening Acne Cream Day, Scarlett Whitening Acne Cream Night, Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day, dan Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night. Jadi total ada 5 produk. Penasaran? 
Keep on reading!






ABOUT THE BRAND

Scarlett Whitening itu local brand bukan, sih? Yup! Betul, Scarlett Whitening adalah local brand milik artis Kak Felicya Angelista yang didirikan sejak tahun 2017. Produk-produk Scarlett Whitening sendiri juga terbukti aman karena sudah teregistrasi di BPOM dan cruelty free serta non-animal tested. Artinya, produk-produk Scarlett Whitening nggak mengandung bahan-bahan yang berasal dari hewani dan juga tidak diuji coba pada hewan sama sekali.




MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Normal to Dry (mostly normal)
Skin Tone              : Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical  exfoliating motion seperti scrubbing. Bahkan, terkadang kulit gue mudah memerah saat cuci muka dengan sabun walaupun tanpa cleansing tool. Kulit gue juga sensitif dengan Tea Tree. Tetapi tidak sensitif terhadap alcohol maupun fragrance.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit gue yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya rea8ksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila gue sedang mencoba produk baru, nggak butuh waktu lama untuk tahu reaksinya.





Di review Scarlett Whitening kali ini, sesuai judulnya, ada 5 produk terbaru yang akan gue bahas secara berturut-turut, yaitu:

1. Scarlett Whitening Facial Wash
2. Scarlett Whitening Acne  Cream Day
3. Scarlett Whitening Acne Cream Night
4. Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day
5. Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night




PRODUCT DETAILS 


Scarlett Whitening Facial Wash



Nama Produk : Scarlett Whitening Facial Wash
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Facial Wash
Waktu Pakai  : Pagi-Malam (AM-PM)
Ukuran             : 100ml
BPOM              : NA1818202303
Batch No.        : FNS02021-11. MBA
PAO                  : 6M (6 Bulan)
Expiry Date     : 02032023
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : gel
Jenis Kulit       : All Skin Types
Produced by   : PT Motto Beringin Abadi, Bogor, Indonesia.
Distributed by : PT Opto Lumbung Sejahtera - Jakarta.




INGREDIENTS


Scarlett Whitening Facial Wash Ingredients

Aqua, Coconut Fatty Acid, Diethanolamide, Glycerin, Rosa Canina Flower, Cocomidopropyl, Betaine Ammonium Salt, Aloe Vera, Acrylates Copolymer, Glutathione, Triisopropanolamne, dmdh Hydantoin, Glass Beads Vit E, EDTA.

__   Actives

__   Essential oils

__   Humectant

__   Preservatives





PACKAGING

Outer Packaging

Packaging luar dari Scarlett Whitening Facial Wash ini adalah kardus berwarna pink gradation dengan aksen rose petals. Tersapat informasi logo brand, nama brand, nama produk, key ingredients, logo SLS Free, manfaat produk, petunjuk pemakaian, No. BPOM, ingredient list, dan berat bersih produk 100ml. Terdapat Batch Number dan Expiry Date. Tetapi tidak ada logo PAO.



Saran: Bisa ditambahkan logo PAO seperti produk Scarlett Whitening lainnya. 
Agar tahu berapa lama masa simpan produk setelah kemasan dibuka.



Inner Packaging

Packaging produk Scarlett Whitening Facial Wash ini adalah tabung slim dari plastik bening dengan tutup flip berwarna putih. Kemasan kardusnya diberi pengaku kardus lagi agar botol tidak mudah bergerak untuk mencegah kebocoran.








FRAGRANCE

Wangi dari Scarlett Whitening Facial Wash ini adalah flowery scent. Sepintas wanginya agak mirip dengan Scarlett Whitening Shower Scrub Pomegranate. Tetapi facial wash nya lebih dominan wangi rose dan aloe vera.


Baca Juga: [REVIEW] SCARLETT WHITENING - Body Scrub Romansa, Shower Scrub Pomegranate, and Body Lotion Charming




TEXTURE

Tekstur dari Scarlett Whitening Facial Wash ini adalah gel cleanser dengan partikel micro beads dan gel petals yang menyerupai rose petals. Ketika digosok, beads dan petals akan berubah menjadi busa berwarna putih. Busa nya sendiri moderate. Tidak terlalu berbusa dan tidak bikin kering ketarik.


Ini gue foto dengan full light buat tau warna teksturnya secara keseluruhan dan shadow atau negative supaya tahu detail transparent vs opaque dari gel dan micro beads nya.








HOW TO USE

Tuang sedikit ke telapak tangan. Campur dengan sedikit air. Busakan di telapak tangan. Lalu usap sambil pijat lembut ke seluruh wajah dan leher. Aplikasikan pada pagi dan malam hari.

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit.






💜💜💜


PRODUCT DETAILS 


Scarlett Whitening Acne Cream Day


Nama Produk : Scarlett Whitening Acne Cream Day
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Day Cream/ Moisturizer
Waktu Pakai  : Pagi-Siang (AM)
Ukuran             : 20gr
BPOM              : NA18200107956
Batch No.        : 0020321115
PAO                  : 6M (6 Bulan)
Expiry Date     : MAR 23
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : lotion cream
Jenis Kulit       : Acne-Prone Skin
Website            : Official Scarlett Whitening
Diproduksi oleh : PT Sinar Alfa Omega. Jl Prabu Kiansantang No.89 Pergudangan Business Point Blok C No.10 RT004/ RW015, Kel. Gebang Raya, Kec. Priuk, Kota Tangerang, Banten.


 



INGREDIENTS


Scarlett Whitening Acne Cream Day Ingredients



AquaEthylexyl Methoxycinnamate, Pentane-1,2 -diol, Cetearyl Alcohol, C13-15 AlkaneDiGlycerinSqualaneAnnona Cherimola Fruit Extract Cetyl AlcoholGlyceryl StearateButylene glycolDimethicone,   Calopyllum Inophyllum Seed Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Ceteareth-33, PhenoxyethanolC12-15 Alkyl Benzoate,  PEG-8, Salicylic Acid, PEG-75 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, Glycerin, Steareth-20, Acacia Senegal Gum, Dipropylene Glycol Dibenzoate, DMDH Hydantoin, Aminomethyl PropanolPelargonium Graveolens OilCaesalpinia Spinosa Gum, Titanium DioxideHydrolized Wheat Flour,  Ascorbyl Glucoside (Vitamin C)Ceteth-20, Ethylexylglycerin, PPG-15 Stearyl Ether Benzoate, Lavandula Angustifolia (Lavender) OilRosmarinus Officinalis Leaf OilMelaleuca Alternifolia (Tea Tree) Oil 1-2, HexanediolSodium CitrateDryopteris Filix-Mas Root ExtractT-Butyl Alcohol ,   Oleth-10, Polysorbate-60, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Lauroyl Lactylate, Alumunium HydroxideCeratonia Siliqua (Carob) Seed ExtractPhenylpropanolSodium DehydroacetateSodium Benzoate,  Triethoxylcaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Citric Acid, 2-Aminobutanol, Sodium HydroxidePropylene GlycolCeramide NPSimethicone Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Xanthan Gum, Carbomer, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil Cartamus Tinctorius (Sunflower) Seed OilAcetyl Hexapeptide-8Ceramide EOP.  


__   Actives

__   Alcohol

__   Antioxidant

__   Essential Oils

__   Exfoliant (BHA)

__   Humectant

__   Physical Sunscreen

__   Preservatives

__   Silicone



 


CLAIMS

Manfaat utama: meredakan jerawat, kemerahan, anti-bacterial, dan anti-inflammatory yang dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit.





PACKAGING

Outer packaging

Packaging luar Scarlett Whitening terbuat dari box berwarna putih dan ungu purple. Untuk Acne Cream Day, desain dominan putih.

Secara layout rapi dan mudah dipahami informasinya.  Terdapat informasi QR Code BPOM, No. REG BPOM, QR Code Keaslian Produk, Hologram Keaslian Produk, Petunjuk Penggunaan (How to Use), Petunjuk Penyimpanan (Storage), Ingredient, Berat Bersih, Batch Number, dan Expiry Date.



Untuk keperluan safety selama produk dalam perjalanan, di bagian dalam kardus diberi plastic molding. Tujuannya agar jar tidak mudah bergerak. Karena jar berbentuk tabung, sedangkan outer packaging berbentuk kotak. Sayangnya punya gue lem box packaging nya kurang kuat. Waktu datang aman, kok. Hanya karena gue biasanya masih suka taro di box lagi untuk skincare baru, sekian kali bongkar pasang langsung lepas lem nya. Tetapi hanya terjadi di packaging nya Acne Cream Day aja, lainnya aman.





Inner packaging

Untuk produknya sendiri berbentuk jar berbahan acrylic tebal yang agak buram. Pada label jar terdapat keterangan PAO, Cruelty-Free Logo, Recycle Logo. Batch Number dan Expiry Date terdapat pada bagian dasar jar. Label sticker nya sama desainnya dengan box nya. Berwarna p utih dan ungu purple, dominan putih. Untuk ukuran 20g sejujurnya isinya cukup banyak. 



Selain itu, saat pertama dibuka diberi stopper berwarana putih dari plastik sehingga aman. Tetapi tetap nutupnya harus rapat stopper nya dengan ditekan bagian tengah nya. Sebelum ditutup dengan tutup jar terluar. Simpan di room temperature. Jangan terkena sinar matahari langsung, yaa.



Saran : bisa ditambahkan spatula kecil untuk mengambil produk 
agar isinya tetap higienis.




FRAGRANCE

Scarlett Whitening Acne Cream Day ini tidak mengandung fragrance buatan sama sekali. Untuk scent yang tercium menurut gue dominan wangi Tea Tree dan Lavender. Wanginya essential oils scent banget. Tetapi kalau sudah diaplikasikan dan meresap bakal hilang sendiri, kok.

Sejujurnya gue suka wangi cream nya. Sudah jauh lebih improved dibanding Acne Serum nya yang masih agak chemical. Tetapi kombinasi keduanya menurut gue oke.


Baca Juga: [REVIEW] - NEW!! Scarlett Whitening Acne Serum & Brightly Ever After Serum - Viral Tik Tok Skincare 2020





TEXTURE

Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Day ini lebih ke arah lotion yang cukup runny dibanding cream. Spreadability baik, pakai sedikit aja sudah cukup untuk seluruh wajah dan leher. Rasanya juga tidak lengket, jadi buat yang kulitnya combi to oily nggak perlu khawatir bakal gerah atau suffocated. Karena produknya juga cepat meresap. Finish nya menurut gue velvet. Jadi masih aman ditimpa sama sunscreen lagi nggak akan hinyai.


     




                                                               

HOW TO USE

Aplikasikan pada kulit wajah yang bersih dan kering, atau setelah menggunakan serum. Pijat lembut sampai merata. Pakai hanya di waktu pagi atau siang hari.

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit.




PRODUCT DETAILS 


Scarlett Whitening Acne Cream Night



Nama Produk : Scarlett Whitening Acne Cream Night 
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : NightCream/ Moisturizer
Waktu Pakai  : Malam (PM)
Ukuran             : 20gr
Batch No.        : 0340221043 
BPOM              : NA18200107955
PAO                  : 6M (6 Bulan)
Expiry Date     : FEB 23
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : watery cream
Jenis Kulit       : Acne-Prone Skin
Website            : Official Scarlett Whitening
Diproduksi oleh : PT Sinar Alfa Omega. Jl Prabu Kiansantang No.89 Pergudangan Business Point Blok C No.10 RT004/ RW015, Kel. Gebang Raya, Kec. Priuk, Kota Tangerang, Banten.




 

INGREDIENTS


Scarlett Whitening Acne Cream Night Ingredients


Aqua1-3 Propanediol, C13-15 Alkane, Cetearyl AlcoholSclerocarya BirreaNiacinamide, Ethyl Macadamiate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf WaterSqualaneAnnona Cherimola Fruit ExtractDimethiconeCetyl AlcoholGlyceryl StearatePhenoxyethanol, PEG-8, Butylene glycolGlycerinSalicylic Acid, Ceteareth-33, Polyacrylate Crosspolymer-6, PEG-75 Stearate, Cetearyl Glucoside, Dimethyl Hydantoin, Disodium EDTA, Steareth-20, Aminomethyl PropanolPelargonium Graveolens OilAcacia Senegal GumCaesalpinia Spinosa GumAscorbyl Glucoside (Vitamin C)EthylexylglycerinEthanol, Ceteth-20, Camellia Sinensis Leaf ExtractAngelica Gigas ExtractLavandula Angustifolia (Lavender) OilRosmarinus Officinalis Leaf OilMelaleuca Alternifolia (Tea Tree) OilNelumbo Nucifera Leaf Extract,   Psidium Guajava Leaf Extract, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium HydroxideSodium CitrateSodium Lauroyl LactylateT-Butyl Alcohol ,  Dryopteris Filix-Mas Root Extract Mastic Gum, Lecithin, Glucose, PhenylpropanolSodium DehydroacetateCeratonia Siliqua (Carob) Seed ExtractSodium BenzoatePropylene Glycol, Citric Acid, TocopherolCeramide NPEthylexylglycerin, 2-Aminobutanol, Malic Acid, Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Xanthan Gum, Carbomer, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil Cartamus Tinctorius (Sunflower) Seed OilAcetyl Hexapeptide-8Ceramide EOP.


__   Actives

__   Alcohol

__   Antioxidant

__   Essential oils

__   Exfoliant (BHA)

__   Humectant

__   Preservatives

__   Silicone





CLAIMS

Manfaat utama: meredakan jerawat, kemerahan, anti-bacterial, dan anti-inflammatory yang dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit.





PACKAGING

Outer packaging

Packaging luar nya terbuat dari box berwarna ungu purple dan soft purple. Untuk Acne Cream Night, desain tidak ada aksen warna putih. Ingat aja, Scarlett Whitening selalu branding Acne Series dengan warna ungu.

Secara layout rapi dan mudah dipahami informasinya.  Terdapat informasi QR Code BPOM, No. REG BPOM, QR Code Keaslian Produk, Hologram Keaslian Produk, Petunjuk Penggunaan (How to Use), Petunjuk Penyimpanan (Storage), Ingredient, Berat Bersih, Batch Number, dan Expiry Date.



Saran : warna font pada ingredients list sebaiknya diganti warna putih saja agar lebih mudah dibaca.


Untuk keperluan safety selama produk dalam perjalanan, di bagian dalam kardus diberi plastic molding. Tujuannya agar jar tidak mudah bergerak. Karena jar berbentuk tabung, sedangkan outer packaging berbentuk kotak.






Inner packaging

Untuk produknya sendiri berbentuk jar berbahan acrylic tebal yang agak buram. Pada label jar terdapat keterangan PAO, Cruelty-Free Logo, Recycle Logo. Batch Number dan Expiry Date terdapat pada bagian dasar jar. Label sticker nya sama desainnya dengan box nya. Berwarna dominan ungu purple dan soft purple. Untuk ukuran 20g sejujurnya isinya cukup banyak. Bagian dalamnya jika dibuka juga dilengkapi stopper plastik berwarna putih. 




Saran
 : bisa ditambahkan spatula kecil untuk mengambil produk agar isinya tetap higienis.




FRAGRANCE

Scarlett Whitening Acne Cream Night wanginya mirip dengan Acne Cream Day. Dominan wangi Tea Tree dan Lavender. Wanginya essential oils scent banget tanpa artificial fragrance.

Dibandingkan dengan Acne Cream Day, wangi Acne Cream Night ini lebih kenceng sedikit. Tetapi kalau sudah diaplikasikan dan meresap bakal hilang sendiri, kok.




TEXTURE

Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Night ini menurut gue adalah watery cream.  Soalnya kalau dibilang cream, dia nggak terlalu viscous. Masih ada beberapa area yang transparan seperti air. Ketika diaplikasikan, 2-3 usapan warnanya akan menjadi bening di kulit. Finish nya agak lebih matte dibanding Acne Cream Day.


                                                  



 

HOW TO USE

- Aplikasikan pada kulit wajah yang bersih dan kering, atau setelah menggunakan serum. Pijat lembut sampai merata. Pakai hanya di waktu malam hari.

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit.

                                                                                   


💕💕💕



PRODUCT DETAILS


Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day



Nama Produk : Scarlett Whitening Brightly Ever After Day Cream
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Day Cream/ Moisturizer
Waktu Pakai  : Pagi-Siang (AM)
Ukuran             : 20gr
BPOM              : NA18200107908
Batch No.        : 0050321069
PAO                  : 6M (6 Bulan)
Expiry Date     : MAR 23
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : lotion cream
Jenis Kulit       : Acne-Prone Skin
Website            : Official Scarlett Whitening
Diproduksi oleh : PT Sinar Alfa Omega. Jl Prabu Kiansantang No.89 Pergudangan Business Point Blok C No.10 RT004/ RW015, Kel. Gebang Raya, Kec. Priuk, Kota Tangerang, Banten.




 

INGREDIENTS


Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day Ingredients


AquaEthylexyl MethoxycinnamateSqualaneNiacinamide,  C13-15 Alkane, Cetearyl alcoholPropanediolGlycerin, C12-15 Alkyl Benzoate, Dimethicone, Rosa Canina Seed ExtractAnnona Cherimola Fruit Extract Cetyl AlcoholGlyceryl StearatePhenoxyethanolCeteareth-33, Titanium DioxideDiropylene Glycol Dibenzoate, DMDH Hydantoin, Polyacrylate Crosspolymer-6, Calopyllum Boswellia Serreta Oil, Steareth-20, Caesalpinia Spinosa GumPPG-15 Stearyl Ether Benzoate, Ascorbyl Glucoside (Vitamin C)Ethylexylglycerin, Ethanol, Ceteth -20, Oleth-10, Polysorbate-60, Glutathione, Caulerpa Lentilillifera ExtractAminomethyl Propanol,  Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel OilAlumunium HydroxideSodium Citrate, Cystoseira Tamariscifolia Extract, Sodium Benzoate, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Mastic Gum, Lecithin, T-Butyl AlcoholCeratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Dryopteris Filix-Mas Root Extract, Simethicone, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Citric Acid, Acetyl Hexapeptide-8, 2-Amino-1-Butanol.


__   Actives

__   Alcohol

__   Antioxidant

__   Essential

__   Humectant

__   Physical Sunscreen

__   Preservatives

__   Silicone





CLAIMS

Manfaat utamaMeningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas bekas jerawat, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah.







PACKAGING

Outer packaging

Packaging luar Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day terbuat dari box berwarna  putih dan salmon pink. Desain dominan putih. Ingat aja, Scarlett Whitening selalu branding Brightening Series dengan warna pink.

Secara layout rapi dan mudah dipahami informasinya.  Terdapat informasi QR Code BPOM, No. REG BPOM, QR Code Keaslian Produk, Hologram Keaslian Produk, Petunjuk Penggunaan (How to Use), Petunjuk Penyimpanan (Storage), Ingredient, Berat Bersih, Batch Number, dan Expiry Date.



Untuk keperluan safety selama produk dalam perjalanan, di bagian dalam kardus diberi plastic molding. Tujuannya agar jar tidak mudah bergerak. Karena jar berbentuk tabung, sedangkan outer packaging berbentuk kotak.





Inner packaging

Untuk produknya sendiri berbentuk jar berbahan acrylic tebal yang agak buram. Pada label jar terdapat keterangan PAO, Cruelty-Free Logo, Recycle Logo. Batch Number dan Expiry Date terdapat pada bagian dasar jar. Label sticker nya sama desainnya dengan box nya. Berwarna putih dan salmon pink, dominan putih. Untuk ukuran 20g sejujurnya isinya cukup banyak. Bagian dalamnya jika dibuka juga dilengkapi stopper plastik berwarna putih. 






FRAGRANCE

Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day  tidak mengandung artificial fragrance. Wanginya dominan citrus. Sempat khawatir baunya agak nyengat seperti serumnya karena sama-sama mengandung Annona cherimola fruit extract (Mengkudu).  Tetapi seneng banget Scarlett improved wangi nya di cream ini jadi lebih pleasant dan fresh.


Dibandingkan dengan Acne Cream Day, wangi Brightly Ever After Cream Day ini lebih segar di hidung. Tetapi kalau sudah diaplikasikan dan meresap bakal hilang.




TEXTURE

Tekstur Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day menurut gue adalah lotion cream.  Soalnya kalau dibilang cream, dia masih cukup runny. Ketika diaplikasikan, 2-3 usapan warnanya akan menjadi bening di kulit. Finish nya agak velvet sama seperti Acne Cream Day.



Saran :  Sejujurnya tekstur ini nyaman banget di kulit. Tetapi akan lebih nyaman kalau dikemas dalam pump bottle. Soalnya kalo runny gini waktu ambil agak rawan belepotan. Kecuali pake spatula yang bentuknya sendok ada cekungannya.




HOW TO USE

Aplikasikan pada kulit wajah yang bersih dan kering, atau setelah menggunakan serum. Pijat lembut sampai merata. Pakai hanya di waktu pagi atau siang hari.

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit.




PRODUCT DETAILS 


Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night 



Nama Produk : Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night
Nama Brand   : Scarlett Whitening
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk : Day Cream/ Moisturizer
Waktu Pakai  : Malam (PM)
Ukuran             : 20gr
BPOM              : NA18200107912
Batch No.        : 0100321083
PAO                  : 6M (6 Bulan)
Expiry Date     : MAR 23
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : cream
Jenis Kulit       : All Skin Type
Website            : Official Scarlett Whitening
Diproduksi oleh : PT Sinar Alfa Omega. Jl Prabu Kiansantang No.89 Pergudangan Business Point Blok C No.10 RT004/ RW015, Kel. Gebang Raya, Kec. Priuk, Kota Tangerang, Banten.




 

INGREDIENTS


Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night Ingredients


Aqua, Niacinamide, C13-15 Alkane, Squalane, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Glycerin, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Rosa Canina Seed Extract, Isopentyldiol, Annona Cherimola Fruit Extract, Ceteareth-33, 2-Phenoxyethanol, PEG-23 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, DMDH Hydantoin, Butylene Glycol, Steareth-20, Boswellia Serreta Oil, Caesalpinia Spinosa Gum, Ascorbyl Glucoside(Vitamin C, Ethylexylglycerin, Ethanol, Ceteth-20, Glutathione, Titanium Dioxide, 1,2-Hexanediol, Caulerpa Lentillifera Extract, Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel Oil, Sodium Lactate, Sodium PCA, Aminomethyl Propanol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Canavalia Gladiata Seed Extract, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Lens Esculenta (Lentil) Seed Extract, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Lactobacillus Ferment Lysate, Sodium Citrate, T-Butyl Alcohol, Sodium Benzoate, Mastic Gum, Lecithin, Kappaphycus Alvarezli Extract, Oleth-10, Polysorbate-60, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract,  Citric Acid, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Alumunium Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Gkycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Lactic Acid, Simethicone, Acetyl Hexapeptide-8, Glycine, Fructose, 2-Aminobutanol, Urea, Inositol.


__   Actives

__   Alcohol

__   Antioxidant

__   Essential Oils

__   Exfoliant (AHA)

__   Fermented

__   Humectant

__   Physical Sunscreen

__   Preservatives

__   Silicone


Saran: Pada ingredient list Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night masih terdapat "Titanium dioxide" dan "Alumunium dioxide" yang fungsi utamanya sebagai skin protector (SPF). Sebaiknya kedua ingredients tersebut dieliminasi saja karena tidak terlalu dibutuhkan di malam hari.




CLAIMS

Manfaat utamaMeningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas bekas jerawat, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah.






PACKAGING

Outer packaging

Packaging luar Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night terbuat dari box berwarna salmon pink. Ingat aja, kalau Scarlett Whitening selalu branding Acne Series nya dengan warna ungu, Brightening Series nya dengan warna pink.

Secara layout rapi dan mudah dipahami informasinya.  Terdapat informasi QR Code BPOM, No. REG BPOM, QR Code Keaslian Produk, Hologram Keaslian Produk, Petunjuk Penggunaan (How to Use), Petunjuk Penyimpanan (Storage), Ingredient, Berat Bersih, Batch Number, dan Expiry Date.



Untuk keperluan safety selama produk dalam perjalanan, di bagian dalam kardus diberi plastic molding. Tujuannya agar jar tidak mudah bergerak. Karena jar berbentuk tabung, sedangkan outer packaging berbentuk kotak.



Inner packaging

Untuk produknya sendiri berbentuk jar berbahan acrylic tebal yang agak buram. Pada label jar terdapat keterangan PAO, Cruelty-Free Logo, Recycle Logo. Batch Number dan Expiry Date terdapat pada bagian dasar jar. Label sticker nya sama desainnya dengan box nya. Berwarna salmon pink. Untuk ukuran 20g sejujurnya isinya cukup banyak. Bagian dalamnya jika dibuka juga dilengkapi stopper plastik berwarna putih. 







FRAGRANCE

Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night tidak mengandung artificial fragrance. Wanginya dominan citrus. Sempat khawatir baunya agak nyengat seperti serumnya karena sama-sama mengandung Annona cherimola fruit extract (Mengkudu).  Tetapi seneng banget Scarlett improved wangi nya di cream ini jadi lebih pleasant dan fresh. Mirip dengan wangi Brightly Ever After Cream Day tetapi agak lebih strong sedikit dan akan segera hilang setelah meresap.





TEXTURE

Tekstur Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Night menurut gue adalah cream.  Menurut gue ini teksturnya paling viscous. Dibanding Acne Cream Night, ini masih lebih tebal. Tetapi buat kulit gue justru pas. Biasa pake 2 scoop untuk wajah dan leher udah lembab dan nyaman


Ketika diaplikasikan, 2-3 usapan warnanya akan menjadi bening di kulit. Finish nya agak velvet sama seperti Acne Cream Night tetapi agak lebih matte sedikit.



Sebagai perbandingan, menurut gue Scarlett Whitening Brightly Ever After Series ini untuk Night Cream nya sedikit lebih kental dibanding Acne Cream Night. Tetapi, Brightly Ever After Cream Day nya lebih runny dibanding Acne Cream Day. Kelihatan di foto sengaja swatches nya gue miringkan supaya terlihat perbedaan viscosity nya.







HOW TO USE

Aplikasikan pada kulit wajah yang bersih dan kering, atau setelah menggunakan serum. Pijat lembut sampai merata. Pakai hanya di waktu malam hari.

WARNING: Hentikan pemakaian bila timbul rasa pedih, panas, gatal, dan kemerahan di kulit.





BEFORE - AFTER

Foto Before-After masing-masing diambil pada 2 waktu, AM dan PM. Karena kulit gue neutral undertone, beda pencahayaan suka beda hasilnya di foto. Saat pagi hari (AM) menggunakan natural lighting dan skin undertone cenderung terlihat neutral to pink. Sedangkan saat malam hari hari (PM) menggunakan artificial neutural lighting dan skin undertone cenderung terlihat neutral to yellow.


BEFORE (DAY 1)

Foto AM : Bare-faced dan belum pakai skincare apapun.

Foto PM : Setelah double-cleansing karena di pagi hari sudah memakai hydrating toner, Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day (seluruh wajah), Scarlett Whitening Acne Cream Day (area berjerawat di pipi dan dagu), dan sunscreen


Note: By the way, maaf yaa kalau fotonya harus disensor bagian mata. Tujuannya supaya wajah gue nggak bisa dijadiin face security authenthication factor yang cukup rawan disalahgunakan di dunia maya. Terlebih lagi beberapa fotonya benar-benar frontal menghadap kamera.




Scarlett Whitening Acne Cream Series

Untuk Acne Cream Night nya gue pertama-tama melakukan patch test di leher (dekat rahang) kanan dan belakang telinga kanan pada tanggal 20 Maret 2021 (1 hari sebelum foto di bawah diambil). Sedangkan Acne Cream Day nya gue hanya melakukan patch test selama beberapa jam di pagi hari pada tanggal 21 Maret 2021



DAY 1 - March 21st, 2021



Dari foto di atas skin concern yang ingin gue lihat perkembangannya setelah memakai Scarlett Whitening Acne Cream Day & Night adalah masalah hormonal acne di area pipi dan daguKebetulan jenis jerawat keduanya adalah jerawat mendem (papule). Gue sengaja selama masa review ini nggak pakai serum yang mengandung bahan aktif. Benar-benar hanya mengandalkan Acne Cream Series dan basic skincare lain saja supaya tahu seberapa efektif kinerjanya dalam meredakan jerawat hormon.


Karena gue pribadi alergi dengan Tea Tree (jenis apapun), makanya Acne Cream Series hanya gue aplikasikan pada area yang berjerawat (spot treatment). Baik jerawat yang ada di pipi maupun di dagu, sudah ada sejak 2 hari sebelum pemakaian produk (hormonal acne). Semacam peka gitu kulitnya karena mau dipakein skincare baru numbuh jerawat deh biar bisa di-review.😂



DAY 2 - March 22nd, 2021


Foto diambil di pagi hari dengan natural lighting. Makanya ada perbedaan tone di foto Before (DAY 1) dan After (DAY 2). Karena jerawatnya sudah 3 hari saat DAY 2 pemakaian produk, makanya perubahannya juga sudah terlihat cukup signifikan. Untuk jerawat di pipi sudah hilang dan tinggal bekas kehitaman tipis


Sedangkan untuk jerawat di dagu baru matang karena munculnya lebih telat dibanding yang di pipi dan agak lebih menonjol. Selama pemakaian Acne Cream Series, gue jadiin spot treatment dan re-apply berkali-kali. Terutama untuk Acne Cream Day nya. Sedangkan Acne Cream Night gue pakai agak tebal dan dibawa tidur.




💕💕💕


Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Series

Untuk Brightly Ever After Cream Night nya, sama halnya dengan Acne Cream Night, gue pertama-tama melakukan patch test di leher (dekat rahang) dan belakang telinga pada tanggal 20 Maret 2021 (1 hari sebelum foto di bawah diambil). Tetapi keduanya di sisi sebelah kiri. Sedangkan Brightly Ever After Cream Day nya gue hanya melakukan patch test selama beberapa jam di pagi hari pada tanggal 21 Maret 2021. Baik Acne Cream Night maupun Brightly Ever After Cream Night, keduanya memberikan sensasi agak dingin di kulit.


DAY 1 - March 21st, 2021


Dari foto di atas, skin concern yang ingin gue lihat perkembangannya setelah memakai Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day & Night adalah masalah warna kulit yang tidak merata (discoloration). Termasuk PIE dan PIH. Selain itu, gue juga concern dengan tekstur kulit yang agak kasar karena kering di beberapa area wajah. Terutama area hidung.


DAY 10 - March 31st, 2021


Dari foto di atas, perkembangannya setelah memakai Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day & Night bekas jerawat kemerahan di pipi kanan sudah reda dan tinggal PIH tipis. Untuk mencerahkan secara keseluruhan lumayan ada perubahan meskipun tidak terlalu signifikan. PIH memang butuh waktu yang tidak sebentar dan harus konsisten juga pakainya. Kita juga nggak bisa hanya mengandalkan moisturizer saja. Tetapi harus dibantu dengan exfoliation dan tetap menjaga basic skincare hydration untuk hasil yang lebih maksimal. 

Namun, dengan mengandalkan Vitamin C, Glutathione, Niacinamide, dan essential oils lainnya menurut gue performa Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Day & Night ini bisa dikatakan cukup baik. Selain itu prominent effect yang gue rasakan juga permukaan kulit menjadi jauh lebih halus. Di kulit normal to dry ini lembabnya pas. Nggak perlu double moist sudah bisa menjaga kelembaban seharian dan selama tidur. 

Menurut gue ini karena efek dari Green Caviar dan Aqua Peptide Glow yang memang klaim nya mampu menjaga hidrasi di kulit dan menampilkan perspektif kulit glowing. Pokoknya jadi suka banget elus-elus pipi. Tetapi tangannya harus dalam keadaan bersih, yaa :)






FINAL VERDICT 

Pros (+)

+ Tekstur facial wash cukup ringan meskipun sepertinya lebih cocok untuk combi to oily skin type.

+ Harganya affordable untuk moisturizer ukuran 20gr yang surprisingly cukup awet karena pakainya nggak perlu terlalu banyak.

 + Ambience kemasan untuk face cream series nya cantik dan mudah dibedakan.

+ Tekstur face cream baik Day maupun Night cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket.

Face Cream series memberikan sensasi agak dingin di kulit.

+ Acne Cream Series sangat efektif meredakan jerawat dan kemerahan.

+ Brightly Ever After Cream Series cukup efektif dalam membantu memudarkan PIH secara perlahan. Meskipun untuk meratakan warna kulit butuh waktu lebih lama.

+ Brightly Ever After Cream Series membuat kulit terasa lebih halus secara keseluruhan dan terasa lebih kenyal.

+ Wangi produk secara keseluruhan sudah jauh lebih improved dan pleasant di hidung jika dibandingkan dengan Serum nya.




Cons (-)

Print untuk ingredients di Acne Cream Night agak kurang kontras karena kardus berwarna purple sedangkan text berwarna hitam.

- Pemilihan font untuk desain typography Facial Wash kurang modern. Sebaiknya disamakan dengan typography Face Cream series nya.

- Box Packaging Acne Cream Day (only), lem nya kurang kuat. Jadi mudah lepas.

- Acne Cream Day cukup melembabkan. Tetapi kurang bertahan lama jika dipakai wudu. Sehingga harus reapply. Terutama di kulit normal to dry.

+ Tidak ada keterangan nilai SPF pada Cream Day Series. Meskipun mengandung physical sunscreen.

- Kemasan bentuk jar kurang cocok untuk tekstur Acne Cream Day dan Brightly Ever After Cream Day di mana keduanya adalah lotion cream yang cukup runny. Terlebih tidak disediakan spatula. Sebaiknya diberi spatula atau ganti ke kemasan pump bottle saja.





HOW TO BUY

Produk Facecare Scarlett yang ada di review ini per produk harganya Rp 75.000, dan semuanya bisa kalian order melalui Whatsapp (0877-0035-3000), Line (@scarlett_whitening), dan Shopee MallShopee Official Scarlett Whitening.






RECOMMENDATION

Jenis kulit yang cocok untuk Scarlett Whitening Facial Wash, Scarlett Whitening Acne Cream Series, dan Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Series apa saja, yaa? Yuk, simak rekomendasi untuk masing-masing kondisi kulit dan kondisi khusus berikut, yaa!


- Scarlett Whitening Facial Wash

Jenis kulit yang cocok untuk  Scarlett Whitening Facial Wash menurut gue adalah combination to oily dan normal skin. Karena teksturnya gel. Gue rasa ini bisa dipakai oleh remaja, bumil, dan busui juga. Aktifnya hanya Glutathione dan Vitamin E yang setau gue untuk bumil dan busui tidak berbahaya. Tetapi sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter, yaa.



- Scarlett Whitening Acne Cream Series  

Jenis kulit yang cocok untuk  Scarlett Whitening Acne Cream Series, baik Acne Cream Day maupun Acne Cream Night adalah all skin types, khususnya acne-prone skin. 

✅ Scarlett Whitening Acne Cream Series lebih direkomendasikan untuk kulit yang masih memiliki jerawat aktif dan kulit kemerahan. Dengan catatan, kulitnya tidak sensitif terhadap kandungan alcohol. Cream ini juga menurut gue efektif untuk mengatasi bekas kemerahan (PIE). Untuk teman-teman remaja pun gue rasa masih aman karena adek gue yang usia 16 tahun pakai juga untuk kulitnya.

❎ Scarlett Whitening Acne Cream Series tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena masih mengandung BHA (Salicylic Acid) yang gue sendiri pun nggak bisa memastikan kadarnya berapa persen (toleransi maksimal BHA 2% bagi ibu hamil dan ibu menyusui). Jika ingin tetap lanjut pakai, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ingredient lists nya ke dokter spKK dan dokter spOG.



- Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Series 


✅ Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Series  lebih direkomendasikan untuk kulit yang hanya tinggal bekas jerawat kehitaman (PIH). Dengan catatan, kulitnya tidak sensitif terhadap kandungan alcohol. Tetapi untuk Night Cream nya perlu diperhatikan karena Niacinamide nya cukup tinggi yaitu ada di urutan ke-2. Tekstur Night Cream mungkin masih bisa ditoleransi oleh pemilik kulit kombinasi karena finish nya cenderung matte. Tetapi untuk kulit yang sangat berminyak sepertinya akan lebih suka Acne Cream Night nya yang watery cream.

❎ Scarlett Whitening Brightly Ever After Cream Series tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena masih mengandung alcohol. Bukan hanya plant based alcohol tetapi juga jenis murni yaitu etanol. Setau gue kandungan ini sebaiknya dihindari sementara. Tetapi lebih baik dikonsultasikan lagi dengan dokter, yaa.






****

Thank you all for dropping by!
See you on my next blog post :)

- Bintang Mahayana ©️ 2021 -


 Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan. 

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 2 minggu dengan terlebih dahulu menggunakan test patch untuk mendeteksi kemungkinan alergi.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Silakan beri komentar jika memiliki pertanyaan atau tambahan informasi perilah review produk. Komentar spam maupun berisi link hidup akan dihapus.

- Mohon tidak menggunakan seluruh atau sebagian konten pada artikel ini, baik tulisan maupun foto/gambar. Copy paste dengan atau tidak menyebutkan sumber tidak diperkenankan. Blog ini dilindungi oleh Copyscape

- Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Scarlett Whitening. Dengan tetap mengedepankan "Honest Review" tanpa mengurangi integritas penulis artikel untuk menyampaikan informasi yang benar.

- Untuk keperluan kerja sama, silakan klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau gunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (desktop)/ footer (mobile) pada Blog ini.



 

 

6 comments:

  1. Aku udah cobain moisturizernya juga dan suka banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes and surprisingly night cream nya di aku juga ringan apalagi yg Acne Cream Night nya watery cream gt tp lembabnya ttp dapet.

      Delete
  2. Thanks infonya komplit banget. Lagi nyari produk skin care nih...

    ReplyDelete
  3. Reviewnya jujur bgttt sukakkk ❤️❤️
    Drpd review kebanyakan org di yout*be hoax,,
    Btw plus dan minusnya beneran kita se hati deh,unek² semua dah terwakilkan 😊😊
    Makasi reviewnya tetap istiqomah biar dapet bright nya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aweee thank you apresiasi dan doanya yaa Kak. Hope it helps dan jangan bosen buat mampir lagi :)

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.