Ramadhan Make Up & Skin Care Tips for Healthy and Glowing Skin

Ramadhan Mubarak!

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan Bulan Suci Ramadhan tahun ini. Shaum (puasa) berarti kita akan mengalami perubahan pola makan dari biasanya. Di postingan kali ini gue mau sharing tentang beberapa cara menjaga kecantikan selama bulan puasa ini.
 Stay beautiful inside and out beautiful souls out there! :)

Pernah nggak sih kalian ngalamin masalah-masalah kecantikan seperti: bau nafas, bibir kering dan pecah-pecah, rambut kering, kulit bersisik, kulit kusam? Banyak banget deh pastinya. Kok, kesannya puasa bikin kita jadi punya banyak masalah kecantikan? Tapi, sebenarnya puasa itu mengajarkan kita pola hidup sehat loh gaes. Nah, perlu sedikit extra-effort buat kalian yang punya kulit atau bagian tubuh lainnya yang rentan banget kayak begitu. Nah, berikut DOs and DON'Ts nya:

1. Keep Your Face Clean
Menjaga kebersihan kulit wajah itu fardu 'ain lah pokoknya. WAJIB. Setelah sahur, sebelum wudhu, coba deh pakai facial foam yang lembut supaya kulit kita bersih dari minyak wajah. Karena, waktu kita bangun tidur untuk sahur, kulit kita biasanya memproduksi minyak. Kalau kalian biasa begadang pasti pernah ngalamin deh jam segitu tuh minyakan banget muka. Apalagi kalian yang skin type nya oily atau combination. Terutama di T-Zone area. Biasakan mencuci muka bukan dengan menggosok secara gak beraturan. Tetapi mulai dari hidung, pijat lembut ke arah luar wajah. Buat gerakan melingkar. Terus, dari dagu ke arah luar wajah dan buat gerakan melingkar ke luar di pipi. Pijat lembut bagian dahi dengan gerakan melingkar ke arah luar wajah dan buat pijatan lembut di tulang pelipis kanan dan kiri. Jadikan kegiatan cuci muka ini juga sebagai mini-face massage untuk memperlancar peredaran darah kalian. Setelah dibilas dengan bersih, lanjutkan dengan berwudhu karena, nggak ada micellar water sebaik air wudhu yang bisa bikin kulit kalian glowing from the inside :)

Source: nivea.com.au
2. Keep Your Face Skin Moisturized and Protected
Gak usah khawatir, pakai skin care saat puasa itu nggak termasuk yang membatalkan puasa kok. Walaupun produk itu masuk ke pori-pori. Kalau mau bepergian, selalu pakai sunblock yang ber SPF. Minimal SPF 30 biar kulit kita terlindungi dari sinar UV. Nggak mau kan, punya kulit yang penuh dengan flek hitam? Kulit wajah kita juga harus dijaga kelembabannya karena selama puasa, kulit kita pun dehidrasi. Gunakan produk-produk alami yang ringan di wajah aja.

3. Do NOT Use Heavy Make Up
Penggunaan make up yang terlalu tebal bisa buat kulit kita makin dehidrasi. Kulit kita juga butuh bernafas dan beristirahat dari bahan-bahan kimia yang terkandung dalam make up. Coba deh hindari penggunaan foundation yang terlalu tebal, pore filler (primer yang benar-benar memenuhi pori-pori), bedak yang teralu tebal. Kulit kita cenderung lebih kering saat puasa. Kebayang dong bakal powdery banget muka kita kalo pakai terlalu tebal?
Instagram vs Natural Make Up
Source: dailymail.co.uk

Saran gue, cukup pakai pelembab secukupknya, DD Cream (Daily Defense Cream, yang mengandung vitamin C), bedak secukupnya, blush on yang natural supaya kelihatan lebih fresh, lipstick yang natural, dan face spray biar lembab. Kalaupun mau pakai mascara, secukupnya aja. Hindari yang waterproof yaa, biar air wudhu nggak terhalangi.





4. Do NOT Use Matte Lip Cream without Lip Balm
Untuk beberapa jenis bibir tertentu, penggunaan matte lip cream bisa membuat bibir kita jadi kering bahkan pecah-pecah. Nah, coba deh pakai lip balm dulu sebelum pakai lip cream. Bahkan setelah pakai lip cream sedikit ditambahkan lip balm juga di atasnya. Biar bibir kita tetap lembab selama berpuasa. Nggak mau banget kan pas puasa bibir kita malah terjadi "perpecahan suku"? Opsi lainnya bisa pakai lip gloss aja. Gunakan warna-warna natural yang tidak terlalu pucat. Biar penampilan kita terlihat segar tapi tetap tidak berlebihan.

5. Exfoliate Once to Twice A Week

Exfoliasi atau proses pengelupasan untuk regenerasi sel kulit mati itu penting banget untuk menghindari kulit kusam selama berpuasa. Tubuh kita sebenarnya punya siklus regenerasi kulit secara alami, tapi nggak ada salahnya kita tambahkan beberapa vitamin. Misalnya dengan penggunaan peeling cream dan masker. Peeling cream bisa digunakan setelah mencuci muka sebelum tidur. Setelah dibilas, bisa dilanjutkan dengan penggunaan masker. Masker bebas sih, boleh yang wash-off, peeling mask, atau sleeping mask. Beberapa brand skin care juga biasanya menyediakan exfoliating cream khusus dalam rangkaian whitening product mereka.

6. Drink More Water
Perbanyak minum air putih dalam rentang waktu buka puasa hingga sahur (en.vogue.me). Seharian kita dehidrasi, maka jangan jahat-jahat sama tubuh kita gaes. Dia juga butuh air biar nggak gersang kayak hati lo (eh!). Gue pakai app "Water Drink Reminder" supaya jelas dengan BB dan TB gue, badan gue sehari itu butuh minimal berapa mililiter air sih. Nah, kalau belum mencapai target, alarm nya bunyi, nagih air. Lagian, air itu juga penting banget untuk kecantikan. Kulit yang sehat, adalah badan yang cukup konsumsi air nya.

7. Use Body Scrub to Exfoliate and Body Lotion to Moisture Your Dehydrated Skin
Sekali lagi, selama puasa, kulit kita itu dehidrasi. Nggak cuma wajah, badan kita juga butuh kelembaban. Rajin-rajin deh rawat selama Bulan Ramadhan. Biar selama puasa, kulit kita nggak bersisik dan ketika Idul Fitri nanti, kulit kita bisa lebih cerah, sehat, dan glowing :)

8. Keep your Hairs Glowing and Healthy by Using Hair Mask
Rambut sering banget kita abaikan. Setelah beraktivitas seharian, kena debu, kotoran, polusi. Ditambah mungkin kita juga stress sama tugas maupun kerjaan. tanpa sadar, rambut kita jadi kering, kusam, rontok, dan bahkan berketombe. Coba deh pakai masker rambut setiap 2 hari sekali. Kalau gue biasanya pakai hair mask yang mengandung Aloe Vera supaya rambut jadi lembut dan sehat. Banyak banget kok dijual di minimarket. Nggak perlu bayar mahal ke salon kan? :)

9. Consume Yoghurt and Rich Fiber Foods
Beberapa mungkin biasa pakai yoghurt tawar dicampur olive oil untuk masker alami bagi wajah. Tapi, berdasarkan artikel yang gue pernah baca di gugel, seorang dokter kecantikan bilang:
Yoghurt sangat baik bagi tubuh, baik dengan penggunaan luar atau dikonsumsi secara langsung. Namun, konsumsi yoghurt secara langsung lebih baik karena dapat diserap langsung oleh pencernaan tubuh dan memberi manfaat ke banyak bagian tubuh. Tidak hanya wajah saja. 
Dalam website nya Nestle, disebutkan konsumsi serat itu penting untuk kesehatan tubuh. Buah, sayur, atau gandum (oat) bisa jadi pilihan menu sahur atau berbuka yang sehat.

10. Have Enough Sleep
Beauty Sleep
Source: dailymail.co.uk
Cukup tidur adalah kunci utama kecantikan. Nggak peduli skin care mahal, rajin facial, atau extra effort lainnya, kulit yang sehat adalah yang cukup istirahat. Usahakan 8 jam sehari. Bahkan di website nya Huda Beauty  gue pernah baca, direkomendasikan 9 jam sehari. Tapi, separah-parahnya, gue saranin selama jam 11 malam-2 pagi usahakan deep sleep. Karena pada jam itu, sel darah merah dalam tubuh kita melakukan regenerasi untuk mengganti sel-sel kulit mati. Saat bangun, kita bisa merasa fresh untuk solat lail dan makan sahur.





Reference:
hudabeauty.com
www.en.vogue.me
www.netsle-family.com

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.