[REVIEW] eBright Skin Matcha O'Cica Soothing Cream & Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream | Bintang Mahayana

Wednesday, September 08, 2021
 Holla!
This is Bintang! 
Apa kabar semuanya? Terima kasih, yaa buat teman-teman yang sudah beberapa kali blogwalking. Buat yang baru menemukan Blog ini, Selamat Datang! Kali ini gue mau review pengalaman gue menggunakan local skincare brand yaitu eBright Skin. Jadi, gue diberi kesempatan untuk dapat early access coba kedua produk terbaru mereka. Postingan kali ini adalah review eBright Skin Matcha O'Cica Soothing Cream dan eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream. Wah, sepintas dengar nama produknya saja sudah terbayang main ingredients produknya itu holy grail banyak orang, dong? Bagaimana? Penasaran mau tahu lebih lanjut tentang produk dan hasil pemakaiannya?
Keep on reading!



header-ebright-skin-review-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.







ABOUT THE BRAND

eBRIGHT SKIN adalah brand lokal asal Indonesia yang sudah tersertifikasi BPOM dan Halal tanpa mengandung bahan-bahan berbahaya. Produk-produk eBright Skin aman bagi ibu hamil dan ibu menyusui.






MY SKIN PROFILE

Skin Type              : Combination to Oily
Skin Tone              : Light
Skin Undertone   : Neutral
Skin Concerns    : Very Light Acne Scars, Whiteheads, Dark Spots (PIH), Large Pores, Sensitive* & Reactive** Skin, Acne-Prone.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang mudah memerah jika terpapar sinar matahari terlalu lama atau terdapat physical exfoliating motion seperti scrubbing. Terkadang mudah memerah saat cuci muka dengan facial wash walaupun tanpa cleansing tool.


**Reactive skin yang dimaksud di sini adalah kondisi kulit yang cukup reaktif atau responsif terhadap perubahan. Baik suhu, kelembaban, air, maupun ingredient. Biasanya reaksi yang terjadi adalah panas, gatal, atau bahkan terasa timbul jerawat bentol dalam hitungan jam (antara 1-12 jam). Sehingga, apabila sedang mencoba produk baru, relatif tidak perlu waktu lama untuk tahu reaksinya.

  







Matcha O'Cica Soothing Cream



PRODUCT DETAILS



review-ebright-skin-matcha-soothing-cream-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.




Nama Produk : eBright Skin Matcha O'Cica Soothing Cream
Nama Brand   : eBright Skin
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk  : Moisturizer
Ukuran            : 10gr
BPOM              : NA18210106340
Batch No.        : 210816118
PAO                  : -
Expiry Date     : 160823
Harga               : Rp75.000
Tekstur            : watery cream
Jenis Kulit       : Acne Prone Skin
Website            : Official Website eBright Skin
Where to buy  : Instagram @ebrightskin
Produced by   : PT Neo Kosmetika Industri, Bekasi - Indonesia
Distributed by: CV Ebright Skin Estetika 








INGREDIENTS

Matcha O'Cica Soothing Cream Ingredients beserta analisisnya adalah sebagai berikut.

AquaNiacinamideDimethiconeGlycerinCetyl AlcoholStearic AcidAloe Barbadensis Leaf ExtractCetearyl AlcoholPropylene GlycolCentella Asiatica Leaf Extract,  PhenoxyethanolButylene GlycolGlyceryl Stearate Polyacrylate-13, PEG-40, Stearate, Elaeis Guineensis OilLactobacillus/ Milk Ferment Filtrate (Kefir), Ceteareth-20, Polyisobutene, AllantoinDisodium EDTATocopheryl AcetateCamelia Sinensis Leaf Extract Ethylhexylglycerin,  HoneyEpilobium Angustifolium Flower/ Leaf/Stem Extract, Polysorbate-20,  Sorbitan Isostearate, Hydrolyzed Hyaluronic AcidCitric Acid,   Potassium SorbateSodium BenzoateSodium Metabisulfite, May Contain:  C.I. 19140,  C.I. 42090,  C.I. 28440.




__    :  Active Ingredient

__    :  Alcohol (Fatty Alcohol/ Plant-Based)

__    :  Antioxidant

__    :  Colorant

__    :  Essential Oil

__    :  Fermented 

__    :  Humectant/ Emollient/ Emulsifier

__    :  Preservatives

__    :  Silicone






CLAIMS 

eBright Skin Matcha O'Cica Soothing Cream ini diklaim mampu mengatasi masalah jerawat sekaligus menenangkan kulit yang bererawat dengan kandungan Centella asiatica, Green Tea, dan Aloe vera di dalamnya.


Diperkaya dengan Hydrolized Hyaluronic Acid, Honey Extract, dan Kefir sebagai probiotik alami yang mampu menghaluskan kulit, menyamarkan pori-pori, dan menghidrasi kulit agar terjaga kelembabannya. Terdapat 8 Hero Ingredients dengan manfaat sebagai berikut:

1. Matcha: mengecilkan pori-pori, mengurangi jerawat, dan mengontrol minyak berlebih
2. Centella: menenangkan kulit, merangsang regenerasi sel kulit dan menghilangkan jerawat.
3. Niacinamide 4%: memeperkuat skin barrier dan mencerahkan kulit.
4. Aloe Vera: mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit.
5. Madu: anti mikroba dan anti inflamasi.
6. Hydrolized Hyaluronic Acid: melindungi kadar air di setiap lapisan kulit dan mengunci kelembaban kulit.
7. Vitamin E: membantu pembentukan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit.
8. Kefir: probiotik yang membantu meremaakan kulit dan melawan radikal bebas. 

Sumber: Instagram @ebrightskin 



Namun, untuk klaim "No Added Alcohol" ini sedikit bias karena tidak diterangkan "added alcohol" yang dimaksud apa. Padahal di komposisi produk masih mengandung cetyl alcohol dan cetearyl alcohol  di mana keduanya merupakan jenis fatty alcohol  yang berasal dari tumbuhan. Mungkin, yang dimaksud adalah tidak mengandung "drying alcohol" seperti simply alcohol yang merujuk pada "ethanol" dan juga "methanol"


review-ebright-skin-matcha-soothing-cream-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.







PACKAGING

Packaging hadir tanpa box packaging. Berbentuk jar terbuat dari PVC putih di bagian badannya. Sedangkan di bagian tutupnya berwarna hiau pastel. Pokonya ingat saa bedanya eBright Skin Matcha vs Niacinamide: Matcha warna HIJAU sedangkan Niacinamide warna PINK.


Terdapat informasi nama brand, nama produk, ukuran berat bersih produk, key ingredients, ingredient list komposisi), nomor registrasi BPOM, nomor batch produksi, tanggal kedaluwarsa, klaim produk, logo recycle, nama produsen, dan dama distributor. 




review-ebright-skin-matcha-o-cica-soothing-cream-packaging-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.

Saran: Bisa ditambahkan box packaging dari kardus agar tidak perlu menggunakan sealing plastic untuk melindungi kemasan. Bisa ditambahkan uuran varian yang lebih besar sekitar 50gr dan diberi spatula untuk mengambil produk.






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung artificial fragrance. Jadi, buat yang kulitnya sensitif dengan fragrance tidak perlu khawatir, yaa. Kalau dideskripsikan wanginya memang agak chemical. Khas seperti kebanyakan moisturizer yang mengandung silicone kadar tinggi. Meskipun namanya "matcha", tetapi tidak tercium bau green tea sama sekali. Buat teman-teman yang kurang suka wangi matcha  mungkin ini kabar baik. Tetapi, gue harap akan ada sedikit aroma teh hijau yang calming.





TEXTURE

Kalau dilihat dari ingredient list nya, eBright Skin Matcha O'Cica ini mengandung dimethicone  di urutan ke-3 yang artinya kandungan silikonnya cukup tinggi. Silikon ini tidak berbaya dan fungsinya hanya untuk mengatur kekentalan prosuk sehingga lebih mudah diaplikasikan ke kulit. 


Namun, minusnya tekstur yang saat di-scoop terkesan seperti watery gel cream, justru saat diaplikasikan di kulit cukup terasa silicone-feel nya. Akan lebih baik jika kadar silikonnnya bisa dikurangi. Supaya bisa dibedakan, halus yang terasa karena memang perbaikan tekstur kulit atau efek silikon saja. Plusnya, saat diaplikasikan ke kulit ada sedikit cooling sensation-nya yang membuat sensasi soothing juga. Terutama setelah dikeluarkan dari kulkas.  



tekstur-ebright-skin-matcha-soothing-cream-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.








Niacinamide 4%  + Turmeric 

+ Propolis Advanced 

Luminous Cream



PRODUCT DETAILS




review-ebright-skin-niacinamide-turmeric-propolis-advanced-luminous-cream-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.




Nama Produk : eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream 
Nama Brand   : eBright Skin
Negara Asal    : Indonesia
Jenis Produk  Moisturizer
Ukuran            : 10gr/ 0.34 fl.oz
BPOM              : NA18210105760
Batch No.        : 210816119
PAO                  : -
Expiry Date     : 160823
Harga               : Rp85.000
Tekstur            : watery cream
Jenis Kulit       : Combination to Oily
Website            : Official Website eBright Skin
Where to buy  : Instagram @ebrightskin
Produced by   : PT Neo Kosmetika Industri, Bekasi - Indonesia
Distributed by: CV Ebright Skin Estetika 








INGREDIENTS

eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream  Ingredients beserta analisisnya adalah sebagai berikut.

AquaNiacinamideDimethiconeGlycerinCetyl AlcoholStearic AcidCetearyl AlcoholButylene Glycol,  Phenoxyethanol,  Propylene GlycolGlyceryl Stearate, Polyacrylate-13, Alpha ArbutinEthyl Ascorbic Acid, PEG-40 Stearate, Disodium EDTAPropolis Extract, Ceteareth-20, Polyisobutene, Allantoin,  Lactobacillus/ Milk Ferment Filtrate (Kefir),  Tocopheryl AcetateCurcuma Longa (Root) Extract,Ethylhexylglycerin, Polysorbate-0, Epilobium angustifolium Flower/ Leaf/ Stem ExtractPolysorbate-20, Sorbitan Isostearate,  Hydrolyzed Hyaluronic AcidCitric AcidGlycyrrhiza Glabra Root ExtractPotassium SorbateSodium Benzoate,  Sodium Metabisulfite.

 


__    :  Active Ingredient

__    :  Alcohol (Fatty Alcohol/ Plant-Based)

__    :  Antioxidant

__    :  Essential Oil

__    :  Fermented 

__    :  Humectant/ Emollient/ Emulsifier

__    :  Preservatives

__    :  Silicone







CLAIMS

eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream ini diklaim mampu memperkuat skin barrier sekaligus mengatasi masalah hiperpigmentasi di kulit. Terdapat 8 Hero Ingredients dengan manfaat sebagai berikut:

1. Niacinamide 4%: memeperkuat skin barrier dan mencerahkan kulit.
2. Turmeric: sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV.
3. Propolis: anti-mikroba dan anti-inflamasi.
4. Hyaluronic Acid : melindungi kadar air di setiap lapisan kulit dan mengunci kelembaban kulit.
5. Vitamin E: membantu pembentukan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit.
6. Vitamin C: mengurangi keriput dan tanda-tanda peuaan.
7. Arbutin: mengatasi hiperpigmentasi dan kulit kusam.
8. Kefir: probiotik yang membantu meremaakan kulit dan melawan radikal bebas. 

Sumber: Instagram @ebrightskin 


Namun, untuk klaim "No Added Alcohol" ini sedikit bias karena tidak diterangkan "added alcohol" yang dimaksud apa. Sama seperti yang varian Matcha,  produk ini masih mengandung cetyl alcohol dan cetearyl alcohol  di mana keduanya merupakan jenis fatty alcohol  yang berasal dari tumbuhan. 


ebright-skin-niacinamide-turmeric-propolis-advanced-luminous-cream-untuk usia-berapa-untuk-bumil-busui

Source: Personal Doc.






PACKAGING

Packaging hadir tanpa box packaging. Berbentuk jar terbuat dari PVC putih di bagian badannya. Untuk tutup kemasan eBright Skin Niacinamide berwarna PINK.


Terdapat informasi nama brand, nama produk, ukuran berat bersih produk, key ingredientsingredient list komposisi), nomor registrasi BPOM, nomor batch produksi, tanggal kedaluwarsa, klaim produk, logo recycle, nama produsen, dan nama distributor. 




review-ebright-skin-niacinamide-turmeric-propolis-advanced-luminous-cream-packaging-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.


SaranBisa ditambahkan box packaging dari kardus agar tidak perlu menggunakan sealing plastic untuk melindungi kemasan. Bisa ditambahkan uuran varian yang lebih besar sekitar 50gr dan diberi spatula untuk mengambil produk.






FRAGRANCE

Produk ini tidak mengandung artificial fragrance. Sama seperti varian Matcha, untuk varian Niacinamide wanginya agak chemical. Tetapi masih sedikit lebih soft wangi yang varian Matcha. Untungnya, kedua varian sama-sama akan segera hilang wanginya sesaat setelah diaplikasikan. 





TEXTURE

Sama seperti varian eBright Skin Matcha O'Cica, eBright Skin Niacinamide ini mengandung dimethicone  di urutan ke-3. Saat di-scoop, teksturnya terkesan seperti watery gel cream. Namun saat diaplikasikan di kulit cukup terasa silicone-feel nya. 


Dibandingkan dengan varian Matcha, varian Niacinamide ini relatif lebih mudah diratakan dan glides smoothly. Tetapi hampir tidak ada bedanya antar keduanya, kok. Selain itu,  saat diaplikasikan ke kulit ada sedikit cooling sensation-nya. Baik varian Matcha maupun Niacinamide kesuanya sama-sama suka gue taruh di kulkas juga supaya lebih enak teksturnya saat diaplikasikan ke kulit. 


tekstur-ebright-skin-niacinamide-turmeric-propolis-advanced-luminous-cream-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.






pH LEVEL TEST

pH Level pada produk eBright Skin Matcha O'Cica dan eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream berdasarkan hasil uji kertas lakmus adalah pH 4.0-5.0 yang artinya kedua produk mengandung zat dengan pH rendah mendekati pH kulit normal yaitu pH 5.0-5.5.  Namun, untuk dapat memaksimalkan penyerapan produk, tetap disarankan untuk menggunakan hydrating toner  sebelum menggunaan moisturizer ini 


review-ph-check-ebright-skin-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.






SKIN ANLAYZER TEST

Berikut hasil Skin Analyzer Test eBright Skin Matcha O'Cica dan eBright Skin Niacinamide 4%  + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream. Kalau berdasarkan hasil pengukuran, varian Niacinamide sedikit lebih melembabkan dibanding varian Matcha. Tetapi feels nya di kulit tidak auh berbeda, kecuali memang varian Niacinamide sedikit lebih terasa silikonnya. 




review-skin-analysis-ebright-skin-bintangmahayana-com

Source: Personal Doc.








FINAL VERDICT

Setelah menggunakan kedua prosuk kurang lebih selama 2 minggu, berikut adalah final verdict atau poin-poin kesimpulan review bagi keduanya


PROs (+)
+ Packaging keduanya mudah untuk dibawa traveling
+ Teksturnya mudah meresap dan tidak lengket apalagi jika disimpan di kulkas lebih dulu.
+ Untuk harga under 100k dengan berbagai ingredients yang bagus ini termasuk worth to buy!
+ Varian Matcha ampuh menenangkan sekaligus melembabkan kulit yang terkadang terasa gatal.
+ Varian Niacinamide ampuh melembabkan dan mempertahankan skin tone agar tidak mudah kusam.


CONs (-)
- Aroma cream sedikit chemical. Namun, akan segera hilang setelah diaplikasikan.
- Konsentrasi silikon dalam produk bisa dikurangi dan lebih diutamakan emulsifier jenis lain.










RECOMMENDATION

Kedua produk eBright Skin baik varian Matcha maupun Niacinamide, cocok digunakan oleh remaja 14 tahun ke atas, pemilik kulit sensitif, pemilik kulit kering, kombinasi, dan berminyak. Untuk pemilik kulit dehidrasi sepertinya butuh layering atau produk dengan tekstur whip cream bukan watery gel cream seperti ini.

Bagi bumil dan busui sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan. Meskipun klaim brand dapat digunakan bumil dan busui. Karena masih terdapat fatty alcohol seperti cetyl alcohol dan cetearyl alcohol.






Disclaimer

- Bukan dermatologist maupun expert berlisensi. Konsultasi silakan hubungi dokter.

Hasil pemakaian produk pada jenis kulit tiap orang kemungkinan terdapat perbedaan. 

- Review ditulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan produk dalam kurun waktu 2 minggu.

- Foto-foto pada artikel ini telah dicantumkan sumbernya masing-masing. 

- Silakan beri komentar jika memiliki pertanyaan atau tambahan informasi perilah review produk. Komentar spam maupun berisi link hidup akan dihapus.

- Mohon tidak menggunakan seluruh atau sebagian konten pada artikel ini, baik tulisan maupun foto/gambar. Copy paste dengan atau tidak menyebutkan sumber tidak diperkenankan. Blog ini dilindungi oleh Copyscape

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Scarlett Whitening. Dengan tetap mengedepankan "Honest Review" tanpa mengurangi integritas penulis artikel untuk menyampaikan informasi yang benar.

- Untuk keperluan kerja sama, silakan klik : https://linktr.ee/bintangmahayana.com atau gunakan fitur "Contact Me" pada bagian side bar kanan (desktop)/ footer (mobile) pada Blog ini.




2 comments:

  1. pas aku lihat produk ini sepertinya bagus, kebetulan juga lagi cari produk cream gini. tapi pas lihat ada kandungan HA nya aku pun mengurungkan niatku karena kandungan HA ini justru gak melembabkan untuk kulitku, kalau cuaca kering dia justru bikin merah XD. Masih cari produk yang tanpa ada HA nya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak! Thank you for visiting yaa. Waah baru denger nih org kurang cocok HA. Padahal HA secara alami sudah ada di kulit kita. Kalo boleh saran, bisa coba gunakan produk HA saat kulit masih setengah basah. Lembabnya beda. Tetapi krn HA ini hanya menambah kadar air makanya bisa menguap. Tetap butuh oklusif seperti pelembab yg mengandung oil (bisa mineral oil atau essential oils) supaya lembabnya lebih lama. Rata2 hydrating product pake HA nih soalnya. Mungkin belum ketemu jenis HA yg cocok aja kali yaa hehe.

      Delete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.