[REVIEW] All New Variants Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly, Charming, dan Freshy | Bintang Mahayana

Thursday, January 06, 2022
Holla!
Di postingan kali ini bakal ada review all new variants Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly, Charming, dan Freshy. Tiga varian terbaru Shower Scrub ini akhir-akhir ini bakal gue bahas dari mulai signature scents, ingredients, dan manfaat. Sebelumnya gue udah sempet coba Scarlett Shower Scrub varian Pomegranate dan Coffee. Selalu suka sama body care Scarlett sejauh ini. Terutama Shower Scrub mereka yang bukan cuma bikin wangi tetapi juga efektif dalam mengeksfoliasi kulit secara ringan. Penasaran gimana pengalaman mencoba body care terbaru Scarlett?
Keep on reading!


Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022






ABOUT THE BRAND

Siapa, sih yang nggak tahu Scarlett Whitening atau biasa disebut Scarlett juga? Brand lokal satu ini sempat viral banget di akhir 2018-awal 2019. Tetapi sampai saat ini, setiap launching produk baru pun tetap jadi crowd's favorite! Brand milik Kak Felicya Angelista - seorang publik figur Indonesia ini sudah melahirkan banyak produk perawatan dan kecantikan. Mulai dari body care, hair care, hingga face skincare. Kira-kira kedepannya Scarlett bakal ngeluarin produk apa lagi, yaa?




MY BODY SKIN PROFILE

Body Skin Tone              : Light to Fair
Body Skin Type              : Normal
Body Skin Undertone    : Neutral
Body Skin Concern        : Hyperpigmentation, Body Acne (sometimes), Sensitive*, Unwanted Hairs.


*Sensitive skin yang dimaksud di sini adalah kulit gue sedari kecil cukup reaktif terhadap perubahan kondisi lingkungan sekitar. Misalnya, perubahan air. Makanya kalau traveling pun harus hati-hati karena kalau airnya nggak cocok bisa gatal-gatal sebadan. 





PRODUCT DETAILS

Di review kali ini ada 3 produk Scarlett Brightening Shower Scrub terbaru, yaitu: Jolly, Charming, dan Freshy. Masing-masing varian ini sebelumnya sudah ada dalam versi Body Lotion dengan nama yang sama. Untuk detail masing-masing produk shower scrubnya sebagai berikut.



Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly


review-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-jolly-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022

Nama Produk: Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly
Nama Brand: Scarlett Whitening
Asal Negara: Indonesia
Jenis Produk: Shower Scrub (sabun mandi scrub)
No. BPOM: NA18210701146
Tanggal Kedaluwarsa: 08/11/2023
Ukuran: 300ml
Harga: Rp75.000,00




Scarlett Brightening Shower Scrub Charming

review-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-charming-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022

Nama Produk: Scarlett Brightening Shower Scrub Charming
Nama Brand: Scarlett Whitening
Asal Negara: Indonesia
Jenis ProdukShower Scrub (sabun mandi scrub)
No. BPOM: NA18210701145
Tanggal Kedaluwarsa: 13/10/2023
Ukuran: 300ml
Harga: Rp75.000,00






Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy

review-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-freshy-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022

Nama Produk: Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy
Nama Brand: Scarlett Whitening
Asal Negara: Indonesia
Jenis ProdukShower Scrub (sabun mandi scrub)
No. BPOM: NA18210701147
Tanggal Kedaluwarsa: 12/10/2023
Ukuran: 300ml
Harga: Rp75.000,00






SHOWER SCRUB VS BODY SCRUB

Mungkin teman-teman banyak yang masih bingung, bedanya Scarlett Brightening Shower Scrub dan Body Scrub apa, sih? Beda manfaat dari kedua jenis produk ini apa? Kalau Scarlett Brightening Shower Scrub ini adalah sabun mandi yang kalian pakai saat mandi. Manfaat Scarlett Brightening Shower Scrub adalah untuk mengeksfoliasi ringan sel-sel kulit mati di kulit badan dengan bantuan micro beads yang akan berubah menjadi milky texture saat terkena air. Di dalamnya juga banyak terkandung bahan aktif seperti star ingredient-nya Scarlett yaitu Glutathione yang berfungsi untuk mencerahkan kulit supaya nggak terlihat kusam. Karena eksfoliasi ringan, jadi boleh digunakan setiap hari baik pagi maupun malam hari.


Sedangkan manfaat Scarlett Body Scrub adalah untuk deeper physical exfoliation untuk kulit badan yang digunakan sebelum mandi dalam keadaan kulit kering. Teksturnya lebih terasa dibanding shoer scrub. Makanya, Scarlett Body Scrub ini dianjurkan untuk digunakan hanya 1-2 kali seminggu. Jadi, keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati di kulit badan sekaligus mencerahkan agar tidak mudah kusam. Varian Shower Scrub juga jauh lebih banak dibandingkan Body Scrub yang kalau tidak salah hanya ada  sejauh ini. Selain itu, hanya berbeda di urutan dan frekuensi pemakaiannya saja. 








INGREDIENTS


Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly Ingredients

Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Sodium Lauryl Sulfate, Lauryl Betaine, Potassium Cocoate, Fragrance (Parfum)Components and Finished Fragrances, Cocamidopropyl Betaine, Hydrolyzed Collagen, Glycerin, Dmdm Hydantoin, Edta, Polyethylene, Glutathione, Tocopheryl Acetate, CI 14270, CI 15525.

 __ : Active (Brightening)  __ : Antioxidant  __ : Colorant  __ : Collagen
__ : Humectant  __ : Parfum  __ : Preservatives  __ : SLS/ SLES/ Surfactant (Foaming Agent) 
 __ : Surfactant (Natural Coconuts-Derived)



Scarlett Brightening Shower Scrub Charming Ingredients

Aqua DemineralisataSodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Sodium Lauryl SulfateLauryl BetainePotassium CocoateFragrance (Parfum) Components and Finished FragrancesCocamidopropyl BetaineHydrolyzed CollagenGlycerinDmdm HydantoinEdta, Polyethylene, GlutathioneTocopheryl AcetateCI 60725.

 __ : Active (Brightening)  __ : Antioxidant  __ : Colorant  __ : Collagen
__ : Humectant  __ : Parfum  __ : Preservatives  __ : SLS/ SLES/ Surfactant (Foaming Agent) 
 __ : Surfactant (Natural Coconuts-Derived)


Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy Ingredients

Aqua DemineralisataSodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Sodium Lauryl SulfateLauryl BetainePotassium CocoateFragrance (Parfum) Components and Finished FragrancesCocamidopropyl BetaineHydrolyzed CollagenGlycerinDmdm HydantoinEdta, Polyethylene, GlutathioneTocopheryl AcetateCI 15985CI 15525.

 __ : Active (Brightening)  __ : Antioxidant  __ : Colorant  __ : Collagen
__ : Humectant  __ : Parfum  __ : Preservatives  __ : SLS/ SLES/ Surfactant (Foaming Agent) 
 __ : Surfactant (Natural Coconuts-Derived)



KEY INGREDIENTS & BENEFIT CLAIMS

(Based on Brand's Claims)

GLUTATHIONE
- Mencerahkan dan meratakan warna kulit.
- Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.
- Memberikan perlindungan dari radikal bebas.
- Kandungan antioksidannya membuat kulit lebih kuat, sehat, dan terlihat lebih glowing.



VITAMIN E
- Mengurangi peradangan.
- Membantu pembentukan kolagen.
- Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.
- Mempercepat regenerasi kulit.
- Mencegah kerusakan kulit.
- Melindungi dari kanker kulit.





FRAGRANCE

Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly

Wangi Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly ini persis sama dengan wangi Scarlett Body Lotion Jolly yang diklaim dupe-nya parfum YSL Black Opium. Tipikal wangi parfum cewek yang mewah dan elegan gitu. Kalau habis pakai ini dilanjut sama body lotion dengan varian yang sama, wanginya bakal tahan lebih lama di badan. Varian ini favorit gue banget.


Notes Varian Jolly: Coffee, Jasmine, Cedar Wood, dan Vanilla. 





Scarlett Brightening Shower Scrub Charming

Wangi Scarlett Brightening Shower Scrub Charming ini mirip banget sama body lotion varian Charming juga. Termasuk salah satu varian body care Scarlett yang paling awal muncul dan viral banget gara-gara katanya wanginya dupe parum mahal Baccarat Rouge.


Notes Varian Charming: Jasmine, Saffron, Cedar Wood, dan Ambergis.





Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy

Terakhir, varian Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy yang sebelumnya juga sudah keluar versi body lotionnya. Katanya, sih varian satu ini wanginya dupe parfum Jo Malone English Pear.


Notes Varian Freshy: Patchouli, Melon, English Pear dan Freesia.




PACKAGING

Kemasan botol Scarlett Brightening Shower Scrub sejauh ini belum ada perubahan dari varian-varian sebelumnya. Masih pakai botol plastik bening dengan model tutup flip berwarna putih. Tetapi botol plastiknya ini ada Green Dot Recycle Logo yang dibuat dalam warna hitam putih.  Namun, logo ini sebenarnya bukan berarti kemasannya recycleable atau berasal dari recycled plastic, melainkan wujud bahwa perusahaan manufaktur telah berkontribusi secara finansial terhadap lingkungan saja. Namun, kabar baiknya di bagian bawah botol ada logo "Mobius Loop" mirip bentuk segitiga dengan kode 1. Yang artinya, kemasan dapat didaur ulang tetapi hanya bisa sekali pakai karena plastik merupakan jenis PET.


Untuk pembeda masing-masing varian terletak pada warna sticker-nya. Jolly warna Salmon Pink, Charming warna Purple, sedangkan Freshy warna Yellow. Sticker-nya ini sudah di-upgrade menjadi lebih waterproof. Meskipun untuk sticker berwarna putih masih belum waterproof. Informasi yang tertera pada kemasan ada logo brand, nama produk, tagline, klaim produk, ingredients, cara pakai, No. BPOM, distributor, QR Code, hologram sticker, Green Dot (in BW) recycle logo, cruelty-free logo, Halal MUI logo dan nomor registrasi, barcode, kode produksi, dan expiry date.


packaging-review-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-jolly-charming-freshy-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022






TEXTURE

Tekstur Scarlett Whitening Shower Scrub seperti sabun gel dengan microbeads berwarna merah dan biru yang akan berubah menjadi milky foam sesaat setelah diemulsifikasikan dengan air. Tipe sabun mandi ini adalah yang licin di kulit. Kalau kalian pakai foaming net, dia akan jauh lebih berbusa lagi.


Finish-nya memang licin di kulit bukan kesat. Makanya terasa lembap meskipun tidak langsung pakai body lotion. Yang gue suka adalah setiap habis mandi pakai Scarlett Shower Scrub, kulit bakal jadi wangi dan terasa halus. Meskipun wanginya di awal parfum banget, tetapi lama-lama akan berubah soft.





pH LEVEL TEST

Mungkin sebagian dari kalian punya concern khusus dengan pH level suatu produk. Terutama pemilik kulit sensitif yang kebanyakan akan jadi sensitized kalau terkena pH produk yang terlalu tinggi. Jadi, gue coba eksperimen untuk mengukur pH Level Scarlett Shower Scrub. Ketiganya memiliki pH Level yang sama yaitu kisaran 4-5 yang artinya pH nya cukup mendekati pH normal kulit.


Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly pH Level

pH-level-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-jolly-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022


Scarlett Brightening Shower Scrub Charming pH Level

pH-level-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-charming-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022


Scarlett Brightening Shower Scrub Freshy pH Level

pH-level-scarlett-shower-scrub-varian-terbaru-freshy-bintangmahayana-com
Image Source: Personal Doc. Bintang Mahayana; 2022







FINAL VERDICT

Setelah kurang lebih 2 minggu pemakaian menggunakan All New Variants Scarlett Shower Scrub, berikut kesimpulan tentang apa yang gue suka dan kurang suka dari produknya.

Pros (+)

+ Efektif dalam menghaluskan kulit dan membuatnya terasa kenyal sehat karena mampu mengeksfoliasi ringan setiap hari.

+ Untuk mencerahkan, yang terasa lebih ke mempertahankan skin tone aja. Personally, I do not have problem will dull body skin.

+ Wanginya enak semua kayak parfum. Kalau untuk mandi sore/ malam selepas beraktivitas lumayan tahan lama. Terlebih kalau dibarengi body lotion-nya.

+ Finish-nya lembap di kulit. Jadi nggak bikin kulit terasa kering sehabis mandi.

+ Isinya lumayan banyak bisa tahan 4-6 bulan. Tergantung pemakaian masing-masing.

+ Harganya cukup affordable under 100k.




Cons (-)

- Desain kemasan bisa coba diganti pump bottle supaya kita nggak perlu angkat botolnya setiap mau pakai. Lebih praktis juga.

- Mungkin kedepannya Scarlett bisa keluarin versi untuk sensitive skin yang free of SLS/ SLES. Supaya semua bisa cobain produknya tanpa terkecuali.

- Ini lebih merujuk sebagai saran, sih. Tetapi bisa dibuat bundle Shower Scrub + Foaming Net. Looking forward to embracing future Scarlett's bathing tools!



RECOMMENDATION

Scarlett Shower Scrub seluruh varian bisa digunakan oleh siapa saja. Kecuali bagi kalian pemilik kulit sangat sensitif terhadap surfaktan jenis SLS/ SLES seperti penderita eczema maupun psoriasis. Klaim dari pihak Scarlett sendiri, sebaiknya digunakan bagi usia 13 tahun ke atas, yaa. Untuk ibu hamil dan ibu menyusui produk ini pun boleh digunakan.


Sabun mandi ini gue rekomendasikan bagi kalian yang suka dengan hasil akhir licin dan lembap. Buat kalian yang ingin kulit halus dan kenyal, ini boleh banget dicoba. Kalau kalian ingin mencerahkan kulit, pastikan menggunakan secara rutin, diikuti dengan penggunaan rangkaian Scarlett Body Care lainnya dan jangan lupa gunakan body sunscreen di pagi hari, yaa!




***

Terima kasih sudah baca Review Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly, Charming, dan Freshy ini sampai akhir. Feel free to discuss with me in comment box! Jangan di "Contact Me" yaa karena itu lebih diperuntukkan sebagai media partnership. Kecuali ada pertanyaan sangat pribadi yang tidak bksa ditayangkan di kolom komentar.


- Bintang Mahayana ©️ 2022 -



Disclaimer On
- Bukan dermatologist maupun skincare expert. Konsultasi terkait masalah khusus silakan hubungi dokter.
- Reviews di atas sebaiknya dijadikan sebagai referensi saja. Hasil bisa berbeda di setiap orang.
- Produk didapatkan dari PR Package. Namun, blogger tetap memiliki kendali penuh untuk menuliskan review jujur berdasarkan pengalaman pribadi.
- Dilarang repost atau menggunakan foto maupun tulisan dalam artikel ini baik sebagian maupun seluruhnya. Dengan atau tanpa meminta izin blogger. Kecuali brand yang bersangkutan.





3 comments:

  1. mantep banget sampe di test PH level ngga tuh hehe. Aku suka ini sih di aku alhamdulillah ngga ada masalah. Ini ngga bikin kesan yang licin gitu di badan jadi masih suka banget. Kulit jadi halusss banget kalau abis mandi pake ini.

    ReplyDelete
  2. Huhu kayanya cuma aku yang belum coba Scarlett tapi body care nya super menarik terutama sabun!

    ReplyDelete
  3. Kangen pake body wash scarlett. Busanya gak lebay dan aromanya nose friendly di aku heheh

    ReplyDelete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.