Boba vs Bubble Tea, Mana yang Benar? Bagaimana Fenomena Persaingan Boba atau Bubble Tea di Indonesia?

October 14, 2019
Holla!
Sudah lama nggak bahas soal makanan atau minuman. Sesuai judulnya, postingan kali ini bakal ngebahas soal Boba atau Bubble Tea yang lagi hits. Disclaimer! Ini bukan ditujukan untuk review brand Boba atau Bubble Tea tertentu yaa. Hal-hal yang bakal dibahas di sini adalah soal penyebutan nama Boba atau Bubble Tea beserta asal usulnya, serta fenomena Bubble Tea yang ada di Indonesia.

Boba or Bubble Tea
Source: Travel Kompas


Apa Bedanya Boba dan Bubble Tea?
Penyebutan ini sering banget diperdebatkan di kalangan Boba atau Bubble Tea lovers. Padahal, penyebutan keduanya adalah benar. Boba sendiri asalnya dari Taiwan yang mana dalam penyebutan Bahasa Cina yang digunakan di Taiwan Boba sendiri artinya adalah Tapioca Pearls. Loh, kenapa disebut mutiara (pearls)? Karena memang bentuknya mirip pearls atau bubble. Penulisan asli dalam kosakata Bahasa Cina dibaca adalah bōbà 波霸 (bo ba).* Dalam Bahasa Cina, dikenal istilah 波霸奶茶(bōbà nǎichá) atau 珍珠奶茶(zhēnzhū nǎichá). Zhēnzhū (珍珠) artinya Pearls sedangkan Nǎichá (奶茶) artinya adalah Milk Tea.

*Fun Fact : ternyata kata boba sendiri merupakan slang di Taiwan untuk "boobs" hahaha 


Apa Bedanya Boba atau Bubble Tea di Taiwan dan di Indonesia?
Image result for boba dan bubble tea beda nya apa
Brown Sugar Boba Xing Fu Tang
Source: kumparan.com
Untuk boba nya sendiri yang paling membedakan adalah teksturnya. Di Taiwan, boba tapioka nya dimasak langsung di tempat. Sehingga, waktu disajikan ke pelanggan masih dalam kondisi hangat dan fresh. Tekstrurnya pun lebih kenyal. Di Indonesia, bubble nya lebih berair dan cenderung seperti agar-agar. Tetapi, sekarang sudah bermunculan kedai-kedai boba dari Taiwan yang merambah di Indonesia dan cara penyajiannya pun persis sama seperti boba di Taiwan. Sebut saja Xing Fu Tang. Mereka memasak boba nya di tempat. Sehingga, rasanya kenyal, hangat dan fresh. Brown Sugar nya pun dibakar setelah ditaburi di atas minuman. Sehingga rasanya lebih renyah dan bukan kayak makan bubuk mentahan yang menggumpal.

Pioneer Boba atau Bubble Tea di Indonesia
Hop Hop
Image result for hop hop
Hop Hop Mall Kelapa Gading
Source: Mall Kelapa Gading
Siapa, sih, yang nggak tau merk Bubble Tea satu ini? Salah satu pioneer bubble tea yang ada do Indonesia. Hop Hop sudah berdiri sejak tahun 2001. Berarti gue masih SD, tuh. Tapi, seinget gue dulu jaman SMP gitu pertama kali nyobain Hop Hop di mall. Dulu ngerasa minuman ini udah mahal banget sih. Konsep nya sederhana sebenarnya. Minuman instan dikasih bubble. Cuma karena udah ada branding ya otomatis dong harga nya naik. Memang belom sampe 20k kayak jaman sekarang sih. Seinget gue masih di range 8k sampe belasan ribu gitu. Model store nya juga cuma kedai tanpa seating. Jadi, ya memang beli untuk dibawa pulang atau diminum di tempat lain. Bukan untuk destinasi nongkrong. Sayang, jaman sekarang walaupun masih ada beberapa kedai yang bertahan, mulai kalah saing sama brand lainnya yang mengusung konsep cafe. Nah, makanya beberapa stand Hop Hop akhirnya memilih lokasi food court seperti di Mall Kelapa Gading 3.  

Image result for chatime mall kelapa gading 1
Menu Chatime Creme Brulee
Source: Chatime Indo
Chatime
Chatime sebagai salah satu pioneer yang berhasil mendobrak pasar Boba atau Bubble Tea di Indonesia dengan konsep mini cafe yang diusungnya. Dengan nuansa ungu pink dan maskot. Ditambah lagi konsep member card di mana kita bisa mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan Free Drink in Medium Size. Konsep Member ini juga yang akhirnya memicu konsumen untuk re-purchase. Merchandize nya pun ga kuat lucu-lucu banget. Semakin melebarkan sayap dengan membuka stand di bandara-bandara besar. Biasanya kedai yang ramai di bandara ya hanya coffee shop mahal seperti StarbucksExcelso, atau The Coffee Bean. Tapiii, di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, kedai Chatime posisinya strategis. Waktu pertama kali berdiri, kedai ini posisinya tepat setelah kita melewati security check terakhir sebelum masuk ke boarding room. Harus diakui Chatime mulai bersaing ketat dengan kompetitor F&B lainnya seperti Koi The. Nah, makanya Chatime siap tempur dengan menu barunya, yaitu Creme Brulee Series yang terdiri dari Creme Brulee Brown Sugar dan Creme Brulee Brown Sugar Fresh Milk. Kalau dilihat-lihat, menu ini bakal bersaing ketat dengan kompetitornya Koi The juga, nih, yaitu Onezo dengan menu Brown Sugar Fresh Milk

TOP 3 Boba atau Bubble Tea Paling Laris di Indonesia
Berikut adalah TOP 3 Boba atau Bubble Tea di Jakarta. Memang sudah gue buktikan sendiri selain ratingnya memang tinggi di beberapa food review applications seperti Zomato, antreannya pun memang gila-gilaan. Well, di sini nggak ada klaim bahwa 3 brands ini yang paling enak ya, gaes. Di sini juga didukung dengan banyaknya cabang yang mereka buka di seluruh Indonesia. 

1. Koi The
Image result for koi the grand indonesia
Koi The Drink
Source: Indonesia Tatler
Koi The menempati urutan pertama karena begitu fenomenal. Bahkan di salah satu artikel di  IDN Times pun disebutkan customer rela antre 4 jam untuk beli Bubble Tea Koi The. Sering juga ada promo ketika buka kedai baru seperti di Stasiun MRT Dukuh Atas sebulan lalu. Mereka rela antre dari subuh supaya jadi 150 customer pertama yang dapat promo nya yang berlaku mulai dari jam 7 pagi. Sebenarnya mereka sudah ada di Indonesia sejak tahun 2007. Tapi, bisa dikatakan tahun 2018-2019 adalah periode emas bagi Koi The. 

2. Onezo
Image result for onezo
Onezo Drink
Source: Pergikuliner.com
Brown Sugar Fresh Milk milik Onezo bisa dikatakan salah satu yang membuat brand ini fenomenal. Secara tampilan pun sebenarnya Onezo paling mendekati Boba atau Bubble Tea yang ada di Taiwan karena memang berasal dari Taiwan sendiri. Khas dengan boba tapioka yang digoreng, dipadukan fresh milk dan brown sugar. Saat ini Onezo pun mulai membuka banyak cabang di luar Jakarta.

3. Kokumi
Image result for kokumi
Kokumi Drinks
Source: Pergikuliner.com
Kokumi sempat heboh karena selain memang fenomena Boba atau Bubble Tea sedang hypepackaging-nya paling lucu di antara yang lainnya. Cheese Macchiato dan Matcha Macchiato nya bisa dibilang cukup fenomenal, sih. Terutama Matcha, karena nggak banyak kedai yang menyajikan macchiato cream dengan matcha flavor. 





References
Best Bubble Tea Restaurant in Jakarta. Accessed on https://www.zomato.com/jakarta/best-bubble-tea-restaurants

Mike. 2014. Boba or Bubble Tea? Accessed on https://www.bubbleteaology.com/boba-bubble-tea/

Wijaya, Yana Gabriella. 2019. Bedanya Boba di Indonesia dengan Boba di Taiwan, Mana Lebih Enak? Accessed on https://travel.kompas.com/read/2019/09/26/130131127/bedanya-boba-di-indonesia-dengan-boba-di-taiwan-mana-lebih-enak?page=al


No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.